Liburan? Ke Wisata Curug Sondong Sukabumi Saja!

Liburan menjadi lebih menyenangkan dan berarti manakala kita berkunjung ke suatu objek wisata. Bagaimana tidak? Dengan berwisata fikiran akan menjadi fresh dan segar kembali. Kita dapat melepas rasa penat setelah berhari-hari beraktivitas yang pasti sangatlah melelahkan. Saat ini ada banyak tempat wisata yang menawarkan pemandangan yang elok nan indah dilengkapi udara yang sejuk. Salah satunya adalah objek wisata Curug Sondong Sukabumi.

Wisata air terjun atau sering disebut curug menjadi salah satu destinasi wisata favorit para traveler. Selain menyajikan alam yang indah dengan dipadukan banyaknya pepohonan yang ada di sekitarnya, wisata ini juga menampilkan keindahan air yang cukup jernih. Gemericik air yang mengalir dari ketinggian akan semakin menambah nuansa asri dan ketenangan hati. Pengalaman yang sangat menarik bukan?



Ada banyak wisata curug yang kini terkenal di kalangan para pelancong, salah satunya ialah wisata Curug Sondong Sukabumi. Curug Sondong merupakan salah satu di antara air terjun yang terdapat di kawasan Ciletuh Geopark. Di balik curug ini terdapat cekungan yang menyerupai goa sehingga dinamailah curug ini dengan sebutan Curug Sondong. Sondong dalam Bahasa Sunda berarti cekungan seperti goa.

Dimana Wisata Curug Sondong Sukabumi?


Secara administrative, lokasi wisata Curug Sondong terletak di Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Sukabumi, Provonsi Jawa Barat. Berada di dataran tinggi membuat curug ini memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Bagaimana Cara Menuju Wisata Curug Sondong Sukabumi?


Sebenarnya untuk menuju lokasi wisata Curug Sondong Sukabumi tidaklah susah. Anda 3 hingga 4 jam perjalanan dari Sukabumi. Akan tetapi jika Anda bertolak dari Bandung atau Jakarta waktu yang dibutuhkan sekitar 8 sampai 10 jam perjalanan. Ingat waktu tempuh tersebut ditentukan oleh kondisi jalan dan kemacetan ya!



Saat ini akses jalan menuju wisata Curug Sondong Sukabumi cukup bagus, tetapi masih ada beberapa titik jalan yang masih berlubang dan rusak. Maka dari itu kehati-hatian dalam berkendara sangat diperlukan supaya tidak terjadi kecelakaan. Jika akan menuju ke Pelabuhan Ratu ataupun Pantai Ujung Genteng, Anda dapat mampir ke kawasan Ciletuh Geopark ini karena lokasinya searah. Nah, untuk berkunjung ke sini Anda dapat menempuhnya dengan menggunakan sepeda motor maupun mobil atau kendaraan roda empat lainnya seperti bus dan mini bus.

Jika berangkat dari arah kota Bandung, Anda dapat melalui Padalarang ke Cipatat, kemudian Cianjur, sampailah di Sukabumi. Dari Sukabumi ambillah arah ke Jalan Pelabuhan lalu Jalan Cibatu, kemudian Jalan Cijambe. Setelah itu menuju Jalan Tegal Lega kemudian Jalan Pelabuhan Ratu dan Jampang Kulon. Berikutnya ambillah Jalan Waluran dan sampailah di desa Tamanjaya. Dari Tamanjaya rute selanjutnya ialah arahkan kendaraan sekitar 7 km menuju desa Ciwaru, tempat wisata Curug Sondong Sukabumi berada.



Untuk menuju lokasi tentulah sangat mengasyikkan dan memacu adrenalin. Hal itu karena selama perjalanan, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan alami disertai jalan yang menanjak dan menurun. Sebagian jalan yang masih berbatu akan semakin menumbuhkan sensasi luar biasa. Berani mencoba?

Panorama Indah Wisata Curug Sondong


Selain populer dengan keindahan panoramanya, nyatanya Curug Sondong memiliki kekhasan dalam hal nama lain yang disematkan untuknya. Masyarakat sering menyebut Curug Sondong dengan nama Curug Kembar serta Curug Pengantin. Mengapa demikian? Dinamakan Curug Kembar lantaran memiliki dua curug atau aliran air yang sama persis atau kembar. Sedangkan nama Curug Pengantin dikarenakan curug ini bagaikan sepasang pengantin yang saling berduaan.

Ketika berada persis di depan air terjunnya, Anda akan merasakan sensasi mendebarkan karena hembusan air yang cukup kencang dan kuat. Lantas bagaimana fasilitas yang ditawarkan? Sebagai salah satu wisata unggulan di Geopark, Ciletuh Curug Sondong telah memiliki sarana dan prasarana lengkap untuk menunjang kenyamanan pengunjung.



Mulai dari tempat duduk di sekitar curug untuk melihat curug baik dari jarak dekat maupun dari kejauhan. Kamar mandi yang bersih dan terjaga kebersihannya. Tersedia pula tempat parkir yang lapang serta luas. Perihal keamanan pastilah sangat terjamin. Terlebih lagi adanya warung-warung yang menjajakan makanan dan camilan. Jadi Anda tidak perlu khawatir akan kelaparan. Sangat kmplit bukan? Satu hal yang disayangksn ialah wisata ini belum dilengkapi musholla untuk beribadah.

Panorama indah didukung dengan banyaknya pohon rindang di sekitar air terjun bakal membuat Anda betah berlama-lama di tempat ini. Tak jauh dari air terjun lain yang ada di Ciletuh Geopark, air terjun Kembar cocok dan asyik untuk bermain air. Ada pula wisatawan yang mandi dan basah-basahan, seru-seruan di kolam yang berada tepat di bawah curug.

Ketinggian air terjun sekitar 20 meter dengan debit air yang cukup deras. Di dekat air terjun terdapat satu pohon hijau cukup besar yang biasa digunakan untuk berteduh. Berada di sebuah tebing batu membuat curug Sondong memiliki cekungan besar di bawahnya sebagai tempat tumpuan air.

Baca juga : Unik dan Menariknya Wisata Dusun Bambu Bandung

Apabila dilihat dari jauh curug ini memiliki dua aliran yakni satu aliran yang mengalir dari puncak curug ke undakan pertama. Kemudian aliran kedua mengalir dari undakan pertama yang jatuh ke kolam yang ada di bawahnya.

Mitos Terkait Curug Sondong


Selain popular dengan keindahannya, wisata Curug Sondong juga dikenal dengan hal mistiknya. Tahukah Anda jika terdapat mitos mengenai curug Sondong? Nah, apabila belum menegtahuinya, perhatikan betul-betul informasi berikut ini. Tempat wisata seakan belum lengkap jika tidak ada mitos yang menyelimuti suatu objek wisata. Begitu pun terkait Curug Pengantin di Sukabumi ini.



Ada dua mitos yang tersebar di tengah masyarakat. Mitos pertama ialah larangan sepasang kekasih untuk mandi di kolam yang menjadi tumpahan aliran air terjun. Konon katanya bagi pasangan yang melanggar hal itu, mereka akan tenggelam. Mitos ini berkembang di masyarakat pada tahun 2000-an.

Saat itu ada sepasang muda-mudi yang berenang kemudian tiba-tiba menghilang. Setelah beberapa hari mereka ditemukan dalam keadaan tidak bernyawa dan jasadnya ditemukan di dasar kolam. Mitos kedua ialah tempat ini dahulu dijadikan tempat untuk mengetes kanuragan seseorang. Apakah pengetahuan yang mereka pelajari telah berhasil atau belum.

Berapa Tiket Masuk Wisata Curug Sondong Sukabumi?


Harga tiket wisata Curug Sondong Sukabumi sangatlah murah. Bagi pengunjung yang ingin menikmati keindahan alam Curug Pengantin ini, Anda hanya akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp 3.000,- setiap orang. Selain tiket, Anda juga dikenakan biaya parkir sebesar Rp 3.000,- untuk sepeda motor serta Rp 5.000,- untuk kendaraan roda empat.

Baca juga : Keindahan Tersembunyi Wisata Goa Buniayu Sukabumi

Nah, sudah tahu bukan mengenai informasi wisata Curug Sondong Sukabumi? Bagaimana, tertarik? Jangan lupa ajak keluarga, rekan dan sahabat untuk berkunjung ke tempat ini! Masukkan juga wisata ini sebagai salah satu destinasi tujuan liburan Anda! Keindahan, kesegaran, kesejukan, kejernihan air terjun akan memanjakan mata dan fikiran Anda. Selamat mencoba.