Mengenal Kekayaan Hayati Melalui Wisata Taman Buah Mekarsari

Salah satu destinasi wisata yang sudah cukup terkenal di Indonesia yakni Wisata Taman Buah Mekarsari yang juga berfungsi sebagai pusat pelestarian keanekaragaman hayati buah- buahan tropika terbesar di dunia. Khususnya jenis tanaman buah yang unggul hasil dari kumpulan tanaman buah dari berbagai daerah di Indonesia.

Tempat ini juga digunakan sebagai tempat penelitian bagi budidaya (agronomi), pemuliaan (breeding) dan perbanyakan bibit unggul yang akhirnya nanti akan disebarluaskan kepada masyarakat umum dan petani di daerah seluruh Indonesia.

Tempat wisata yang satu ini menyuguhkan fasilitas yang sangat kompleks dan lengkap, mulai dari tempat wisata yang bisa anda kunjungi individu, juga sebagai tempat gathering untuk keluarga dan rekan kerja yang sangat asyik. Bagaimana tidak , luasnya yang mencapai ratusan hektare ini memungkinkan anda menikmati berbagai fasilitas yang disuguhkan.



Di bangun dengan konsep dan perencanaan yang luar biasa, konstruksi dan tataletak yang rapi, membuat para pengunjung betah untuk berlama- lama menikmati segala yang disuguhkan disini.

Lokasi Wisata Taman Buah Mekarsari


Lokasi Wisata Taman Buah Mekarsari bertempat di kecamatan cileungsi, kabupaten bogor jawabarat. Taman ini memiliki luas sekitar 264 hektare dengan dilengkapi sarana bagi para wisatawan yang datang. Pengunjungnya berbagai macam, mulai dari wisatawan lokal hingga mancanegara.

Wisata ini juga didukung dengan berbagai wahana yang dirancang untuk mendekatkan para pengunjung pada alam. Diantaranya ada family garden, rekreasi danau seluas 25 ha, baby zoo, rusa tutul, garden center, greenhause melon, sabut kelapa outbound, kids fun valley, menara pandang, bangunan air terjun (puri tirto sari) dan pongo show.



Selain itu, para pengunjung ini akan disuguhi berbagi kegiatan yang menarik, diantaranya yang menjadi favorite adalah company gathering, piknik keluarga, wisata kebun buah/ sayur, barbeque, memandikan sapi, menanam padi dan lain sebagainya.

Wisata Taman Buah Mekarsari ini juga anda dapat melakukan olahraga senam pagi yang diadakan oleh penyelenggara. Jadi pihak pengelola menginginkan untuk memadu padankan antara wisata alam sekaligus tempat rekreasi serta wahana olahraga yang enak dan membuat pengunjungnya betah berlama- lama berada disini.

Selain itu tempatnya yang luas memungkinkan untuk pengunjung membawa rombongan dengan jumlah yang cukup besar sehingga cocok untuk dijadikan tempat study tour bagi para pelajar. Selain dapat mengenalkan keanekaragaman hayati untuk para generasi muda, juga dapat mendekatkanya pada alam sehingga menggunggah mereka untuk lebih peduli dan peka terhadap lingkungan.

Wisata taman buah mekarsari juga bisa dijadikan referensi sebagai tempat untuk berkumpul bersama teman- teman terdekat sebagai sarana untuk merayakan acara semisal ulang tahun, tahun baru, dan lain sebagainya. anda tidak perlu jauh- jauh pergi keluar kota dan bisa menghemat biaya serta memanfaatkan waktu luang yang tak begitu banyak.

Selain sbagai tempat konservasi tanaman dan buah, di area wisata taman buah mekarsari juga terdapat spot atau wahana petualangan bernama d’farm. Wahana ini sangat cocok untuk memperkenalkan pada anak- anak tentang bagaimana menjadi penggembala atau peternak. Di sini, anak anda akan di ajak untuk memberikan makan bagi hewan- hewan semisal kelinci, menunggang kuda, memberikan susu untuk anak domba,dan lain sebagainya.



Ketika anda memasuki lobi pada pintu utama, akan tersedia meja informasi tentang paket tur yang tersedia beserta fasilitas yang akan anda dapatkan saat mengambil paket wisata. Apabila anda tidak ingin mengikuti paket tur yang disediakan oleh penyelenggara, anda bisa menaiki kereta yang berkeliling di kawasan ini. Biaya tiketnya sebesar 10 ribu per orang.

Baca Juga : Pesona Wisata Waduk Wadaslintang Kabupaten Wonosobo

Para pengunjung yang menumpang kereta bisa berhenti di setiap wahana yang dilewati dan naik lagi melalui halte yang sudah di sediakan. Apabila anda tidak mengikuti paket tur maka pada setiap wahana yang anda ingin masuki harus membayar pada setiap loket yang tersedia.

Jalan Menuju Wisata Taman Buah Mekarsari


Jalan menuju wisata taman buah mekarsari, Obyek wisata yang terletak di jl. Raya Cileungsi – Jonggol Km. 03 kabupaten Bogor 16820 ini bisa anda jangkau dengan mudah. Banyak akses jalan untuk menuju ke daerah ini dengan menggunakan berbagai macam transportasi.

Apabila anda menempuh perjalanan dari arah jakarta semisal dari arah Ancol, Tanjung Priok, kelapa Gading maka masuklah ke pintu tol jagorawi dan keluar di pintu tol cibubur. Ambil arah cileungsi lurus terus jangan belok- belok. Hingga anda menemukan gerbang Mekarsari yang berada di sisi kanan.

Apabila anda menempuh rute dari arah bogor, puncak, ciawi, barandangsiang, IPB, atau parung. Masuklah menuju pintu tol jagorawi dan keluar di pintu tol cibubur ambil arah lurus hingga menemui jembatan kali cikeas. Lewatlah melalui atas, untuk menghindari macet pada pasar tumpah yang berada di bawah jembatan. Lurus terus sampai menemui plang selamat datang mekarsari di sebelah kanan jalan. Apabila anda ingin petunjuk arah dari Google Maps, anda dapat melihatnya disini :


Tiket Taman Buah Mekarsari


Untuk Tiket Masuk Wisata Taman Buah Mekarsari untuk per orang yakni pada akhir pekan dan hari libur Rp 25.000 per orang, untuk musim liburan harganya naik menjadi Rp 30.000 per orang. Untuk biaya parkir, setiap pengunjung harus mengeluarkan biaya sebesar Rp 20.000 untuk mobil, Rp 10.000 untuk motor dan Rp 35.000 untuk bus.

Selain tiket masuk gerbang di atas terdapat tiket terusan yang akan membawa anda menuju berbagai wahana yang disediakan. Yakni Rp 43.000 untuk tiket belimbing. Anda bisa mendapatkan tiket masuk gerbang, tiket kereta wisata, dan perahu naga.

Tiket duku sebesar Rp 43.000 yakni anda bisa menikmati tiket gerbang, tiket kereta wisata, dan juga wahana sepeda MTB. Selanjutnya ada tiket Kepel sebesar Rp 57.000, anda bisa mendapat tiket gerbang, kereta wisata dan wahana speedboat.

Yang terakhir ada tiket manggis sebesar Rp 83.000 yakni untuk tiket gerbang, greenland tour dan perahu naga. Masih banyak lagi paket masuk obyek wisata ini.



Untuk jam buka taman buah mekarsari yakni pada hari biasa (senin – jumat) dimulai pukul 8 pagi sampai setengah 5 sore, sedangkan hari libur atau weekend yakni mulai dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore. Jadi terdapat selisih waktu setengah jam antara hari libur dan hari biasa.

Taman wisata ini biasanya selalu penuh oleh pengunjung setiap harinya, terlebih jika akhir pekan atau libur panjang maka jumlah pengunjung bisa mengalami kenaikan hingga 5 kali lipat.

Nah sekarang anda sudah mengetahui bukan tentang wisata taman buah mekarsari, apabila anda tertarik untuk berekreasi sekaligus memberikan pembelajaran bagi buah hati anda tempat ini merupakan obyek yang tepat.

Baca juga : Wisata Kebun Raya Bogor Masih Menjadi Favorite

Selain tempatnya yang strategis, tidak terlalu jauh dari kota Jakarta anda juga bisa mendapatkan pengalaman gathering dengan keluarga dengan harga yang cukup terjangkau. Anda juga bisa mengenalkan kepada buah hati mengenai lingkungan hidup dan juga keberagaman hayati alam indonesia.

0 Response to "Mengenal Kekayaan Hayati Melalui Wisata Taman Buah Mekarsari"

Posting Komentar