Hal Menarik di Wisata Candi Prambanan

Hal menarik di wisata candi prambanan Indonesia – sebuah kebangganan bagi bangsa Indonesia yang memiliki dua candi bersejarah peninggalan Hindu dan Budha. Kedua candi tersebut yaitu candi Prambanan yang merupakan peninggalan Hindu sedangkan candi Borobudur peninggalan Budha. Keduanya telah diakui oleh UNESCO sebagai warisan dunia, dan sebagai bukti kemajuan peradaban manusia dengan seni arsitektur tanpa bantuan teknologi canggih pada masa itu.

Lokasi wisata candi Prabanan sangat strategis karena berada di jalan utama Jogja-Solo sehingga mudah untuk dijangkau.Sedangkan alamat lengkap dari candi Prambanan yaitu di jalan Raya Jogja-Solo Km 16, Prambanan, Sleman, Yogyakarta. untuk rute yang leebih jelas anda dapat melihatnya di maps berikut ini :

Hal Menarik di Wisata Candi Prambanan


Sebagai candi peninggalan Hindu terbesar di Indonesia, candi Prambanan memiliki hal yang unik yang dapat menarik pengunjung untuk berlibur bersama keluarga. Ada beberapa hal menarik yang akan pengunjung dapatkan selama berada di candi Prambanan antara lain:


1.Belajar Sejarah Peradaban Hindu


Kisah Bandung Bondowoso dan Roro Jonggrang akan selalu menjadi sejarah candi Prambanan. Bandung Bondowoso merupakan seorang putra dari Kerajaan Pengging yang bernama Prabu Damar Maya. Ia terkenal manusia yang gagah perkasa dan sakti.Sedangkan Roro Jonggrang merupakan seorang putri dari kerajaan Baka. Ia memiliki seorang ayah bernama Prabu Baka yang kemudian terbunuh oleh Bandung Bondowoso ketika memperluas wilayah kekuasaan.

Kematian sang ayahanda, Prabu Baka membuat Roro Jonggrang dendam dengan Bandung Bondowoso. Hingga pada akhirnya ia memberikan syarat kepada Bandung Bondowoso yang terpikat dengan kecantikannya dengan membangun seribu candi dalam satu malam. Namun dengan kesaktiannya ia mendapat bala tentara jin untuk membantunya. Singkat cerita Bandung Bondowoso berhasil membangun 999 candi.

Roro Jonggrang cemas dan meminta bantuan para dayang untuk menumbuk padi yang akan membuat ayam berkokok. Namun hal tersebut diketahui oleh Bandung Bondowoso sehingga dia marah dan mengutuk Roro Jonggrang menjadi candi. Kemudian dipercaya oleh masyarakat bahwa candi Dewa Siwa merupakan perwujudan dari dirinya.

2.Berkeliling Kompleks Candi


Anda dapat berkeliling di tempat wisata yang memiliki luas 39,8 hektar dengan berjalan kaki. Aneka tumbuhan akan Anda lihat disekitar kompleks pelataran sehingga membuat kesan kesejukan. Berkeliling di candi Prambanan ini akan membuat Anda kagum dengan hasil karya indah dan megah tanpa bantuanteknologi canggih pada zaman dulu. Pertanyaan demi pertanyaan akan muncul ketika Anda melihat ukiran candi-candi tersebut yang konon dikerjakan hanya dalam satu malam saja.


3.Berfoto Ria


Berwisata di candi Prambanan akan menarik Anda untuk berfoto mengabadikan moment berharga di tempat tersebut. Andapun tidak perlu mengantri untuk mendapatkan hasil foto yang memuaskan karena akan selalu terlihat cantik berfoto dari berbagai sudut candi Prambanan. Kesan yang indah akan Anda rasakan dimalam hari. Ini karena terdapat perbaduan antara arsitektur candi dengan lampu yang menyala mengarah kepada candi Trimurti.

Baca juga : Wisata Taman Safari Indonesia sebagai Tempat Favorite untuk Berlibur

Bagi yang ingin menikmati suasana candi Prambanan dengan cara yang berbeda, Anda dapat mengunjunginya pada malam bulan purnama setiap bulannya pukul 20.00-22.00 WIB. Anda akan melihat pertunjukan sendratari Ramayana dipanggung terbuka trimurti. Karena tempatnya terbuka, maka Anda hanya dapat menikmatinya di musim kemarau, sedangkan di musim hujan lokasi pertunjukan akan dipindah ke panggung tertutup.

4.Berburu Souvenir


Satu hal yang tidak boleh terlewatkan oleh Anda ketika mengunjungi candi Prambanan yaitu berburu souvenir. Beragam souvenir akan Anda dapatkan di kompleks wisata ini mulai dari gantungan kunci, kalung, gelang, miniatur candi, kaos dan masih banyak lagi. Tentunya dengan variasi corak warna, dan harga.

Denah Candi Prambanan


Bentuk dari denah candi Prambanan yaitu persegi panjang yang terdiri dari atas halaman luar dan tiga pelataran (jaba, tengah, dan njeron). Pelataran luar yang berbentuk bujur dengan luas 390 m2 ini dulu dikelilingi oleh pagar batu, namun sekarang tingal reruntuhannya saja.

Sedangkan pelataran kedua yaitu pelataran tengah berbentuk persegi panjang dengan luas 222 m2. . Dahulu pelataran ini juga dikelilingi batu, namun kini sudah runtuh. Anda akan menemukan empat teras berundak di pelataran tengah yang semakin dalam semakin tinggi.
Pertama teras terbawah yang terdapat 68 candi kecil yang berkeliling. Kedua terdapat 60 candi sedangkan ketiga terdapat 52 candi dan untuk teras teratas terdapat 44 candi yang dapat Anda temukan. Tentunya dengan ukuran dan bentuk yang sama yaitu 6 m2 dan tinggi 14 m membuat Anda semakin kagum dengan arsitektur ini. Di pelataran tengah ini pula candi yang dulu tegak kokoh sekarang hampir semua runtuh.



Pelataran yang paling tinggi merupakan pelataran dalam dengan denah berbentuk persegi empat seluas 110 m2 dengan tinggi 1,5 m. Pelataran yang dikelilingi oleh turap dan pagar batu ini dinamakan gapura paduraksa. Hanya gapura ini yang masing berdiri tegap hingga saat ini. Disi lain anda juga akan menemukan dua buah candi berukuran kecil dengan ketinggian mencapai 4 m. Ada dua barisan candi yang membujur arah utara dan selatan, tiga buah candi menghadap ke timur, dan tiga lainnya menghadap ke barat.

Anda akan menemukan jenis candi yang berhadapan antara satu dengan lainnya sesuai dengan kendaraan yang digunakan oleh para dewa. Seperti candi Wisnu yang merupakan candi Garuda beradapan dengan cani Syiwa yaitu candi Nandi (lembu). Sedangkan candi Brahmana berhadapan dengan candi Angsa.

Jalan Menuju Wisata Candi Prambanan


Jalan menuju candi Prambanan sangatlah mudah, karena bebrada di jalur utama Jogja-Solo. Anda bisa menggunakan kereta api, transportasi umum seperti Transjogja, bus ataupun kendaraan pribadi lainnya.

Baca juga : Keindahan Wisata Alam Kaliurang Yogyakarta

Bagi Anda yang menggunakan kereta Prambanan ekpress, Anda dapat turun di stasiun bandara Adisutjipto. Kemudian menggunakan Transjogja dengan jalur 1A untuk sampai di halte pasar Prambanan, lalu Anda hanya cukup untuk menyebrang saja. Kemudahan akan Anda rasakan ketika menggunakan kendaraan pribadi yaitu cukup mengendarinya melalui jalan raya Yogya-Solo.

Harga Tiket Wisata Candi Prambanan


Harga Tiket wisata candi Prambanan berbeda antara wisatawan lokal dengan wisatawan asing. Bagi wisatawan asing biasanya akan dikenakan tarif dua kali lipat dari wisatsawan lokal. Begitu pula dengan usia pengunjung akan berbeda pula dengan harga tiket yang berlaku. Candi Prambanan di buka setiap hari dari pukul 06.00-17.00.


Kategori Harga Tiket


TWC Prambanan

  • Usia 10 tahun ke atas Rp 40,000

  • Usia 3-10 tahun Rp 20,000

Paket TWC Prambanan, Plaosan dan Sojiwan

  • Usia 10 tahun ke atas Rp 60,000

  • Usia 3-10 tahun Rp 30,000

Paket Terusan

1. Prambanan_Ratu Boko

  • Usia 10 tahun ke atas Rp 75,000

  • Usia 3-10 tahun Rp 35,000

2. Prambanan Borobudur

  • Usia 10 tahun ke atas Rp 75,000

  • Usia 3-10 tahun Rp 35,000

3. Prambanan-Ramayana kelas II

  • Usia 10 tahun ke atas Rp 150,000

  • Usia 3-10 tahun Rp 135,000

4. Wisatawan Asing

  • Usia 10 tahun ke atas Rp 337,500

  • Usia 3-10 tahun Rp 202,500

  • Kamera 1000/kamera