Keindahan Wisata Alam Danau Toba Sumatera Utara

Siapa yang tidak kenal dengan tempat wisata alam danau Toba? Keindahan yang tampak di danau Toba merupakan kekayaan alam di Indonesia. Danau Toba merupakan danau yang terbesar dan terluas ukurannya di Indonesia. Apabila kita melihat peta pulau Sumatra terutama di Sumatra utara akan tampak danau yang melingkar. Kenapa disebut melingkar? Karena danau tersebut di tengah-tengahnya terdapat pulau Samosir. Danau Toba ini letaknya di provinsi Sumatra Utara dan merupakan danau terbesar di Asia Tenggara.

Pada tengah-tengah danau yaitu pulau Samosir tersebut merupakan pulau volcano. Diperkirakan pada zaman dahulu danau Toba tersebut terbentuk karena adanya latusan gunung berapi yang super besar. Letusan tersebut menghancurkan wilayah disekitarnya dan menjadikan kaldera yang terisikan oleh air dan terkumpul menjadi danau. Kemudian adanya pulau Samosir tersebut karena adanya tekanan magma yang terdorong keatas namun belum meletus atau keluar.



Memang sangat berbeda sekali dengan danau yang lainnya yang pernah ada di Indonesia. Danau ini sangat banyak memiliki pemandangan alam yang menakjubkan. Namun, cukup sulit sekali untuk menemukan tempat yang satu ini di Indonesia. Dengan pemandangan yang alami yang terhampar luas dan suasananya yang sejuk dan menyenangkan. apabila terlihat di suatu tempat yang agak jauh dan dari ketinggian maka akan tampak hamparan air danau yang luas dan melingkar yang bewarna biru.

Sungguh indah dan menawan pemandangan yang mempesona dengan beberapa tumbuhan yang menghijau di perbukitan di sekitar danau Toba. dengan terlihat ditengahnya pulau Samosir yang luasnya sebanding dengan luas Negara Singapura. Pulau tersebut mempunyai daya tarik terseendiri bagi para wisatawan yang berkunjung disana. Pulau Samosir ini pun juga terkenal sebagai ciri khas danau Toba yang terbesar ini. Selain itu, juga banyak cerita rakyat atau legenda yang sangat terkenal dengan asal usulnya terjadi danau tersebut.

Banyak wisatawan dalam negeri maupun luar negeri yang berkunjung ke danau Toba tersebut. Mulai dari pelancong atau turis yang ingin berlibur ke Indonesia dampai dengan wisatawan local yang berbeda pulau. Banyak sekali dari mereka yang penasaran melihat indahnya danau terluas di dunia urutan ke dua tersebut sesudah danau Victory yang berada di Afrika. Bagi kamu pecinta alam inginkah kamu mengunjungi danau Toba?


Kondisi alam dan lingkungan di kawasan wisata danau Toba


Pasti kamu sangat menginginkan berwisata alam ke Sumatra Utara tersebut setelah mendengar keadaan alam yang sangat menyenangkan itu. Kawasan wisata alam Danau Toba ini merupkan kawasan wisata yang tempatnya sanagt terjaga dan dilestarikan oleh pemerintah Indonesia. Tempat wisata ini banyak menyajikan pemandangan dan panorama alam yang sangat indah. Terutama dengan menyajikan pemandangan alam luas yang apabila kamu melihat pemandangannya tidak akan membosankan.

Pesona kecantikan alam di danau Toba tersebut dapat kamu nikmati di tengah-tengah yaitu di sepanjang pulau Samosir. Diasana sudah disediakan tempat untuk menikmati dan memandangi keindahan danau dari atas pulau Samosir. Meski sudah dikenal pulau Samosir merupakan pulau yang dimiliki oleh danau Toba yang masih asri. Pulau ini masih terjaga keindahannya dan dijaga keasriannya supaya terhindar dari tangan-tangan jahil orang iseng yang ingin merusaknya. Kondisi wisata alam danau Toba sangatlah terjaga keasriannya, di daerah sekitar danau Toba memiliki hutan pinus yang sangat rapi tumbuh di pingir pulau.

Tempat-tempat wisata yang ada di sekitar danau Toba


Apa saja tempat yang menarik untuk para wisatawan di sekitar danau Toba? Apabila kamu kesana maka akan dimanjakan dengan adanya air terjun yang sangat indah. Air terjun di sekitar tebing pinggiran danau Toba sangatlah banyak, karena daerah danau Toba merupakan pegunungan yang lumayan tinggi. Jadi tidak heran apabila kamu kesana akan melihat banyak air terjun yang airnya mengalir ke daerah danau Toba. Air terjun yang mengalir juga sanagt jernih karena dari mata air pegunungan, apalagi pada waktu musim hujan pasti volume air tenjun juga akan bertambah.



Tidak hanya pemandangan saja, namun di pinggir danau juga terdapat pemandian air belerang. Jadi wisatawan yang ingin berwisata disana juga bisa sekaligus bisa melakukan refleksi di pemandian air belerang tersebut. Pemandian air belerang tersebut bisa bermanfaat bagi kesehatan tubuh setelah beraktifitas padat dengan pekerjaan. Dengan bersantai di pemandian air belerang maka tubuh dan pikiran akan merasa rilex apalagi didukung dengan suasana alam di pemandian belerang tersebut.

Baca juga : Keunikan Destinasi Wisata Air Terjun Pengantin Ngawi

Lokasi wisata alam danau Toba tersebut juga dijadikan pilihan yang sangat tepat untuk para wisatawan yang ingin melakukan pendakian gunung. Disekitar wisata alam danau Toba ada berbagai banyak pegunungan di pinggirnya yang menunjang para wisatawan untuk malakukan pendakian. Selain itu para pengunjung juga bisa berlayar menggunakan perahu apabila ingin menikmati air danau Toba secara dekat. Nah ada harga tiket wisata Danau Toba yang harus anda bayar. Setelah masuk anda akan menikamti keindahan alam di sekitar danau ini.

Bagaimana kita bisa menuju ke danau Toba?


Jalan menuju wisata Danau Toba membuat anda akan susah tidur dikarenakan pemenadangan menuju kesana sangat menakjubkan. Berwisata alam sangatlah menyenangkan, tempat wisata yang sangat menarik adalah berwisata ke tempat yang sangat jauh. Seperti tempat wisata danau Toba, apabila wisatawan dari kota medan menuju danau Toba mungkin kira-kira jaraknya sekitar 177 KM. Dengan menempuh jaraknya sekitar 5 sampai 7 jam akan sampai ke Toba. kamu bisa naik dengan menggunakan travel atau menggunakan rental mobil. Dengan menggunakan travel disini akan lebih mudah untuk segala akses kemanapun wisatawan inginkan. Selain itu dengan menggunakan travel wisatawan juga bisa lebih leluasa kemanapun yang diinginkan. Jika anda masih bingung, anda dapat melihatnya di Maps berikut :


Desa Tongging dan lembah Bakara merupakan tempat wisata menarik di wilayah danau Toba


Selain tempat wisata yang memiliki pemandangan luas dan menawan,ada juga desa yang berada di tepi danau Toba. Desa Tongging merupakan desa wisata alam danau Toba yang terletak dikecamatan Merek, berkabupaten di Karo provinsi Sumatra Utara. Desa ini merupakan salah satu desa wisata yang menawarkan pemandangan alamdi sekitar danau Toba yang sangat eksotis. Kebanyakan para traveler luar negeri dan dalam negeri berkunjung ke desa Tongging untuk menginap beberapa hari dan mengabadikan momen yang sangat berharga disana.



Lembah Bakara merupakan wilayah yang berupa lembah dan terletakdi pinggiran danau Toba yang sangat terkenal dengan keindahan alamnya. Lembah ini terletak di kecamatan Baktiraja, Humbang Hasundutan, provunsi Sumatra Utara. Dari lembah ini bisa terlihat pemandangan danau Toba dari sudut pandang yang berbeda. Bisa terlihat kanan kiri ada tebing yang menjulang tinggi dan air danau Toba yang sanagt luas seakan seperti lautan. Pemandangan ini sangat menakjubkan dan membuat kagum oara wisatawan yang berkunjung di lembah Bakara.

Baca juga : Wisata Air Terjun Kandung Patut Anda Kunjungi

Nah itu tadi beberapa kondisi dan keasrian wilayah danau Toba yang sangat menakjubkan. Keindahan alam di sekitar Danau Toba perlu kita jaga karena merupakan kekayaan Negara Indonesia yang sangat berharga.

0 Response to "Keindahan Wisata Alam Danau Toba Sumatera Utara"