Liburan Bersama Keluarga ke Wisata Ranca Upas Ciwidey

Bandung merupakan salah satu kota yang dijadikan destinasi wisata oleh beberapa orang. Banyak sekali wisata alam yang dikunjungi oleh wisatawan. Selain daerah Lembang, bandung juga memiliki kawasan wisata terkenal lainnya yaitu wisata ranca upas ciwidey. Lokasi wisata ranca upas ciwidey berada di Bandung Selatan. Kawasan wisata Ranca Upas lebih dikenal sebagai kawasan bumi perkemahan. Untuk wilayah Bandung, Ranca Upas merupakan wilayah bumi perkemahan yang sangat populer untuk berwisata bersama keluarga. Sebenarnya, Ranca Upas merupakan kawasan konservasi hutan lindung. Wajar jika didaerah tersebut, terdapat banyak tumbuhan ataupun hewan yang dilindungi. Kawasan hutan lindung tersebut memiliki luas 215 hektare dan berada pada ketinggian 1700 meter diatas permukaan laut.


Fasilitas wisata Ranca Upas


Terdapat banyak fasilitas yang dapat dinikmati oleh wisatawan di lokasi wisata Ranca Upas, antara lain

1.Area perkemahan Ranca Upas


Ranca upas merupakan kawasan yang terkenal dengan kawasan bumi perkemahan. Memiliki bumi perkemahan seluas 78 hektare merupakan kelebihan yang dimilik oleh wisata ranca upas. Dengan luas demikian, ranca upas mampu menampung hingga 10.000 orang. Walau sudah mampu menampung banyak wisatawan, sebenarnya area perkemahan belum dimaksimalkan sepenuhnya. Potensi bumi perkemahan ranca upas sangat terbuka lebar. Bagi anda yang ingin berkemah disana, anda bisa menyiapkan segala sesuatunya dari rumah.

Baca juga : Pesona Wisata Pantai Amanda Ratu Sukabumi Harus Anda Nikmati

Namun tak perlu khawatir jika anda tidak sempat menyiapkan peralatan untuk berkemah. Pihak pengelola wisata ranca upas juga telah menyiapkan peralatan berkemah. Anda cukup menyewa peralatan tersebut kepada pengelola dengan harga yang terjangkau. Peralatan yang telah disiapkan oleh pengelola bisa dibilang sangat lengkap. Mulai dari tenda kecil hingga tenda yang mampu menampung 8 orang, sampai sleeping bag semuanya telah disiapkan oleh pihak pengelola. Harga yang ditawarkan juga bervariasi untuk jenis tenda kecil dan tenda besar. Selain itu, anda bisa memilih paket yang telah disediakan oleh pengelola untuk berkemah di ranca upas.


2.Penangkaran rusa


Selain area perkemahan, wisata yang bisa dinikmati di ranca upas adalah penangkaran rusa. Disana terdapat penangkaran rusa yang cukup luas. Bagi wisatawan yang berkunjung bersama keluarga, anak-anak pasti sangat tertarik dengan fasilitas yang satu ini. Anak-anak bisa memberikan makan kepada rusa. Hal tersebut merupakan pengalaman menarik bagi si kecil di liburannya kali ini.

3.Kolam pemandian air panas


Cuaca di ranca upas memang dingin, hal tersebut terlihat dari lokasi ranca upas yang berada pada ketinggian 1700 meter diatas permukaan laut. Fasilitas yang satu ini bisa anda jadikan alternatif lain untuk menikmati wisata di ranca upas. Pihak pengelola menyediakan kolam pemandian air panas bagi wisatawan yang ingin berendam di air panas sambil menikmati udara sejuk ranca upas.

4.Area tracking


Memiliki area yang luas, ranca upas mendukung wisatawan untuk melakukan tracking. Orang-orang bisa berjalan mengelilingi kawasan wisata ranca upas. Hamparan hutan lindung di kawasan ranca upas sangat menarik untuk dijelajahi. Anda bisa menikmati dengan berjalan atau bersepeda. Untuk bersepeda, anda bisa menyewa sepeda yang telah disediakan oleh pengelola. Biaya yang harus dikeluarkan oleh wisatawan untuk menyewa sepeda selama 1 jam adalah Rp 10.000 per jam. Harga yang sangat terjangkau untuk sebuah fasilitas wisata.

5.Area outbond


Area ini merupakan tempat yang bisa kalian gunakan untuk melakukan outbond. Banyak wahana yang disiapkan oleh pengelola untuk memfasilitasi wisatawan yang ingin menikmati outbond. Untuk menikmati fasilitas ini, wisatawan harus merogoh kocek lagi karena fasilitas ini tidak termasuk tiket yang telah dibayarkan wisatawan. Namun tidak perlu khawatir, biaya yang dibayarkan untuk fasilitas ini masih terjangkau. Ada wahana flying fox, elvis bridge, burma v, jembatan goyang, dan buggle trampolin. Tiket setiap wahana tersebut sangat terjangkau yaitu hanya Rp 15.000 untuk setiap wahana outbond.


6.Area games untuk dewasa


Untuk orang dewasa, ranca upas juga menyediakan wahan untuk bermain games perang. Wahana tersebut lebih terkenal dengan istilah war games paint ball. Games ini dilaksanakan secara beregu. Namun biaya yang harus di bayarkan adalah per orangan. Tiket wahana paint ball adalah sebesar Rp 90.000 per orang.

7.Kolam renang waterboom


Tak hanya kolam pemandian air panas, kawasan wisata ranca upas juga memiliki kolam renang waterboom yang bisa dinikmati oleh wisatawan. Kolam renang waterboom memiliki fasilitas seluncuran yang menjadi ciri khas kolam renang waterboom. Fasilitas ini bisa menjadi opsi bagi anak-anak yang ingin menikmati wisata air di alam terbuka dengan udara sejuk.

Jalan menuju wisata ranca upas


Jalan menuju wisata ranca upas ciwidey sangatlah mudah. Lokasi wisata yang berada di Jalan raya Ciwidey-Patenggang Km 11 Rancabali Ciwidey Bandung ini, berjarak sekitar 50 Km dari pusat kota. Waktu tempuh yang dibutuhkan bagi wisatawan untuk menuju lokasi tersebut dari pusat kota berkisar 1,5 jam melalui jalur utama dengan asumsi kepadatan jalanan lancar. Tidak perlu khawatir, akses jalan menuju lokasi wisata sudah sangat diperhatikan oleh pengelola. Akses jalan sudah mendukung untuk transportasi roda empat bahkan bus pariwisata. Jalur yang bisa dipilih oleh wisatawan untuk menuju wisata ranca upas adalah jalur lintas selatan bandung yang menuju ibukota Kabupaten Bandung yaitu Soreang. Dari Soreang, wisatawan bisa melanjutkan perjananan menuju Ciwidey.


Dengan akses yang memadai, wisata ranca upas juga mendukung wisatawan yang tidak memiliki kendaraan pribadi. Anda yang tidak memiliki kendaraan pribadi namun ingin berlibur ke ranca upas tak perlu khawatir. Akses kendaraan umum menuju desa wisata ranca upas sangat mudah untuk ditemui. Hal yang perlu dilakukan adalah menuju terminal leuwipanjang. Bagi wisatawan yang ingin menuju ranca upas, harus melanjutkan perjalanan menggunakan bus terlebih dahulu menuju Ciwidey. Dari Ciwidey, anda bisa menggunakan transportasi angkutan umum yang beroperasi di jalur ranca upas. Akses yang mudah bagi wisatawan yang ingin berlibur di ranca upas.


Harga tiket masuk


Harga tiket wisata ranca upas ciwidey sangat terjangkau, namun tiket tersebut belum termasuk beberapa fasilitas yang bisa wisatawan nikmati di ranca upas.
Perorang Rp 10.000
Motor Rp 2.000
Mobil Rp 5.000
Bus Rp 20.000


Tips berlibur di ranca upas


Untuk berlibur dengan asyik, ada beberapa tips yang harus diperhatikan apabila anda ingin berlibur di ranca upas.

1.Persiapkan kondisi fisik, karena ranca upas memiliki suhu yang dingin ada baiknya persiapan fisik bagi wisatawan. Apabila ada yang tidak kuat dengan udara dingin, ada baiknya mempersiapkan pakaian hangat dan tebal guna berjaga-jaga pada suhu dingin yang ada disana. Jika anda lupa, segera hubungi pihak pengelola karena mereka menyediakan penyewaan alat untuk berkemah termasuk salah satunya sleeping bag.

Baca juga :Mau Liburan Mengasyikkan? Datanglah ke Wisata Trans Studio Bandung!

2.Hendaknya memulai perjalanan saat pagi. Untuk menuju kawasan wisata ranca upas, wisatawan harus melewati area hutan lindung yang cukup gelap. Jadi ada baiknya memulai perjalanan saat pagi hari untuk mengurangi bahaya karena kondisi jalanan yang gelap.

0 Response to "Liburan Bersama Keluarga ke Wisata Ranca Upas Ciwidey"