Ada Apa Di Wisata Taman Bungkul Surabaya?

Wisata taman bungkul Surabaya adalah sebuah taman yang ada di pusat kota Surabaya. Surabaya bisa dikatakan sebagai pusat Negara indonesia dibagian timur, hal ini terlihat banyaknya masyarakat dari wilayah timur yang datang ke Surabaya untuk berbagai keperluan seperti berdagang, berobat, dan juga jalan jalan. Surabaya memiliki berbagai macam tempat yang bisa kamu kunjungi dan salah satunya adalah Wisata taman bungkul Surabaya

Wisata taman bungkul Surabaya bisa dikatakan adalah taman yang memiliki posisi yang sangat strategis di surabaya, menjadi jujukan pemuda pemudi Surabaya untuk melepaskan penat setelah seharian lelah bekerja. Harga tiket wisata Taman Bungkul Surabaya adalah free untuk semua orang. Dahulu kala Wisata taman bungkul Surabaya bisa dikatakan memiliki image negative karena bentuknya yang tidak teratur dan gelap. Banyak orang melakukan perbuatan asusila disini. Dan juga di jadikan tempat mangkal bagi para pekerja seks komersial. Padahal di sebelah timur Wisata taman bungkul Terdapat kompleks pemakaman salah satu tokoh aagama islam.



Namun sekarang Wisata taman bungkul Surabaya sudah berubah wajah. Taman ini berubah menjadi sangat cantik setelah pemerintah kota surabaya melakukan renovasi besar besaran, sehingga Wisata taman bungkul menjadi indah dan menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib anda kunjungi jika pergi ke Surabaya. Dan berikut adaalah hal hal yang wajib kamu ketahui sebelum kamu berwisata:

1.Sejarah sunan bungkul di Wisata Taman Bungkul Surabaya


Nama Wisata taman bungkul Surabaya tidak akan perah lepas dari seorang tokoh yang berjulukan sunan bungkul. Sunan bungkul bukanlah nama sebenarnya namun hanya sebuah nama julukan dari ki ageng supo, siapakah ki ageng supo ini ?

Catatan tentang mbah bungkul atau ki ageng supo sendiri sebenarnya hanya merupakan kisah dari mulut kemulut yang kebenarannya sulit di buktikan. Menurut catatan yang ada yatu baabd ngampeldenta pada 2 oktober 1901 dan babad risakipun majapahit wiwit jumenengipun prabu majapahit wekasan dumugi demak pungkasan , sosok sunan bungkul juga terlihat sosok yang gelap keberadaannya. Hal ini terjadi karena ada aturan tidak tertulis bahwa yang menceritakan kisah tentang suanan bungkul akan mendapat musibah menurut catatan GH Von Faber dalam bukunya old soerabaia tahun 1931



Dalam kisah lain dalam artikel ilmiah karya mariyatul badi’ah berjudul taman bungkul tahun 2007-2015 , disebutkan kiageng supo adalah seorang yang sakti. Beliau adalah anak dari tumenggung kerajaan majapahit bernama suprodiyo. Nama supo sendiri juga sebenarnya julukan karena beliau mampu menjiakkan dan membuat berbagai macam wesi aji seperti keris tombak cakra dan lain lain. Beliau mampu membuat sebuah keris dengan hanya memijat mijat bahan keris dengan tangannya. Disebutkan juga bahwa empu supo adalah murid dari sunan kalijaga dan juga adik ipar dari sunan kalijaga karena menikah dengan dewi roswulan. Dan juga empu supo ini adalah mertua dari raden paku (raja kerajaan demak yang pertama).

Jika anda masuk kemakam mbah bungkul akan sangat telihat bahwa kompleks makam ini berasal dari masa majapahit, dimana terdapat gerbang yang terlihat majapahit sekali , mushola kuno gazebo dan banyak makam makam lawas di sekitar makam mbah bungkul

2.Perkembangan wisata taman bungkul


Seperti yang saya sebutkan diatas taman bungkul dimasa lalu bisa dikatakan suram, padahal terdapat makam seorang toh agama islam. Taman bungkul saat itu bentuknya tidak teratur dan gelap. Banyak orang melakukan perbuatan asusila disini. Dan juga di jadikan tempat mangkal bagi para pekerja seks komersial ditambah premanisme yang merajalela membuat orang males berkunjung ke sini.



Namun pada tahun 2007 pemerintah kota srabaya melakukan renovasi total pada wisata taman bungkul dan ahirnya pada tanggal 21 maret 2007 dilakukan peresmian terhadap taman yang memiliki luas 900meter persegi ini . dan pada tahun 2013 taman ini mendapatkan penghargaan dari peserikatan bangsa bangsa (PBB) yaitu the 2013 Asian townscape award sebagai taman terbaik se-asia pada tahun 2013.

Baca juga : Wisata Pantai Tanjung Benoa Bali sebagai Surganya Indonesia

Untuk mempercantik taman bungkul pemerintah kota Surabaya konon kabarnya mengeluarkan dana hingga milyaran rupiah. Namun hal ini sepertinya sangat layak arena Wisata taman bungkul Surabaya keren saat di kunjungi

3.Fasilitas Wisata taman bungkul Surabaya


Jika anda ingin berkunjung Wisata taman bungkul Surabaya anda dapat menikmati berbagai fasilitas yang disediakan oleh pemerintah kota Surabaya. Berikut beberapa fasilitas yang tersedia d wisata taman bugngkul:

1.Taman bunga wisata taman bungkul.


Kurang lengkap jika sebuah tempat berbentuk taman tidak memiliki taman bunga. Wisata taman bungan memilki taman bunan yang sangat indah . banyak spot spot yang sangat mendukung untuk anda melakukan foto foto bersama teman teman anda. Pada tahun 2015 sempat terjadi kejadian yang menghebohkan dimana sebuah perusahaan eskrim mengadakan bagi bagi gratis, karena membludaknya peminat yang kebetulan saat itu hari minggu dan car free day. Akhirnya terjadi kerusuhan dan taman di Wisata taman bungkul Surabaya rusak parah terinjak injak.

2.Tempat bermain extream sport


Yang dimaksud extreme sport ini adalah olahraga skate board, sepeda bmx, sepatu roda dan sejenisnya. Di sebelah tenggara anda akan menemukan area ini . area ini cukup luas dan mampu untuk menambag ketangkasan anda dalam menaklukkan tantangan yang teredia disini, dijamin anda kan sangat mnyekuai area ini jika anda penyuka extream sport

3.Area bermain anak.


Jika di tenggara ada area extream sport maka disbelah utara anda akan menemukan area bermain anak anak , seperti perosotan, ayunan, jungkat jungkit dan sejenisnya. Semua disediakan secara gratis tanpa ada pungutan sedikitpun.

4.Walking refleksi


Taman bungkul juga menyediakan sebuah area untuk berjalan sambil melakukan terapi pijat. Dimana diajalan ini ditanam batuan batuan kecil jika anda berjalan tanpa alas kaki maka anda sama saja melakukan pijat refleksi

5.Plasa wisata taman bungkul


Area ini mirip sebuah teater terbuka ,dimana biasanya orang orang berkumpul, pada hari hari tertentu biasanya diadakan pertunjukan music, tari tarian atau teather. Dulu di plasa ini pada malam minggu ada air terjun menari . namun dengan beranjaknya waktu semua tidak pernah lagi air mancur ini dinyalakan.

6.Pujasaera


Jika kamu lapar kamu bisa ke area timur disana ada sebtra kaki lima yang siap memnajakan isi perut anda. Salah satu yang terkenal adalah rawon kakulator dimana para penjualnya mampu menghitung pesanana dengan cepat selayaknya kaluator.


4.Lokasi Wisata taman bungkul Surabaya


Taman Bungkul Surabaya terletak di jalan raya dharmo surabaya. Lokasinya tidak jauh dengan kebun bnatang Surabaya dan rumah sakit dharmo. Jalan menunju Wisata Taman Bungkul Surabaya sangat mudah diakses karena terletak tidak jauh dari perkotaan. Jadi rute wisata taman bungkul ini sudah terjangkau di Google Maps. Dan anda dapat mengaksesnya di Maaps berikut ini :


Baca juga : Wisata Pantai Senggigi Lombok yang Menawan

Setelah anda membaca artikel diatas , semoga anda tidak bingung lagi ika ingin berwisata ke Wisata taman bungkul Surabaya. Semoga artikel diatas bermanfaat untuk mengisi liburan anda dan jangan ragu untuk mencari informasi disini karena kami menyaikan berbagai macam informasi yang bermanfaat untuk anda

0 Response to "Ada Apa Di Wisata Taman Bungkul Surabaya?"