Keindahan Wisata Alam Kaliurang Yogyakarta

Keindahan Wisata Alam Kaliurang Yogyakarta – Yogyakarta tidak akan pernah mati dan tiada akhir untuk selalu memberikan tempat wisata terbaiknya. Kalau dulu Anda hanya mengetahui pusat perbelanjaan Malioboro, pantai Parangtritis, candi Prambanan, kini Anda dapat menikmati berbgaia wisata di penjuru Yogyakarta. Salah satunya Wisata Alam Kaliurang Yogyakarta.

Lokasi Wisata Alam Kaliurang merupakan sebuah kawasan yang berada di ketinggian sekitar 900 Mdpl sehingga membuat udara cenderung dingin namun sejuk. Suhu di daerah Kaliurang mencapai 20 sampai 25 derajat celcius sehingga tidak heran kalau di siang hari udara masih terasa dingin. Wisata Alam Kaliurang berlokasi di kawasan lereng gunung Merapi, sekitar 30 km atau sekitar satu jam perjalanan. Berbagai wisata alam Kaliurang akan menarik Anda untuk ingin tetap di sana. Adapun wisata alam Kaliurang antara lain:

1.Tlogo Puri Kaliurang


Salah satu objek wisata favorite di Kaliurang adalah Tlogo Putri Kaliurang. Objek wisata ini masih termasuk kawasan taman nasional gunung merapi yang dilindungi oleh pemerintah. Lokasi Wisata alam kaliurang Tlogo Putri berada di Tlogo Putri, Hargobinangun, Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Dulu, air terjun Tlogo Putri menjadi objek wisata yang menarik bagi sebagian pengunjung, namun karena air terjun ini sekarang dimanfaatkan oleh masyarakat setempat, air terjun ini jarang menarik pengunjung.



Hal unik yang dapat ditemukan oleh para pengunjung yaitu taman bermain dengan kera yang berkeliaran di taman tersebut. Kera ini mempunyai beragam bentuk mulai dari yang masih kecil sampai kera dewasa. Namun Anda harus berhati-hati ketika berada di kawasan ini karena sebagian kera yang ada nakal, sehingga tidak jarang merebut makanan yang di bawa oleh pengunjung. Selain itu Anda juga dapat melakukan flying fox.

Harga tiket wisata alam kaliurang yang berada di kecamatan Pakem ini sangat murah. Anda hanya membutuhkan biaya Rp. 5000,-/bagi orang dewasa dan 1.000,-/ bagi anak-anak.

2.Gardu Pandang


Bagi yang ingin melihat jelas gunung Merapi dan bukti Turgo, Anda dapt menunjungi objek wisata Gardu Pandang. Lokasi wisata ini sama dengan Tlogo Putri yakni desa HArgobinangun kecamatan Pakem. Objek wisata ini memiliki lahan yang luas, namun mempunyai wahana bermain yang sedikit. Walaupun begitu pihak pengelola selalu mengadakan berbagai acara di sana. Diantara acara yang sering dilakukan yaitu Taman Lampion.



Pengunjung dapat menikmati keindahan lampion dengan berbagai bentuk mulai dari dinosaurus, pepohonan dan bunga, superhero dan masih banyak lagi. Selain itu, objek wisata ini menjadi tempat untuk mengadakan konser music, sehingga tak heran jika area ini akan ramai dikunjungi terutama pada sore hari.

Baca juga : Mengenal Kekayaan Hayati Melalui Wisata Taman Buah Mekarsari

Harga Tiket wisata Gardu Pandang bervariasi tergantung pada acara yang sedang diselenggarakan oleh pihak pengelola mulai dari Rp. 15.000,- sampai Rp. 30.000,-. Namun untuk hari-hari biasa Anda hanya cukup mengeluarkan uang masuk Rp. 3.000,- untuk orang dewasa dan Rp. 2.000,- untuk anak –anak.

3.The World Landmarks Merapi Park


Wisata yang satu ini tidak kalah serunya untuk kamu para hunter foto. Tempat ini akan membawa Anda untuk mengenal ikon-ikon terkenal di dunia. Anda akan menemukan miniatur yang pernah masuk dalam tujuh keajaiban dunia. Muali dari menara Pizza Italia, menara Eifel Prancis, Kincir Angin dari Belanda, Big Ben dari London, Telepon Box Inggris dan masih banyak lagi ikon dunia yang akan kamu lihat di sini.



Untuk sampai ke objek wisata ini berdekatan dengan Museum Gunung Merapi, sehingga mudah sekali untuk mendapatkan lokasi ini. Harga tiket wisata alam kaliurang ini sangat murah, Anda hanya membutuhkan biaya senilai Rp. 15.000,- per orang, sedangkan anak di bawah dua tahun tidak dikenakan tiket tersebut. Tiket murah dan Anda mendapatkan foto yang instagramable hanya di The World Landmarks Merapi Park.

4.Stonehenge Kaliurang


Bagi Anda yang suka mempoting tempat-tempat wisata di istagram, Stonehenge merupakan tempat yang sangat diajurkan untuk dikungjungi. Ini karena tempatnya yang menyerupai Stonehenge di Inggris sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk pergi ke luar negeri demi mendapatkan foto yang cantik nan indah.



Lokasi wisata alama kaliurang bernama Stonehenge ini sama dengan lokasi wisata The Lost World Castle yaitu di desa Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan, Sleman Yogyakarta. Jalan Menuju Wisata Alam Kaliurang ini, Anda hanya Jalan menuju melaju menuju Kaliurang, kemudian Kaliadem, menuju Bebeng, lalu dusun Petung, Selajutnya Anda akan sampai ke Kopi Merapi dan sampai di objek wisata ini.

Jangan bingung dengan harga tiket masuk objek wisata ini. Anda dapat masuk dan berfoto ria di Stonehenge sampai puas karena tidak bipungut biaya tiket masuk alias gratis. Namun demi keamanan kendaraan yang digunakan, Anda perlu membayar uang parkir sebagai gantinya. Tunggu apalagi hanya di kaliurang yang menyediakan wisata murah.

5.Merapi Lava Tour


Bagi Anda yang tidak mau ambil pusing dengan rute perjalanan wisata Kaliurang, atau bingung memilih tempat wisata. Anda dapat menggunakan paket perjalanan wisata di lereng merapi ini. Anda bisa mendapatkannya di kawasan wisata Kaliurang (Tlogo Putri, Gardu Pandang, Museum Gunung Api Merapi) dan di kawasan Konaherjo.

Wisata Merapi Lava Tour akan menawarkan jasa wisata memnggunakan kendaraaan Jeep lawas. Paket wisata ini dapat Anda gunakan mulai empat sampai lima orang. Adapun tempat wisata yang dikunjungi yaitu ke Kali Kuning, Mengunjungi musem sisa harta warga yang terkena erupsi Merapi, Alien Stone, Makan Mbah Marijan, dan Bukit Glagahsari termasuk The Lost World Castle dan Stonehenge Merapi.

6.Museum Gunung Api Merapi


Belajar sambil berlibur akan Anda dapatkan di Museum ini. Mulai dari minuatur erupsi gunung Merapi, benda-benda dan wilayah yang terkenal erupsi Merapi, sampai dengan alat yang digunakan untuk memantau gunugn merapi. Hal yang tidak kalah serunya yaitu Anda dapat menyaksikan film tentang tragedi erupsi Merapi yang menelan banyak korban termasuk Mbah Marijan. TIket masuk wisata museum Gunung Api Merapi anatar lain:

  • Tiket masuk   : Rp 5.000,- per orang

  • Tiket masuk Wisman : Rp. 10.000,- per orang

  • Tiket masuk ruang audio visual  : Rp 5.000,- per orang

  • Tiket masuk ruang audio visual wisman : Rp. 10.000,- per orang

7.Taman Bermain Kaliurang atau Sungai Udang


Bermain bersama keluarga akan mengasyikan dan menyenangkan dengan berkunjung di taman bermain yang berlokasi di Kaliurang. Objek wisata ini berlokasi sekitar 28 km dari pusat kota Yogyakarta dan dapat dijangkau oleh kendaraan pribadi, bus, ataupun taxi.Untuk jalan menuju kekawasan kaliurang ini anda dapat melihat nya di maps berikut :


Tempat wisata yang luas sekitar 10.000 m2 ini sangat cocok untuk mengajak anak-anak mengenal alam terbuka, sehingga anak-anak dapat bermain sepuasnya mulai dari prosotan, ayunan, kolam mini, flying fox dan masih banyak lagi. Tempat ini biasnya menjadi tempat untuk melakukan outbond dan camping ground.

Baca juga : Wisata Taman Safari Indonesia sebagai Tempat Favorite untuk Berlibur

Taman bermain ini buka setiap hari ukul 08.00-17.00 sedangkan weekend dan libur nasional buka pukul 06.00-18.00. Anda hanya memerlukan biaya untuk membeli tiket wisata ini sebesar Rp. 6.000,- untuk dewasa dan anak-anak.

0 Response to "Keindahan Wisata Alam Kaliurang Yogyakarta"