Harga Tiket Masuk dan Rute Wisata Pantai Wediombo

Wisata Pantai Wediombo merupakan salah satu destinasi wisata alam yang ada di Yogyakarta dengan keindahan khas, wisata pantai satu ini juga tergolong lengkap, kamu bisa melakukan berbagai aktivitas sekaligus di wisata pantai ini, mulai menikmati panoramam sunset, snorkling, surfing, memancing, camping, hunting foto, tracking, hingga berenang di laguna alami.

Wisata Pantai Wediombo menjadi salah satu kekayaan alam Yogyakarta, memang Yogyakarta dikenal sebagai kota dengan banyak potensi, baik kuliner, budaya, seni, juga keindahan alam. Ada banyak wisata alam yang tersedia, mulai dari Pantai Glagah, Gua Pindul, Kalibiru, Puncak Pecici, tentu juga yang lagi hits adalah Wisata Pantai Wediombo itu sendiri.



Wisata Pantai Wediombo bila diartikan dalam bahasa Indonesia memiliki arti pasir yang luas. Namun kenyataannya, pantai ini tidak memiliki hamparan pasir luas layaknya pantai lain di Yogyakarta; Parang Tritis maupun Pantai Glagah di Kulon Progo. Wisata Pantai Wediombo lebih di dominasi oleh batuan karang dengan hamparan pasir putih yang tidak begitu luas, sisi timur dan barat pantai didominasi oleh bukit berkarang. Meskipun hamparan pasir putih di pantai ini tidak seluas yang diharapkan, justru hamparan karang memberikan keindahan tersendiri, terlebih dari karang-karang tersebut terbentuk kolam alami.

Daya Tarik Wisata Pantai Wediombo


Wisata Pantai Wediombo belakangan menjadi primadona wisata pantai di Jawa Tengah, karena pantai ini banyak menyimpan keindahan, paling populer dan berbeda karena di pantai ini terdapat kolam alami yang terbentuk dari rapatnya karang-karang, ceruk karang yang lebih menyerupai laguna ini akan tetap terisi air meskipun air laut sudah surut.

Kedalaman kolam alami di Wisata Pantai Wediombo ini sekitar 1,5 m, mandi di kolam alami ini akan memberikan pengalaman baru layaknya kamu mandi di laguna, kamu juga bisa merasakan cipratan ombak yang begitu bagus setelah sesaat menerjang karang, jangan pernah melewatman momen ini saat kamu mengunjungi Wisata Pantai Wediombo.

Selain itu, pantai ini juga menjadi salah satu spot favourite para penikmat surfing, pantai ini sudah dijadikan area surfing sejak tahun 2014 lalu. Hempasan ombak yang tinggi juga stabil disebut-sebut sebagai yang terbaik di Jawa Tengah. Hal ini terjadi karena Pantai Wediombo bentuknya seperti teluk, dimana dikelilingi perbukitan karang.



Kamu tidak memiliki peralatan surfing? Tenang, sudah tersedia teman-teman dari Wediombo Surfing Society yang menyediakan alat-alat surfing dengan harga sangat terjangkau, mereka juga menyediakan paket belajar surfing secara singkat, bahkan juga lengkap dengan sesi dokumentasinya. Akhir pekan menjadi waktu favourite para pemain surfing, kamu bisa memilih jadwal kunjungan di waktu tersebut.

Selain kekhasan ombak, Wisata Pantai Wediombo juga dikenal dengan panorama sunset yang mempesona dibanding pantai-pantai lain di Gunungkidul, bahkan menjadi spot terbaik, ini terjadi karena sudut pantai wediombo langsung menghadap ke arah barat, bukan ke arah selatan seperti kebanyakan pantai di Gunungkidul. Bahkan, jika kamu berkunjung di bulan November hingga Mei, kamu bisa menikmati terbenamnya matahari tepat di horizon, karena pada waktu itu matahari tenggalam di sisi bagian selatan Bumi. Momen ini jelas sangat istimewa.



Daya tarik lain Wisata Pantai Wediombo adalah area snorkling. Di pantai ini terdapat dua area snorkling, area pertama terdapat di sekitar pantai, bisa dijangkau hanya dengan berjalan kaki. Sementara area kedua terletak sangat jauh dari pantai, untuk mencapai tempat kedua, terlebih dahulu kamu harus menaiki kapal, kamu tidak perlu membawa peralatan snorkling dari rumah, karena sudah tersedia persewaan alat-alat snorkling, juga pemandu di pantai ini. Di dua tempat snorkling ini terdapat terumbu karang yang masih bagus, ada banyak biota laut berkeliaran yang akan memanjakan kamu.

Baca juga : Lokasi dan Jalan Menuju Wisata Pantai Pok Tunggal

Daya tarik selanjutnya adalah camping, di pantai ini sudah tersedia area untuk camping dengan lokasi lumayan luas, tersedia juga sewa tenda dengan harga terjangkau. Kamu juga bisa melakukan aktivitas hammocking, hunting foto dengan latar menarik seperti latar para pemain surfing, atau aktivitas menguji kesabaran seperti memancing, area Wisata Pantai Wediombo terkenal dengan kekayaan ikan yang melimpah.

Lokasi Wisata Pantai Wediombo


Lokasi Wisata Pantai Wediombo berada di Desa Jepitu, Girisubo, Gunungkidul, Yogyakarta. Berada tidak jauh dari wisata pantai lain, seperti Pantai Baron, Pantai Sadraman, dan lainnya. Namun, pantai wediombo adalah yang terjauh. Dari pusat kota Yogyakarta, pantai ini berjarak sekitar 73 km, bisa dijangkau menggunakan kendaraan pribadi dengan waktu tempuh 2-2,5 jam. Sementara bila dari Kota Wonosari, hanya berjarak 35 km, dan bisa ditempuh dengan waktu tempuh selama 1 jam. Jika ingin petunjuk yang lebuh jelas anda dapat melihatnya di Maps berikut :



Fasilitas pendukung di Wisata Pantai Wediombo sudah tergolong lengkap, mulai kamar mandi, taoilet, maupun tempat ibadah yang sangat terawat. Sementara jika kamu ingin memanjakan lidah, juga sudah tersedia tempat makan dengan aneka menu pilihan berbahan dasar ikan laut.

Harga Tiket Wisata Pantai Wediombo


Harga tiket Wisata Pantai Wediombo dengan hanya membayar Rp 5.000 rupiah, anda sudah bisa berleha-leha disini. Sementara untuk parkir motor Rp 2.000 rupiah, bila menginap menjadi Rp 4.000 rupiah. Parkir mobil Rp 5.000 rupiah, menjadi Rp 10.000 bila kamu menginap. Bila kamu ingin merasakan surfing, tersedia tempat sewa alat, pemandu sekaligus foto dokumentasi, semua ini bisa kamu dapatkan hanya dengan membayar Rp 100.000 rupiah.



Kamu ingin snorkling? Cukup membayar Rp 30.000 rupiah untuk area yang dekat dengan Pantai Wediombo, sementara untuk area agak jauh (harus naik kapal ke tengah laut) kamu harus membayar Rp 80.000 rupiah, khusus paket ini sekali jalan harus terdiri atas 6 orang. Kamu juga bisa merasakan sensasi menaiki motor trail dengan sewa Rp 100.000 rupiah, atau menaiki surfboard seharga Rp 50.000 rupiah, tersedia juga body boot Rp 20.000 rupiah, tenda kapasitas 4 orang seharga Rp 35.000 rupiah.

Jalan Menuju Wisata Pantai Wediombo


Lokasi Wisata Pantai Wediombo berada di Kelurahan Jepitu, Kecamatan Girisubo, Gunungkidul Yogyakarta. Jalan menuju wisata Pantai Wediombo ini tergolong tidak sulit, selain itu juga berdekatan dengan wisata pantai lain di Gunungkidul. Rute dari Yogyakarta, kamu pilih jalan menuju Wonosari, sesampainya di Kota Wonosari, ambil arah timur hingga bertemu dengan Pasar Wonosari, tepat di pertigaan pasar ini silahkan ambil jalur kanan ke arah Pantai Baron. Setelah 10 km perjalanan kamu akan menjumpai pertigaan dengan penunjuk arah Pantai Wediombo dan Pantai Indrayanti, ikuti jalur tersebut hingga mencapai pantai, di area ini sudah terdapat banyak petunjuk jalan.

Bila kamu dari arah Solo, silahkan ambil jalur Solo-Jogja, jalan terus sampai menemui Candi Prambanan, sesampainya di perempatan setelah candi kamu ambil jalur kiri hingga sampai lampu merah selanjutnya. Dari sini ambil arah kiri kembali menuju jalan Wonosari hingga ke ara kota. Perjalanan kamu lanjutkan mengikuti alur yang sudah dijelaskan sebelumnya diatas.

Baca juga : Wisata Alam Gunung Api Purba Yogyakarta

Kamu juga bisa menggunakan kendaraan umum, dari Yogyakarta (Terminal Giwangan) ambil bus rute Yogya-Wonosari, dari sini berganti bus lagi rute Wonosari-Jepitu, sebelum sampai di terminal Jepitu, silahkan turun di pertigaan Jepitu. Selanjutnya kamu naik ojek untuk sampai di Pantai Wediombo. Sesampainya di area parkir, kamu harus menuruni puluhan anak tangga untuk bisa sampai di pantai.