Keindahan Pesona Dari Wisata Air Terjun Kakek Bodo Pasuruan

Menikmati rimbunya pemandangan pepohoan dan sejuknya udara tentu akan menjadikan refresh pikiran dan juga suasana hati. Untuk anda yang merasa penat dengan pekerjaan yang setiap hari menumpuk atau jenuh dengan kebisingan kota dan hal lainnya. Tempat yang saat ini cocok untuk anda. Anda bisa jalan-jalan dan menikmati alam dengan bebas di wisata lereng utara gunung welirang. Di tempat ini anda akan mendapatkan air terjun yang bisa dikenal dengan air terjun kakek bodo.

Untuk lebih tepat Lokasi Wisata Air Terjun Kakek Bodo berada di Tretes, prigen, Pasuruan. Jawa timur memang terkenal dengan berbagai wisata alam yang mengasyikkan. Air terjun ini tidak hanya menjadikan indahnya pesona alam saja, tapi disediakan juga aneka arena bermain untuk anak, kolam renang dan faslitas lainnya. Untuk lebih jelasnya mengenai informasi dari Wisata Air Terjun Kakek Bodo silahkan baca paragraf selanjutnya.


Asal Usul Wisata Air Terjun Kakek Bodo


Wisata Air Terjun Kakek Bodo seperti halnya wisata lainya tentu memiliki asal usulnya. Air terjun ini memiliki kisah yan melegenda. Diceritakan pada zaman dahulu hidup seorang lelaki tua yang menhgabiskan diri untuk melayani keluarga belanda yang kaya raya. Karena suatu alasan akhirnya kakek ini pergi dan meninggalkan keluarga belanda. Kakek tersebut pergi menyepi dan bertapa di hutan belantara. Lebih tepatnya berada di sebuah air trejun. Pertapannya ini dmaksudkan untuk menghilangkan sifat duniawi.

Baca juga : Wisata Air Terjun Madakaripura, Wisata Alam Yang Menyejukkan

Keputusan kakek ini dianggap oleh orang belanda atau majikannya ini dengan sebuah keputusan yang bodoh sehingga menyebutnya sebagai “Kakek Bodoh”. Berbagai fasilitas hidup sudah tercukupi tapi justru kakek ini bertapa di hutan belantara. Alhasil setelah pertpannya kakek bodo mendapatkan kesaktian. Denagn kesaktian yang dimiliki oleh kakek ini digunakan untuk menolong banyak orang. Nah karena kakek tersebut bertapa di air terjun ini maka dinamakanlah Wisata Air Terjun Kakek Bodo.

Fasilitas Wisata Air Terjun Kakek Bodo




Kenyamaan dari pengunjung tidak hanya di dapatkan dengan keindahan Wisata Air Terjun Kakek Bodo saja. Tapi, di dukung juga dengan berbagai fasilitas yang disediakan. Nah berikut ini beberapa fasilitas yang bisa anda dapatkan.

1.Musholla


Salah satu tempat ibadah yang memang dibutuhkan dalam tempat wisata. Hal ini tentunya untuk memudahkan umat muslim yang berkunjung bisa melaksanakan kewajibanya terlebih dahulu sebelum melanjutkan aktivitas unuk menikmati Wisata Air Terjun Kakek Bodo.

2.Kolam renang


Walaupun wisata yang di kunjungi adalah air terjun tapi tersedia juga kolam renang. Untuk bisa masuk ke kolam renang anda harus membeli tiket terlebih dahulu. Harga tiketnya cukup 10 ribu saja per orang.

3.Taman bermain anak


Liburan bersama keluarga akan tetap seru dan asyik di Wisata Air Terjun Kakek Bodo. Tersedia juga arena bermain untuk anak-anak. Dengan begitu anda bisa menikmati indahnya pesona alam bersama keluarga tercinta.

4.Tolilet


Salah satu tempat harus ada dalam wisata. Apalagi anda sudah basah-basahan bemain air tentunya butuh tempat ganti.

5.Kios


Untuk anda yang tidak membawa makanan sebagai teman pelengkap untuk menikmati indahnya alam bisa membelinya di kios-kios yang sudah tersedia di sana.

Rute Menuju Wisata Air Terjun Kakek Bodo


Wisata Air Terjun Kakek Bodo ini terletak kurang lebih 60 kilometer dari kota Surabaya jika anda berangkat dari bandara Juanda membutuhkan waktu sekitar 1 jam. Namun jika anda berangkat dari Pasuraun tentu waktu yang diguanakan cukuplah singkat. Letak dari Wisata Air Terjun Kakek Bodo ada di Jln. Taman Wisata No. 541, Tretes, Prigen, Kabupaten pasuruan. Untuk lebih jelanya baca paragraf selanjutnya.



Untuk anda yang ingin menikmati Wisata Air Terjun Kakek Bodo cukup mudah. Cara Menuju Wisata Air Terjun Kakek Bodo untuk anda yang berasal dar luar kota silahkan untuk naik bis Surabaya menuju Malang. Kemudian turun di Terminal Pandaan. Setelah itu naik angkutan yang menuju ke Tretes. Kemudian anda turun di pertigaan kedung baru Teretes. Setelah itu silahkan anda menyebrang jalan untuk membeli tiket Wisata Air Terjun Kakek Bodo.

Setalah anda membeli tiket langkah selanjutnya yaitu melewati jalan setapak untuk menuju ke Wisata Air Terjun Kakek Bodo. Untuk sampai lokasi anda perlu berjalan sekitar 80 meter. Jalannya tidak lurus tapi berkelok-kelok. Selama perjalan anda akan menikmtai segaranya udara dan indahnya pemadangan. Setelah anda melewati jembatan kecil yang memiliki bebatuan jernih adan akan melihat sebuah makam. Nah makam ini adalah makam kakek Bodo. Untuk bisa masuk ke makam kakek bodo ternyata tidak sembaranag orang. Jika anda masih bingung, Anda dapat melihat rutenya di Maps berikut :


Pesona Keindahan Wisata Air Terjun Kakek Bodo


Wisata Air Terjun Kakek Bodo memiliki ketingian 850 mdp. Kawasan air terjun ini juga terdapat hutan lindung dari RPH Prigen, BKPH Lawang, dan KPH Pasuruan. Pemandangan air terjun yang menawan ini menyejukkan suasana hati dan fikiran. Air Terjun Kakek Bodo ini jatuh dari ketinggian 40 meter, memiliki air yang cukup jernih, segar dan dingin. Pesona keindahan yang didaptkan tidak hanya setelah anda mencapai lokasi.

Perjalan ke lokasi juga menyajikan keindahan yang begitu memukau. Di sebelah kanan kiri jalan setapak terdapat taman yang asri. Setelah anda berjalan sekitar 10 menit anda bisa melihat pelataran bukit kecil yang ditanamai pohon pinus dengan usia yang sudah tua. Pepohonna ini menjadikan suasana bukit menjadi sejuk dan teduh. Jika anda ingin menikmatinya bisa istirahat sejanak di pelataran bukit. Selama perjalanan hanya pemandangan hijau yang terlihat. Ternyata Wisata Air Terjun Kakek Bodo ini sudah dikenal oleh orang Eropa sebelum kemerdeakaan.



Pemandangan Wisata Air Terjun Kakek Bodo tidak hanya sebatas itu saja, jika anda melanjutkan sampai ke kanan jalan anda akan menemui bukit. Pohon Merkusii tumbuh di bukit tersebut. Sekarang lebih dikenal dengan bumi perkemahan kakek bodo. Jika anda berlanjut untuk menyusuri hutan anda akan menemukan curahan air di tebing-tebing. Nah inilah yang dinamakna air terjun Alap-Alap.

Sebelum anda masuk ke Wisata Air Terjun Kakek Bodo anda harus membeli tiket terlebih dahulu. Harga Tiket Wisata Air Terjun Kakek Bodo sangat terjangkau. Tiket masuk untuk orang dewasa cukup 10 ribu saja, sedangkan untuk anak dibawah 10 tahun gratis, untuk biaya parkir cukup 5 ribu saja. Karena tergolong murah anda bosa berkunjung ke Wisata Air Terjun Kakek Bodo ini bersam-sama teman, keluarga dan juga rombongan lainnya.

Baca juga : Pesona Wisata Air Terjun Tumpak Sewu

Demikian tadi informasi mengenai Wisata Air Terjun Kakek Bodo yang bisa menjadi referensi untuk anda. Berwisata akan lebih menyengkan jika anda mengetahui terlebih dahulu wisata yang akan dikunjungi. Dengan begitu anda lebih faham lokasi yang akan di tuju. Jangan lupa untuk menjadi wisatawan yang cinta lingkungan, jangan sampai anda meninggalkan sampah sembarangan. Buanglah sampah pada tempatnya. Keindahan dan kesejukan alam yang terjaga akan lebih indah dari pada yang tidak terjaga.

0 Response to "Keindahan Pesona Dari Wisata Air Terjun Kakek Bodo Pasuruan"