Menikmati Indahnya Wisata Pantai Losari Makasar

Siapa sih yang tidak kenal dengan keindahan wisata pantai losari yang berada dikota Makasar? Pantai dengan berbagai keindahan tersebut nyatanya mampu menarik setiap pengunjung untuk mendatanginya kembali. Pantai tersebut terletak disebelah barat kota Makasar dan bisa ditempuh dengan kendaraan roda dua maupun roda empat. Wisata pantai losari Makasar ini sangat cocok untuk digunakan sbagai tempat berkumpul dan berlibur untuk menghabiskan waktu luang bersama keluarga.

Keindahan pantai tersebut cocok untuk dinikmati baik diwaktu pagi, siang, sore bahkan hingga malam hari. Tetapi kebanyakan para wisatawan asing maupun lokal lebih menyukai suasana menjelang senja. Hal tersebut dikarenakan cuaca yang tidak panas, dan keindahan sunset yang tidak bisa tergambarkan. Pantai ini memang sangat terkanal dengan keindahan sunset-nya sehingga tidak heran jika banyak yang memanfaatkan waktu tesebut untuk sekedar mengabadikan momen tersebut sembari bercengkrama bersama keluarga. Oleh karena itu, jika anda sedang berkunjung ke kota Makasar, tidak ada salahnya untuk menyempatkan waktu mengunjungi pantai yang penuh pesona ini


Sejarah Pantai Losari


Sebelum kita membahas tentang berbagai keindahan yang diberikan oleh pantai Losari, ada baiknya kita membahas tentang sejarah pantai yang penuh pesona tersebut untuk mengetahui awal mula disebutnya sebagai pantai Losari. Pada mulanya pantai tersebut hanya dinamai oleh masyarakat sebagai pasar ikan karena banyak aktivitas pelelangan ikan terjadi disana. Tetapi jika waktu sudah menjalang sore, tempat tersebut disihir menjadi pasar kuliner yang menjajakan berbagai makanan khas Makasar. Selain itu, pantai tersebut dulunya juga dijuluki sebagai meja terpanjang di dunia karena disepanjang pantai banyak warung yang berjejer untuk menjajakan makananya hingga satu kilometer.



Melihat potensi keindahan pantai tersebut, maka pemerintah setempat mengadakan tahap pembanguan untuk melakukan penataan pada kawasan itu. Salah satu infrastruktur yang terkenang disana adalah jalan menuju pantai Losari yang diberi nama dengan jalan penghibur.
Setelah pembuatan jalan tersebut, dibuatlah lantai dasar beton yang berfungsi untuk melindungi beberapa saranan dan objek menarik yang ada dikawasan jalan penghibur dari ombak selat Makasar yang sangat deras. Pemasangan tersebut juga bertujuan untuk memberikan saranana, sistem keamanan dan juga pengikisan pantai akibat deburan ombak.

Baca juga : Pergi ke Bandung? Wajib mampir di Gedung Sate Bandung

Selanjutnya, mengapa pantai tersebut dinamai sebagai pantai Losari? Menurut beberapa sumber sejarah, Losari ini berasal dari dua kata yaitu Los dan Ari. Kata Los ini memiliki makna ambigu dimana tempat tersebut merupakan tempat untuk jual beli, pasar dan pertokoan. Sedangkan kata Los menurut bahasa Jawa artinya adalah bebas atau terlepas. Sehingga dapat ditarik kesimpulan makna Los tersebut adalah tempat untuk jual beli yang bebas di pantai. Adapun kata Ari artinya adalah pembungkus ataupun penyuplai dan diambil dari kata “ari-ari”. Dengan berdasarkan beberapa hal tersebut maka pantai ini dinamakan sebagai pantai “ Losari”. Hingga saat ini, pantai tersebut masih sangat digemari oleh banyak keluarga yang ingin menghabiskan waktu bersama keluarga dan orang terdekat.

Menikmati Kuliner Khas Pantai Losari


Selain bisa menikmati keindahan sunset, pantai ini juga sangat terkenal dengan makananya yang khas. Anda bisa menikmati pisang ope yang menjadi kuliner khas tempat tersebut. pisang ope merupakan pisang mentah yang dimasak dengan cara dibakar, setelah itu pisang akan dibuat pipih dengan dicampurkan gula merah. Nah pisang ope ini sangat cocok untuk disajikan dalam keadaan hangat sembari menikmati keindahan malam pantai losari.



Selain pisang ope, ada juga sop krono atau sop iga sapi yang sangat khas Indonesia dan berasal dari tradisi Makasar dan Bugis. Sop ini dibuat dengan beberapa bahan seperti iga sapi ataupun daging sapi. Makanan ini disajikan dengan kuah yang berwarna coklat kehitaman dan biasa disandingkan dengan ketupat kecil yang sudah dipotong terlebih dahulu. Adapun warna hitam yang terdapat dalam kuah tersebut dihasilkan dari buah kluwek yang memang memiliki warna hitam. Kuah hitam ini juga sangat kental dengan rasa ketumbar dan kaya akan rempah-rempah lainya. Tetapi seiring dengan perkembangan zamaan, saat ini juga terdapat inovasi masakan tersebut yaitu konro bakar dengan iga sapi yang khas dengan bumbu kruno. Nah jika anda penasaran dengan rasa masakan tersebut, anda bisa mencobanya ketika mengunjungi wisata pantai losari karena lokasi wisata pantai Losari penuh dengan warung yang menjajakan makanan khas.

Perjalanan Menujunu Menuju Wisata Pantai Losari Makassar


Pantai losari ini terletak di kota Makasar provinsi Sulawesi Selatan. Nah jika anda mengunjungi tempat tersebut dengan menggunakan kendaraan pribadi, maka anda hanya membutuhkan waktu lima puluh menit dari bandara Hasanuddin. Tetapi jika anda merupakan wisatawan yang tiba di pelabuhan Suekarno-Hatta anda hanya membutuhkan waktu sekitar dua puluh menit saja. Bagi anda yang tidak menggunakan kendaraan pribadi juga tidak perlu risau karena terdapat berbagai sarana transportasi untuk bisa menjangkau tempat tersebut. Jalan menuju Wisata Pantai Losari ini juga terbilang mudah dijangkau dan tidak ada kemacetan sehingga perjalanan anda akan semakin meenyenangkan sembari menikmati keindahan tepi pantai tersebut. Jika kalian masih ragu dengan petunjuk tersebut, anda juga bisa melihatnyadi Google Maps berikut :

Fasilitas Lengkap Si Kawasan Pantai Losari Makassar


Pemerintah setempat telah menyediakan berbagai fasilitas untuk wisatawan asing maupun domestik. Oleh karenanya bagi anda yang sengaja berlibur ke pantai penuh pesona ini, anda tidak perlu bingung untuk masalah penginapan. Disekitaran pantai Losari, telah terdapat berbagai hotel dan penginaan dengan kelas yang berbeda dan harga yang sesuai. Anda bisa memilih hotel maupun penginapan yang sesuai dengan keuangan yang sudah anda siapkan.

Selain hotel dan penginapan, kawasan wisata ini juga menyediakan akses internet gratis untuk para pengunjungnya. Setiap pengunjung bebas menggunakan akses internet tersebut tanpa perlu login ataupun membayarnya. Dengan hal tersebut maka akan semakin menarik wisatawan untuk menikmati keindahan pantai Losari dan berbagai fasilitasnya.



Menariknya lagi, unutk menasuki kawasan wisata ini, setiap wisatawan tidak akan dipungut biaya sepeserpun. Pengelola tempat wisata ini tidak memberlakukan harga tiket Wisata Pantai Losari sehingga anda hanya perlu membayar parkir saja. Nah tunggu apaagi? Jika anda ingi menikmati keindahan alam dengan biaya yang murah, maka pantai losari ini adalah pilihan yang tepat. Dalam kawasan pantai tersebut juga sudah tersedia kamar mandi, toilet dan mushola sehingga anda tidak perlu keluar dari area wisata untuk sholat maupun buang air. Jika anda sudah lelah dengan aktivitas liburan anda, dalam kawasan tersebut juga telah tersedia banyak warung yang menjajakan makanan khas kota Makasar dan sekitarnya.

Baca juga : Berlibur Dengan Belajar Di Kawasan Wisata Museum Geologi Bandung

Nah beberapa informasi tersebut adalah ulasan tentang kawasan wisata Pantai Losari yang berada di kota Makasar. Bagi anda yang sedang berkunjung ke kota tesebut, jangan lupa untuk menikmati keindahanya bersama keluarga dan orang terdekat anda. yang pasti pantai Losari ini memiliki keindahan yang memberikan kesan tersendiri untuk para penikmatnya. Selain intuk menikkmati keindahan wisatanya, jangan lupa juga untuk menikmati berbagai kuliner khas Makasar yang telah tersedia seperti pisang ope dan lain sebagainya,

0 Response to "Menikmati Indahnya Wisata Pantai Losari Makasar"