Wisata Green Canyon Yang Memukau di Jawa Barat

Wisata green canyon ini, sering dikenal sebagai Cukang Taneuh oleh warga yang ada disekitar Jawa Barat. Lokasi wisata green canyon ini, tepat berada di Desa Kartayasa, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Atau sekitar 31 km dari kota Pangandaran. Awalnya, nama green canyon ini, adalah dari seorang turis asal Perancis. Yang mengunjungi wisata tersebut pada tahun 1993. Hal ini tentu saja masih ada hubungannya dengan air jernih serta adanya banyak lumut pada sekitar sungai. Sehingga semakin membuat tempat wisata ini popular dengan nama Green Canyon.

Sedangkan bagi para warga sekitar, Cukang Taneuh ini memiliki sebuah arti jembatan tanah. Hal ini dikarenakan, adanya sebuah jembatan tanah yang berada tepat diatas lembah serta jurang green canyon. Yang mana jembatan ini sering digunakan oleh petani setempat untuk menuju ladang masing-masing.

Akses Jalan Yang Bisa di Tempuh Untuk Menuju Green Canyon


Apabila Anda merupakan pengunjung yang berasal dari luar Jawa Barat. Maka jenis transportasi yang bisa digunakan adalah darat atau udara untuk menuju kota Bandung. Kemudian setelah tiba di Bandung, Anda bisa mengambil jalur bus yang menuju arah Pangandaran. Sesampainya di terminal Pangandaran, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke terminal Cijulang dengan mini bus. Lalu, bisa melanjutkan jalan menuju wisata green canyon dengan ojek atau menyewa mobil. Jika anda masih bingung, anda juga bisa melihat maps berikut ini :



Untuk bisa mencapai wisata green canyon sendiri, Anda membutuhkan waktu sekitar 30 sampai 45 menit dari dermaga Ciseureuh. Anda bisa menempuh perjalanan tersebut dengan menggunakan perahu kayu, atau lebih dikenal dengan ketinting. Tarif yang dikenakan untuk perahu kayu ini adalah 75.000 perorang. Dengan kapasitas perahu kayu sekitar 5 orang. Dan perahu ini akan beroperasi mulai pukul 07.30 sampai dengan 16.00 WIB.

Perahu kayu atau ketinting inilah yang akan membawa Anda menyusuri sungai. Sepanjang perjalanannya, Anda akan disuguhi oleh berbagai macam pepohonan yang menjulang tinggi. Jika Anda beruntung, Anda juga bisa melihat beberapa satwa yang ada disekitar sungai. Pastikan diri untuk menikmati air terjun yang berada pada sisi tebing.

Aktivitas Yang Bisa Dilakukan di Green Canyon


Dengan sebuah keindahan alam yang ditawarkan oleh green canyon. Anda pasti akan sangat takjub, dan lebih mensyukuri yang telah Tuhan ciptakan. Jangan lupa untuk mempersiapkan kamera selama perjalanan Anda menyusuri sungai. Anda bisa membidik objek-objek yang terindah yang pastinya sayang untuk Anda lewatkan. Dan jangan lupa juga untuk membungkus kamera Anda dengan pembungkus anti air. Karena, disana nanti, Anda akan sering berinteraksi dengan obyek air.



Selama perjalanan Anda menyusuri sungai dengan perahu kayu. Arus sungai yang cukup dangkal sangat pas untuk menguji nyali anda berenang disini. Karena jernihnya air sungai ini sering kali membuat pengunjung bisa melihat ikan di dasar air.
Keindahan gua disepanjang aliran Green Canyon bisa disaksikan dengan mata telanjang salah satunya yaitu stalaktit batu yang indah. Dan tentu saja bisa menikmati suara gemuruh air yang jatuh dari tebing. Tentu saja suara tersebut bisa membuat Anda menjadi rilex. Dan akan sangat nyaman berada di lokasi wisata ini.

Baca juga : Menikmati Lezatnya Wisata Kuliner di Pantai Depok Bantul Jogja

Dan bagi Anda yang ingin menguji adrenalin. Anda dapat mencoba untuk terjun ke sungai dari batu dengan ketinggiam sekitar 5 meter. Atau bisa juga mencoba sebuah atraksi seperti panjat tebing. Dan bagi Anda yang mengidamkan suasana yang menenangkan. Maka bersampan sambil mancing ikan , tentu saja akan menjadi sebuah pilihan yang sangat menyenangkan.

Salah satu aktivitas yang menjadi pilihan terfavorit para wisatawan baik local maupun mancanegara adalah Body Rafting. Harganya sekitar 150.000 sampai dengan 250.000 rupiah saja. Paket rafting ini, bukan hanya rafting saja isinya. Namun, juga bisa berenang, menikmati kejernihan air yang ada di Green Canyon. Melompat dari sebuah tebing dengan ketinggian sekitar 9 meter. Dan juga bisa melakukan aktivitas tracking.

Makanan Yang Bisa Dinikmati di Green Canyon


Bila Anda tidak sempat menyiapkan bekal, atau membeli bekal dari rumah. Maka jangan khawatir, karena ada banyak penjual makanan yang ada disekitar tempat parker di pintu masuk. Di sana ada banyak penjual makanan, misalnya seperti jajaran rumah makan yang menyediakan makanan Sunda dan makanan Seafood. Ada juga berbagai macam makanan gerobak, misalnya bakso, soto, buur ayam dan masih banyak lagi.



Anda bisa memilih banyak menu makanan yang ada disana. Harganya juga sangat terjangkau, dan pastinya rasa masakannya enak. Dijamin Anda akan ketagihan untuk mencobanya lagi.

Harga Tiket Wisata Green Canyon


Untuk dapat menikmati semua keindahan alam yang ditawarkan di green canyon. Adapun harga tiket wisata Green Canyon cukup membayar dengan total biaya sekitar 350.000 rupiah saja. Dengan rincian yaitu, 250.000 rupiah untu sewa perahu dengan kapasitas 5 orang. Dan 100.000 rupiah untuk berenang atau naik perahu perorangan dengan durasi 30 menit. Tentu saja biaya yang Anda keluarkan akan sangat sebanding dengan keindahan yang akan Anda dapatkan disana.

Banyak sekali lokasi atau spot-spot yang bagus, yang bisa digunakan untuk berfoto-foto ria. Liburan Anda dijamin akan jauh lebih berkesan jika Anda berkunjung kesana. Dan tidak akan menyesal, bahkan pasti ingin mengunjunginya lagi. Itulah hebatnya wisata green canyon yang ada di Jawa Barat.



Sebelum pergi berlibur, pastikan bahwa semua perlengkapan Anda tidak ada yang tertinggal. Karena lokasi green canyon yang lumayan jauh dari daratan. Sehingga sebelum naik ke perahu, usahakan semua barang sudah terbawa. Tertutama kamera, dan juga uang. Karena jika sampai kamera tertinggal, Anda benar-benar akan kehilangan banyak moment indah yang ada di green canyon.

Tidak hanya itu saja, liburan rasanya memang belum lengkap jika tidak diabadikan. Itula salah satu fungsi membawa kamera saat berlibur, khususnya saat liburan ke green canyon. Banyak turis atau wistawan baik local maupun mancanegara, yang mengaku sangat takjub dengan keindahan green canyon. Tak jarang pula yang telah mengunjungi green canyon berkali-kali dan tidak pernah merasa bosan. Bahkan jika pikiran sedang tidak membaik, maka berlibur ke green canyon adalah salah satu solusi, untuk dapat merefresh lagi otak dan pikiran Anda. Itulah kehebatan dari obyek wisata yang satu ini, mampu memukau setiap pengunjung yang datang.



Bagi Anda yang ingin berlibur mengunjungi obyek wisata ini. Lebih baik datang saat hari aktif yaitu hari senin sampai jum’at. Karena saat musim liburan, biasanya tempat ini selalu ramai oleh pengunjung. Sehingga membuat liburan kea lam ini kurang pas karena terlalu ramai. Bahkan tak jarang pula harus rela mengantri untuk dapat menyewa perahu yang ada.

Baca juga : Keindahan Panorama di Wisata Kawah Putih Bandung

Ajak orang-orang terdekat untuk ikut pergi berlibur bersama-sama dengan Anda. Jangan sampai ada yang tertinggal. Liburan akan jauh lebih asyik, jika pergi bersama orang-orang tersayang. Menghabiskan waktu bersama, menikmati indahnya wisata green canyon yang ada di Jawa Barat ini.

0 Response to "Wisata Green Canyon Yang Memukau di Jawa Barat"