Pergi ke Bandung? Wajib mampir di Gedung Sate Bandung

Liburan tiba, tentu banyak orang yang ingin mnghabiskan waktunya di tempat ini yaitu Bandung. Bandung yang tidak hanya terkenal dengan kain-kain yang murah dan berkualitas. Tetapi jika anda tahu lebih mendalam mengenai Bandung, anda akan melihat banyak tempat-tempat yang indah di Bandung. Salah satu tempat yang wajib anda kunjungi yaitu wisata Gedung Sate Bandung.

Lokasi Gedung Sate Bandung


Selain Gedung sate bandung, kini ada museum Gedung sate yang baru saja dibuka pada tanggal 8 Desember 2017 kemarin. Sekarang Anda sebagai wisatawan atau masyarakat lokal bisa mengunjungi tempat ini. Lokasi Gedung Sate Bandung berada di jalan Diponegoro no.22. Tempat ini sangat mudah ditemukan karena berada di pusat kota Bandung dan kondisi jalan yang bagus. Di tempat ini banyak benda-benda bersejarah mengenai peninggalan pemerintahan kota bandung dan Belanda.



Jalan menuju gedung sate bandung sangat mudah yaitu dapat menggunakan kendaraan pribadi, misalnya menggunakan angkot, amda bisa naik angkot dari perempatan Jalan Ir.H. Juanda menuju dan Jalan Sulanjana. Angkot tersebut menuju cichaum dan bisa turun tepat di depan Gedung sate. Waktu perjalan menuju gedung ini hanya sekitar 5 menit saja. Namun jika anda menggunakan kendaraan pribadi, anda tinggal membuka google maps saja. Gedung Sate Bandung sudah terdaftar di Google maps, jadi akan memudahkan anda untuk mengakses jalan menuju gedung tersebut.



Untuk jam buka dari gedung sate ini memang sangat jarang. Gedung sate Bandung di buka untuk umum hanya pada hari libur dan akhir pekan saja dan membutuhkan izin dari staf keamanan.

Sudut Menarik di Gedung Sate Bandung


Banyak sudut menarik di Gedung Sate Bandung. Pertama yang mungkin tidak terlihat yaitu Gedung Sate Bandung menyimpan lorong rahasia. Dilihat dari luar, Gedung sate terlihat sangat megah dengan ornamen khas belanda. Bagi anda yang suka sekali berselfie, tentu tempat ini menjadi tempat yang bagus untuk background foto anda. Nah didalam gedung ini, sebenarnya ada lorong rahasia yang langsung terhubung dengan kantor dinas Gubernur Jawa Barat. Lorong ini diberi nama lorong rahasia karena ada kabar bahwa ada tawanan yang meninggal disana. Akhirnya lorong tersebut di tutup. Tetapi dari pengelola gedung sate ini juga tidak mau angkat bicara mengenai kabar tersebut. Harga tiket wisata Gedung Sate Bandung free tidak dipungut biaya.

Pada halaman utama ketika anda sampai di gedung sate bandung, anda akan disambut dengan tugu serangan gurhaka. Apa itu? Tugu serangan gurhaka yaitu tugu yang digunakan untuk mengenang 7 pemuda yang gugur ketika mempertahankan gedung ini dari serangan pasukan Gurhaka. Didalam tugu ini bertuliskan “dalam memperthanakan Gedung Sate terhadap serangan pasukan Gurhaka tanggal 3 Desember 1945, tujuh pemuda gugur dan dikubur pihak musuh di halaman’. Tujuh pemuda tersebut diantaranya Rana, Subengut, Surjono, Susilo. Tetapi Susilo tidak dimakamkan dihalaman gedung sate. Karena tidak ditemukannya mayat tersebut.



Kemudian anda juga akan melihat ornamen jambu. DI bagian atap gedung terdapat ornamen berbentuk jambu air yang berjumlah enam buah. Dari ornamen jambu tersbut, banyak orang yang mengatakan sebagai penanda kesuburan wilayah yang dimiliki oleh kota Bandung. Untuk jumlah jambu aor yaitu sebagai total biaya yang digunakan untuk membangun gedung sate yang megah ini. Enam yang dimaksud yaitu enam juta golden.

BAca juga : Wisata Green Canyon Yang Memukau di Jawa Barat

Selain bangunan indah khas Belanda, bangunan gedung sate ini jug atahan gempa. Pembangunan gedung ini dipimpin oleh Ir.J. Gerber sebagai arsitek belanda. Kesan gaya arsitek memberikan gaya Indo-eropa. Misalnya bisa anda lihat dari jendela dengan khas spanyol dengan perpaduan bali dan italia, atau beberapa sentuhan arsitektur italia pada gedung sate. Untuk membangun bangunan megah ini dibutuhkan kurang lebih 2000 pekerja dan selesai pembuatannya skitar bulan juli pada tahun 1920. Pada masa pemerintahan tersebut, Belanda sangat menyukai kota Bandung dan berniat menjadikannya sebagai pusat pemerintahan. Menurutnya iklim di bandung dinilai baik dan iklimnya mirip dengan iklim di perancis. Pembangunan gedung ini menggunakan banyak persendian. Tentu dapat dipastikan gedung ini tahan gempa. Perkiraan, gedung ini bisa tahan gempa hingga 9 Skala Richer. Bisa dibayangkan betapa kokohnya bangunan ini bukan?

Alasan Nama Gedung Sate


Banyak orang yang berpikir bahwa nama gedung sate ini didapat karena banyak orang yang berjualan sate di sekitarnya. Padahal pesepsi itu salah besar. Jika anda perhatikan, struktur ornamen jambu yang berjumlah enam ini mirip dengan tusuk sate. Nah, karena berbentuk seperti sate, masyarakat bandung menyebutnya gedung sate. Sebenarnya nama asalnya bukan gedung sate. Nama aslinya yaitu Gouvernements Bedrijven. Berhubung nama susah diucapkan, masyarakat bandung menyebutnya gedung sate saja.


Misteri tersimpan di Gedung Sate Bandung


Gedung sate bandung in sering dikaitkan dengan misteri-misteri dan cerita horor. Hal itu dapat dimaklumi karena bangunan ini sudah berumur kurang lebih satu abad. Banyak misteri yang sering menjadi perbincangan warga kota bandung. Yang pertama yaitu mengenai lorong rahasia yang mengubungkan dengan gedung Pakuan atau gedung gubernur Jawa Barat. Konon pada lorong ini pernah adan tawanan yang tewas disana.

Misteri lain yaitu mengenai arsitek dari gedung sate. Dikabarkan bahwa arsitek aslinya bukan J. Gerber tetapi ada arsitek lain yang merancangnya. Tidak lain adalah arsitek yang tidak terlihat alias kasat mata. Namun hal itu tidak bisa dibuktikan. Kemudian ada kabar mengenai jenazah yang tertinggal di sana. Bertahun-tahun yang lalu telah ditemukan 7 jenazag yang terkubur di halaman depan Gedung Sate Bandung. Jenazah-jenazah tersbut kemudian dimakamkan di taman Makam pahlawan cikutra. Tetapi ada kabar bahwa penjaga-penjaga gedung merasakan kehadiran pemuda yang penampilan kuno sedang berjalan-jalan di kawasan gedung sate. Pemuda-pemuda tersebut berjalan ketika hari sudah gelap. Dikabarkan juga, masih ada jenazah yang masih tertinggal di gedung sate tersebut.



Selain itu, misteri yang sudah menyebar di kalangan masyarakat yaitu adanya sosok kakek botak yang mempunyai jenggot panjang. Kakek ini beberapa kali muncul tetapi menghilang dalam sekejap. Pohon tua nan angker yang terletak tengah-tengah gedung sate diyakini bukan mitos belaka bahwa ada yang menghuninya. Pernah ada penjual yang berjualan disana itu buar air kecil. Nah setelah mengencingi area disekitar, tiba-tiba mengalami hal-hal ghaib selama 4 hari.

Baca juga : Wisata Rumah Mode Bandung, Wajib Anda Kunjungi

Banyak hal yang bisa anda temukan di Gedung Sate ini bukan? Selain bangunan gedung yang unik dengan khas belanda, anda juga bisa menemukan hal-hal menarik didalamnya. Selain ada gedung sate, anda juga bisa mengunjungi museum gedung sate yang berada di dekatnya. Disana anda akan mendapatkan informasi lengkap mengenai gedung sate. Mulai dari sejarah, proses pembuatan, cerita-cerita menarik di Gedung sate bandung. Selain anda mendapatkan view yang indah, tentu anda juga akan mendapatkan wawasan yang lebih.

0 Response to "Pergi ke Bandung? Wajib mampir di Gedung Sate Bandung"