Pantai Parangtritis, Wisata Pantai Paling Terkenal di Jogja

Wisata Pantai parangtritis, kebanyakan orang tentu sudah mengenalnya bukan? salah satu pantai yang sudah terkenal sampai ke mancanegra. Lokasi pantai yang cukup strategis ini menjadikannya semakin ramai di kunjungi oleh wisata mancangera dan juga wisata lokal. Lokasi Wisata Pantai Parangtritis yang berada di selatan kota Yogyakarta memang tidak akan ada habisnya pengunjung berdatangan. Apalagi jika musim liburan tiba. Berbgai penjuru daerah ingin segera mengunjunginya.


Keindahan Wisata Pantai Parangtritis yang Paling Terkenal di Jogja

Wisata pantai parangtritis ini memiliki jarak berkisar 27 kilomter dari pusat kota Yogyakarta. Untuk bisa sampai ke lokasi pantai juga sangat mudah. Kenapa? Karena sudah tersedia alat transportasi menuju ke lokasi, biasanya beroperasi sampai pukul 5 sore. Sedangkan waktu untuk menikmati pantai terbaik adalah sore hari. Anda bisa melihat tenggelam matahari dan siap untuk menikmati indanya malam yang di temani dengan angin sepo-speoi. Keindahan alam selalu memberikan kenangan tersendiri dibandingkan dengan keindahna lainnya.

Asal Wisata Pantai Parangtritis


Sebelum anda melangkah lebih jauh mengenal pantai paragtritis sebaiknya anda ketahui dahulu kenapa dinamakan pantai parangtritis. Untuk lebih lengkapnya simak penjelasanya. Sebenarnya banyak cerita yang sudah beredar mengenai cerita parangtritis dengan berbagai versi. Anda bisa mengambil salah satu versi untuk dijadikan referensi. Salah satunya yaitu dahulu ada orang yang bersal dari kerjaan majapahit melarikan diri yang bernama Dipokusumao.

Orang tersebut akhirnya bersemedi di pantai ini. Waktu bersemedi muncullah tetesan air yang banyak dari batu karang. Nah dalam bahasa jawa batu karang ini disebut juga dengan “paran”. Sedangkan untuk tetesan di sebut sebgai “tumatits”. Sehingga jika dijadikan satu menjadi parangtritis yang memiliki arti air menetes dari batu. Demikian tadi asal usul dari nama parangtritis.

Deskripsi Wisata Pantai Parangtritis


Wisata Pantai parangtritis ini memiliki pemandangan unik yang tidak di temukan di pantai lainnya. Hal uniknya yaitu adanya gumuk pasir. Anda bisa menyebutnya sebagai gunung-gunung pasir yang berada disekitar pantai yang membuat pantai parangtritis terlihat lebih indah. Perlu anda tahu bahwa gumuk pasir ini adalah satu-satunya gurun pasir yang ada di Asia tenggara. Lebih menariknya lagi anda bisa menikmati luasnya lautan pasir dan udara yang segar seperti yang ada di Afrika.


Indahnya pantai parangtritis di jogja

Anda juga bisa menikmati indahnya pantai parangtritis. Anda bisa menyusuri pantai dengan menyewa kuda dan kereta kuda dengan cukup murah hanya 20 ribu saja. Dengan begitu anda tidak perlu jauh-jauh untuk berjalan dari ujung sampai ujung. Tidak hanya itu saja anda juga bisa menikmati olahraga yang cocok di pantai ini. Udara yang segar di pagi hari akan menambah semangat untuk berolahraga. Selain itu tersedia juga penginapan, hotel dan homestay jika anda ingin bermalam di sana.

Rute perjalanan Wisata Pantai Parangtritis


Untuk anda yang ingin bekunjung ke wisata pantai parangtritis ini bisa mengikuti Jalan Menuju Wisata Pantai Parangtritis yang akan dijelaskan. Untuk anda yang mengunakan trasportasi darat melalui terminal Giwangan. Dari terminal ini anda bisa menggunakan jalur yang menuju ke parangtritis langsung. Selain itu jika anda menggunakan kereta api dari lokasi anda turun saja ke stasiun tugu atau statsiun lempuyangan kemudian lanjut ke terminal giwangan. Terminal ini menyediakan berbagai agkutan umum yang bisa anda gunakan untuk sampai ke parangtritis.
[googlemap src="https://www.google.com/maps/embed?pb=!1m18!1m12!1m3!1d31607.159915794415!2d110.30635517045755!3d-8.009764948224868!2m3!1f0!2f0!3f0!3m2!1i1024!2i768!4f13.1!3m3!1m2!1s0x0%3A0xebce5b7372b727b4!2sPantai+Parangtritis+Bantul+Yogyakarta!5e0!3m2!1sid!2sid!4v1515716140097"]

Untuk anda yang menggunakan kendaraan pribadi justru lebih cepat untuk menuju ke tempat wisata parangtritis, karena jalan menuju pantai parangtritis sangat mudah diakses. Anda ikuti saja jalan tersebut dan melihat arah plang menuju parangtritis. Jalan parangtritis ini menjadi salah satu jalan altrenatif yang bisa anda gunakan. Namun, jika anda ingin menggunakan suasana yang berbeda bisa melewat jalan Imogiri dan menuju ke desa siluk yang ada di sebelah tenggara Yogakarta. Sedangkan untuk anda yang berasal dari luar jawa yang mengguanakn jalur airpot bisa berhenti di bandara Adisucipto. Setelah itu menuju ke giwangan dan menuju ke parangtritis.

Fasilitas Wisata Pantai Parangtritis


Berbagai wisata terkenal juga memiliki berbagai fasilitas untuk mendukung kenyamanan pegunjung ke wisata tersebut. Nah pantai parangtritis ini menyediakan berbagai fasilitas yang bisa anda nikmati. Apa saja fasilitasnya? Berikut ini beberapa fasilitas yang bisa anda nikmati yaitu MCK, kamar mandi, penginapan, cafe, resto, dan berbagai permaian menarik di pantai. Untuk anda yang lapar setelah berkeliling pantai bisa menikmati hidangan berbagai ikan laut d sekitar pantai parangtritis.

Selain itu untuk anda yang ingin menikmati indahnya malam hari di pantai parangtrits bisa menginap di hotel yang sudah tersedia. Untuk menikmati lebih wisata parangtritis anda juga bisa bermain di kolam air hangat. Kolam air hangat ini hanya di peruntutkan untuk anak-anak saja. Untuk orang dewasa bisa mengawasi anak-anaknya untuk bermain di kolam tersebut. Untuk anda yang memiliki buah hati bisa mengajaknya untuk liburan dan menikmati kolam air hangat sambil bermain.

Harga Tiket & Aktivitas menaraik Wisata Pantai Parangtritis


Untuk bisa masuk ke daerah wisata anda perlu membeli tiket. Harga Tiket Wisata Pantai Parangtritis tergolong cukup murah hanya 10 ribu saja per orang. Setelah anda masuk apa saja aktivitas yang menarik yang bisa anda lakukan di sana? Berikut ini beberapa aktivitas yang menarik.

1. Menikmati pantai dnegan menggunak delman atau kuda.



Naik delman / kuda di pantai parantritis jogja


Serunya naik delman di pantai parang tritis jogja

Untuk bisa menaikinya anda hanya membayar 20 ribu saja untuk bolak balik pantai. Anda juag bisa menaiki kuda sendiri tanpa delman. Tapi, anda juga perlu di awasi oleh pemilik kuda, apalagi anda belum pernah menaikinya. Rasa takut tentu akan menyelimuti hati anda bukan? tapi tenang saja, sudah di sedikan pawang untuk mengendalikan kuda.

2. Paralayang tendem



Menikmati paralayang di pantai parang tritis jogja

Untuk anda yang ingin menikmati indahnya pantai sambil berolahraga bisa mencoba untuk mecoba paralayang tendem. Untuk bisa menikmtinya anda harus menyewa sebesar 200 sampai 300 ribu saja. Untuk bisa melakukan parlayang tendem ini dibutuhkan cuaca yang cocok. Hal ini dikarenakan untuk menajaga keamanan pengunjung.

3. Bermaian ATV



Bermain ATV di pantai parangtritis jogja

Aanda bisa menyebutnya sebagai motor roda 4 yang diguanakn untuk bisa berjalan di atas pasir. Cocok untuk menikmati indahnya pantai sambil mengendarai ATV. Akan lebih seru lagi jika anda mengajak teman dan juga saudara untuk naik rame-rame. Harga yang digunakan untuk menaiki ATV yaitu 50 ribu selama 15 menit.

4. Menikmati sunset parangritis



Naik delman di pantai parangtritis jogja

Salah satu momen yang menarik ketika berkunjung ke pantai yaitu menikmai sunset. Jika dibandingkan dengan pantai-pantai lainnya di yogyakarta, pantai parangtritis inilah yang bisa menampilkan proses matahari tenggelam secara jelas. Nah dengan adanya sunset ini anda bisa membuat foto siluet terbaik dan indah.

5. Menikmati bakaran jagung


Selain dengan mengunakan delam dan ATV anda bisa menikmai jagung bakar dan ditemani angin sepoi-sepoi di tepian pantai. Harga jagung yang diatwarakn mulai dari 15 ribu sampai 20 ribu perpotong.

Demikian tadi beberapa informasi mengenai wisata pantai parangtritis yang bisa anda lakukan untuk di jadikan referensi. Jika anda sudah tahu sebelumnya tentang wisata yang aman di undang, anda bersiap-siap terlebih dahulu mulai dari menyiapkan dana dan lainnya.

0 Response to "Pantai Parangtritis, Wisata Pantai Paling Terkenal di Jogja"

Posting Komentar