Sejuk dan Rindangannya Wisata Pantai Goa Cemara di Bantul Jogja

Wisata Pantai Goa Cemara. Siapa yang tak tahu kota wisata kedua setelah Bali. Ya ! Yogyakarta memiliki puluhan tempat wisata yang tersebar dari desa hingga ke kota. Dari wisata budaya, religi, gunung hingga wisata laut. Salah satu wisata laut yang terkenal dan memiliki banyak spot menarik adalah wisata pantai goa cemara.

Indahnya Pantai Goa Cemara


Deretan pantai di Jogja sudah terkenal dipenjuru nusantara memiliki kesan dan view yang indah.Nuansa pantai juga merupakan tempat yang diminati wisatawan saat memutuskan untuk berlibur di kota pendidikan ini.Bersama rekan atau keluarga memang sangat tepat jika Anda memilih destinasi wisata pantai.


Sejuk dan Rindangannya Wisata Pantai Goa Cemara di Bantul Jogja

Meskipun terdiri dari berbagai pantai, namun setiap destinasi pantai laut selatan ini mempunyai ciri khas masing-masing. Salah satu pantai yang memiliki khas tersendiri adalah pantai Goa Cemara. Seperti namanya, pantai ini memiliki ratusan pohon cemara yang tersebar di area pantai. Banyaknya cemara ini membuat kesan rimbun dan sejuk yang memberikan kenyamanan tersendiri bagi pengunjungnya. Tak seperti pantai pada umumnya yang terkenal menyengat ketika siang hari. Di pantai ini, Anda akan tetap dapat melindungi diri dari sengatan matahari karena rindangnya pohon cemara.

Lokasi Goa Cemara


Wisata Pantai Goa Cemara berlokasi di daerah Bantul, sekitar 4 km dari Pantai yang telah terkenal terlebih dahulu, yaitu Parangtritis.Lokasi wisata Pantai Goa Cemaratepatnya adalah di Desa Gadingsari, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul. Akses menuju lokasi sangat mudah, Anda hanya perlu menyusuri jalanan Bantul dan melaju ke arah Selatan. Setelah Anda menemukan perempatan Palbapang, Anda belok ke kiri. Ikuti jalan tersebut sampai Anda melihat papan informasi jalan menuju Wisata Pantai Goa Cemara. Jika masih bingung, gunakan saja google map yang tersedia di smartphone Anda.
[googlemap src="https://www.google.com/maps/embed?pb=!1m18!1m12!1m3!1d126431.85061169452!2d110.1789224137657!3d-7.999417100374521!2m3!1f0!2f0!3f0!3m2!1i1024!2i768!4f13.1!3m3!1m2!1s0x2e7b019a9d466d4d%3A0x120dd2ab8dbce03b!2sPantai+Goa+Cemara!5e0!3m2!1sid!2sid!4v1515752239370"]

Lahan yang begitu luas membuat banyaknya pohon cemara yang dapat tumbuh subur di area pantai. Penampakan pantai ini sangat identik dengan sebuah lorong besar yang terbentuk dari deretan cemara. Lorong yang terbentuk begitu rindang dan terkesan sangat luas bagaikan tanpa batas. Hal inilah yang membuat tempat ini memiliki nama “goa” karena memang bentuk lorongnya menyerupai goa.




Tempat wisata pantai goa cemara bantul

Saat pertama masuk dalam kawasan wisata pantai Goa Cemara, Anda akan disambut oleh pohon cemara yang membentuk layaknya mulut Goa. Pantai ini sangat unik, meskipun tercantum dalam golongan wisata pantai, namun kenyataannya pantai ini lebih mirip dengan hutan. Rerimbunan pohon membuat pengunjung betah karena udara sejuk yang dapat dinikmati dibawah lorongan pohon ini. Hal ini yang menciptakan daya tarik tinggi bagi para wisatawan. Tak salah jika Anda mengajak pasangan Anda ke tempat romantis ini.

Tak kalah dengan pantai yang lainnya, pantai goa cemara termasuk pantai yang ramai pengunjung, apalagi pada musim liburan. Tak hanya wisatawan lokal, sekarang pantai ini mulai diincar oleh wisatawan asing. Wisatawan yang bosan dengan kondisi pantai yang panas dikala siang, lebih memilih pantai ini untuk dikunjungi. Tak hanya pohon cemara, disekeliling pantai terdapat berbagai tanaman. Tanaman tersebut adalah jenis ubi ubian, seperti ubi kuning yang terkenal manisnya, ubi putih hingga ubi ungu.

Harga Tiket Masuk Wisata Goa Cemara


Selain identik dengan cemaranya, pantai ini juga memiliki daya tarik lain, yaitu mercusuar tinggi berwarna putih. Pantai Goa Cemara memiliki sebuah mercusuar yang besar dan tinggi. Tinggi mercusuar mencapai 40 meter. Bangunan ini dapat Anda naiki denganharga tiket masuk wisata pantai Goa Cereme dengan membayar tarif yang cukup murah yaitu Rp 5000 per dua orang. Tarif diberlakukan untuk dua orang karena memang mercusuar ini dibatasi untuk dua pengunjung setiap naik ke atas mercusuar. Untuk itu, Anda harus sabar mengantri ya !


Melihat indahnya pantai goa cemara lewat mercusuar

Ketika Anda telah mencapai puncak mercusuar, Anda akan disuguhkan pemandangan yang sangat indah. Anda akan menikmati berbagai view deretan pantai selatan. Akan nampak tambak udang dan tentunya rimbunnya pohon cemara akan nampak jelas dari atas mercusuar. Selain itu, penampakan wisata pantai terdekatpun dapat Anda lihat , salah satunya wisata pantai Kuwaru.

Anda yang gemar mengabadikan kenangan liburan, pantai ini sangat cocok untuk Anda. Paduan antara pasir dengan deretan pohon cemara serta daunnya yang berguguran sangat pantas dijadikan background foto kenangan Anda. Nuansa asri nan eksotis membuat pantai ini selalu diburu penggemar fotografi. Untuk saat ini, tak sedikit pula orang melakukan foto prawedding di pantai ini.


Menikmati rindangnya pantai goa cemara

Jika Anda antusias ingin menikmati rimbunnya pohon cemara, Anda disarankan untuk mengunjungi wisata pantai Goa Cemara pada musim penghujan. Pasalnya, saat musim tersebut pepohonan cemara akan sangat rindang nan lebat. Tak heran banyak wisatawan yang menganggap pantai ini sangat alami seperti tak pernah dijamah oleh manusia.

Fasilitas yang disediakan Pantai Goa Cemara


Wisata Pantai Goa Cemara merupakan wisata pantai di Jogja yang cukup baru. Namun tak perlu khawatir , fasilitas di dalam pantai sudah termasuk lengkap. Tersedia mushola, tempat bilas, kamar mandi dan toilet. Semua fasilitas tersebut terjaga kebersihannya. Sehingga, tingkat kenyawaman tempat wisata ini cukup tinggi. Sebagai wisata pantai, Pantai Goa Cemara termasuk pantai yang menyediakan air bersih yang cukup melimpah.


Spot Foto pantai goa cemara bantul

Setelah berenang atau sekedar bermain pasir di tepi pantai, akan menguras cukup energi Anda. Kemudian perut yang kosong akan mengganggu Anda dalam menikmati waktu berlibur. Anda tak perlu risau. Pasalnya, di sepanjang bibir pantai ini, terdapat banyak warung yang menyediakan berbagai menu makanan yang akan mengisi kekosongan perut Anda. Karena letak wisata berada di laut, maka menu makanan bertemakan seafood tersebar di area wisata goa cemara. Tak hanya itu, makanan khas daerah Bantul juga ada, salah satunya mie lethek.

Jika Anda ingin melakukan kegiatan selain berenang dan bermain pasir atau berjemur,wisata ini menawarkan permainan menarik. Permainan tersebut adalah wahana permainan ATV atau motor beroda empat. Seperti wisata pantai terkenal lainnya, bermain ATV di pantai merupakan salah satu yang menarik dalam menghabiskan waktu liburan Anda. Anda hanya perlu mengeluarkan uang kurang lebihnya Rp 50.000 untuk tiap satu unit ATV yang dipinjam. Selanjutnya Anda bebas menggunakan ATV untuk mengelilingi rimbunnya hutan cemara yang tersebar luas di pinggir pantai.

Tak berhenti disitu, jika outbond sering dilakukan di wilayah perkebunan, kegiatan ini bisa Anda lakukan di tempat yang sedikit berbeda . Anda dapat melakukan kegiatan outbond dengan segala permainan yang dirancang di pinggiran pantai Goa Cemara. Jika Anda melakukan wisata masal bersama rekan kerja ataupun kegiatan instansi, maka cocok tempat wisata ini dijadikan tujuan wisata Anda. Menghabiskan waktu bersama untuk melakukan berbagai jenis permainan tentunya akan meningkatkan keakraban. Apalagi jika kegiatan tersebut dilakukan di tempat yang mempesona ini.

Bagaimana? Menarik bukan destinasi andalan Bantul yang satu ini? Tak perlu ragu lagi untuk memutuskan tujuan wisata Anda. Waktu yang Anda habiskan untuk menikmati liburan di wisata Pantai Goa Cemara tidak akan menimbulkan penyesalan. Justru kenangan baru nan indah akan Anda dapatkan segera.