Info Terbaru 2018 Wisata Lawang Sewu Semarang

Indonesia memiliki banyak tempat wisata yang dapat anda jadikan destiasi liburan. Tempat wisata di Indonesia tersebar di seluruh wilayah di Indonesia, mulai dari perkotaan hingga pedesaan dan pedalaman. Salah satu tempat wisata yang terbilang unik adalah wisata lawang sewu di semarang.

Lawang Sewu sangat bersejarah bagi warga Indonesia terutama bagi masyarakat Semarang . Terkenal sebagai tempat wisata yang mempunyai banyak pintu dan mempunyai kisah angker di dalamnya. Meskipun terkenal dengan mistisnya, namun lawang sewu tak kalah indah dengan tempat wisata yang lain. Bangunan yang megah dengan dua manara kubah akan memicu jiwa petualang anda untuk merasakan sensasi yang baru dan menguji nyali. Berikut info terbaru menegani wisata lawang sewu semarang.

Sejarah Lawang Sewu


Dari namanya saja kita sudah bisa menabak bahwa bangunan ini memiliki banyak pintu, ya lawang sewu merupakan bahasa jawa yang artinya adalah pintu seribu. Disebut lawang sewu karena bangunan ini memiliki pintu dan jendela yang berukuran besar dengan jumlah yang banyak. Sebenarnya pintu itu tidak berjumlah seribu, namun jendela yang besar-besar tersebut dianggap menyerupai pintu oleh masyarakat sekitar.



Bangunan ini dibangun pada tanggal 27 februari 1904 dengan nama het hoofdkantor van de nederlands-indische spoorweg maatschappij yang disebut kantor pusat NIS pada saat belanda berkuasa, pernah dijadikan sebagai penjara bawah tanah pada saat masa kekuasaan jepang, dan menjadi kantor pemerintahan setelah Indonesia merdeka. Pembangunan gedung ini melibatkan dua arsitek asal belanda yaitu Professor Jacob F. Klinkhamer dan Bj. Queendag.

Gedung ini menjadi saksi pertempuran Angkatan Pemuda Kereta Api (AMKA) dalam melawan penjajah jepang. Pemuda AMKA ingin mengambil alih kereta api yang saat itu ada di bawah kuasa jepang. Terdapat belasan pemuda AMKA yang gugur dalam pertemprang dan dimakamkan di halaman depan gedung. Namun sekarang jenazah tersebut sudah dipindahkan ke Taman Makan Pahlawan.

Setelah Indonesia merdeka, gedung ini digunakan sebagai kantor Djawatan Kereta Api Repoeblik Indonesia (DKARI) yang sekarang disebut PT. Kereta Api Indonesia. Pernah dijadikan sebagai kantor Badan Prasarana Komando Daerah Militer (Kodam IV/Diponegoro) serta Kantor Wilayah (Kanwil) Kementrian Perhubungan Jawa Tengah.



Pemerintahan Kota Semarang mengeluarkan Surat Keputusan Wali Kota Nomor.650/50/1992, memasukan gedung lawang sewu sebagai salah satu bangunan kuno bersejarah dari 102 bagunan bersejarah yang ada di Kota Semarang yang wajib Untuk Dilindungi.

Rute Menuju Lawang Sewu


Lokasi wisata lawang sewu yang berada di tengah kota memudahkan anda untuk mengunjungi tempat wisata ini. Jalan menuju wisata lawang sewu Semarang, bisa menggunakan kendaraan umum ataupun kendaraan pribadi. Jika anda menggunakan kendaraan umum anda cukup membayar Rp. 4.000,- mengabil rute dari stasiun ke Tugu Muda. Jika anda menggunakan kendaraan pribadi, anda bisa langsung menuju arah simpang lima, karena tempat wisata lawang sewu ini sangat dekat dengan kawasan ini. Jangan khawatir jika anda masih kebingungan dengan rute tersebut karena anda dapat melihatnya di maps berikut :


Lokasi Dan Harga Tiket MasukWisata Lawang Sewu Semarang


Lokasi wisata Lawang Sewu terdapat di komplek Tugu Muda, Jalan Pemuda, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia. Terletak di sisi timur Tugu Muda Semarang atau sudut jalan Pandanaran dan Jalan Pemuda. Sedangkan harga tiket wisata Lawang Sewu ini bervariasi, untuk dewasa membayar seharga Rp. 10 ribu rupiah , untuk anak-anak membayar seharga Rp. 5 ribu rupiah, dan untuk pelajar juga sama dengan harga anak-anak yaitu membayar seharga Rp. 5 ribu rupiah,-. Untuk memasuki ruangan bawah tanah, anda harus membayar lagi seharga Rp. 30 ribu rupiah. Buka setiap hari, mulai dari pukul 07.00 sampai pukul 21.00.

Gambaran Tempat Wisata Lawang Sewu


Bangunan wisata Lawang Sewu mempunyai arsitektur yang sangat unik. Desain bangunan mengadopsi gaya khas belanda yang terdiri dari dua lantai dan dua syap bangunan yang membentang ke kanan dan ke kiri. Pada bangunan utama terdapat tangga besar untuk naik ke lantai dua. Diantara tangga tersebut terdapat kaca besar berukiran indah dan warna warni yang menunjukkan gambar dua orang wanita muda belanda jaman dahulu yang terbuat dari gelas.



Di dalam bagunan ini terdapat ballroom, gedung serba guna, ruang makan, dan gedung pertunjukan. Saat anda mulai memasuki gedung ini, anda akan dipertemukan dengan lorong panjang yang dipenuhi dengan pintu dan jendela kayu di kanan jalan dan di kiri jalannya.
Dibawah bangunan ini terdapat ruang bawah tanah yang pada zaman jepang dulu dijadikan penjara bawah tanah untuk tahanan belanda dan tahanan pribumi. Penjara tersebut dinakan penjara jongkok, karena penghuni penjara tinggal di sebuah bak yang berukuran 0.5 meter dan ditutupi dengan teralis besi. Fungsi dari ruang bawah tanah tersebut sebenarnya digunakan sebagai saluran air untuk menjaga kondisi ruangan yang berda di atasnya agar tidak panas, karena Kota semarang sendiri memiliki udara yang panas dan dekat dengan laut.

Baca Juga : Wisata Umbul Sidomukti di Kabupaten Semarang

Di tempat ini anda akan membaca larangan melakukan aktifitas yang berbau mistis. Untuk memasuki ruangan bawahtanah ini, anda harus menerobos genangan air yang cukup tinggi. Dan di tempat ini juga anda mulai merasakan suasana-suasana mistik bekas kekejaman zaman dahulu yang masih terasa. Ruang bawah tanah yang dingin, gelap, lembab dan dapat membuat bulu kuduk anda berdiri.
Terdapat pindu dan jendela dengan ukuran besar di setiap sisi gedung ini. Jika anda menghitung jumlanya, ada sekitar 600 buah.

Kegiatan yang Bisa Dilakukan di Lawang Sewu


Keindahan arsitektur pada gedung lawang sewu ini menjadikan bangunan terlihat lebihuni dan elegan. Menyuguhkan pemandangan yang banyak disuaki oleh berbgai kalangan terutama bagi anda yang memiliki hoby fotografer, tempat juga sangat cocok dijadikan tempat untuk pengambilan foto pre wedding bagi anda yang akan melangsungkan pernikahan.

Jika anda tidak menyukai fotografi, anda tidak usah khawatir tidak bisa menikmati keindahan gedung ini. Anda tetap bisa menikmati keindahan gedung ini meskipun hanya dengan berjalan-jalan menyusuri setiap sisi gedung hingga keruang bawah tanhnya atau hanya sekedar duduk duduk santai di tempat yang telah disediakan.



Anda akan ditemani oleh guide untuk berkeliling di gedung Wisata Lawang Sewu ini, namun anda beberapa ruangan yang dilarang untuk di datangi. Jadi disini anda disarnakan untuk menggunakan jasa guide atau jika anda berkunjung sendiri, bergabunglah dengan pengunjung yang lain agar anda tidak merasa sendiri dan tidak merasa takut.

Baca Juga : 14 Obyek Wisata Alam Mangunan Jogja Terbaru 2018

Jika anda sedang berkujung ke semarang, tidak ada salahnya untuk datang ke wisata lawang sewu ini. Keindahan gedung yang unik dengan arsitektur khas belanda cocok bagi anda yang menyukai hobi fotogrfi. Suasana mistik yang terdapat dalam gedung ini dapat menjadi pilihan andan untuk uji nyali dan menguji berjiwa petualangan anda. Semoga bermanfaat.
Sekian dan Terima kasih.

0 Response to "Info Terbaru 2018 Wisata Lawang Sewu Semarang"