Ini Alasan Kenapa Wisata Danau Beratan Bedugul Bali Sangat Terkenal

Wisata Danau Beratan Bedugul Bali menjadi destinasi terfavorit oleh kalangan wisatawan mancanegara yang selalu ingin mengunjungi pura Bali yang indah. Ada satu gambar yang hampir selalu menjadi ikon Bali, yakni sebuah pura dengan atap bertingkat di tepi danau. Pura tersebut adalah Pura Ulun Danu dan Danau yang ada di sampingnya adalah Danau Beratan. Danau ini karena letaknya di daerah Bedugul maka acapkali orang menyebutnya Danau Bedugul. Gambar tersebut sangat ikonik karena selain menampakkan panorama alam yang indah bersanding dengan kekayaan budaya Bali dengan sangat serasi.

Bagi orang Indonesia gambar ini menjadi ikonik karena pernah dipajang dalam lembar uang pecahan 50 ribu rupiah. Pura Ulun Danu tersebut konon dibangun pada abad 17. Tujuan pembangunannya, menurut kepercayaan Hindhu, adalah untuk memuji keagungan Tuhan. Pura tersebut juga acapkali digunakan untuk memohon anugerah kesuburan dan kesejahteraan oleh umat Hindhu sekitar. Dalam kepercayaan Hindhu, Pura tersebut adalah tempat pemujaan kepada Sang Hyang Dewi Danu sang pemberi kesuburan. Karena keindahan, kesakralan, dan nilai sejarah tersebut maka tak heran Pura Ulun Danu di Danau Beratan menjadi tujuan favorit wisatawan baik domestik maupun manca negara.


Panorama yang Magis dan Eksotis


Jalan menju wisata Danau Beratan Bedugul Bali bisa diakses dengan mudah menggunakan kendaraan roda empat maupun roda dua.  Bagi Kamu yang berkunjung ke Bedugul, panorama magis dan eksotik ini akan sangat terasa karena kondisi alam yang ada di sana. Dengan kabut yang senantiasa turun, udara dingin dan bentang alam pegunungan di Bedugul akan membuat betah berlama-lama di tepi Danau Beratan. Di pagi hari, Pura Ulun Danu Beratan membentangkan panorama sangat nikmat dipandang karena kabut tipis yang senantiasa menyelimuti gunung berpadu dengan pantulan bayangan di permukaan danau Beratan. Inilah panorama utama yang sangat disukai para fotografer dan wisatawan yang berkunjung di sana.

Letak Danau indah pasangan Pura Ulun Danu yang juga disebut Danu Beratan ini tepatnya berada di desa Candikuning, Baturiti, Tabanan, Bali. Jaraknya sekitar 55 kilometer jika kamu berangkat dari Denpasar. Jika ingin melihat rutenya, anda dapat membuka Maps berikut :


Danau ini berada di ketinggian ± 1240 mdpl dengan temperatur kurang lebih 24° celcius di siang hari. Dengan panoramanya yang menakjubkan tersebut, tak heran Danau Beratan tercatat sebagai salah satu danau tercantik di dunia.

Danau Beratan ini luasnya kira-kira 376 hektar. Ukuran kedalamannya sekitar 22-48 meter. Dengan debit air yang cukup tinggi, selain untuk tempat wisata Danau Beratan berfungsi sebagai sumber irigasi untuk mencukupi kebutuhan air daerah perkebunan dan pertanian yang berada di bawahnya. Jika kamu melakukan perjalanan dari Denpasar tentu kamu akan melihat hamparan lahan pertanian di tanah landau sebelum jalan mendaki yang di kiri-kanan terdapat lahan perkebunan yang subur.


Tempat Wisata yang Sejuk dan Berkabut


Di lokasi Wisata Danau Beratan Bedugul Bali anda akan merasakan perubahan suasana yang cukup drastis juga akan kamu rasakan jika berangkat mengunjungi Danau Beratan dari kota Denpasar. Pergeseran kebisingan kota dan suhu udara panas akan semakin memudar begitu kamu mendekati wilayah Bedugul. Salah satu tanda kamu mendekati wilayah Bedugul adalah susananya yang sejuk dengan turunnya kabut tipis kejauhan. Bahkan acapkali turun gerimis rintik yang menambah dingin dan sunyi di perjalanan. Karena itu alangkah baiknya jika kamu mengendarai mobil, untuk membuka jendela dan menikmati suasana yang menakjubkan tersebut.

Menikmati Danau Beratan dari Atas Air


Harga tiket wisata Danau Beratan Bedugul Bali cukup murah unutk menikmati fasilitas di tempat ini. Memang ada banyak cara menikmati suasana di Danau Beratan. Yang paling mudah tentu adalah jalan kaki santai atau duduk di tepi danau sambil menikmati pemandangan Pura Ulun Danu dan Gunung Catur (orang juga menyebutnya Pucak Mangu) yang tertutup kabut di kejauhan. Cara lainnya adalah dengan menyewa perahu yang banyak bersandar di dermaga Danau Beratan. Kapal-kapal ini ada untuk memenuhi minat wisatawan yang ingin berlayar di atas Danau Beratan.



Menikmati panorama danau Beratan dari atas air adalah pengalaman yang sangat menakjubkan. Sejuknya udara semakin terasa tatkala perahu berjalan. Selain itu pandanganmu akan semakin luas begitu perahu mulai beringsut ke tengah danau. Dengan kapasitas 4 dan 8 orang perahu-perahu ini akan semakin menambah hebat pengalamanmu di Danau Beratan.

Baca juga : Nikmati dan Rasakan Sensasi Wisata Alam Kebun Raya Bedugul Bali

Tidak perlu kawatir soal harga, karena sewa untuk kapasitas perahu 4 orang adalah 100 ribu dan untuk 8 orang 185 ribu. Cukup terjangkau bukan? Dengan ditambah ongkos masuk danau Beratan yang cuma 10 ribu, tentu pemandangan dan pengalaman yang kamu dapatkah seolah tidak setara dengan harga yang kamu bayarkan tadi.
Selain karena air danau yang jernih, menikmati pemandangan dari atas air akan memberi kamu sudut pandang lain dari yang sudah ada. Dari tengah danau ternyata pemandangan tetap menakjubkan. Inilah momen hebat yang cocok untuk kamu abadikan dalam album foto perjalananmu.

Fasilitas Penunjang Wisata yang Memadai


Kamu yang sering pergi ke tempat wisata sadar pentingnya lahan parkir kendaraan. Karena kesulitan lahan parkir seringkali adalah salah satu penyebab ketaknyamanan subuah wahana wisata. Tapi kamu tak perlu menghawatirkan hal itu jika berkunjung ke Danau Beratan. Ada cukup lahan parkir bagi kendaraanmu di sana.



Selain lahan parkir ada juga toilet yang sangat memadai. Tersedia juga tempat bermain anak-anak di sana. Rusa dan kijang juga dipelihara di taman tepi danau ini. Untuk yang ingin berbelanja oleh-oleh, di sekitar tempat wisata ini banyak sekali toko yang menajajakan aneka cinderamata yang bisa kamu koleksi atau untuk oleh-oleh saat pulang.

Untuk diketahui, tak jauh dari wahana wisata Danau Beratan ini juga terdapat wisata menarik lain yakni kebun raya Eka Karya Bedugul. Kebun Raya Eka Karya ini adalah sebuah kebun botani untuk jenis tanaman tropis. Selain untuk wisata kebun raya Eka Karya adalah tempat penelitian dan konservasi tumbuh-tumbuhan. Jika berkunjung ke sini kamu bisa menikmati keindahan dan kesegaran udara sambil belajar kegunaan tumbuh-tumbuhan yang sering kamu temui. Selain tumbuh-tumbuhan kamu akan disuguhi kicauan burung-burung yang banyak hidup di area kebun raya ini.

Untuk mencapai Danau Beratan ini sangat mudah kok. Karena ia berada di tepi jalan raya yang menghubungkan Kabupaten Tabanan dengan Buleleng. Dengan kondisi jalan yang baik, meskipun menanjak dan menurun agak curam di beberapa titik, dijamin kamu tidak akan tersesat jika berangkat sendiri. Hanya saja dengan cuaca yang cepat berubah, jika kamu memakai sepeda motor, sedialah jas hujan.



Sangat disarankan untuk berkunjung pada pagi hari di Danau Beratan. Meskipun wahana wisata ini buka dari pukul 08.00 sampai 18.00, biasanya setelah tengah hari kabut yang menghalangi pemandangan mulai tebal. Dan kecenderungan sore di Bedugul adalah turun hujan. Karena itu waktu terbaik untuk berkunjung ke wahana wisata ini adalah pagi sampai tengah hari.

Baca juga : Wisata Alam Ubud Bali Terfavorit Bagi Wisatawan

Dalam waktu pagi samapai tengah hari itu niscaya pemandangan yang kamu harapkan akan terpampang lebar di depan matamu. Hal ini sekaligus menghindari kemungkinan turun hujan yang pastinya akan mengganggu perjalanan wisatamu di Danau Beratan dan Pura Ulun Danu yang mempesona itu.

0 Response to "Ini Alasan Kenapa Wisata Danau Beratan Bedugul Bali Sangat Terkenal"