Mengetahui Sejarah Wisata Candi Dieng Dan Berbagai Pesonanya

Bagi yang pernah berkunjung ke kawasan wisata candi Dieng tentu sudah tidak asing lagi dengan adanya beberapa candi yang berada di kawasan tersebut. Tempat tersebut selalu menjadi daya tarik wisatawan yang bekunjung baik wisatawan dalam maupun luar negeri. Komplek candi dieng tersebut juga sangat terkenal dengan sebutan komplek candi arjuna dan menempati tanah seluas 800 meter persegi. Kawasan tersebut berada pada ketinggian dua ratus meter diatas permukaan laut. Dataran tinggi Dieng memang memiliki suguhan alam yang menarik sehingga anda patut memasukkan tempat tersebut menjadi daftar kunjungan liburan anda.

Sejarah Wisata Candi Dieng


Wisata Candi Dieng pertma kali ditemukan tahun 1814 ketika tentara Inggris mengunjungi kawasan dataran tinggi Dieng. Mereka tidak sengaja menemukan candi tersebut sehingga menjadi kawasan wisata yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Awalnya candi tersebut ditemukan dalam keadaan yang terendam di dalam genangan air dan tanah. Sehingga pada tahun 1856 dan dipimpin oleh Van Kinsbergen mereka melakukan pengeringan air dimana pada saat itu masih berupa telaga. Belum selesai sampai disitu, proses pengeringan dilanjutkan oleh pemerintah Hindia Belanda tahun 1864.



Komplek candi yang terkenal ini merupakan candi Hindia yang beraliran Syiwa dimana bangunan tersebut diperkirakan dibangun pada abad ke delapan dan ke sembilan. Bahkan diperkirakan candi tersebut berhasil menjadi candi tertua pada saat itu. Menurut para ahli sejarah candi tersebut dibuat pada masa pemerintahan Wangsa Sanjaya. Untuk mendukung hal tersebut juga sudah berhasil ditemukan prasasti yang sangat kuno dan diperkirakan dibuat pada tahun 808 M karena jenis penulisan yang masih kuno.

Uniknya dari kawasan candi ini adalah letaknya yang terbagi menjadi 3 blok dimana masing-masing nama candi ini diambil dari kitab Mahabarata. Beberapa dari nama kelompok candi tersebut adalah candi arjuna, kelompok candi Dwarawati, kelompk candi Arjuna dan candi Bima. Meskipun terpisah-pisah, Lokasi wisata candi Dieng tersebut juga masih bisa ditenpuh dengan transportasi yang mudah. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa kelompok candi Dieng yang bisa anda kunjungi.

Komplek Wisata Candi Arjuna


Komplek candi ini terdiri dari 4 candi yang terletak di ujung selatan kawasan Candi Dieng. Kelompok candi ini terdiri dari candi Arjuna, Candi sembrada, candi Srikandi, candi Semar dan candi Puntadewa. Menariknya, candi ini maish bisa dikatakan utuh layaknya pertama kali ditemukan. Hal tersebut tentu berbeda dengan komplek candi lain yang sudah banyak menalami perubahan.



Yang pertama adalah candi arjuna. Candi sangat mirip dengan candi yang berada di kawasan Gedong Songo dimana bentuk dan juga ukuranya pun hampir sama. Bangunan candi ini memiliki dasar berbentuk persegi dengan luas sekitar 16 meter persegi. Candi tersebut juga berada diatas batur dengan ketinggian kita-kira satu meter. Menariknya pada bagian candi tersebut juga dilengkapi dengan pintu yang dihiasi pahatan Kalamakara.

Selain itu, pada bagian sisi yang lain juga terdapat batu yang menjorok ke luar dengan membentuk bingkai. Nah dalam bingkai tersebut anda bisa melihat pahatan yang berpola kertas tempel dengan dihiasi sepasang kepala naga lengkap dengan mulut terbuka dan Kalamakara tanpa disertai rahang bawah. Untuk bagian atap candi adalah berbentuk kubus dan tersusun mengecil di bagian atas.
Candi dikawasan arjuna selanjutnya adalah Candi Semar. Letak candi tersebut berhadapan langsung dengan Candi Arjuna dan berbentuk persegi panjang dan berdiri diatas batur yang memiliki ketinggian kira-kira 50 meter. Berbeda dengan dinging candi Arjuna, Pada bagian dinging Candi semar ini hanyalah polosan dan tidak berupa pahatan. Pada candi tersebut terdapat bagian depan dan lubang jendela pada sisi candi. Didalam candi tersebut hanya terdapat rungan kosong dan menurut sejarah, candi tersebut dahulu digunakan untuk menyimpan berbagai senjata kerajaan.



Candi yang selanjutnya adalah candi srikandi. Lokasi wisata candi Arjuna ini terletak disebelah utara candi arjuna dengan berada diatas batur setinggi 50 meter dan berbentuk kubus. Dalam candi tersebut, terdapat pintu masuk candi dua bagian depan dan dihiasi dengan pahatan wisnu pada bagian sisi timur. Sayangnya pada bagian atap candi ini sudah mengalami beberapa kerusakan.
Candi sembadra juga termasuk ke dalam kawasan candi Arjuna Dieng. Layaknya candi lainya, bangunan ini berdiri diatas batur setinggi 50 meter. Jika dilihat sekilas, candi ini seperti bagunan bertingkat dan terdapat batu menjorok keluar pada bagian sisi yang berfungsi sebagai pintu.

Baca juga : Berlibur Dengan Belajar Di Kawasan Wisata Museum Geologi Bandung

Candi yang terakhir dalam kawasan arjuna adalah candi Puntadewa. Candi ini lebih unik dari candi yang lain karena ukuranya yang lebih kecil. pada bagian tangga masuk, candi ini dilengkapi dengan pipi candi yang berbentuk susun dua yang berfungsi sebagai batur candi. Pada bagian atapnya candi ini berbentuk kubus yang besar dengan sebagian tutup yang sidah hancur.

Rute Menuju Sisata Cadi Dieng


Jalur terdekat yang bisa anda lalui untuk menuju kawasan wisata tersebut adalah melewati jalur Wonosobo. Untuk menuju kawasan candi tersebut anda akan menjumpai jalanan yang naik turun sehingga menantang adrenalin anda. Untuk menuju kawasan tersebut dari kota wonosobo, anda membutuhkan waktu sekitar satu jam dengan menggunakan kedaraan pribadi. Selain itu kami sarankan jika ingin mengunjungi tempat tersebut untuk menggunakan kendaraan yang tangguh agar aman untuk dikendarai. Hal tersebut untuk mengatasi jalur yang menanjak dan berkelok. Usahakan juga untuk menggunakan perlengkaan berkendara yang lengkap karena udara pada kawasan tersebut sangatlah dingin.


Setelah anda sampai pada kawasan Dieng, ambilah arah kanan jalan menuju ke batur kota Banjarnegara. Ambilah jalan pada sebelah kanan kawasan candi agar sampai pada tujuan dengan waktu yang lebih cepat. Untuk harga tiket wisata candi dieng, anda akan dikenakan biaya sebesar Rp 25.000 untuk setiap satu motor. Nah jika anda sudah memasuki kawasan tersebut anda bisa langsung mengunjungi beberapa candi yang berada pada kawasan tersebut.



Dieng memang menyuguhkan berbagai pilihan wisata yang bisa anda kunjungi sesuai dengan keinginan anda. mulai dari tempat bersejarah seperi kawasan Candi Dieng dan tempat wisata dengan  kaya akan keindahan alam seperti Kawah Sikidang, Telaga warna dan berbagai wisata lainya. Selain itu, anda juga bisa menikmati berbagai kuliner khas kota tersebut. yang pasti tempat ini snagat cocok untuk anda jadikan sebagai tempat berlibur bersama keluarga atau orang terdekat anda.

Baca juga : Menikmati Indahnya Wisata Pantai Losari Makasar

Nah jika anda berasal dari luar kota, anda juga tidak perlu khawatir karena ditempat tersebut terdapat banyak hotel dan penginapan yang bisa menjadi tempat singgah sementara anda. untuk memanfaatkan waktu, anda juga bisa mengunjungi beberapa tempat yang menyediakan pemandangan matahari terbit. Bahkan banyak wisatawan asing maupun lokal yang sengaja mengunjungi tempat tersebut hanya untuk menikmati sunrise ditempat yang baru. Nah beberapa informasi tersebut adalah ulasan tentang kawasan wisata Candi Dieng yang bisa kami sampaikan. Jika anda berkunjung ke Jawa Tengah, jangan lupa untuk berlibur ke kota kecil degan berbagai tujuan wisata menarik yaitu kawasan sataran tinggi Dieng.