Keindahan Wisata Alam Danau Singkarak Sumatera Barat

Wisata alam danau singkarak merupakan destinasi yang sangat menyenangkan di pulau Sumatra Indonesia. Danau ini merupakan danau yang membentang disepanjang dua kabupaten di Sumatra Barat yaitu kabupaten Tanah datar dan Solok. Danau Singkarak ini sangat bermanfaat sekali bagi kehidupan warga yang berada di dekat danau itu. Antara lain sebagai pengairan untuk mengairi kebun dan lading para petani sayuran dan buah-buahan.

Selain mengairi perkebunan yang dimiliki warga di dekat sekitar danau Singkarak, danau itu juga terdapat terowongan. Terowongan tersebut adalah terowongan yang yang berfungsi untuk mengalirkan air menuju ke bukit barisan yang berfungsi sebagai PLTA atau Pembangkit Listrik Tenaga Air. Masyarakat di sekitar danau tersebut memanfaatkan aliran danau tersebut juga untuk kebutuhan listrik dan penerangan sehari-hari.Danau ini merupakan danau yang terluas kedua di pulau Sumatra setelah danau Toba.



Terbentuk cekungan tersebut karena terjadinya proses tektonik yang merupakan bagian dari cekungan atara Singkarak-Solok. Menurut para ahli geologi cekungan ini terbentu karena dahulu kala tanah danau tersebut ambles ke bawah. Penyebab dari ambles kebawah tersebut adalah karena aktivitas pergeseran tanah sesar di Sumatra. Kemudian adanya cekungan ini karena terbentuknya cekungan besar yang membendung material vulkanik. Dari manakah material vulkanik tersebut? Tentunya material vulkanik tersebut dari letusan gunung di daerah dekat danau tersebut.

Bagi kamu yang ingin mengunjungi dan ingin berwisata di danau Singkarak ini pastinya akan terpesona dengan keindahan alamnya. Perlu kamu ketahui bahwa danau ini masih sangatlah asri dan airnyapun juga jernih karena tidak terkontaminasi oleh sampah ataupun limbah lainnya. Disana udaranya sanagtlah sejuk karena danau terletak pada ketinggian sekitar 300 meter dari permukaan laut. Karena tempatnya berada diketinggian maka dari itulah daerah disekitar danau anginya yang berhembus terasa sangat sejuk dan sangat teduh.

Di permukaan danau tersebut terdapat bertebaran banyak sampan yang digunakan untuk para nelayan danau mencari ikan. Danau tersebut memiliki banyak ikan yang memang untuk budi daya ikan air tawar sebagai sumber makanan warga masyarakat disekitar danau Singkarak. Tidak banyak ikan yang hidup dan dibudidayakan nelayan disana, mungkin sekitar 19 jenis ikan yang bisa hidup di danau Singkarak. Jenis ikan tersebut hanyalah jenis ikan yang dapat hidup di danau tersebut.



Kenapa yang hidup hanyalah ikan tertentu? Karena factor ketersediaan makanan untuk ikan dan kondisi air yang ada didalamnya. Pengunjung wisata alam danau Singkarak dalam beberapa tahun ini sangat banyak, disana banyak orang yang menikmati pemandangan hijau disana. Para wisatawan akan melihat banyak pepohonan hijau yang berjajar rapi di pinggiran danau tersebut.

Keunikan yang dimiliki danau Singkarak


Danau Singkarak tidak hanya terkenal dengan wisata pemandangan alamnya saja, namun juga terkenal dengan keunikannya. Keunikan wisata alam danau Singkarak ini merupakan ciri khas tersendiri yang dimiliki oleh danau tersebut. Siapa sangka kereta api ada di sana, kamu pasti heran bukan? Ternyata kereta api tidak hanya ada di pulau jawa saja. Ternyata kereta api ada di sekitar danau Singkarak, kamu pasti bertanya-tanya darimana kereta api itu berasal? Kereta api ini merupakan kereta api wisata di danau Singkarak milik PT Kereta Api Indonesia.

Kereta api ini hanya khusus menghubungkan rute dari Solok menuju ke Sawahlunto dan ke Batutabal. Dalam perjalanan pulang pergi ini kereta api menhubungkan tiga tempat tersebut dalam satu perjalanan. Kereta api ini bisa disewa ataupun bisa dengan mengikuti jadwal perjalanan yang sudah ditetapkan. Biayanya pun juga reralif sangat murah hanya mulai dari harga 20 ribu rupiah saja. dengan adanya kereta api tersebut sangat bermanfaat sebagai transportasi yang cukup efisien untuk para wisatawan.



Selain itu juga terdapat ikan yang unik yaitu namanya ikan bilih, dari 19 jenis ikan yang hidup di danau Singkarak. Ikan bilih ini menjadi sangat unik dan sangat istimewa sekali karena jenis ikan tersebut hanya hidup di danau ini. Ikan ini sangat langka dan hanya hidup dan berkembangbiak di danau Singkarak. Banyak orang dan para nelayan yang ingin mengembangbiakan ikan ini, namun akhirnya selalu gagal dalam membudidayakannya. Banyak yang mati karena ikan bilih ini tidak tahan dipelihara dan akhirnya banyak yang mati.

Salain itu ada keunikan lainnya di danau Singkarak yaitu Tour de Singkarak. Ini adalah sebuah event balap sepeda di tingkat nasional yang diadakan setiap tahun selama satu minggu. Namun juga bukan sekedar ajang perlombaan saja, Tour de Singkarak juga terdapat ajang pengenalan berbagai kebudayaan. Yang lebih menyenangkan lagi di sepanjang rute perlomabaan akan disuguhkan pesona alam danau Singkarak dan berbagai budaya di Sumatra Barat atau Minang.

Baca juga : Wisata Air Terjun Kandung Patut Anda Kunjungi

Selain itu juga ada keunikan yang lain yang lebih mengherankan yaitu setiap waktu panjang danau bertambah. Hal ini dikarenakan karena danau tersebut merupakan danau tektonik dan ukuran danau tersebut juga akan berubah-ubah setiap waktu. Awalnya panjang danau hanya 3 kilometer namun sekarang memanjang menjadi 23 kilometer. Panajang danau Singkarak ini diperkiraakan masih akan bertambah panjang lagi, hal ini karena faktor pergeseran lempeng bumi.

Beberapa spot pemandangan yang dimiliki danau Singkarak


Memang jalan menuju wisata Danau Singkarak sangat mudah menggunakan kendaraan roda dua ataupun mobil. Selama perjalanan anda dapat menikmati pemandangan yang ada di danau singkarak merupakan sensasi yang sangat menawan dan indah oleh para wisatawan. Spot pemandangan danau tersebut dapat dinikmati dari ketinggian atau dari piuncak bukit didekat danau tersebut. Kamu dapat melihat pemandangan danau Singkarak diatas rumah pohon yang terdapat di kabupaten Solok. Destinasi wisata ini masih baru , namun banyak yang ingin menikmati pemandangan danau Singkarak dengan naik ke rumah pohon tersebut. Sangat menyenangkan rasanya apabila telah sampai disana karena disana bisa berfoto sepuasnya.


Keindahan bukit Cinangkiak yang berada di pinggir danau Toba


Bukit Cinangkiak merupakan bukit yang berada disekitar danau Singkarak yaitu obyek wisata ini merupakan masih baru. Lokasi bukit ini terletak di kawasan Jorong Tampunik yang terkenal masih asri dan tidak pernah terjamah oleh tangan-tangan jahil. Walaupun banyak bukit yang berada di sekitar danau Singkarak, namun bukit ini merupakan destinasi yang sangat alami dan menyenangkan. apabila kamu mengunjungi danau Singkarak jangan langsung pulang dahulu, tapi haruslah mampir di bukit Cinangkiak.

Lokasi danau Singkarak


Lokasi wisata alam danau Singkarak ini terletak di kabupaten Solok dan kabupaten tanah datar di provinsi Sumatra Barat, negara Indonesia. Kemudian danau ini berjarak sekitar 70 kilometer dari padang ibu kota Sumatra Barat. Untuk lebih tepatnya anda dapat melihatnya di Maps berikut :


Apabila kamu ingin menempuhnya bisa menggunakan travel yang lebih cepat dan efisien.selain itu anda juga harus membayar harga tiket wisata Danau Singkarak yang sangat murah untuk bertamsya bersama keluarga.

Baca juga : Keindahan Wisata Alam Danau Toba Sumatra Utara

Itulah danau Singkarak yang banyak menyimpan sejuta keindahan yang sangat unik dan mengagumkan. Semoga tulisan saya bermanfaat bagi kamu para wisatawan yang ingin menkmati indahnya danau Singkarak di Sumatra Barat.

0 Response to "Keindahan Wisata Alam Danau Singkarak Sumatera Barat"