Menikmati Lezatnya Wisata Kuliner di Pantai Depok Bantul Jogja

Wisata Pantai Depok. Menikmati suasana pantai merupakan hal yang tak asing lagi bagi para wisatawan, khususnya berwisata di daerah Yogyakarta. Kota yang berbatasan langsung dengan pantai selatan ini menjamu wisatawan baik lokal maupun luar dengan berbagai pilihan wisata pantai. Bagian selatan Yogyakarta terdapat beberapa kawasan pantai, seperti Gunung Kidul dan Bantul. Salah satu destinasi pantai menarik adalah wisata Pantai Depok.

Sejarah Pantai Depok


Keberadaan Pantai Depok berawal dari zaman Kerajaan Majapahit. Pada saat terjadi sebuah perpecahan, segerombolan prajurit membuat sebuah bangunan berupa Padepokan di lokasi tersebut, dan dikenal dengan nama Depok. Tempat ini dulunya dikuasai oleh Tunggul Wulung. Hingga pada akhirnya, Depok dikelola oleh anaknya bernama Aris Baya. Saat dia mengelola daerah ini, terjadi sebuah perebutan kekuasaan yang menyebabkan daerah ini terpecah. Pantai Depok saat inilah yang dulu masih merupakan area yang bertahan masuk dalam wilayah Depok


Foto by @hamdankhoir23

Untuk aktivitas nelayan, diawali pada tahun 1997 saat nelayan dari daerah Cilacap melaut dan mendarat di Pantai Depok. Kepada penduduk area pantai, nelayan tersebut menjual berbagai hasil tangkapan laut. Penduduk Depok awalnya bermata pencaharian sebagai petani. Namun setelah kejadian tersebut, penduduk lokal mulai tertarik berganti profesi menjadi seorang nelayan.

Hasil tangkapan yang kian banyak, membuat pemerintahan setempat berinisiatif membangun tempat pelelangan ikan yang dikenal dengan nama Mina Bahari. Tak hanya menampung hasil tangkapan nelayan setempat, TPI ini juga mampu menampung hasil tangkapan laut dari nelayan wilayah luar.

Semakin hari, terdapat semakin banyak orang yang mengujungi pantai Depok. Oleh karenanya, penduduk lokal saat itu mulai berlomba-lomba mengambil kesempatan ini untuk membuka warung makanan di pinggir pantai. Warung-warung tersebut menghidangkan hasil tangkapan laut para nelayan, sehingga lama kelamaan tempat ini terkenal dengan olahan seafood nya yang lezat.

Lokasi, Harga Tiket dan Potensi Keindahan Wisata Pantai Depok


Lokasi Wisata pantai Depok tak jauh dari Pantai Parangtritis, terpaut sekitar 1,5 km, tepatnya di Jalan Raya Pasir Putih, Depok. Tempat ini masih dalam satu kawasan dengan kawasan wisata Bantul. Pantai Depok merupakan salah satu destinasi pantai yang wajib kamu kunjungi. Harga tiket wisata pantai Depok yang dibayarkan cukup murah loh. Hanya dengan merogoh uang Rp 5.000 Anda diperkenankan untuk berkeliling sepuasnya untuk melihat panorama yang khas di Pantai Depok Bantul.
[googlemap src="https://www.google.com/maps/embed?pb=!1m14!1m8!1m3!1d15803.397883758114!2d110.28452!3d-8.0144547!3m2!1i1024!2i768!4f13.1!3m3!1m2!1s0x0%3A0x28f54f13b5e6756b!2sPantai+Depok!5e0!3m2!1sid!2sid!4v1515897836423"]

Debaran ombak yang tak kalah dengan pantai lainnya, akan menciptakan nuansa alam yang merdu didengar dan elok dipandang. Setiap pantai di daerah Yogyakarta memiliki keunikan masing-masing yang membuat wisatawan terkadang ingin mengunjungi keseluruhan wisata pantai yang ada. Termasuk juga Pantai Depok, tak hanya keindahan alamnya, pantai ini merupakan lokasi yang dikenal sebagai wisata kuliner.

Lezatnya Kuliner Khas Pantai Depok

Jika biasanya pantai merupakan wisata yang hanya memiliki daya tarik di nuansa alamnya, maka berbeda dengan pantai yang satu ini. Selain keindahan alamnya, Pantai Depok memiliki daya tarik khas di bidang kuliner. Di pinggiran pantai akan nampak jejeran warung makanan yang menyediakan aneka olahan laut yang mampu menggoda lidah Anda. Warung-warung tersebut keseluruhan menghadap ke arah selatan. Desain tersebut dibuat sengaja agar pengunjung dapat menyantap menu lezat sambil menikmati keindahan alam Pantai Depok.


 Wisata Kuliner pantai depok Jogja

Selain memanjakan mata Anda dengan panorama laut yang begitu apik, Pantai Depok juga akan selalu memanjakan lidah Anda. Bagaimana tidak demikian? . Olahan makanan laut yang tersedia berasal dari tangkapan langsung para nelayan di sekitar pantai tersebut. Hal ini membuat menu olahan laut yang dimasak dan disajikan adalah dalam kondisi fresh. Maka tak heran, rasa yang Anda nikmati akan semakin lezat di mulut Anda.

Ini dia jalan menuju wisata pantai Depok bagi anda yang suka kuliner. Biasanya menu andalan yang sering Anda temui di wilayah ini adalah ikan goreng maupun ikan bakar. Tentunya, bumbu bakar yang disediakan pun memiliki resep yang berbeda-beda. Mungkin Anda bisa saja dibingungkan untuk memilih menu yang terdiri dari berbagai macam pilihan. Tak hanya ikan, pada deretan warung yang tersedia, Anda dapat juga menemukan olahan laut lainnya. Olahan tersebut seperti cumi, udang, lobster, kerang, kepiting dan masih banyak lagi.


Pasar ikan segar pantai depok bantul jogja

Jika Anda ingin memastikan ikan benar-benar segar, Anda dapat langsung datang ke Pasar Ikan Depok. Pasar tersebut terletak persis di sebelah Pantai Depok. Anda tak perlu risau dengan masalah harga. Berbagai hasil tangkapan laut di pasar ini tergolong murah. Ikan yang sudah Anda beli kemudian bisa Anda masak di deretan warung yang berada dalam Pantai Depok. Untuk menu, tentunya Anda dapat meminta kepada pemilik warung untuk dimasak sesuai dengan menu masakan yang Anda inginkan.

Selain menu yang mungkin dapat menambah nafsu makan Anda, tempat Anda makan pun menjadi daya tarik tersendiri. Setiap warung dipinggir pantai, menyediakan desain warung yang sederhana namun bermakna. Nuansa alam yang traditional, membuat pengunjung semakin merasakan dan menikmati suasana yang indah di pantai ini.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Depok

Seperti tempat wisata pada umumnya, Pantai Depok terdapat beberapa fasilitas seperti toilet dan mushola.  Tak hanya tempat pelelangan ikan yang tersedia, keselamatan juga dipertimbangan oleh pihak pengelola. Terdapat satuan polisi yang ditugaskan di Pantai Depok. Satuan keamanan ini bertugas untuk memantau kondisi sekitar laut. Salah satunya adalah mengatasi jika ada kecelakaan laut serta menginformasikan ketika ada peringatan gelombang yang berbahaya.

Jika Anda masih betah dengan suasana pantai yang begitu indah ini dan enggan cepat-cepat pulang. Tak perlu khawatir. Pada kawasan Pantai Depok terdapat penginapan atau homestay yang bisa Anda tempati. Tak salah jika Anda memesan penginapan di daerah ini. Pasalnya, daerah ini merupakan kawasan wisata. Jadi Anda memiliki kesempatan untuk mengunjungi tempat wisata lain yang terdekat.

Jika Anda enggan bermandi-mandian di laut. Sebagai saran, Anda dapat menikmati sebuah tempat wisata dekat pantai Depok. Salah satunya adalah waterpark, meskipun hanya terdiri dari tiga kolam, tempat ini cukup bagus untuk dikunjungi.Tidak  ada salahnya Anda menikmatitempat pemandian ini bersama keluarga Anda. Apalagi jika Anda membawa si kecil, tempat pemandian merupakan salah satu kesukaan mereka bukan ?.


Menikmati indahnya wisata pantai depok bantul

Pada kawasan pantai ini, ada sebuah landasan. Landasan tersebut sering dipakai oleh penduduk lokal untuk sekedar menghabiskan hari bersama teman-temannya sambil menikmati pemandangan pantai nan indah ini. Berdasarkan informasi yang diperoleh dari warga sekitar, landasan sejauh 400 meter ini jarang digunakan. Untuk itu, banyak juga pengunjung yang memanfaatkan landasan ini sebagai objek mengabadikan foto mereka. Hal ini karena jarang adanya landasan pesawat yang berbatasan langsung dengan pantai. Sehingga hasil foto yang diambil akan memberikan kesan unik tersendiri.

Bagi Anda yang ingin mengisi perut kosong Anda ketika berlibur di Yogyakarta, maka Anda wajib mengunjungi Wisata Pantai Depok. Sekali lagi, tak hanya memanjakan mata Anda, tempat ini juga akan memanjakan lidah Anda dengan kelezatan kulinernya yang khas.