Lokasi dan Jalan Menuju Wisata Pantai Pok Tunggal

Jika Anda sedang berada di Yogyakarta, jangan lupa untuk berkunjung ke wisata Pantai Pok Tunggal. Pantai Pok Tunggal ini merupakan destinasi wisata indah yang ada di Yogyakarta. Meskipun pantai ini bisa dikatakan lebih kecil daripada Pantai Sundak namun pantai ini memiliki berbagai keunikan dan keunggulan.

Jadi jika Anda sedang berada di Yogyakarta, jangan sampai Anda lewatkan destinasi wisata unggulan yang ada di Gunungkidul ini. Ingin tahu lebih lanjut mengenai keindahan pantai ini? Simak ulasannya di bawah ini.

Harga Tiket Wisata Pantai Pok Tunggal


Berwisata ke pantai Pok Tunggal akan menantang Anda untuk berani mendaki tebing yang ada di pantai ini. Dengan Anda mendaki tebing yang ada, maka Anda bisa melihat keindahan pantai Pok Tunggal secara keseluruhan dari ketinggian tebing. Meskipun bisa dikatakan pantai Pok Tunggal adalah pantai yang masih tergolong baru, namun perkembangan pantai ini begitu signifikan. Nyatanya, sudah terdapat sarana dan prasarana yang sudah memadai.



Ketika menikmati keindahan pantai Pok Tunggal rasanya tidak akan lengkap jika Anda tidak menyisihkan sedikit waktu untuk menyaksikan matahari terbenam di balik cakrawala. Lebih mengesankan lagi jika Anda bisa menghabiskan malam dengan mendirikan tenda di sekitar pantai. Bersantai di dalam tenda sambil menikmati angin laut dan ombak, setelah menyaksikan matahari terbenam akan membuat wisata Anda menjadi hal yang tak terlupakan.

Nah, untuk harga tiket wisata pantai Pok Tunggal ini dipatok Rp.10.000 per orang. Dengan biaya 10.000 rupiah, Anda bisa menikmati segala pantai yang ada di kawasan ini. Adapun untuk biaya parkir, Anda hanya perlu membayar Rp.2000.

Pantai Pok Tunggal sangat terjaga kebersihannya, bahkan demi menjaga kebersihan pantai ini bagi wisatawan yang membuang sampah sembarangan akan dikenakan denda sebesar Rp 10.000. Jadi ebrhati-hatilah jika Anda ingin membuang sampah sembarangan, buanglah sampah pada tempat yng telah disediakan.

Lokasi Wisata Pantai Pok Tunggal


Di mana Anda bisa menemukan lokasi wisata Pantai Pok Tunggal? Untuk menemukan pantai ini sangat mudah dicari sebab pantai ini masih berada di kawasan Gunungkidul, Yogyakarta. Tepatnya berada di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Lokasinya berada di antara Pantai Pulang Syawal (lebih dikenal dengan nama Pantai Indrayanti) dan Pantai Siung.



Pantai Pok Tunggal memiliki panorama yang indah dengan hamparan pasir putih serta perbukitan karst. Nah, Pantai Pok Tunggal ini diapit oleh tebing-tebing karang yang menjulang di sisi timur dan baratnya. Meskipun Pantai Pok Tunggal sendiri tergolong pantai baru yang baru berdiri sekitar 6 tahun namunperkembangannya sudah sangat lumayan. Ya, pantai ini mulai diakses untuk wisatawan sejak bulan Mei 2012. Oleh karena itu kebersihan pantai ini masih sangat dijaga.

Pantai Pok Tunggal menawarkan keindahan pemandangan alam yang begitu memanjakan para wisatawan. Perpaduan pasir putih dan gelombang air pantai yang berwarna biru mendekati garis pantai sangat tepat sebagai tempat melepas lelah dan penat. Anda bisa bermain ombak dan memotret kawasan pantai yang begitu memiliki panorama indah ini.

Baca juga : Info Lengkap Wisata Alam Puncak Becici Jogja

Satu hal yang tidak boleh Anda lewatkan saat mengunjungi Pok Tunggal adalah jangan lupa berfoto di bawah Pohon Duras. Pohon Duras adalah tempat sunset terbaik yang ada di Pantai Pok Tunggal. Pohon ini adalah ikon dari Pantai Pok Tunggal. Pohon ini tumbuh dan sangat meneduhkan pengunjungya yang ingin bersantai di pinggir pantai.
Kawasan Pantai Pok Tunggal ini diapit oleh dua bukit yang juga telah dikembangkan sebagai kawasan wisata. Bagian barat pantai disebut sebagai Tirta Pok Tunggal Asri Hill dan sebelah timur pantai disebut Bukit Panjong. Setiap gerbang perbukitan memiliki kotak amal, jadi para wisatawan bisa menyumbangkan uangnya untuk ikut mengembangkan kawasan pantai.

Jalan Menuju Wisata Pantai Pok Tunggal


Bagi Anda yang ingin berwisata ke pantai ini, dan berangkat dari pusat kota Yogyakarta maka lokasi pantai dari pusat kota berjarak sekitar 70 km. Jarak ini bisa Anda tempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi dengan lama perjalanan sekitar dua jam perjalanan. Jalan menuju wisata pantai Pok Tunggal masih berupa tanah berbatu yang terjal, namun akses jalan dari pusat kota Yogyakarta menuju Pok tunggal sudah beraspal.



Untuk itu sebaiknya Anda lebih berhati-hati alam mengendarai. Rute yang bisa Anda lalui adalah berkendaralah menuju Piyungan-Patuk-Sambipitu –Arah Hutan Bunder – Gading – Logandeng –Siyono – Bundaran Tugu BPD – Jl. Kyai Legi– Jalan Lingkar Selatan – Jl. KRT Djojodiningrat – Jl. Girisubo – Wonosari – Jl. Saptosari – Tepus – Pok Tunggal.

Selain rute di atas, Anda juga bisa melalui jalan Yogyakarta – Imogiri, Panggang – Jl. Saptosari – Tepus Arah ke Pantai Baron. Nah, di pertigaan sebelum Pantai Baron ambillah kiri, menuju ke arah Pantai Indrayanti. Dari pertigaan kawasan Pantai Indrayanti ambil kiri dan ikuti jalan aspal hingga tiba di loket masuk.

Jika kalian masih bingung dengan rute diatas, anda dapat melihatnya di Google Maps berikut ini :



Beberapa meter dari loket masuk tersebut akan tampak papan petunjuk arah ke Pantai Pok Tunggal. Sejauh ini belum ada kendaraan umum yang bisa langsung menuju ke Pantai Pok Tunggal.

Jadi jika Anda menggunakan kendaraan umum, Anda hanya akan sampai di Terminal Wonosari. And bisa naik bus menuju Gunungkidul dengan rute keberangkatannya dari Terminal Giwangan Yogyakarta, biayanya sekitar Rp 12.000. Setelah itu perjalanan bisa Anda lanjutkan dengan menggunakan ojek dengan biayan sekitar Rp 20.000 atau tergantung kesepakatan dengan pengemudi.

Sejarah Wisata Pantai Pok Tunggal


Untuk sejarah dari dinamakannya Pok Tunggal adalah diambil karena lokasi pantai ini ada pohon yang bisa dikatakan langka. Pohon langka inipun masih kokoh berdiri di sekitar pantai dan menjadi ikon dari wisata pantai Pok Tunggal, yaitu Pohon Duras.

Pohon Duras ini adalah nama lain dari Pok Tunggal. Selain pohonnya, hal yang unik dari pantai Pok Tunggal adalah terdapat mata air tawar. Mata air ini berasal dari aliran sungai bawah tanah khas daerah pegunungan karst.



Air tawar itu menjadi sumber air bagi penduduk setempat yang tinggal di kawasan pantai. Berwisatalah ke pantai ini dan nikmati seluruh pemandangan pantai yang ada di hadapan Anda. Anda juga bisa berenang sepuasnya di batas bibir pantai sebab pasir yang berada di pantai ini cukup landai. Jadi bisa dikatakan pantai Pok Tunggal adalah pantai yang cukup aman untuk berenang.

Fasilitas Wisata Pantai Pok Tunggal


Meskipun baru berusia 6 tahun, namun pantai ini sudah bisa dibilang ramai dari pengunjung. Ada banyak fasilitas memadai yang tersedia di pantai ini. Di antara fasilitas itu adalah :

1.Toilet

2.Musholla

3.Warung makan

Nah, dengan fasilitas yang telah disediakan maka Anda tidak perlu khawatir jika kelaparan, ingin menjalankan ibadah atau makan saat kelaparan dan minum saat kehausan.

Baca juga : Harga Tiket Masuk Dan Lokasi Wisata Gumuk Pasir Parangkusumo Jogja

Demikian ulasan mengenai wisata pantai pok tunggal. Semoga bermanfaat.