Lokasi dan Harga Tiket Masuk Wisata Tebing Breksi Jogja

“Jogja Istimewa” bukan hanya sebutan bualan belaka, karena memang Jogja menyimpan potensi yang luar biasa, mulai dari kekayaan alam melimpah, kebudayaan lokal yang kental, tingginya penggiat kesenian, juga tentunya menjadi salah satu tempat pusat pendidikan.

Paling menonjol dan melekat di benak semua orang tentang Jogja adalah kekayaan dan keindahan wisata alamnya. Sebut saja Candi Borobudur, Prambanan, Malioboro, Pantai Parangtritis, Hutan Pinus Mangunan, Puncak Becici, Goa Pindul, dan lain sebagainya yang mugkin saja sudah kamu kunjungi. Salah satu tempat wisata menarik dari sekian banyak tempat wisata yang ada di Jogja adalah wisata tebing breksi jogja.



Berbeda dengan kebanyakan tempat wisata pada umumnya, wisata tebing breksi jogja dikemas dengan cara berbeda, memanfaatkan sisa aktivitas warga sekitar, yaitu berupa tebing. Tebing bekas galian aktivitas warga disulap menyerupai mahakarya seni fenomenal. Tak ayal, tempat wisata yang baru diresmikan pada 30 Mei 2015 oleh Gubernur D.I Yogyakarta ini mampu menyedot perhatian publik secara cepat, baik pengunjung wisatawan lokal, nasional, bahkan internasional.

Keindahan Wisata Tebing Breksi Jogja


Sekilas, wisata tebing breksi jogja menyerupai Brown Canyon yang berada di Semarang, atau bahkan mirip dengan Grand Canyon yang ada di Amerika Serikat. Guratan-guratan apik yang ada pada tebing batu breksi terlihat layaknya karya seni luar biasa, hal ini menyerupai area wisata Garuda Wisnu Kencana, Bali, dimana juga merupakan bekas tambang galian yang kemudian dibentuk menjadi wisata.

Masih dalam komplek yang sama dengan tebing breksi, terdapat wisata Tlatar Seneng, area khusus berupa panggung berbentuk bulat dilengkapi dengan tempat duduk berbentuk melingkar mengitari panggung besar berukuran antara 15-20 meter, area ini kerap dijadikan sebagai tempat pertunjukan seni. Jika diamati sekilas, bentuk dan tampilan Tlatar Seneng menyerupai Colosseum, Roma Italia.



Wisata tebing breksi jogja memang menjadi tempat favourite bagi penikmat wisata yang bersifat petualang, karena ditempat ini tersedia lintasan sepeda gunung dan spot panjat tebing. Selain itu, tebing breksi juga digemari para penggila fotografi, ada banyak sisi area wisata yang bagus dan sangat cocok dijadikan objek foto, tak jarang tempat ini dijadikan sebagai latar pre wedding. Dari tebing breksi ini kamu akan menyaksikan lalu lalang pesawat di Bandara Adi Sucipto. Sementara menjelang senja, kamu akan menikmati pemandangan sunset yang sangat memanjakan mata.

Baca juga : Wisata Alam Danau Rawa Pening Yang Indah

Tidak kalah menariknya, dari puncak tebing breksi, kamu juga akan melihat tempat wisata lain yang ada di Jogja, seperti Candi Prambanan, Candi Barong, Candi Sojiwan, dan tentunya Gunung Merapi. Bila kamu mengunjungi di malam hari, kamu juga bisa menyaksikan indahnya sinar lampu di Kota Jogja. Lantas, bagaimana cara mencapai puncak tebing breksi? Tidak perlu khawatir, karena ditempat wisata tebing breksi ini sudah tersedia anak tangga yang dibentuk dengan gaya khas dengan nilai seni tinggi, latar ini juga menambah kecantikan tersendiri bagi tampilan tebing breksi, tak heran jika bagian ini menjadi salah satu spot favourite penikmat fotografi.

Lokasi Wisata Tebing Breksi Jogja


Lokasi wisata tebing breksi jogja berada tidak jauh dari area Candi Ijo, karena memang termasuk area cakupan wisata herritege Candi Ijo, hanya berjarak sekitar satu kilo meter. Selain itu, candi ini juga berada tidak jauh dari pusat Kota Jogja, tepatnya di Dusun Groyokan, Sambirejo, Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Rute menuju wisata tebing breksi ini tergolong mudah, karena berada di jalur utama Prambanan-Piyungan. Jadi kamu tidak akan kesulitan saat ingin mengunjungi wisata alam satu ini.


Jalan Menuju Wisata Tebing Breksi Jogja


Jalan wisata tebing breksi jogja terdapat banyak alternatif rute perjalanan, paling mudah melalui jalur Candi Prambanan. Dari rute ini, kamu cukup melakukan perjalanan sejauh 7 km hingga sampai di Pasar Prambanan, sesampainya di tempat tersebut, kemudian ambil jalur kanan ke arah Piyungan, lokasi wisata sudah berada sangat dekat, sekitar 3 km lagi, setelah menemui pertigaan silahkan belok kiri, lokasi wisata sudah berada satu kilometer dari area ini.

Bagi kamu yang sudah mengetahui rute ke Jandi Ijo, mengunjungi wisata tebing breksi jogja bisa diketahui dengan mudah, sementara bagi yang belum tau silahkan ambil jalur menuju Candi Prambanan, dari sini perjalanan dilanjutkan ke arah selatan menuju Candi Rato Boko, ikuti terus jalur hingga mendapati keterangan Candi Ijo, dari lokasi ini wisata tebing breksi sudah dekat. Saat kamu akan mengunjungi tempat wisata ini, gunakanlah kendaraan dalam kondisi terbaik, karena kondisi jalan kurang bagus serta menanjak, jika dipaksakan akan mengancam keselamatanmu. Jika kamu masih bingung dengan rute tersebut, anda dapat melihatnya di Mpas berikut :


Harga Tiket Wisata Tebing Breksi Jogja


Harga tiket wisata tebing breksi jogja tidak terdapat tiket khusus, atau gratis, kamu hanya perlu membayar tempat parkir dengan harga murah, Rp 20.000 rupiah untuk sepeda motor, Rp 5.000 untuk kendaraan roda empat. Sayangnya, dilokasi wisata ini belum ada fasilitas umum seperti toilet, tempat ibadah, maupun tempat sampah, jadi kamu perlu menyesuaikan dan juga ikut merawat wisata alam menarik ini. Saat akhir pekan dan hari libur, pengunjung wisata ini sangat padat, jika kamu tidak menyukai keramaian, berkunjunglah di hari-hari biasa.

Sejarah Wisata Tebing Breksi Jogja


Wisata tebing breksi jogja ini tidak terbentuk dengan sendirinya. Awalnya daerah di sekitar wisata ini hanya berupa bukit batu, namun masyarakat sekitar kemudian melakukan penambangan untuk bahan material bangunan, aktivitas ini menjadi sumber kehidupan warga sekitar dan sudah berlangsung sejak sebelum tahun 80-an. Guratan bekas galian terlihat sangat bagus, terlihat seperti tebing-tebing cantik yang disusun secara rapi.



Menariknya, hasil kajian menunjukkan bahwa tebing breksi terbentuk dari hasil endapan abu vulkanik Gunung Api Purba Nglanggeran, itu artinya tebing breksi merupakan salah satu cagar budaya yang wajib dilestarikan. Oleh karena itu, aktivitas penambangan sudah dihentikan, warga mengalih fungsikan tempat tersebut menjadi destinasi wisata dengan nama “wisata tebing breksi”. Nama ini murni hadir dari aspirasi sekitar, dasarnya adalah karena mereka mengikuti tren seperti yang sudah terjadi di Bali dan Bandung, dimana bekas galian tebing menyerupai tempat ini disebut sebagai breksi.

Tips Mengunjungi Wisata Tebing Breksi Jogja


Saat kamu berencana mengunjungi wisata tebing breksi, bawalah penutup kapala, karena ditempat wisata ini sinar matahari sangat terik, selain itu angin yang bertiup juga sangat kencang. Gunakanlah alas kaki yang tebal dan tidak licin, agar saat kamu menaiki deretan tangga tebing terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan, jangan lupa untuk membawa air minum agar kamu terhindari dari dehidrasi.

Baca juga : Info Lengkap Wisata Museum Kereta Api Ambarawa

Tebing breksi juga terlihat sangat cantik saat malam hari, sorotan lampu yang langsung mengarah ke tebing menjadi pemandangan yang sayang untuk dilewatkan, tebing menjadi sangat eksotis, jadi aturlah waktu berkunjung kamu hingga malam hari tiba. Nah, itulah informasi lokasi dan harga tiket wisata tebing breksi jogja, kaindahan wisata alam ini bisa dijadikan referensi liburan kamu selanjutnya dimasa yang akan datang.

0 Response to "Lokasi dan Harga Tiket Masuk Wisata Tebing Breksi Jogja"