Info Lengkap Wisata Alam Puncak Becici Jogja

Jogjakarta dikenal dengan limpahan keindahan alamnya, terdapat banyak destinasi wisata alam yang bisa kamu kunjungi, mulai dari wisata alam kalibiru, tebing breksi, bukit panguk, goa pindul, embung nglanggeran, bukit isis, telaga biru semin, dan lain sebagainya. Salah satu yang populer adalah hutan pinus mangunan, Imogiri, Bantul. Tidak banyak yang tau, selain hutan pinus tersebut ternyata ada hutan pinus lain yang tidak kalah menarik, bahkan dari hutan pinus yang satu ini kamu bisa menikmati senja dengan suasana sangat romantis, tempat tersebut adalah wisata alam puncak becici jogja.

Dari wisata alam puncak becici Jogja tersebut, kamu bisa menyaksikan deretan hijaunya persawahan, pepohonan yang tumbuh rapat dari ketinggian dengan latar Gunung Merbabu, Gunung Sindoro, juga Gunung Merapi. Bahkan, kika cuaca sedang bersahabat, kamu juga bisa menyaksikan Pegunungan Kulonprogo yang letaknya cukup jauh dari puncak becici, juga bisa menyaksikan semburat air memanjang dimana merupakan garis pantai selatan Jogja.



Wisata puncak becici sangat cocok dikunjungi di dua waktu, yaitu waktu pagi dan sore hari. Bila kamu mengunjungi puncak becici waktu pagi, kamu akan menemui segerombolan kabut-kabut tipis pada sekitaran langit-langit bukit. Selain itu, dengan mudah kamu juga akan menikmati pemandangan sekitar Yogyakarta, perbukitan, juga barisan persawahan masyarakat. Hal ini sulit didadapatkan saat mengunjungi siang hari. Sementara saat sore tiba kamu bisa menikmati sinar keemasan yang mewarnai sisi langit, dua momen ini menjadi semakin nikmat bila dilihat dari gardu pandang yang telah disedikan oleh pengelola wisata alam puncak becici jogja.

Lokasi Wisata Alam Puncak Becici Jogja


Secara administratif, lokasi wisata alam puncak becici Jogja berada di Dusun Gunung Cilik, Dlingo, Kabupaten Bantul D.I Yogyakarta. Wisata ini masih termasuk bagian dari kawasan Hutan Lindung RPH (Resort Pengelolaan Hutan) Mangunan, termasuk dalam wilayah kerja Dishutbun Provinsi Yogyakarta.



Jika berada di puncak pecici, kamu akan disuguhi pemandangan indah juga sangat sejuk, aroma Hutan Pinus akan menjadikan kamu lebih nyaman. Hutan Pinus yang berada di puncak becici berbeda dengan hutan pinus mangunan, getah pinus puncak bicici diambil dimanfaatkan sebagai bahan dasar Terpentin dan Gondorukem.

Baca juga : Info Lengkap Wisata Museum Kereta Api Ambarawa

Wisata puncak becici masih dikelola oleh warga sekitar dengan sistem swadaya, secara gotong royong masyarakat membangun fasilitas penunjang wisata, mulai dari pembuatan jalan masuk, bangku sebagai tempat istirahat, rumah pohon, juga area parkir kendaraan. Namun demikian, pembanguan di wisata ini sangat dibatasi, itu karena kawasan ini masih termasuk kawasan hutan lindung, dimana merupakan wilayah yang berfungsi menjadi penyangga kehidupan daerah sekitar puncak becici, termasuk juga Yogyakarta.

Jalan Menuju Wisata Alam Puncak Becici Jogja


Akses jalan menuju wisata alam puncak becici jogja tergolong mudah dilalui, Dari arah Jogja, kamu bisa memilih jalan Imogiri Timur, kemudian lurus terus hingga bertemu dengan penunjuk jalan menuju Kebuh Buah Mangunan, dari sini jalan sudah mulai menanjak, serta berkelok-kelok, laju kendaraan kamu dengan kecepatan pelan, ikuti terus jalan ini hingga simpang tiga, kemudian ganti arah kendaraan kamu ke arah kiri menuju Hutan Pinus Mangunan. Dari hutan pinus ini kamu akan tertemu dengan pertigaan pertama, belok kiri dipertigaan tersebut, selanjutnya sudah banyak terdapat penunjuk jalan yang akan mengarahkanmu ke wisata alam puncak becici Jogja.

Rute lain yang bisa kamu lalui adalah melalui Jogja-Wonosari, saat melewati rute ini kamu akan melewati daerah Piyungan-Bukit Bintang, dilanjutkan ke Perempatan Patuk. Dari perempatan ini ambil jalur kanan yang mengarah ke Dlingo, susuri terus jalanan ini hingga bertemu dengan Hutan Pinus Sudimoro 1. Dari hutan pinus ini kamu akan menemui penunjuk jalan ke wisata alam puncak becici jogja. Sepanjang perjalanan menyusuri hutan pinus sesaat sebelum sampai di puncak becici, kamu akan menemui bangku-bangku panjang terbuat dari batang pinus yang sudah mati, area ini dikhususkan bagi kamu yang ingin bersantai sembari menikmati sejuknya suasana hutan pinus.

Jika anda ingin berwisata ke tempat ini tapi masih bingung dengan rute tersebut jangan khawatir karena anda dapat melihat rutenya lebih jelas di Maps berikut ini :


Harga Tiket Wisata Alam Puncak Becici Jogja


Tidak ada harga tiket wisata alam puncak becici jogja, wisata ini disediakan secara gratis, kamu hanya cukup membayar biaya parkir kendaraan dengan harga yang sangat murah, perkir motor Rp 3.000 rupiah, mobil Rp 10.000 rupiah, sementara untuk untuk parkir bus Rp 20.000 rupiah.



Wisata alam ini juga menyediakan area camping, dimana kamu cukup membayar Rp 5.000 rupiah. Sementara jika kamu ingin menikmati puncak dengan suasan berbeda tersedia gardu pandang, cukup dengan membayar Rp 2.000 rupiah, kamu sudah bisa menikmati indahnya puncak bicici jogja secara leluasa, selain itu kamu tentu akan menikmati indahnya Yogyakarta dari ketinggian. Destinasi wisata puncak pecici dibuka setiap hari, juga tidak ada batasan waktu kunjung. Jika kamu suka dengan keramaian, berkunjunglah pada akhir pekan atau saat hari libur.

Aktivitas Seru di Wisata Alam Puncak Becici Jogja


Wisata puncak becici tergolong destinasi wisata alam yang memanjakan pengunjung, kamu bisa melakukan beberapa kegiatan sekaligus saat mengunjungi wisata ini, mulai dari sunset seening (matahari terbenam), menikmati pemandangan alam sekitar dengan gardu pandang, menikmati hammocking dan ayunan, camping bersama, dan tidak kalah menarik adalah photo hunting.



Menikmati senja dari ketinggian menjadi kegiatan utama di wisata alam puncak becici jogja, sumburat merah emas dari langit akan menjadi lebih jelas bila kamu menikmatinya melalui gardu pandang yang tersedia. Kamu juga bisa duduk-duduk santai sambil menikmati panorama alam sekitar saat berada diatas gardu pandang. Puncak gunung, dan perbukitan sekitar puncak becici akan terlihat lebih jelas. Namun, kamu harus berhati-hati saat berada diatas gardu pandang karena belum ada pengaman secara khusus; sit harnest serta tali kernmantle layaknya objek wisata gardu pandang pada umumnya.

Lelah menikmati keindahan alam, kamu bisa meluruskan badan sambil tidur-tiduran santai diatas hammock sembari menikmati indahnya alam, kamu bisa gunakan kesempatan ini untuk lebih menyatu dengan alam, atau bisa juga bermain ayunan yang tersedia diantara deretan pepohonan pinus. Jika belum puas, kamu juga bisa bermalam di wisata alam puncak becici Jogja ini, pengelola wisata sudah menyediakan area camping yang cukup luas.

Baca juga : Lokasi dan Harga Tiket Masuk Wisata Tebing Breksi Jogja

Tidak kalah penting, saat berkunjung ketempat wisata ini, jangan pernah lupa membawa alat dokumentasi, semua momen yang terjadi di tempat wisata ini sangat sayang bila tidak diabadikan dengan foto. Puncak becici memiliki beberapa spot foto yang sangat pas digunakan sebagai latar selfie, atau hunting foto untuk pemotretan model, bahkan tak jarang wisata puncak beici digunakan sebagai tempat pre wedding. Khusus pemotretan pre wedding, kamu dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 30.000 rupiah, biaya ini tergolog murah dibandingkan dengan keindahan alam yang akan kamu saksikan.

0 Response to "Info Lengkap Wisata Alam Puncak Becici Jogja"