Berlibur Sambil Belajar Di Kawasan Wisata Museum Geologi Bandung

Wisata museum geologi bandung adalah salah satu tempat wisata dan juga edukasi yang berada di kota Bandung Jawa Barat. Tempat ini menyediakan tempat belajar yang dikemas dengan konsep wisata agar tidak menimbulkan kebosanan. Selain terkenal dengan berbagai tujuan wisatanya, kota Bandung juga terkenal dengan kota yang bersejarah. Terdapat berbagai peninggalan nasional yang berasal dari leluhur yang bisa kita ambil nilai sejarahnya. Bahkan sebagai contohnya, dalam museum tersebut terdapat berbagai materi-materi geologi seperti fosil, mineral, batuan dan lain sebagainya.

Lokasi wisata museum Geologi Bandung ini terletak di jalan Diponegoro nomor 57 Bandung. Dengan letaknya yang strategis dan berada di tengah kota dan Gedung Sate yag menjadi ikon kota tersebut, maka tempat wisata ini sangat mudah untuk dijangkau baik dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum. Dengan begitu anda tidak perlu takut tersesat atau tidak mendapatkan alat transportasi karena terdapat angkutan umum yang memadai dikawasan wisata tersebut.


Sejarah Terbentuknya Museum Geologi Bandung


Pada masa Eropa mengalami revolusi industri pada pertengahan abad ke 18, pemerintah Belanda membutuhkan berbagai bahan tambang untuk dijadikan sebagai bahan industri. Oleh karenanya mereka membangun sebuah gedung yang digunakan untuk melakukan penelitian geologi dan tempat untuk menyimpan berbagai batu, mineral dan juga fosil. Sedangkan untuk membangun gedung tersebut, dibutuhkan wkatu selama 11 bulan sebelum akhirnya diresmikan pada tanggal 16 Mei 1929.

Sejalan dengan perkembangan zaman gedung tersebut berhasil di renovasi dengan menggunakan dana bantuan dari Jepang untuk dihasikan sebagai museum. Selanjutya museum tersebut berhasil di buka untuk umum pada tanggal 23 Agustus tahun 2000 ketika Indonesia dipimpin oleh Megawati. Dengan menjadi salah satu monumen bersejarah dan peninggalan nasional, maka bagunan museum tersebut sepenuhnya dilindungi oleh pemerintah.



Hingga saat ini, tempat tersebut selalu ramai dikunjungi oleh masyarakat mulai dari SD, SMP hingga SMA. Pegunjung museum tersebut juga berasal dari berbagai kota, bukan hanya dari kota Bandung saja. Hal tersebut disebabkan oleh cerita bersejarah yang dimiliki oleh museum geologi tersebut dan juga koleksi museum yang sangat lengkap.

Koleksi Sejarah Museum Geologi Bandung


Musium ini terbagi kedalam tiga bagian ruangan yaitu geologi Indonesia, Sejarah Kehidupan Serta Keidupan manusia. Dalam museum tersebut juga dilengkapi dengan dokumentasi yang digunakan sebagai sarana penyimpanan hasil-hasil geologi pada zaman dahulu. Untuk lebih memaksimalkan fungsi dokumentasi tersebut, museum ini rutin mengadakan kegiatan seperti pameran, penyuluhan, serimat dan berbagai kegiatan untuk mendukung penelitian. Nah jika anda memilih tempat ini untuk berlibur, anda akan mendapatkan berbagai lmu tambahan yang bermanfaat.



Anda yang ingin menetahui sejarah berdirinya kota bandung, anda juga bisa mengunjungi museum ini karena didalamnya terdapat berbagai peninggalan artefak dan fauna yang ada di kota Badaung pada masa itu. Beberapa artefak tersebut bisa anda temukan dalam ruang Sejarah Kehidupan. Sedangkan dalam ruang Geologi indonesia, anda bisa menemukan beberapa alat peraga tenatang asal mula bumi dan pergerakanya. Disamping itu, dalam ruangan tersebut juga terdapat video interaktif tentang asal usul dan letak planet yang disertai dengan display mineral serta beberapa bebatuan Indonesia yang terkumpul dalam satu lemari.

Bangunan bersejarah ini memiliki 2 lantai dimana ruang sayap barat, ruang orientasi dan ruang sayap timur berada di lantai pertama. Selanjutnya untuk ruang orientasi ini berisi tentang peta geografi Indonesia dengan berbagai kegiatan geologi yang disajikan dalam bentuk animasi. Anda yang berkunjung ke museum ini jangan sampai melewatkan untuk memasuki ruangan tersebut karena didalamnya terdapat berbagai pelayanan informasi museum dan bilik pendidikan serta penelitian yang sangat bermanfaat untuk menambah pengetahuan.



Nah selanjutnya untuk ruangan sayap barat terdapat berbagai informasi tentang hipotesis awal mula terbentuknya bumi dan juga terbentuknya tektonik geologi Indonesia. Tidak lupa juga ruangan tersebut juga menyediakan berbagai informasi tentang fosil sejarah yang dikemukakan oleh evolusi Darwin. Tidak berhenti sampai disitu, museum tersebut juga sering mengadakan pemeran tentang berbagai jenis batu peralatan atau perlengkapan lapangan dalam melakukan penelitian serta berbagai sumber daya mineral. Untuk lebih menambah pengetahuan, dalam ruangan tersebut juga terdapat miniatur hasil kegiatan gunung berapi yang masih aktif di Indonesia.
Ruang yang terakhir ini selalu menjadi tempat favorit bagi anak-anak karena menyajikan berbagai perkembangan sejarah makhluk hidup dari mulai kehidupan primitiv hingga modern seperti saat ini. dalam ruangan tersebut juga terdapat fosil tengkorak manusia purba yang pernah ditemukan di Indonesia. Koleksi museum yang menjadi populer lainya adalah fosil manusia Purba homo Erectus, replika Tyrannosaurus Rex dan juga tidak ketinggalan fosil gajah purba Stegodon Trigonocephalus.

Baca juga : Wisata Rumah Mode Bandung, Wajib Anda Kunjungi

Beberapa informasi ruangan dan tata letak yang telah kami sebuatkan diatas adalah ruangan yang berada pada lantai satu. Sedangkan untuk bagian di lantai dua, terbagi menjadi 3 ruangan yaitu ruang tengah, ruang barat, dan Ruang Tiimur. Pada bagian ruang Barat lantai tersebut dipakai oleh beberapa staf museum dan ruang tengah berisi berbagai maket tambang emas yang berada di seluruh dunia disertai dengan miniatur pengeboman gas bumi dan minyak. Sedangkan untuk bagian Ruangan Timur ini telah dibagi lagi menjadi tujuh ruangan kecil yang berisi tatanan geologi bagi manusia khususnya yang berada di Indonesia.

Fasilitas di dalam Museum Geologi Bandung


Dalam museum tersebut terdapat auditrium dan ruangan edukasi yang biasanya digunakan sebagai tempat pemutaran film, ceramah, seminar, dan berbagai kegiatan lain yang berhubungan dengan pendidikan. Berbagai cindera mata untuk oleh-oleh keluarga juga terdapat diruangan tersebut sehingga anda bisa membeli kenang-kenangan yang bermanfaat dan mengandung searah. Anda juga bisa membeli berbagai buku dan alat peraga geologi sembari berjalan-jalan menikmati suasana bersejarah dalam museum tersebut. Museum tersebut juga dilengkapi dengan masjid dan poliklinik yang sengaja digunakan untuk menfasilitasi pengunjug museum.

Akses Jalan Menuju Wisata Museum Geologi Bandung sangat mudah. Museum ini berada di tengah kota sehingga memudahkan anda untuk sampai ditempat tersebut. Anda juga bisa menggunakan berbagai kendaraan baik angkutan umum ataupun kendaraan primadi. Jika anda belum begitu paham dengan Kota Bandung, sebaiknya anda mengikuti rute di Google Maps berikut :


Harga Tiket Masuk dan Operasional Museum Geologi Bandung


Harga tiket wisata Museum Geologi Bandung ini sangat terjangkau karena anda hanya perlu membayar sebesar Rp 2.000 saja untuk pelajar dan Rp 3.000 untuk pengunjung umum serta Rp 10.000 untuk wisatawan asing. Sedangkan untuk jam buka museum tersebut dibuka dari jam 8 hingga jam 16.00 sore pada hari senin hingga hari kamis. Selain itu khusus untuk hari saptu dan minggu museum tersebut dibuka dari jam 8 hingga pukul dua siang. Bagi anda yang ingin enikmati tempat bersejaah tersebut, hidari untuk datang pada hari jum’at dan hari-hari besar karena pada hari-hari tersebut museum ini tidak beroperasi.

Tips Berkunjung ke Wisata Museum Geologi Bandung


Nah bagi anda yang tertarik untuk mengunjungi tempat tersebut, kami akan memberikan beberapa tips agar libiran anda menjadi lebih menyenangkan. Perlu anda ketahui bahwa pada hari sabtu, pengunjung museum ini akan meningkat beberapa persen sehingga hindari untuk berkunjng pada hari tersebut. Atau anda juga bisa mengunjungi museum tersebut sebelum jam setengah sebelas dan pastikan anda turut serta dalam menjaga kebersihan museum dengan cara membuang sampah ada tempat yang sudah disediakan.

Baca juga : Pergi ke Bandung? Wajib mampir di Gedung Sate Bandung

Yang pasti dengan mengjunjungi tempat wisata museum Geologi Bandung tersebut anda tidak hanya berlibur semata, tetapi juga akan mendapatkan berbagai ilmu pengetahuan tentang berbagai sejarah didalamnya.