Ke Jogja Jangan Lupa Mengunjungi Wisata Taman Pelangi Jogja

Wisata Taman Pelangi Jogja sedang hits untuk dijadikan destinasi wisata masa kini, terdapat banyak aneka lampion yang sangat instagramable untuk dijadikan spot foto yang keren. Taman pelangi atau taman lampion Jogja lebih cocok untuk dikunjungi ketika malam hari. Anda senang berfoto dan bingung mencari lokasi foto yang keren? Sudah pernah mencoba berkunjung ke taman lampion Jogja? lokasinya sangat strategis dan mudah dijangkau.

Lokasi Taman Pelangi Jogja


Lumayan mudah menemukan lokasi wisata Taman Pelangi Jogja ini, taman lampion atau taman pelangi ini merupakan salah satu tempat wisata malam yang terkenal. Seperti yang kita tahu bahwa yang namanya tempat wisata memiliki tema tersendiri untuk memberikannya ciri khas. Ada yang bertema alam, ada yang bertemakan sejarah dan ada yang bertemakan kekeluargaan. Taman pelangi ini adalah salah satu yang bertemakan kekeluargaan. Keindahan gemerlap cahaya terlihat sangat mencolok di malam hari. Ada berbagai macam bentuk replika yang menarik di dalamnya.



Letak taman pelangi ini adalah satu lokasi dengan monumen kerucut monjali (monumen jogja kembali). Tak seperti kebanyakan tempat wisata lainnya, taman pelangi hanya dibuka ketika malam hari, karena pada waktu malamlah keindahan lampu-lampu lampion beraneka macam bentuk dan warna akan bercahaya. Segala macam kalangan dari berbagai usia bisa berkunjung ke tempat wisata ini. Dan untuk menuju kesana anda dapat melihatnya di maps berikut :


Makanan khas Jogja ketika berwisata


Tradisi dan budaya perlu dilestarikan agar tak punah dan tetap dikenal oleh generasi turunan Kita. Tak hanya wisata Taman Pelangi Jogja saja yang terkenal, namun gudeg adalah salah satu iconic Jogja yang sangat terkenal. Supaya tradisi dan budaya termasuk kuliner tersebut tidak diklaim oleh negara lain seperti yang sudah-sudah, akibat dari tidak dihargainya budaya tersebut di negeri sendiri. Perlu adanya untuk mengetahui sejarah makanan tersebut.

Masakan tradisioanal memiliki arah potensi yang begitu penting dan besar, adanya makanan tersebut dapat dijadikan senjata untuk membangitkan dan membangun bangsa. Baik perekonomiannya, sektor budaya maupun pariwisata. Tidak mungkin makanan tradisional atau makanan khas suatu daerah menggunakan bahan baku impor dari luar negeri, masakan tersebut sudah pasti menggunakan bahan dari daerah sendiri dengan segala kearifan lokalnya. Oleh karenanya, kuliner tradisional semacam gudeg dapat menjadi salah satu penyumbang ketahanan pangan negara. Masakan tradisional saat ini tidak bisa dianggap sebelah mata saja.



Mengenai sejarah gudeg, gudeg tak serta merta ditetapkan menajdi makanan khas kota Jogja. pada mulanya dulu ketika dibangun kerajaan mataram islam di daerah Kota gede sekitar tahun 1500 an masehi, banyak sekali ditebang pohon nangka, kelapa dan juga melinjo. Dari situ buahnya berguguran dan amat sayang bila harus dibuang. Secara tak sengaja terciptalh gudeg yang memiliki cita rasa manis dan gurih, sesuai dengan lidah orang Jogja. Gudeg Jogja adalah gudeg jenis basah yang memiliki kuah untuk dimakan.

Baca juga : Harga Tiket Masuk dan Lokasi Wisata Hutan Pinus Mangunan

Makanan khas ini terbuat dari proses pemasakan yang lama, bisa berjam-jam seperti halnya rendang masakan jhas dari pulau Sumatera. Gudeg jogja memiliki harga yang ekonomis, terdapat banyak kedai dan warung yang menjual makanan inidi Kota Jogja. Mulai dari yang terletak di pinggiran sampai pada restoran besar yang memiliki fasilita mewah. Gudeg yang awalnya dalah makanan untuk pekerja kalangan bawah, kini sudah terangkat derajatnya berkat tangan-tangan masyarakat yang mau melestarikan.

Jam buka dan harga tiket taman pelangi


Taman pelangi ini buka setiap hari dari senin sampai minggu, tentunya jam awal bukanya adalah jam 5 sore karena taman ini hanya buka di malam hari. Terdapat perbedaan jam buka dan tutup yaitu sebagai berikut:

-Senin sampai Kamis jam 17.00 – 22.00 WIB
-Jum’at sampai Minggu jam 17.00- 23.00 WIB

Khusus untuk weekend diberlakukan jam buka yang lebih panjang sebab pada hari-hari ersebut adalah hari libur, jadi pengunjung akan berlama-lama di taman pelangi tersebut. Namun ada yang khusus, untuk hari minggu serta tanggal merah lainnya, taman pelangi dibuka dari pagi. Hal tersebut untuk menampung pengunjun dari luar daerah yang berkunjung.



Harga tiket wisata Taman Pelangi Jogja ini cukup terjangkau yakni pada hari senin sampai kamis sebesar 35 ribu, untuk hari jum’at sampai minggu akan dikenakan harga yang lebih yakni 45 ribu rupiah. Cukup terjangkau kan?

Fasilitas di taman pelangi


Terdapat berbagai fasilitas di taman pelangi Jogja yang akan membuat pengunjung betah. Selain pernak-pernik lampunya yang membius mata dan membuat pengunjung betah, tentunya banyak fasilitas yang disediakan oleh pengelola untuk membuat pengunjung semakin betah dan nyaman. Terdapat bar atau deretan kedai yang dapat disinggahi pengunjung ketika merasa lapar, terdapat pula fasilitas dinner di pinggir jalan yang dapat dicoba oleh pengunjung. Tentunya sensasi yang akan didapatkan sangat berbeda ketika makan di tempat biasa.

Ada berbagai macam mainan yang dapat dicoba, seperti perahu bebek yang dapat dikayuh mengelilingi kolam dan mini car untuk mengelilingi lokasi wisata yang sangat luas. Jadi pengunjung tak perlu merasa khawatir akan kelelahan sebab berkeliling dengan jalan kaki. Selain itu, fasilitas umum pendukung lainnya seperti kamar mandi, musolla dan tempat beristirahat juga tersedia.



Jalan menuju wisata Taman Pelangi Jogja sangat mudah, tinggal ke ring road utara lalu menuju ke arah jalan magelang, lurus terus maka akan sampai. Jalan menuju kesana tidak berputar-putar dan ribet. Akan ada tulisan taman pelangi yang sangat besar bersandingan dengan tulisan monjali di pinggir jalan. Bagaimana sangat mudah kan?

Tak perlu jauh-jauh dan pusing untuk mencari spot foto yang menarik, cukup datang ke taman lampion saja dan lakukan sesi pemotretan untuk dijadikan stok upload ketika tidak punya foto. Pastinya tidak akan mengecewakan para pengunjung yang datang. Jogja memang kota yang istimewa, segalanya seolah ada di Jogja. keramahan, kedamaian serta budaya yang kental ada di dalamnya. Jogja juga mendapat julukan kota pelajar akibat banyak instansi perguruan tinggi baik negeri maupun swasta yang berjejer di dalamnya.

Baca juga : Backpacker ke Jogja: Wisata Sindu Kusuma Edupark

Bagaimana? Penasaran dengan wisata Taman Pelangi Jogja? Ayo main ke kota gudeg ini. Biasanya pada hari libur kota Jogja akan dipadati banyak wisatawan baik lokal maupun internasional. Sebaiknya menghindari pada tanggal-tanggal yang ramai sebab akan membuat liburan Anda menjadi kurang menyenangkan. Selain taman pelangi, terdapat pula banyak wisata yang akan memanjakan Anda, seperti pantai, gunung, candi serta wana wisata alam lainnya. Jogja memang sarat akan kebahagiaan, segala yang ada di Jogja juga sangat ekonomis dan tidak membuat kantong bolong, dijamin beda jauh dengan kota-kota besar lainnya. Itulah sedikit informasi mengenai taman pelangi Jogja sekaligus soal Jogja sendiri, semoga artikel ini dapat membantu menambah pengetahuan Anda. Jangan panik, mari piknik.

0 Response to "Ke Jogja Jangan Lupa Mengunjungi Wisata Taman Pelangi Jogja"