Indahnya Wisata Air Terjun Putuk Truno Pasuruan

Indahnya Wisata Air Terjun Putuk Truno yang harus anda kunjungi bersama keluarga. Musim liburan adalah salah satu musim yang ditunggu oleh orang-orang yang gemar berwisata. Wisata yang bisa dilakukan oleh orang-orang salah satunya adalah wisata alam seperti: berenang di pantai, mendaki pegunungan, atau sekedar berfoto di danau dan lain-lain.

Di provinsi Jawa timur adalah provinsi yang mempunyai segudang destinasi wisata alam yang sangat di gemari oleh banyak orang. Setiap kota di provinsi Jawa timur hampir memiliki spot wisata alam sepert: Kota Batu, Blitar, Tulungagung, Kediri, Lamongan, Banyuwangi, Pasuruan, dan masih banyak lagi.



Salah satu kota yang mempunyai banyak lokasi wisata wisata alam yang di gemari oleh Orang-orang adalah Pasuruan. Pasuruan dikenal memiliki banyak destinasi wisata alam di dalamnya. Udara di kota ini cukup sejuk karena memiliki pegunungan dan hutan yang cukup luas. Tidak menutup kemungkinan bahwa di daerah pegunungan tersebut memiliki satu lokasi wisata alam yang indah seperti: sungai ataupun Air Terjun. Salah satunya destinasi wisata alam Air Terjun Putuk Truno yang berada di kota Pasuruan.

1.Wisata Air Terjun Putuk Truno.


Wisata air tenjun Putuk Truno adalah salah satu destinasi wisata alam yang indah. Lokasi Wisata Air Terjun Putuk Truno terletak di kawasan Tretes-Prigen Kabupaten Pasuruan ini tidak hanya menyuguhkan pemandangan Air Terjun yang indah, tetapi juga memberikan suasana sejuk dan udara segar karena di kelilingi pegunugan. Para pelancong sering datang ke tempat ini untuk berenang atau sekedar bermain air dan juga mengabadikan moment liburan dengan berfoto selfie dan memotret panorama yang ada di lokasi wisata Air Terjun.



Bagi para pelancong yang datang dari luar kota Pasuruan dan tentunya merasa lelah dan ingin istirahat, tak usah khawatir karena tempat wisata Air Terjun Putuk Truno memiliki beberapa fasilitas penunjang seperti: tempat duduk dan istirahat, toilet, warung, dan taman. Para pengunjung tidak hanya menghabiskan waktu untuk berenang dan bermain air saja, akan tetapi mereka dapat menikmati suasana alam dan fasilitas yang sudah di sediakan tersebut serta membeli oleh-oleh khas Pasuruan yang telah tersedia di warung yang berada di sekitar lokasi wisata. Wisata Air Terjun Putuk Truno sangat direkomendasikan untuk menjadi salah satu tujuan wisatawan untuk menghabiskan waktu berlibur dengan teman atau sanak keluarga.

2.Harga Tiket


Wisata Alam Air Terjun Putuk Truno sangatlah indah. Bila para wisatawan dari dalam kota Pasuruan atau di luar kota Pasuruan yang ingin mengunjungi wisata yang indah ini, wisatawan harus memesan tiket terlebih dahulu. Harga tiket Wisata Air Terjun Putuk Truno wisata alam yang indah ini cukup terjangkau bagi wisatawan.

Dewasa (di atas 10 tahun) : Rp. 10.000

Anak-anak (10 tahun kebawah) : Rp. (Gratis)

Biaya Parkir Sepeda Motor : Rp. 2.000

Biaya Parkir Mobil : Rp. 5.000

Baca juga : Indahnya Wisata Air Terjun Toroan Sampang

Dengan biasa masuk yang sangat terjangkau, para wisatawan dapat menikmati semua fasilitas yang disediakan dan memanjakan mata akan indahnya panorama Air Terjun Putuk Truno.

3.Lokasi


Lokasi wisata Air Terjun Putuk Truno berada di kecamatn prigen, kabupaten Pasuruan, provinsi Jawa Timur, indonesia. Tetapi jika anda masih bingung dengan lokasi tersebut, anda bisa mencari di Google maps dengan mengetik keyword “Air Terjun Putuk Truno” dan search. Maka google maps akan menampilkan lokasi dimana Air Terjun tersebut berada. Atau anda dapat membukanya di Maps berikut :


4.Daya Tarik


Air Terjun Putuk Truno memiliki daya tarik yang kuat akan pemndangan alam yang indah. Destinasi ini memang harus menjadi salah satu spot wisata yang wajib dikunjungi oleh wisatwan. Udara yang sejuk dan juga penduduk lokal yang ramah menyambut wisatawan lokal maupun asing yang ingin mengunjungi destinasi ini. Keindahan Air Terjun yang tiada duanya yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Air Terjun dengan ketinggian 45 meter ini memiliki paerhatian penuh oleh pemerintah kota pasuruan, oleh karena itu destinasi ini tetap terjaga keasrianya. Air Terjun yang sangat jernih mengucur deras dari atas tebing terlihat mempesona apalagi jika terbias cahar yang menghasilkan pelangi yang indah. Selain keindahan Air Terjun putuk truno, Air Terjun ini memiliki air yang sangat jernih dan segar. karena sangking jernihnya, bebatuan, lumut pasir dan bahkan mahluk hidup yang ada didalam air dapat terlihat jelas dengan mata telanjang.



Selain dari sisi fisik Air Terjun yang menarik, ada kisah yang melatar belakangi terciptanya nama dari Air Terjun putuk truno. Kisah Air Terjun tersebut dilatar-belakangi seorang laki-laki yang bernama Joko Truno dan Sri Gading Lestari.

Hubungan antara dua insan ini tidak mendapat persetujuan dari sang ayah Sri Gading Lestari karena Joko Taruno hanya seorang rakyat biasa. Dengan cinta mereka dan tekad yang kuat, keduanya memutuskan untuk bertemu. Tempat pertemuan mereka cukup jauh dari peradaban dan harus melewati hutan. Lokasi tersebut adalah sebuah Air Terjun, dan Air Terjun itulah yang kini di kenal dengan nama Ari terjun putuk truno atau jila diartikan dalam bahasa indonesia adalah Air Terjun Keabadian. Putuk yang berarti ular, dan Truno yang berasal dari nama Taruno. Kisah inilah yang melatar-belakangi asal-usul nama Air Terjun tersebut.


5.Transportasi


Wisatawan yang berasal dari kota Pasuruan tidak bingung lagi untuk mencari lokasi wisata ini. Akan tetapi bagi wisatawan dari luar kota pasti akan merasa kebingungan bila ingin menuju ke lokasi Air Terjun tersebut. Tapi jangan khawatir karena jalan menuju Wisata Air Terjun Putuk Truno tersebut sangat mudah. Jalan munuju lokasi wisata tersebut sudah beraspal baik. Selain itu, lokasi tempat wisata ini dekat dengan jalan raya. Untuk lebih jelasnya akan penulis tunjukan rute berikut:

Dari pasuruan kota menuju ke kecamatan Prigen, ke Polsek Kecamatan Prigen. Setelah sampai Polsek Kecamatan Prigen, maka ada pertigaan dan anda harus mengambil arah kiri untuk menuju ke lokasi Air Terjun. Sekitar 200 meter ada papan nama Air Terjun Putuk Truno dan anda tiba di lokasi.

Dari puntu masuk utama, kita harus menuruni jalan setapak dengan panjang kurang lebih 300 meter untuk mencapai air terjun. Anda dapat melihat banyak papan peringatan untuk berhati-hati karena lokasi tersebut rawan longsor. Saat melewati jalan setapak, sisi kanan kita adalah tebing dan sisi kiri kita adalah jurang yang mempunyai dasar sungai yang tertutupi rimbunya pohon-pohon. Kita juga dapat melihat Vihara yang dibangun tepat di sisi kiri tebing. Lalu tinggal menelusuri jalan setapak hingga mencapai lokasi Air Terjun Putuk Truno.

Baca juga : Indahnya Wisata Air Terjun Toroan Sampang

Itulah sedikit ulasan tentang Air Terjun Putuk Truno. Bukan hanya Air Terjun yang indah tetapi juga banyaknya fasilitas yang mencukupi serta ramah tamah penduduk sekitar dan akses jalan yang mudah menjadi daya tarik dari lokasi Wisata Air Terjun Putuk Truno Prigen, Kabupaten Pasuruan, Provinsi Jawa Timur. Semoga Informasi diatas dapat bermanfaat bagi orang-orang yang ingin mengunjungi lokasi tersebut.