Cari Tahu Lebih Detail Wisata Candi Borobudur

Saat berwisata ke daerah jawa tengah wisata candi Borobudur adalah salah satu lokasi wisata yang wajib dikunjungi. Kita akan dimanjakan dengan pemadangan yang super eksotik, dimana gugusan candi yang super besar berdiri dengan gagahnya selayaknya gunung .

Wisata candi Borobudur pernah dinobatkan sebagai salah satu dari 7 keajaiban dunia karena kemegahannya bersama menara pisa di roma , piramida gaza di mesir, menara eifel di prancis, dan lain ainnya. Namun sayang banyak sekali bagian bagian dari candi ini yang dicuri oleh orang yang tidak bertanggung jawab terutama pada bagian anggota tubuh patung budha. Namun saat Ini pengelolaan wisata candi brobudur sudah semakin bagus dan tertata, sudah terjadi peningkatan yang pesat. Dan berikut adaalah hal hal yang wajib kamu ketahui sebelum kamu berwisata ke wisata candi Borobudur:


1.Sejarah wisata candi Borobudur


Candi Borobudur sendiri adalah sebuah candi yang berbentuk stupa, candi ini bercorakkan aliran budha karena candi ini dibangun oleh umat budha Mahayana pada abad 8 masehi. Candi ini dibangun pada saat masa pemerintahan wangsa syailendra pada kerajaan mataram kuno. Nama boroudur sendiri masih memngalami perdebatan, belum ada kejelasan . satu satunya rujukan yang pasti terdapat pada kitab Negarakretagama karangan empu prapanca pada abad 13 yang menyebutkan di jawa tengah terdapat bangunan umat budha yang sangat megah.

Menurut Sir Thomas Raffles dan buku “ SEJARAH PULA JAWA” kata boro merujuk pada desa dimana candi Borobudur berada sedangkan budur berarti gunung. Menurut ahli lain Borobudur berasal dari kata Sambharabudhara yang berarti juga gunung dimana lerengnya bisa kita lihat terdapat teras teras. Namun ada juga yang berkata bahwa Borobudur merupakan perubahan kata dari kata “ PARA BUDHA” yang berubah pengucapan katanya berdasarkan perubahan waktu.



Raja Samaratungga dari dinasti syailendra kerajaan mataram kuno yang memulai melakukan pembangunan candi ini dan baru berakhir di masa pemerintahan putrinya Ratu Pramudawardhani. Waktu yang dibutuhkan sendiri memakan waktu lebih dari 50 tahun mengingat keterbatasan teknologi. Menurut penelitian J.G. DE CASPARIS kata yang terdapat di candi yaitu BHUMI SAMBHARA BHUDHARA yaeng memiliki arti bukit himpunan kebajikan sepuluh tingkatan boddhisatwa. Merupakan nama asli dari Borobudur. Dan sekarang anda sudah tahu sejarah wisata candi Borobudur,bukan ?

2.Rancang bangun candi borobudur di wisata candi Borobudur


Candi Borobudur bisa dikatakan sebuah mahakarya dalam hal arsitektur, di jaman tersebut mayarakat jawa sudah berhasil membuat sebuah candi dengan arsitektur yang sangat rumit dan memiliki berbagai macam filosofi.

Candi Borobudur berbentuk stupa dan mandala yang melambangkan dharma dalam masyarakat budha dan ini merupakan perpaduan antara budaya masyarakat india dan masyarakat jawa. Jika kita amati dari samping akan terlihat dalam bentuk stupa sedangkan dari atas akan terlihat berbentuk mandala yang berpola rumit tersusun atas bujur sangkar dengan pola rumit yang memiliki sepuluh undakan yang memiliki arti masing masing sesuai aliran budawajraqna – mahayana.



Candi ini memiliki dasar denah berbentuk buju sangkar dengan luas 123 meter (404 ft). dengan desain enam teras bawah berbentuk persegi dan tiga teras atas berbentuk lingkaran jadi total terdapat 9 teras ditambah dasar menjadi 10 tingkatan.

Dalam candi Borobudur dapat dikatakan terbagi menjadi 3 tingkatan spiritual yaitu

a.Kamadhatu

b.Rupadhatu

c.Arupadhatu.

Baca juga : Keindahan Wisata Alam Kaliurang Yogyakarta

Setelah kita menyimak rancang bangun candi Borobudur di wisata candi Borobudur yang megah, pasti semakin membuat anda semakin kagum.

3.Hal menarik lain di wisata candi boroudur


Jika anda hanya berfikir bahwa di candi Borobudur anda hanya akan melihat candi saja maka saya katakan bahwa cara fikir anda salah. Di

wisata candi Borobudur anda akan menikmati hal menarik lain di wisata candi boroudur berikut:

  • Berkeliling dengan menaiki gajah ternyata tidak hanya bisa dilakukan di taman safari atau kebun binatang . di candi Borobudur anda juga bisa melakukan hal ini. Karena pihak wisata candi borobudur menyediakan sejumlah gajah yang bisa kita naiki lewat program elephant back safari. Kita bisa melakukan explorasi area area di candi Borobudur secara beda dengan menaiki hgajah. Untuk melakukan hali ini anda perlu menyiapkan budget 250 ribu - 1 jutaan tergantung destinasi dan durasi waktu anda melakukan eksplorasi



  • Anda juga bisa Singgah ke galeri unik dan seni Borobudur. Disini anda bisa melihat berbagai macam seni yang bertemakan jawa dan juga hal hal yang unik yang ada di magelang dan sekitarnya

  • Wisata candi borbudur juga menjadi tempat di pamerkannya sebuah replika kapal jaman dahulu kala. Kapal ini di buat bedasarkan gambaran yang ada di dalam relief candi Borobudur. Kapal yang ada di wisata candi Borobudur ini dinamakan kapal Samudraraksa. Dan tentu anda wajib untuk berfoto di area in.

  • Setelah puas berkeliling dan menikmati wisata candi Borobudur , tentu anda perlu untuk membawakan sekedar buah tangan untuk orang dirumah atau cidera mata sebagai tanda anda pernah datang. Pihak wisata candi Borobudur menyediakan sebuah pasar wisata untuk membantu anda mengatasi kebingungan mencari oleh oleh

Jangan pernah ragu untuk datang, hal menarik lain di wisata candi boroudur yang menunggu anda

4.Lokasi wisata candi Borobudur


Jalan menuju wisata candi Borobudur mengikuti jalan uatama Jogja-Semarang. Candi Borobudur terletak di jalan badrawati, Borobudur jawa tengah. Lokasi wisata candi Borobudur akan sangat mudah anda temukan , sangat mudah kan ? Jika anda bingung silahkan buka google maps berikut :

5.Harga tiket wisata candi Borobudur


Untuk harga tiket masuk wisata candi Borobudur dibedakan menjadi beberapa kelas menurut yang saya ketahui ( harga tiket hari biasa / sabtu dan minggu / hari libur sama):

  • Wisatawan lokal / indonesia
    1.Umum ( diatas umur 6 tahun keatas): Rp 40.000
    2.Anak anak ( umur dbawah 6 tahun}: Rp 17.500

  • Wisatawan asing/ non lokal
    USD 25

  • Rombongan wisata atau sekolah

1.Umum : anda dapat mendapatkan diskon 10 persen jika rombongananda minimal 30 orang, diskon bukan berupa potongan harga namun berupa voucher iket masuk gratis. Untuk mndapatkannya ketua rombongan bisa mengurus ke counter tiket rombongan dengan melakukan laporan jumlah orang yang ikut, dan ketua rombongan wajib membayar semua secara kolektif

2.Pelajar : anda dapat mendapatkan diskon 10 persen jika rombongan anda minimal 20 orang, diskon bukan berupa potongan harga namun berupa voucher iket masuk gratis. Untuk mendapatkannya ketua rombongan bisa mengurus ke counter tiket rombongan dengan melakukan laporan jumlah orang yang ikut, dan ketua rombongan wajib membayar semua secara kolektif dan juga membawa surat keterangan jumlah rombongan dan wajib terdapat stempel sekolah.

Bisa dikatan harga tiket wisata candi borobdur sangat murah untuk wisatawan dengan apa yang akan kita lihat didalam kompleks wisata candi borobudur

Baca juga : Hal Menarik di Wisata Candi Prambanan

Setelah anda membaca artikel diatas , semoga anda tidak bingung lagi ika ingin berwisata ke Wisata alam Borobudur. Semoga artikel diatas bermanfaat untuk mengisi liburan anda dan jangan ragu untuk mencari informasi disini karena kami menyaikan berbagai macam informasi yang bermanfaat untuk anda

0 Response to "Cari Tahu Lebih Detail Wisata Candi Borobudur"