Menikmati Keindahan Wisata Alam Pantai Lovina Bali

Mendengar nama Pantai Lovina untuk sebagian orang mungkin terdengar asing. Tak seperti pantai terkenal lain di Bali sebutlah Kuta atau Sanur, Lovina tidak memiliki pasir putih dan ombak besar yang menawan. Pantai lovina justru cuma berpasir hitam dengan ombak yang relatif tenang. Jika berenang di pantai ini, kamu tidak akan hanyut terseret ombak. Di area pantainya pun lebih banyak perahu nelayan tradisional. Namun tahukah kamu daya tarik yang menjadikan pantai Lovina terkenal? Jawabannya adalah lumba-lumba.

Melihat Akrobat Lumba-lumba di Lovina


Pengalaman melihat lumba-lumba di alam liar bagi banyak orang mungkin tak terbayangkan. Karena itu menjadi wajar jika pantai Lovina menjadi sangat terkenal karena mampu menyuguhkan pertunjukan lumba-lumba tersebut di laut lepas. Pantai Lovina adalah salah satu dari tiga tempat spesial di Indonesia dimana kamu bisa menikmati atraksi lumba-lumba secara alami selaian Teluk Kiluan dan Pantai Manado.



Di pantai Lovina lumba-lumba yang berdiam jumlahnya ratusan. Untuk bisa menikmati atraksi lumba-lumba ini kamu mesti berada di tengah pantai pada kisararan pukul 6 hingga 8 pagi. Sehingga setidaknya kamu mesti berangkat dari pantai di waktu fajar ketika matahari belum terbit. Dengan begitu kamu akan bisa menikmati Lumba-lumba mulai bermunculan seiring terbitnya matahari pagi. Pemandangan pagi dengan lumba-lumba di kiri-kananmu beratraksi adalah fenomena indah yang tak akan pernah kamu lupakan sepanjang hidup.

Arena tempat lumba-lumba muncul ini jaraknya tak lebih dari 1 kilometer dari pantai. Jadi tidak perlu khawatir kamu akan mabuk laut sebab naik perahu. Untuk ke tengah laut para pengunjung pantai Lovina biasanya menyewa perahu nelayan yang banyak menyediakan jasa untuk melihat lumba-lumba. Durasi waktu kamu bisa menyaksikan atraksi lumba-lumba ini sekitar 2 jam. Dengan menyewa perahu nelayan setempat sudah dipastikan mereka akan mengantar kamu ke tempat lumba-lumba sering muncul.

Perjalanan Pagi di Kapal yang Menyenangkan


Jika kamu belum pernah menghirup aroma laut dipagi hari, atau menyibak hangatnya air samudra ketika matahari terbut, di pantai lovina inilah kesempatanmu. Fajar sebelum matahari terbit dimana kamu akan melihat lumba-lumba beterbangan adalah saat yang pas untuk merasakan pengalaman itu. Sudah banyak yang bilang bahwa perjalanan ke tengah laut dari pantai Lovina sangat digemari oleh para wisatawan. Perairan yang tenang dengan tiupan angina sedang menjadikan perjalananmu nyaman di atas perahu.



Sambil menuju tengah laut kamu juga bisa menyaksikan perairan pantai Lovina yang indah dan alami. Pemandangan sepanjang garis pantai dengan lampu-lampu yang masih menyala adalah panorama sendu yang bisa kamu nikmati dengan tenang. Perubahan gelap menjadi semakin terang membuat suasana yang awalnya cukup mencekam menjadi lapang. Air laut yang awalnya tidak begitu terlihat seketika menjadi bening dan biru begitu kamu sampai di tengah lautan.

Lovina yang Kaya Akan Biota Laut


Selain pertunjukan lumba-lumba, Pantai Lovina juga menawarkan pemandangan bawah laut yang menawan. Keindahan ini bisa kamu nikmati setelah puas menyaksikan atraksi lumba-lumba di pagi hari. Aktivitas menyelam atau snorkeling ini terdapat di sebelah barat pantai Lovina. Di sana banyak terdapat ikan dan kerang cantik yang beraneka warna. Kamu juga bisa menarik perhatian para ikan-ikan ini dengan membawa remah makanan atau umpan yang biasa dimakan ikan. Niscaya ikan-ikan warna-warni akan mengerubungimu seketika itu.

Baca juga : Wisata Alam Ubud Bali Terfavorit Bagi Wisatawan

Selain ikan, gugusan erumbu karang juga menjadi daya tarik lain di dasar perairan pantai lovina ini. Kombinasi warna-warni terumbu karang di perairan dangkal ini akan membuatmu semakin betah menyelah di pantai Lovina. Area hidup alami dari para ikan ini selama ini dijaga cukup baik oleh para nelayan sekitar karena potensi wisata Lovina yang besar.

Panorama Matahari Terbit dan Tenggelam di Pantai Lovina yang Indah


Ada dua momen spesial yang selalu dicari wisatawan di alam bebas, yakni saat ketika matahari terbit dan saat matahari tenggelam. Momen matahari terbit biasanya banyak dinantikan oleh para pendaki yang mencapai puncak gunung di kala fajar. Sedang matahari tenggelam banyak dicari pengunjung pantai ketika senja datang. Dua momen spesial ini, ternyata bisa kamu dapatkan jika berkunjung ke Pantai Lovina.



Mengunjungi Pantai Lovina ketika matahari terbit sangat menarik jika kamu berada di atas perahu menuju tempat yang biasa dihuni lumba-lumba. Saat matahari baru beranjak naik, sejak semula telah nampak biasnya di ufuk timur garis permukaan laut. Seandainya mendung tidak menghalangi, kamu akan mendapati sinar pertama matahari yang sangat langka. Itulah momen spesial hanya dalam hitungan menit sampai ketika matahari muncul dengan sempurna di atas cakrawala.

Menikmati panorama matahari tenggelam di Pantai Lovina juga tak kalah indahnya. Sambil duduk-duduk di pesisir kamu bisa menikmati sore bersama banyak pengunjung yang biasa datang sambil menunggu malam. Jajaran pesisir Pantai Lovina yang sebagian telah menjadi lahan wisata telah menyediakan jajaran kursi dan meja untuk kamu bisa lebih rileks menikmati angina laut dan deburan ombak yang pelan datang. Momen ini tentulah cara menutup hari yang asyik bagi wisatwan.


Rute dan Biaya Untuk Menikmati Panorama Pantai Lovina


Lokasi wisata Alam Pantai Lovina berada di Desa Kalibukbuk, Buleleng, Bali. Jika dari kota Singaraja, kamu cuma perlu mengarah kebarat sekitar 10 kilometer. Temukan jalan menuju wisata Alam Pantai Lovina melalui aplikasi yang terdapat di Hp anda. harus anda ketahui ini termasuk obyek wisata pantai yang terletak di pesisir Bali Utara. Dalam peta posisi Pantai Lovina seolah parallel dengan Pantai Kuta yang ada di bagian pesisir Bali Selatan. Jika kamu berangkat dari Kuta, untuk menuju Pantai Lovina kamu akan membuat garis bujur yang melintas Bedugul sebagai titik tengah. Dibutuhkan waktu sekitar tiga jam dengan jarak sekitar 86 kilometer. Jika anda masih bingung, anda dapat melihat rutenya di Maps berikut :



Untuk masuk ke Pantai Lovina biasanya kamu tidak diharuskan untuk membayarkan kontribusi. Kamu hanya perlu mengeluarkan biaya untuk penyewaan perahu jika ingin melihat atraksi lumba-lumba. Harga tiket wisata Alam Pantai Lovina tidak sama dengan turis lokal dn turis asing. Banyak penyedia layanan ini mematok tarif kisaran 150 ribu. Harga ini sudah termasuk perlengkapan berupa pelampung dan sarapan pagi. Harga kisaran serupa juga perlu kamu keluarkan jika hendak snorkeling di Pantai Lovina. Biaya ini bisa naik jika perahu atau snorkeling yang kamu sewa memiliki fasilitas lebih.

Karena di Pantai Lovina ini kamu memulai pelayaran di malam hari, faslitas peginapan banyak tersedia. Dengan harga yang bervariasi tergantung fasilitas yang disediakan. Jika ingin punya banyak pilihan, usahakan berkunjung selain di akhir pekan dan musim liburan. Saat-saat ini seperti ini membuat pilihanmu akan semakin sempit.

Baca juga : Ini Alasan Kenapa Wisata Danau Beratan Bedugul Bali Sangat Terkenal

Hal terakhir yang mungkin juga perlu kamu tahu adalah makna nama Lovina itu sendiri. Kamu dan banyak orang lain mungkin pertama kali dengar nama ini agak heran. Lovina bukanlah nama yang lazim jika dibandingkan dengan nama-nama pantai lain di Bali. Tahu kenapa? Konon, keunikan nama Lovina ini diambil dari akronim “Love Indonesia”. Nama tersebut diberikan oleh presiden pertama Indonesia, Ir. Soekarno. Tujuannya untuk menumbuhkan kecintaan masyarakat kepada Indonesia. Sungguh nama yang imut ya.