Harga Tiket Masuk Dan Lokasi Wisata Gumuk Pasir Parangkusumo Jogja

Jika sudah berada di Jogjakarta memang akan ada banyak hal yang harus Anda lakukan. Terutama jika Anda adalah pecinta alam dan pencari petualangan, ada banyak pilihan wisata untuk Anda kunjungi di kota budaya ini. Salah satunya adalah berwisata di gumuk pasir Parangkusumo. Menariknya dari wisata Gumuk Pasir Parangkusumo Jogja ini adalah sandboardingnya. Nah, ingin tahu lebih lanjut tentang wisata ini? Yuk, simak ulasannya.

Harga Tiket wisata Gumuk Pasir Parangkusumo


Ada banyak yang bisa Anda lakukan ketika berwisata ke Yogyakarta, seperti mendaki di sekitar gunung Merapi, mengunjungi pantai, gua dan menjelajah setiap wisata yang ada di Gunung Kidul. Jika ingin merasakan wisata yang berbeda, Anda bisa mencoba sandboarding di Gumuk Pasir atau bukit pasir pantai Parangkusumo. Tidak perlu kesulitan ingin bermain sandboarding sampai ke Afrika segala, sebab di Parangkusumo Anda bisa bermain pasir.

Harga tiket wisata Gumuk Pasir Parangkusomo, Anda bisa mengeluarkan biaya sebesar Rp.5000 saja untuk tiket masuk. Sementara biaya parkirnya hanya dikenakan denda sebesar Rp.2000 saja. Wah, dengan biaya semurah itu Anda bisa bermain pasir sepuasnya selayaknya di Afrika.


Lokasi wisata Gumuk Pasir Parangkusumo


Sandboarding di pantai Parangkusumo memang sangat menyenangkan, apalagi jika dilakukan dengan beberapa teman Anda. Jadi bagi Anda yang ingin bermain pasir di pantai Parangkusumo, ada baiknya jika Anda mencoba bermain sandboarding di pantai ini dan Anda akan dibuat kagum dengan pemandangan pantainya yang begitu indah dan tenang. Anda bisa menemukan lokasi wisata Gumuk Pasir Parangkusumo ini di Jl. Pantai Parangkusumo RT. 1, Grogol 10, Kretek, Parangtritis, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55772.

Wisata ini juga buka 24 jam, jadi kapanpun Anda ingin berwisata ke pantai ini, Anda bisa berkunjung. Namun, jika ingin bermain sandboarding nya, maka pastikan untuk bermain saat pagi atau sore hari. Jadi Anda tidak akan merasakan panasnya matahari Sebagai negara tropis, Indonesia cenderung memiliki tanah lembab dan pasir pantai. Bagi sebagian orang, padang pasir merupakan salah satu pemandangan luar biasa yang jarang ditemui.


Jalan Menuju Wisata Gumuk Pasir Parangkusumo


Bagi warga di Bantul, Jogjakarta, Indonesia adanya Gumuk Pasir merupakan sebuah keunikan yang ada. Di parangkusumo ini terentang sebuah padang sahara bak gurun Afrika. Untuk jalan menuju wisata Gumuk Pasir Parangkusumo ini caranya sangat mudah.

Ya, lokasi Gumuk Pasir Parangkusumo ini ada di sebelah selatan pusat kota Jogjakarta. Lebih tepatnya Gumuk Pasir ini masih berada di kawasan Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Jogjakarta.

Untuk jalan menuju wisata Gumuk Pasir Parangkusumo sangat muda, jika Anda berangkat dari pusat kota Jogjakarta, maka ambillah arah menuju ke jalan Parangtritis. Untuk menuju jalan Parangtritis ini Anda hanya perlu berjalan lurus saja ke arah selatan. Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, Anda akan menempuh jarak sekitar 35 Km. Lurus saja mengikuti jalan utama sampai Anda menemukan pintu retribusi pantai Parangtritis. Jika anda masih bingung, anda dapat melihatnya di Maps berikut ini :



Nah, menariknya dari wisata Gumuk Pasir ini adalah dengan retribusi tiket masuk sebesar Rp.5000 Anda sudah bisa merasakan seluruh pantai yang ada di kawasan Parangtritis ini.

Jadi selain bisa bermain sandboarding di Gumuk Pasir Parangkusumo, Anda juga bisa berwisata ke pantai Parangtritis, Cemara Sewu, atau Depok. Wah, sekali mendayung 3 pulau terlampaui bukan? Setelah sampai ke Gumuk Pasir, akan ada banyak spot yang bisa Anda gunakan untuk berfoto. Ada banyak properti unik untuk spot foto yang sudah tersedia di pantai tersebut.

Baca juga : Lokasi dan Harga Tiket Masuk Wisata Tebing Breksi Jogja

Jadi jika Anda tidak ingin bermain sandboarding, Anda bisa bermain-main bersama pasrnya yang lembut. Bisa juga Anda bermain dengan riak ombaknya yang begitu indah. Perpaduan alam yang sangat memanjakan Anda untuk berelaksasi sepuasnya.

Sejarah Wisata Gumuk Pasir Parangkusumo Jogja


Pantai yang sering disebut dengan nama Gumuk Pasir ini memiliki arti gundukan pasir. Gumuk dalam bahasa Jawa - salah satu bahasa tradisional di Pulau Jawa, Indonesia memiliki arti gundukan atau tumpukan, sedangkan Pasir berarti pasir.

Keberadaan gundukan pasir ini tak lepas dari hubungan Merapi sebagai salah satu gunung berapi yang paling aktif di dunia dan juga Sungai Opak serta Pantai Parangtritis. Pasir di pantai ini berasal dari abu vulkanik yang diakibatkan oleh letusan Gunung Merapi. Setelah itu abu terbawa arus sungai Opak dan akhirnya mencapai arus menuju ke Parangtritis.



Setelah itu, material vulkanik tersebut dilemparkan ke wilayah sekitar oleh gelombang sampai terkikis dan berubah menjadi debu halus. Setelah dikeringkan, debu akan terbang oleh angin menuju area pinggir pantai. Proses ini terjadi terus menerus selama ratusan tahun, hingga kemudian membentuk gundukan pasir yang luas, dan kemudian dikenal dengan sebutan Gumuk Pasir Parangkusumo.

Ya, bisa dikatakan terjadinya Gumuk Pasir di Pantai Parangkusumo adalah sebuah fenomena alam yang luar biasa. Fenomena ini terjadi pertama kalinya di Indonesia ketika terjadi letusan gunung berapi yang menghasilkan banyak bahan pasir dan kemudian dibawa ke laut oleh Sungai Opak, Sungai Progo dan sungai lainnya, kemudian dibawa ke pantai oleh gelombang laut yang kuat.

Ya, sebagaimana yang telah dijelaskan abu itupun terkena tiupan angin dan j diendapkan untuk menjadi Gumuk Pasir. Nah, menariknya dari Gumuk Pasir Parangkusumo ini adalah pasir ini hanya ada di tiga negara wilayah Asia Tenggara:yaitu Filipina, Vietnam dan Indonesia. Mengapa bisa dikatakan unik? Sebab jenis bukit pasir di Parangtritis umumnya terbentuk di daerah kering bukan di daerah tropis basah seperti Indonesia.



Fenomena alam pasir di pantai Parangkusumo ini benar-benar terlihat seperti padang pasir yang ada di negara Afrika kebanyakan. Tidak heran jika Gumuk Pasir ini begitu populer sebagai tempat selfie. Bahkan ada banyak pasangan yang menggunakan Gumuk Pasir ini sebagai tempat foto pre wedding.

Jadi setelah mengunjungi Gumuk Pasir, jangan lupa untuk mengunjungi Pantai Parangtritis, Pantai Cemara Sewu atau ke Pantai Depok. Rugi lho jika sudah jauh-jauh pergi ke Jogjakarta tidak menikmati keindahan pantai sekitar Parangkusumo karena jaraknya hanya 4,7 km. Ya, jarak yang bisa dikatakan tidak jauh untuk mau menikmati keindahan alam di sekitar tempat wisata.

Fasilitas Wisata Gumuk Pasir Parangkusumo Jogja


Fasilitas yang tersedia di Gumuk Pasir ini sangat memadai sebab telah menyediakan sarana dan prasarana berupa :

1.Gazebo

Terdapat banyak gazebo bagi Anda yang ingin bersantai sambil menikmati keindahan pasir dan pantai ditemani udara yang semilir. Ada juga payung untuk berteduh dan lahan untuk bermain layang-layang.

2.Kamar mandi

3.Musholla

4.Tempat parkir yang luas.

5.Penginapan

Nah, bagi Anda yang ingin menghabiskan malam di Gumuk Pasir Parangkusumo, Anda tidak perlu khawatir sebab terdapat banyak tempat penginapan di sini.

Baca juga : Info Lengkap Wisata Alam Puncak Becici Jogja

Demikian ulasan mengenai Wisata Gumuk Pasir Parangkusumo Jogja. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Harga Tiket Masuk Dan Lokasi Wisata Gumuk Pasir Parangkusumo Jogja"