Lokasi dan Rute Menuju Goa Pindul

Tidak banyak yang memungkiri bahwa Yogyakarta adalah gudangnya tempat wisata sebab banyak wisata alam yang sangat mempesona di provinsi isitmewa ini. Ada pantai, goa, gunung, air terjun sampai perbukitan. Di antara tempat wisata yang mempesona dan asyik untuk dijelajahi itu adalah wisata alam Goa Pindul. Lalu berapa harga tiket masuk dan bagaimana lokasi dan rute menuju wisata alam Goa Pindul ? Simak ulasannya berikut ini!

Harga Tiket Masuk Wisata Alam Goa Pindul


Setelah memasuki Goa Pindul Anda akan terpukau dengan kejernihan airnya yang mengalir dan keasrian pepohonan yang terletak di sekitarnya. Gua Pindul sendiri memiliki panjang sekitar 350 meter dan lebar hingga mencapai 5 meter. Jarak permukaan air dengan atap gua sekitar 4 meter. Serta kedalaman airnya sekitar 5-15 meter. Goa Pindul sendiri memiliki 3 zona, zona gelap, remang dan terang. Untuk mengarungi ketiga zona tersebut Anda membutuhkan waktu tempuh sekitar 45 menit.



Semakin Anda menyusuri zona gelap, maka pandangan mata Andapun akan semakin terbatas. Untuk itulah, ketika berwista di Goa Pindul harus menggunakan pemandu demi keamanan Anda. Harga tiket Wisata Goa Pindul sendiri dipatok Rp.10.000/orang.

Namun harga tersebut belum termasuk harga paket wisata Cave Tubing Goa Pindul. Cavetubing sendiri adalah kegiatan menyusuri gua dengan menggunakan ban dalam. Bagi Anda yang seorang pemula, Anda tidak perlu takut akan terjadi apa-apa. Sebab aliran air di Gua Pindul ini begitu tenang, sangat aman untuk melakukan cavetubing di Gua Pindul ini.

Selain cavetubing adapula rafting Goa Pindul. Hampir sama dengan cavetubing, jika cave tubing menyusuri sungai menggunakan ban. Maka rafting atau arung jeram sendiri adalah kegiatan menyusuri aliran sungai dengan menggunakan perahu.

Stalagmit dan stalagtit yang ada di Goa Pindul ini menjadi yang terbesar ke-4 di dunia! Setidaknya membutuhkan lima orang untuk melingkarinya, bahkan celahnya saja hanya cukup dilewati untuk satu orang saja.

Terdapat tirai juga yang tersusun dari tetesan air di dinding Goa. Keindahan goa ini semakin bertambah sempurna pula dengan adanya ornamen di sepanjang dinding. Ornamen ini layaknya mahakarya lukisan abstrak yang tidak ternilai. Adapula kelelawar yang bergelantungan menghiasi lorong goa.



Di tempat ini Anda diperbolehkan untuk berenang atau melompat dari atas tebing goa ketika sampai di zona terang. Namun Anda harus menggunakan jaket pelampung. Sebab kedalaman air di Goa Pindul mencapai hingga 15 meter.

Nah untuk mendapatkan senter agar bisa menikmati stalagmit dan stalaktit saat menyusuri goa, jaket pelampung untuk berenang. Maka Anda bisa menyewa peralatan-peralatan tersebut dengan mendaftar paket wisata yangada di Goa Pindul. Ada paket wisata rafting, adapula paket wisata caving. Wisata itu sangat cocok untuk Anda coba bersama keluarga ataupun teman-teman Anda.

Biasanya paket yang umum dipilih oleh kebantakan wisatawan adalah :

1.Paket Caving Goa Pindul

Harga : Rp. 35.000/orang

2.Paket Rafting/River Tubing Sungai Oya

Harga : Rp.45.000,-/orang untuk track pendek

Rp.60.000,-/ orang untuk track panjang

3.Paket Susur Goa Gelatik

Harga : Rp.35.000,-/ Orang

Tentunya harga tersebut sudah termasuk biaya persewaan dan juga pemandunya. Bisa dikatakan harga tersebut sudah cukup murah untuk bisa menikmati wisata alam Goa Pindul yang begitu sejuk dan teduh.

Lokasi Wisata Alam Goa Pindul


Jika Anda ingin cave tubing di Goa Pindul, Anda harus mengajak rombongan ke sini. Karena tempat ini kurang cocok jika hanya dikunjungi sendirian ataupun hanya bersama pasangan. Lokasi Wisata Goa Pindul sendiri terletak di pedalaman Beji, kecamatan Karang mojo, Kabupaten Gunungkidul. Sekitar 10 km dari kota Wonosari, namun jika Anda memulai perjalanan dari kota Yogyakarta, jarak yang ditempuh membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam.



Sebelum kesana anda disarankan untuk mengunakan kendaraan pribadi jika ingin menuju ke Goa Pindul. Hal ni disebabkan minimnya tranportasi untuk dapat menuju lokasi Goa Pindul. Tapi jika Anda tidak memiliki kendaraan sendiri, ada alternatif lain yang bisa membantu Anda. Ya, ada penduduk setempat yang menawarkan colt bak terbuka.

Baca juga : 6 Wisata Kota Tua Jakarta Menarik & Terbaru 2018

Anda hanya membayar Rp.50.000 untuk satu kali jalan dengan rombongan Anda minimal 10 orang. Menariknya penduduk yang menawarkan colt terbuka itu juga merangkap sebagai pemandu tur pula.

Jalan Menuju Wisata Alam Goa Pindul


Jalan menuju Wisata Alam Goa Pindul banyak dimanfaatkan oelh jasa joki. Jika Anda berangkat dari Yogyakarta, maka ambil arah ke Jalan Wonosari, ikutilah jalur utama menuju Wonosari sekitar 15 km ke arah Piyungan. Sampai di Piyungan ini naiklah terus hingga menuju Bukit Bintang di Kecamatan Patuk. Sesampainya di Bukit Bintang ikuti terus jalan utama sampa Anda temukan Hutan Tleseh.

500 meter dari hutan Tleseh, Anda akan menemukan perempatan lampu merah atau perempatan Gading, lurus saja sampai 20 meter setelahnya Anda akan menemukan lampu merah di pertigaan dan ambillah arah lurus sampai kota Wonosari hingga kurang lebih 3 km.

Sampai di kota Wonosari Anda akan menemukan perempatan bunderan Siyono sebagai titik pemilihan rute selanjutnya. Nah, di sebelah kiri bunderan pada umumnya sudah terdapat banyak ojek yang menawarkan jasanya untuk mengantarkan para wisatawan berkunjung ke wisata alam Goa Pindul.

Jika tidak ingin menggunakan jasa ojek wisata, ambillah arah kiri menuju jalan lingkar Wonosari sampai Anda menemukan PKU Muhammadiyah di perempatan. Terus saja Anda berjalan lurus sampai kembali menemukan perempatan Budegan.

Lurus saja terus sampai menemukan perempatan Grogol. Setelah dari perempatan Grogol, ambillah arah kiri dan menemukan jalan di pedesaan Beji yang agak licin dan sempit. Dari situ sudah terdapat banyak petunjuk menuju ke Goa Pindul.

Jika anda masih kebingungan dengan rute tersebut, Jangan khawatir karena anda dapat melihatnya dimaps berikut ini:

Sejarah Goa Pindul Gunung Kidul


Setelah mengetahui harga paket wisata yang ditawarkan, ada baiknya jika Anda juga mengetahui bagaimana sejarah berdirinya beserta Misteri Goa Pindul Wonosari Gunung Kidul.

Semenjak tahun 2010, kawasan Goa Pindul ini telah dibuka menjadi kawasan wisata alam yang indah. Konon Goa Pindul, Glatik dan Miwis Putih adalah tempat bersemedinya Dana Sutawijaya atau Panembahan Senopati, Raja Mataram I.

Misteri Goa Pindul sudah menjadi rahasia umum bagi warga di sekitar kawasan wisata alam ini. Goa Pindul lumayan memakan korban yang tenggelam dan tidak bisa ditemukan. Di dalam goa ada makhluk halus yang menjaga tempat ini. Makhluk halus tersebut hanya bisa dilihat dengan mata batin orang-orang tertentu yang bisa melihatnya.

Entah itu mitos atau bukan, tergantung kepercayaan masing-masing. Alam memiliki misteri dan legendanya sendiri. Yang patut digarisbawahi adalah jika Anda ingin menikmati wisata. Jangan pernah Anda merusak alam dengan membuang sampah sembarangan atau mengotorinya.

Baca juga : Harga Tiket Masuk dan Lokasi Kebun Binatang Gembira Loka

Demikian ulasan mengenai lokasi dan rute menuju wisata alam Goa Pindul. Selamat berwisata bersama keluarga, pasangan ataupun sahabat-sahabat Anda. Semoga ulasan ini bisa bermanfaat bagi perjalanan wisata Anda.

0 Response to "Lokasi dan Rute Menuju Goa Pindul"