Keunikan Destinasi Wisata Air Terjun Pengantin Ngawi

Kabupaten Ngawi menjadi salah satu daerah yang wajib Anda kunjungi saat liburan. Masukkan Ngawi di daftar tujuan wisata Anda. Sudah dipastikan Anda tak akan kecewa dengan berlibur disini. Bagaimana tidak? Kini wisata Ngawi telah bertambah satu lagi objek wisata air baru. Wisata air terjun ini belum banyak diketahui oleh masyarakat luas. Wisata air ini dikenal dengan nama wisata air terjun pengantin.

Oleh warga sekitar, objek wisata ini sering disingkat menjadi ATP (Air Terjun Pengantin). Saat ini ATP tengah popular dan hits di kalangan para traveler. Maka dari itu semakin banyak yang mengekspos, semakin banyak pula wisatawan yang akan berkunjung baik wisatawan local maupun dari luar daerah. Bagi Anda yang gemar jalan-jalan dan berjiwa petualang, berlibur ke ATP sangatlah direkomendasikan. Selain menyajikan udara sejuk dengan panorama alam yang menawan, nyatanya ATP memiliki keunikan tersendiri.


Apa sajakah keunikan wisata air terjun pengantin di Ngawi?


Keunikan destinasi wisata ATP terletak pada letaknya yang berada tersembunyi di balik hamparan kebun teh Jamus. Perkebunan teh yang merupakan salah satu tempat yang termasuk dalam daftar pencarian utama wisata di Kabupaten Ngawi.

Menurut legenda yang tersebar disebut air terjun pengantin karena memiliki dua aliran air terjun yang berasal dari tempat berbeda. Terlebih lagi didukung dengan letaknya yang berdampingan. Sama halnya dengan seorang laki-laki dan perempuan yang sedang bersanding. Maka tidak mengherankan jika masyarakat setempat kemudian menyebutnya sebagai air terjun pengantin atau kembar. Selanjutnya juga dinamakan air terjun Hargomulyo karena berada di desa Hargomulyo.



Keunikan kedua ada pada asal muasal terbentuknya aliran air terjun. Aliran pertama berasal dari sumber mata air desa setempat. Aliran lainnya bersumber dari aliran sungai yang terbentuk karena adanya lahar Gunung Lawu. Kedua aliran mempunyai tinggi kurang lebih 12 meter.

Mitos dan kepercayaan selalu melekat dalam kehidupan masyarakat. Seperti halnya dengan objek wisata lain, wisata air terjun pengantin juga tidak lepas dari mitos yang tersebar dalam masyarakat. Konon katanya jika berkunjung ke tempat ini hubungan asmara seseorang akan semakin langgeng. Masyarakat setempat menyebutkan jika dulu ada sepasang kekasih yang hanya datang berdua dan hubungan mereka dapat langgeng hingga menikah. Mitos kedua jika ada sepasang suami istri main ke air terjun hubungan mereka akan awet hingga maut memisahkan.

Baca juga : Indahnya Wisata Air Terjun Putuk Truno

Nah, semua itu hanya mitos belaka bisa benar dan juga dapat salah. Perlu Anda ingat bahwa jodoh dan mati itu sudah diatur dan hanya Tuhanlah yang menentukan segalanya. Manusia hanya bisa berusaha dengan sungguh-sungguh dan beriktiar.

Dimana letak wisata air terjun Pengantin Ngawi?


Sebelum menjelajah kabupaten Ngawi, Anda perlu memyiapkan segala persiapan traveling secara matang. Salah satunya adalah mengerti letak dan rute terdekat yang sapat ditempuh. Hal itu akan sangat penting bagi perjalanan wisata Anda. Menghemat waktu serta menghindari diri agar tidak tersesat. Yuk simak info lengkapnya berikut ini.
Wisata air terjun pengantin berada di dusun Besek, desa Hargomulyo, Kecamatan Ngrambe, Kabupaten Ngawi, Provinsi Jawa Timur. Dari pusat Kabupaten Ngawi, Anda setidaknya memerlukan waktu sekitar 3 jam perjalanan untuk sampai di lokasi. Pemandangan alami disertai hawa sejuk akan terasa selama perjalanan. gemericik air yang lembut seakan-akan mengajak Anda untuk bersenandung.

Rute Perjalanan Menuju Wisata Air Terjun Pengantin


Ingin merasakan kesegaran air terjun Pengantin di Ngawi? Tak perlu khawatir ada banyak cara yang bisa digunakan. Lokasi wisata air terjun pengantin mudah untuk dijangkau wisatawan. Perjalanan dapat ditempuh dengan motor, mobil, maupun angkutan umum. Mengingat akses jalan sudah bagus dan beraspal. Apalagi jika bersama keluarga ataupun sahabat pasti sangatlah mengasyikkan.



Ada beberapa rute jalan menuju wisata air terjun pengantin. Perhatikan rute jalan berikut ini:

1.Jika bertolak dari Magetan, Ngawi, dan Madiun


Pertama apabila menggunakan kendaraan pribadi. Anda dapat melewati rute yang sama. Dari ketiga tempat tersebut, Anda harus mengambil rute Ngawi, kemudian ambil arah ke Paron. Setelah itu ambil arah Jogorogo kemudian sampailah di Pasar Ngrambe. Terakhir menuju Desa Hargomulyo. Dari situ Anda akan melihat papan arah yang akan mengantarkan perjalanan Anda menuju loket wisata ATP.

Cara kedua ialah dengan menggunakan kendaraan umum. Anda dapat memulainya dari Terminal Kertonegoro, lalu naiklah bus jurusan Ngawi- Ngrambe. Atau bisa juga dengan naik engkel (bus kecil) sampai Pasar Ngrambe. Dari situ naiklah ojek menuju ke lokasi.

2.Jika bertolak dari Sragen


Dari sragen ambillah rute melewati SPBU Tunjungan untuk menuju ke Winong. Setelah itu sampailah di Sine pergilah ke arah Pasar Ngrambe. Dari situ ambil jalan menuju desa Hargomulyo, kemudian ikuti petunjuk arah yang ada hingga menemukan loket masuk wisata.

Jika anda Masih bingung dengan kedua rute tersebut, anda dapat melihatnya lebih jelas di Maps berikut :


Spot Foto di Objek Wisata Air Terjun Pengantin


Sejak tahun 2017 Pengelola ATP semakin menggalakkan pembangunan dan senantiasa berbenah. Terbukti dengan adanya fasilitas baru yang ada. Dibangunnya dua jembatan baru, yakni Jembatan Cinta dan Jembatan Kapal. Kedua jembatan tersebut sering dijadikan spot area foto unik. Anda dapat berselfie ria di atas jembatan ini yang membentang tepat di hadapan air terjun.

Background foto yang berlatar belakang air terjun akan membuat hasil foto semakin menawan dan memuaskan. Jika Anda sudah lelah berjalan-jalan mengitari air terjun, Anda dapat beristirahat di gazebo-gazebo yang tersedia. Menikmati suasana alam disini begitu mengasyikkan. Anda akan disuguhkan dengan hamparan pemandangan hijau pepohonan yang mengitari air terjun.

Harga Tiket Wisata Air Terjun Pengantin


Siapa bilang wisata alam itu harus mahal? Anggapan tersebut tak selamanya benar. Harga tiket wisata Air Terjun Pengantin cukup murah. Buktinya Anda bisa menikmati bermain dan berenang di bawah air terjun hanya dengan biaya sebesar Rp 6.000,- saja. Itupun sudah termasuk biaya parkir. Fasilitas tempat wisata bisa dibilang sudah sangat memadai. Mulai dari tersedianya toilet, tempat beribadah (musholla), serta tempat parkir.



Terlebih Anda tidak perlu melewati jalanan terjal yang berliku karena telah disediakan anak tangga untuk menuju air terjun. Warung makan dan toko souvenir khas Ngawi juga ikut andil dalam melayani pengunjung.

Guna menunjang akomodasi objek wisata, penduduk sekitar menyediakan penginapan untuk bermalam. Anda cukup mengeluarkan kocek sebanyak 30 ribu rupiah permalam untuk satu kamar. Jika bersama keluarga lebih murah untuk mengambil paket keluarga. Anda cukup membayar 200 ribu rupiah untuk satu malam. Biaya itu sudah termasuk makan 3 kali.

Baca juga : Sensasi Wisata Air Terjun Ngadiloyo, Surga Berundak Di Magetan

Demikianlah informasi seputar wisata air terjun pengantin. Wisata alam Ngawi yang sangat recommended untuk mengisi weekend dan liburan Anda. Setelah puas bermain air di air terjun, Anda dapat melanjutkan perjalananan ke Perkebunan Teh Jamus dan Gua Jepang. Banyak pilihan bukan? Tunggu apa lagi? Datang dan rasakan keindahannya secepat mungkin!