Info Terbaru 2018 Wisata Alam Coban Rondo Malang

Setelah sibuk dan lembur dengan pekerjaan kantor, sangat menyenangkan apabila kita melakukan perjalanan liburan. Perjalanan ini bertujuan untuk menghilangkan beban pikiran kita. Selain itu juga bagi anak sekolah, mendapatkan hari libur membuat mereka tersenyum lebar. Apalagi hari libur yang dimanfaatkan dengan berkunjung di tempat-tempat wisata, tentu akan lebih menyenangkan.

Banyaknya tempat wisata yang ada di Indonesia, membuat sebagian orang kebingungan harus mendatangi tempat wisata yang mana yang lebih menarik. Salah satu wisata terbaik dan recommended sekali ialah wisata alam Coban Rondo Malang. Wisata ini merupakan sebuah area air terjun yang populer di Malang. Berikut penjelasannya.


Info Seputar Wisata Alam Coban Rondo Malang


Wisata Coban Rondo adalah salah satu destinasi wisata alam yang populer di kalangan wisatawan, baik wisatawan domestik maupun mancanegara. Panorama wisata coban rondo memberikan sentuhan air terjun yang begitu indah dan memberikan nuansa alam yang sangat lekat. Ketinggian air terjun ini mencapai 84 meter. Air yang dialirkan oleh air terjun Coban Rondo berasal dari mata air Cemoro Dudo yang terletak di Lereng Gunung Kawi.

Legenda Wisata Alam Coban Rondo Malang


Ada sebuah kisah dibalik indahnya wisata alam coban Rondo ini. Kisah tersebut merupakan sebuah legenda yang sangat populer di kalangan penduduk daerah sekitar. Kisah ini bercerita mengenai kehidupan asmara sepasang pengantin baru yang bernama Dewi Anjarwati dan Raden Baron Kusuma. Dikisahkan bahwa Dewi bertempat tinggal di kawasan Gunung Kawi dan Raden Baron Kusuma yang berasal dari Gunung Anjasmoro.



Pada waktu usia pernikahan mereka menginjak usia ke 36 hari atau dalam bahasa jawa disebut ke Selapan, Dewi mengajak suaminya mengunjungi mertuanya. Rumah mertua Dewi atau orang tua dari suaminya berada di Gunung Anjasmoro. Namun, hal ini tidak diizinkan oleh orang tua Raden Baron. Dan berdasarkan adat Jawa, pengantin baru yang masih berusia ke Selapan tidak di izinkan untuk meninggalkan rumah terlalu jauh.

Oleh karena kedua pengantin tersebut bersikeras untuk mengunjungi mertua atau orang tua mereka di Gunung Anjasmoro, ada sebuah masalah ditengah-tengah perjalanan mereka. Mereka bertemu dengan sosok Joko Lelono yang ternyata terpikat oleh wajah cantik Dewi Anjarwati. Kemudian Raden Baron memerintahkan anak buahnya untuk melindungi dan menyembunyikan Dewi Anjarwati ke sebuah lokasi yang ada air terjunnya (Air terjun disebut dengan sebutan Coban dalam bahasa Jawa).

Baca juga : Serunya Bermain di Wisata Jatim Park 1 Malang

Setelah itu, Raden Baron dan Joko Lelono pun bertempur hebat hingga mengakibatkan keduanya tewas bersamaan. Hal ini mengakibatkan Dewi Anjarwati kehilangan suaminya dan menjadi janda (dalam bahasa Jawa berarti Rondo). Sejak saat itulah, air terjun tempat Dewi Anjarwati bersembunyi dinamakan dengan Air Terjun Coban Rondo.

Lokasi Wisata Alam Coban Rondo Malang


Obyek Wisata Air Terjun Coban Rondo terletak di Desa Pandansari, Kecamatan Pojung, Kabupaten Malang, Jawa Timur atau sekitar 12 km dari Kota Batu. Jalan menuju wisata alam coban rondo bisa ditempuh dengan baik, karena jalanan ini sudah beraspal. Bahkan Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi ataupun umum untuk menuju tempat wisata tersebut. Ada beberapa rute yang bisa Anda gunakan sebagai penunjuk arah Anda. berikut penjelasannya:


  • Menggunakan Kendaraan Umum


Bagi Anda yang memilih kendaraan umum sebagai armada perjalanan Anda, naikilah bus jurusan Malang dari Terminal bus yang ada di Surabaya. Bus jurusan Malang tentunya akan singgah di Terminal Arjosari Malang. Dan di situlah Anda turun dan naikilah angkutan umum jurusan Landungsari. Setelah sampai di Landungsari, lanjutkan dengan menaiki bus jurusan Kediri melalui Pujon. Mintalah pada sopir atau kernet bis untuk menurunkan Anda di Patung Sapi yang merupakan pintu gerbang masuknya wisata Coban Rondo. Di sekitar patung tersebut, terdapat banyak sekali ojek. Anda bisa menggunakan ojek tersebut untuk mengantarkan Anda menuju lokasi.




  • Menggunakan Kendaraan Pribadi


Bagi Anda yang memilih kendaraan pribadi, tentunya lebih memudahkan Anda untuk cepat sampai di tempat tujuan. Rute menuju wisata Coban Rondo bisa ditempuh dari jalan raya arah Batu – Pujon, Malang. Di perjalanan, Anda akan melalui sebuah tanjakan yang landai serta jalan yang berkelok-kelok dan terkadang tajam. Setelah melewati jalan tersebut, Anda akan sampai di puncak perbukitan. Di sana terdapat sebuah papan nama dengan ukuran besar yang memberikan pentunjuk untuk belok kiri keluar dari jalan raya. Arah ini merupakan arah untuk menuju obyek wisata air terjun Coban Rondo.

Untuk anda yang suka menggunakan Google Maps jangan khawatir, karena lokasi ini dapat dilihat di maps berikut :


Fasilitas Wisata Alam Coban Rondo Malang


DI lokasi Wisata Alam Coban Rondo Malang, Ada beberapa keseruan yang bisa Anda dapatkan dengan memanfaatkan fasilitas-fasilitas saat berkunjung di tempat wisata air terjun Coban Rondo ini, antara lain:

1.Tempat Camping


Buat Anda yang gemar berada dekat dengan alam, bisa menggunakan area camping ground yang sangat luas yang ada di sekitar air terjun. Aktivitas ini tentu memberikan suasana yang berkesan bagi Anda.

2.Kendaraan Wisata


Anda yang ingin berkeliling di sekitar daerah air terjun bisa memanfaatkan fasilitas kendaraan wisata berupa sepeda gunung, kuda, dan kereta kelinci. Dengan begitu, Anda tidak perlu capek-capek untuk menikmati keindahan alam di sekitar daerah tersebut.

3.Wahana Menantang


Selain fasilitas mengasyikkan di atas, wisata alam Coban Rondo juga menyediakan wahanan menegangkan yang bisa Anda nikmati dengan membayar biayanya. Adapun wahana yang dimaksud ialah Fun Tubing dan paint Ball. Untuk menikmati wahana fun tubing, Anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 35.000 per orang. Sedangakn untuk wahanan paint ball, ada dua jenis paket yang bisa digunakan, yaitu paket 3 on 3 (untuk 6 orang) yang dibandrol dengan harga sebesar Rp 450.000,- dengan jumlah peluru sebanyak 150 biji. Dan paket 3 on 3 (untuk 6 orang) yang dibandrol dengan harga sebesar Rp 750.000,- dengan jumlah peluru sebanyak 300 biji.

4.Penginapan


Anda yang tidak menyukai ber-camping, bisa memesan tempat penginapan yang berada di daerah wisata Songgoriti atau sekitar 5-8 km dari lokasi air terjun Coban Rondo. Harga penginapan berkisar antara Rp 50.000,- s/d Rp 150.000,- per malam. Selain itu, ada juga tempat penginapan yang berada di daerah sekitar wisata Jatim Park 1 dan Museum Angkut atau sekitar wisata Jatim Park 2 dan BNS.

5.Warung Makan


Di dalam area sekitar air terjun Coban Rondo terdapat banyak sekali warung-warung yang berjualan dengan harga yang cukup terjangkau. Anda bisa mendapatkan asupan makanan di jajakan warung-warung tersebut.


Harga Tiket Wisata Alam Coban Rondo Malang


Wisata Air Terjun Coban Rondo memiliki keindahan alami yang sangat menakjubkan. Harga tiket wisata Alam Coban Rondo Malang, Anda yang ingin berkunjung di tempat wisata tersebut cukup membayar tiket masuk yang dibandrol dengan harga terjangkau, yaitu sebesar Rp 8.000,- (bagi wisatawan domestik).

Baca juga : Destinasi Wisata Pantai Balekambang Malang Terbaru 2018

Sedangkan untuk wisatawan mancanegara, biaya masuk yang harus dikeluarkan ialah sebesar Rp 10.000,-. Tarif tiket masuk tersebut, sewaktu-waktu bisa berubah.

Sekian dan Terima kasih.

0 Response to "Info Terbaru 2018 Wisata Alam Coban Rondo Malang"