Keindahan Wisata Pantai Indrayanti di Gunung Kidul Yang Mempesona

Keindahan Wisata Pantai Indrayanti Yang Mempesona di Jogja - Kota Yogyakarta menjadi salah satu kota yang memiliki banyak tempat wisata. Kota ini tidak hanya menghadirkan wisata alam saja, anda bisa menikmati wisata budaya, kuliner dan juga wisata religi. Jika anda pergi ke kota Yogyakarta, jangan lupa untuk mengunjungi berbagai pesona alam yang sudah tersedia. Salah satu wisata lain yang menarik adalah pantai. Anda bisa memilih pantai yang ada di Yogyakarta salah satunya wisata pantai indrayanti.


Wisata Pantai Indrayanti Yang Mempesona

Salah satu pantai yang terkenal dengan pasir putihnya adalah pantai indrayanti. Seperti halnya wisata yang lainnya, untuk memasuk pantai perlu membayar tiket masuknya. Harga Tiket Wisata Pantai Indrayanti cukup murah, hanya 10 ribu saja. Tiket yang anda beli ternyata tidak hanya bisa menikmati pantai indrayanti saja, tapi anda juga bisa menikmati pantai Baron, Kukup dan pantai yang bersebalahan lainnya. Jam operasional pantai indrayanti buka selama 24 jam. Untuk lebih lengkap informasi mengenai keindahan Wisata Pantai Indrayanti, silahkan baca paragraf selanjutnya.

Asal - Usul Nama Wisata Pantai Indrayanti


Pantai Indrayanti menjadi salah satu pantai yang memiliki pasir putih. Adapun Lokasi Wisata Pantai Indrayanti berada di Dusun Ngasem, Desa Sidoharjo kecamatan tepus, kabupaten Gunung kidul kota Yogyakarta. Setiap tahunnya, wisata yang ada di Kota Yogyakarta ini semakin rame pengunjung saja. Mungkin yang baru dikenal yaitu pasar klewer solo dan candi borobudur Magelang. Adanya beberapa pantai juga baru-baru mulai hits selain dari pantai parangtitis yaitu pantai Indrayanti.

Terdapat berbagai versi asal usul nama Indrayanti. Ada yang bilang kalau dahulu “indrayanti” ini merupakan gabungan dari nama sepasang kekasih yang tidak di restui oleh orang tuanya. Orang tua zaman dahulu tidak mmperbolehkan perjodohan antara daerah wates dan juga Gunung kidul. Namun, sepasang kekasih yang saling mencintai ini akhirnya memutuskan untuk nikah lari dan sepakat untuk meninggalkan desanya. Menurut cerita mereka sama-sama menempuh jalan lewat jalur air yang menyeberagi lautan dengan perahu.

Sepasang kekasih ini sudah mneyepakati untuk betemu di suatu tempat. Setelah melakukan perjalan panjang akhirnya sampai tempat yang sudah di sepakati. Karena sudah menunggu lama akhirnya perempuan tersebut menunggu di tepi pantai hingga tertidur. Dan akhirnya tidak sadar kalau dirinya telah terseret ombak. Setelah beberpa saat akhirnya pasangan lelakipun sampai. Tapi, yang di temuinya ternyata hanya selendang kekasihnya.

Laki-laki ini mencari pujaan hatinya berhari-hari namun tidak bertemu, setelah beberapa minggu kahirnya laki-laki inipun meninggal karena lupa makan dan minum. Untuk mengenang kisah cinta antara sepasang kekasih inilah tempat pertemuan mereka dinamkan “ Indrayanti” yang berasal dari dua nama kekasih “indra” dan “Yanti”. Selain itu ternyata masih ada cerita yang lainya yaitu awal mulanya namnya bukanlah “indrayanti” tapi pantai pulang syawal.

Pantai pulang syawal ini pantai yang kurang terawat bahkan sudah di tumbuhi semak belukar. Namun setelah ada café resto yang di dirikan oleh pihak swasta di daerah pantai tersebut ternyata memiliki banyak pengunjung. Akhirya masyarakat setempat memberdayakan pantai sebagai fasilitas kenyaman wisata yang ingin berkunjung ke resto. Nah nama indrayanti ini di ambil dari nama pemiliki resto yaitu “ Indra” dan “Yanti”.

Fasilitas Wisata Pantai Indrayanti


Seperti halnya dengan wisata pantai indrayanti juga memiliki fasilitas yang ada di dalamnya seperti hanya fasilitas kamar mandi, musholla dan MCK. Masing-maisng tempat juga memiliki tarif masing-masing. Selain itu di sediakan juga gazeba dan payung untuk berjemur di tepi pantai. Bagi yang senang dengan terik matahari ataupun tempat berteduh di tepi pantai bersama teman bsa menikmati fasilitas tersebut.

Selain itu untuk anak-anak juga di sediakan wahana bermain seperti halnya panjat tali, perosodan, jetski dan bangku putar. Dengan begitu wisata ini tidak hanya cocok untuk orang dewasa saja, tapi cocok untuk anak-anak juga. Selain itu tersedia juga penginapan yang lokasinya tidak jauh dari pantai.  Untuk anda yang dari luar kota bisa menikmati malam dengan menginap di homestay. Rasa lelah anda tentunya akan hilang setelah istirahat sejenak di sana.

Beberapa penginapan yang bisa anda kunjungi yaitu Walet Guest House, Villa Indrayanti Hills, Griya Kusuma Bamboo Lengkung, Rock Garden Homestay and Resto dan Joglo Watu kelir. Lokasi hotel tersebut sangat dekat dengan pantai. Jadi jangan khawatir anda tidak bisa menikmati bermalam di pantai. Jika sudah musin liburan rata-rata susah untuk mencari penginapan yang dekat dengan pantai. Solusinya anda mencari penginapan yang tidak jauh dari lokasi pantai.

Pesona Wisata Pantai Indrayanti      


Keindahan pantai indrayanti terlihat dari jernihnya air laut yang masih alami di tambah lagi dengan pasir putihnya. Selain itu keindahan alam yang disediakan pantai indrayanti ini juga terlihat dengan megahnya batu karang yang berada di sekitar pantai. Airnya masih alami dan jernih, jadi jangan salah jika anda tergoda untuk menikmati jernihnya air dengan mandi bersama-sama. keindahan dan juga kebersihan pantai ini tentunya tidak lepas dari pengawasan pengelolaan pantai.


Jernihnya air laut indrayanti gunung kidul yogya


Pasir putih pantai indrayanti yang mempesona

Keindahan pantai indrayanti ini akan semkin indah saat malam tiba. Suasana yang anda rasakan tentunya berbeda dengan suasana malam hari. Tersedia Gazebo yang berjajar di tepi pantai dan lampu kerlap - kerlip menambah suasana romantis saja. Apalagi jika anda bersama dengan orang-orang yang anda sayangi seperti halnya teman bermain dan juga keluarga. Suasana malam dengan sepoi - sepoi angin malam akan menambah suasana menjadi lebih indah dan menjadikan kenangan yang indah.


Menikmati senja di pantai indrayanti gunung kidul yogya

Selain menikmati indahnya pantai anda juga bisa menyaksikan Samudera Hindia dari atas puncak pantai Indrayanti. Anda bisa melihat hamparan luas sepanjang horizon yang telah telihat. Angin senja yang menyapa, kicauan burung camar dan deru ombak ini sungguh mengikatkan memori yang indah dan tak terlupakan. Di puncak inilah anda bisa melihat sunset pantai Indrayanti yang menawan.


Melihat pemandangan laut melalui bukit

Kuliner Wisata Pantai Indrayanti


Selain menikmati pemandagan anda juga bisa menikmati wisata kuliner yang sudah tersedia di sekitar pantai Indrayanti. Jadi untuk anda yang lupa membawa bekal makanan bisa menikmati kajian kuliner disini. Ada beberara cafe dan juga restoran yang tersedia, anda bisa memilih sesuai dengan selera sajian makanan masing-masing. Tesedia berbagai olahan tardisional seperti halnya soto, bakso, Gudeg dan sajian lainnya.

Rute, dan Map Pantai Indrayanti


Untuk sampai ke pantai indrayanti anda harus tahu rute Jalan Menuju Wisata Pantai Indrayanti. Setelah anda sampai di Yogyakarta lanjukan untuk menju piyungan – patuk – arah hutan bunder – Gading – logandeng – siyono – bundaran tugu BPD – Jln. Kyai Legi – Jln. Lingkar Selatan – Jln. KRT Djojodiningrat – Jln. Grisubo – Wonosari – Jln. Saptosari – Tepus – sebelu msau kepantai baron anda harus ambil ke arah timur pantai Sundak – Somandeng – pantai Indrayanti.

Untuk memudahkan anda menemukan lokasi tempat wisata pantai indrayanti saya sarankan untuk menggunakan google map untuk memandu anda dalam perjalanan menuju tempat pantai indrayanti.
[googlemap src="https://www.google.com/maps/embed?pb=!1m14!1m8!1m3!1d31596.104386293562!2d110.613562!3d-8.150951!3m2!1i1024!2i768!4f13.1!3m3!1m2!1s0x0%3A0x6df3fa2309bb186a!2sPulang+Syawal+Beach+(Indrayanti)!5e0!3m2!1sen!2sid!4v1515638295762"]

Demikian tadi beberapa informasi wisata Pantai Indrayanti. Jika anda ingin beriwisata di sana tentunya sudah tahu berapa budget yang anda butuhkan untuk sampai ke tempat wisaat tersbuet. Nikmati keindahan alam yang masih alami dan murni. Anda juga bisa menikmati indahnya malam yang sudah di gambarkan sebelumnya.