Harga Tiket Masuk dan Lokasi Kebun Binatang Gembira Loka

Memasuki liburan panjang sekolah, sebagian orang tua pasti bingung mencari tempat wisata yang cocok untuk mereka kunjungi bersama anak-anak. Sebagai orang tua yang sayang anak, Anda bisa lho mengajak buah hai tercinta Anda ke kebun binatang Gembira Loka yang ada di Yogyakarta. Untuk mengetahui harga tiket masuk dan lokasi kebun binatang Gembira Loka ini, simak ulasannya berikut.

Harga Tiket Masuk Gembira Loka


Jika Anda ingin mencari wisata yang ramah anak, maka pilihannya adalah Kebun binatang Gembira Loka di mana wisata ini menawarkan beraneka ragam binatang yang bisa dilihat oleh pengunjung. Maka dari itu tempat wisata ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang memiliki buah hati berusia 2-13 tahun.



Dengan mengajak anak-anak Anda ke kebun binatang Gembira Loka, dijamin buah hati tercinta merasa bahagia. Kebun binatang ini mempunyaki banyak koleksi binatang dari yang sering ditemukan sampai yang sudah langka.

Untuk harga tiket masuknya, jika Anda berkunjung di hari biasa yakni Senin-Jum'at, maka harga tiketnya adalah sebesar Rp.20.000. Sementara jika di hari libur/akhir pekan yakni Sabtu-Minggu maka harga tiketnya adalah Rp.25.000. Nah, jika buah hati Anda masih berusia di bawah 3 tahun, maka tidak akan dikenai biaya masuk ke dalam kebun binatang alias gratis

Sementara untuk jam buka Kebun Binatang Gembira Loka sendiri adalah dibuka dari jam 8 pagi hingga pukul 4 sore.

Lokasi Kebun Binatang Gembira Loka


Tidak mau melewatkan keseruan berkunjung ke tempat wisata Kebun Binatang Gembira Loka ini bukan? Jika ingin berwisata ke tempat ini, Kebun Binatang berada di Jalan Kebun Raya Nomor 2, Kota Gede Yogyakarta.



Nanti, ketika Anda sudah membeli tiketnya dan masuk di kebun binatang Gembira Loka, Anda disambut oleh banyak binatang-binatang yang sudah diawetkan layaknya sebuah museum. Ya, kebun binatang ini seolah ditata dengan konsep yang didesain agar para wisatawan bisa mengitari seluruh kawasan yang sangat luas ini.

Dengan desain yang telah dikonsep sedemikian rupa inilah, semua wisatawan seolah tidak bisa melewati satupun kawasan binatang yang ada. Terkebih jika nantinya Anda akan berjalan menyeberang sungai Gajah Wong, akan ada banyak binatang yang bisa Anda lihat setelah menyeberangi sungai ini. Ada binatang gajah, orang utan, dan monyet yang bisa Anda dan buah hati lihat di sana.

Baca juga : Info Terbaru 2018 Wisata Lawang Sewu Semarang

Setelah menyeberang dan dilanjutkan berjalan ke arah selatan, maka Anda dan buah hati bisa melihat berbagai binatang lagi. Di antaranya adalah harimau, kancil, buaya, ikan. Nah, selain hewan-hewan itu, Anda juga bisa melihat area untuk jenis hewan yang melata seperti ular, komodo, kemudian kura-kura dll.

Jalan menuju Kebun Binatang Gembira Loka


Bagaimana Anda bisa menuju ke tempat wiasata ini? Jangan khawatir, kebun binatang Gembira Loka ini bisa dikatakan sangat mudah ditemukan lokasinya sebab hanya berjarak 6 Km dari Keraton Yogyakarta. Bagi Anda yang berwisata menggunakan kendaraan umum dan berasal dari kota, turunlah dari Terminal Giwangan, carilah bus trans Jogja jurusan 1 B yang menuju ke arah Kebun Binatang.



Untuk mencapai tempat ini, Anda juga bisa menggunakan berbagai angkutan umum selain trans Jogja. Angkutan umum yang bisa Anda gunakan adalah bus kota, taksi, becak dan dokar. Bila menggunakan becak dan dokar, pastikan Anda tidak jauh dari tempat ini. Jika wistawan menggunakan bus kota, maka pilihlah jalur 9 atau 7. Jika anda ingin kesana menggunakan kendaraan pribadi anda dapat melihat rutenya melalui maps berikut ini :

Fasilitas Kebun Binatang Gembira Loka


Untuk fasilitas yang tersedia di kebun binatang Gembira Loka ini banyak sekali dan bisa dikatakan sudah lengkap. Ada apa sajakah itu :

1.Mushola untuk beribadah yang bersih,

2.Kereta untuk keliling kebun binatang gembira loka,

3.Kamar mandi.

4.Warung-warung makan di dalam lokasi kebun binatang

5.Warung yang ada menjual aneka souvenir, mainan anak-anak

6.Game seperti peedboat, bumper boat, atv, taring (transport roving)

7.Tempat parkir

Jadi bagaimana? Lengkap sekali bukan fasilitas di tempat wisata satu ini?

Jenis Binatang di kebun Binatang Gembira Loka


Kebun binatang Gembira Loka ini bisa dikatakan tergolong dalam kategori museum zoologicum atau museum satwa liar. Dalam sejarahnya kebun binatan Gembira Loka ini adalah termasuk museum tertua di Yogyakarta setelah Sonobudoyo.

Selain memiliki hewan langka seperti mamalia, reptil, Aves, amfibi, Pisces yang dipajang di kandang besi atau tembok berpagar kayu, Gembira Loka juga memiliki koleksi hewan lainnya yang menarik. Jadi jika Anda pertama masuk ke tempat wisata ini, maka Anda akan menjupai berbagai hewan kering yang telah diawetkan.

Hewan yang diawetkan itu ditempatkan di ruangan khusus yang menyerupai museum. Museum ini terletak di tepi danau buatan di daerah kebun binatang Gembira Loka. Pada tahun 2007 kebun binatang ini dibangun sebuah laboratorium alam Flora dan Fauna. Laboratorium ini digunakan sebagai alat pembelajaran bagi siswa dan masyarakat terutama anak-anak.



Di tempat ini terdapat berbagai koleksi yang beragam seperti koleksi berbagai jenis serangga dan hewan vertebrata dan invertebrata. Maka tidak heran jika tempat wisata ini sangat cocok dijadikan sebagai wisata edukasi bagi anak-anak.

Kebun binatang yang sudah berusia lebih dari setengah abad inipun dihiasi oleh serangkaian taman hijau dengan bunga berwarna yang sanga menarik. Ya, Gembira Loka memang memiliki lahan berbentuk hutan yang dibiarkan tumbuh. Sebagian besar tanaman ini tidak tersusun rapi dengan tujuan menghadirkan suasana alam yang menyejukkan para wisatawan.

Selain melihat dari dekat beragam flora dan fauna di kebun binatang Gembira Loka ini juga tersedia berbagai jenis permainan rekreasi seperti bebek genjot, naik gajah, naik unta atau replika gua yang tersedia. Berbagai permainan ini sengaja disediakan untuk mendukung pariwisata di Gembira Loka. Ada beberapa jenis binatang yang bisa Anda lihat di kebun binatang ini. di antaranya adalah :

Untuk kelompok burung sendiri ada beberapa jenis yaitu :

1.Elang bondol

2.Kakak Tua

3.Julang Emas

4.Merak Hijau

5.Nuri Bayan.

Kelompok Reptil ada beberapa jenis yaitu :

1.Biawak Pohon

2.Biawak Naga

3.Chameleon

4.Kaiman Kerdil

5.Kura-Kura Terapin

6.Sulkata

7.Viper Vagleri

8.Viper Gabon

Kelompok Amfibi ada beberapa jenis yaitu :

1.Katak Badut Afrika

2.Katak Bibir Putih

3.Katak Pacman

4.Katak Tanduk

5.Katak Tomat

Kelompok Ikan ada beberapa jenis yaitu :

1.Arapima Raksasa

2.Ikan Discus

3.Ikan Red Devil

4.Niasa

5.Patin Albino

6.Piranha

Baca juga : 6 Wisata Kota Tua Jakarta Menarik & Terbaru 2018

Banyak sekali bukan jenis-jenis hewan yang bisa Anda temui di kebun binatang Gembira Loka ini? Ayo, tunggu apalagi ke Kebun Binatang Gembira Loka dan selamat menikmati liburan.

0 Response to "Harga Tiket Masuk dan Lokasi Kebun Binatang Gembira Loka"