Nikmati dan Rasakan Sensasi Wisata Alam Kebun Raya Bedugul Bali

Berencana untuk berlibur? atau sudah memiliki tujuan wisata untuk mengisi liburan? Jika belum Anda dapat mencoba refreshing ke Pulau Dewata Bali. Kawasan wisata di Bali banyak menyajikan berbagai objek wisata yang dapat dijadikan solusi terbaik. Adanya inovasi dan peralihan fungsi dari lahan biasa ke lahan produktif tersebut akan menyejahterakan masyarakat dan menambah pendapatan daerah.

Bagaimana tidak? hampir seluruh wilayah di Bali sudah dikembangkan menjadi daerah kawasan wisata. Seperti halnya pantai Kuta yang menawarkan pasir putihnya. Pemandangan eksotis alam persawahan Bali yang akan Anda dapatkan di Objek Wisata Jati luwih. Sedangkan ketika berada di Tanah Lot Bali, pengunjung dapat menikmati sunset.



Menjamurnya wisata di Bali semakin membuat Bali menjadi salah satu wisata terpopuler di seluruh dunia. Apalagi selama weekend dan liburan banyak travelelr yang berdatangan. Di pulau ini wistawan bisa berkunjung ke berbagai tempat wisata dengan jarak tempuh antar satu dengan yang lain tidaklah terlalu jauh.

Nah, jika Anda sedang berada di pulau dewata Bali, akan terasa kurang lengkap jika Anda belum berkunjung ke objek wisata alam Kebun Raya Bedugul Bali. Di tempat ini pengunjung dapat bersantai untuk menghilangkan kepenatan setelah beraktivitas berat. Fikiran akan kembali segar dengan melihat taman hijau yang terbentang luas. Suasana damai akan terasa.

Dimana Lokasi Wisata Alam Kebun Raya Bedugul Bali?


Lokasi wisata alam Kebun Raya Bali terleatak di dataran tinggi merupakan salah satu tempat wisata termasyhur di Bali. Sebenarnya kebun raya ini bernama asli Kebun Raya “Eka Karya” Tabanan. Akan tetapi kemudian dikenal dengan nama Kebun Raya Bedugul. Hal itu dikarenakan lokasi wisata pegunangan Bedugul di Kabupaten Tabanan. Persisinya di Jl. Kebun Raya di Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti Kabupaten Tabanan, Provinsi Bali.

Selain dijadikan tempat rekreasi, Kebun Raya Bali ini dijadikan tempat untuk melestarikan tumbuhan, sarana pendidikan serta tempat konservasi tumbuhan (botani). Didukung dengan letak kebun raya yang berada di dataran tinggi sekitar 1.240 m dari permukaan air laut dengan luas mencapai 157 hektar.



Tempat ini menawarkan pemandangan yang indah tak tertandingi. Menjadi kawasan wisata botani pertama dan terluas di Indonesia. Di sini pengunjung dapat melihat dan mengenal lebih dari 2.000 spesies tanaman yang akan bertambah setiap tahunnya. Adanya pembibitan dan penelitian tanaman akan semakin menambah koleksi tanaman di kebun raya ini.

Baca juga : Kenali Sejarah, Kunjungi Wisata Monumen Braja Sandhi Bali!

Menyenangkan bukan jika mengisi liburan dengan mengunjungi tempat wisata ini? Tentu, karena hawa dingin khas pegunungan akan menemani perjalanan Anda. Untuk itu jangan sampai lupa untuk mengenakan jaket. Bukan hanya mengenal dan melihat tanaman saja, selama berjalan-jalan pengunjung akan di temani kicauan burung. Sekurang-kurangnya ada 79 jenis burung yang mendiami Kebun Raya Bedugul ini.

Bagaimana cara menuju kawasan wisata alam Kebun Raya Bedugul Bali?


Kawasan wisata Kebun Raya Bedugul terletak di tengah pulau Bali. Jika dari Denpasar berjarak 60 km perjalanan dalam waktu 2 jam. Akses jalan dapat dilalui menggunakan kendaraan roda empat seperti mobil ataupun kendaraan roda dua seperti sepeda motor. Jalan menuju wisata alam Kebun Raya Bedugul Bali sudah bagus dan mudah untuk diakses. Untuk rutenya bisa dilihat di Maps berikut :



Akan tetapi jika ingin berkeliling di kawasan wisata Bedugul, disarankan untuk memakai kendaraan pribadi. Jika tidak memiliki kendaraan pribadi masih ada jalan lain, yakni dengan menyewa kendaraan (motor atau mobil). Menggunakan transportasi umum seperti taksi juga bisa. Akan tetapi sebaiknya jangan menggunakan angkutan umum karena dirasa kurang nyaman dan memakan banyak waktu. Hal itu karena jadwal keberangkatan yang dapat berubah sewaktu-waktu tak menentu.

Apa Saja Spot Wisata di Kebun Raya Bedugul Bali?


Ada beberapa spot menarik yang tidak boleh terlupakan ketika Anda berada di Kebun Raya Bedugul Tabanan. Selain keanekaragaman tanaman, ada spot wisata yang patut untuk Anda kunjungi. Diantaranya ialah candi Bentar, Ramayana Boulevard, dan Lake Beratan View (Danau Beratan). Setelah ketiga spot tersebut, Anda bisa berjalan lagi ke Traditioanal Balinese House (Rumah Tradisional Bali), Roses Garden, Usada Café, serta Botanival garden Bedugul.

Lantas apa yang dapat dijadikan sebagai daya tarik utama untuk memikat hati para wisatawan agar berkunjung ke tempat ini? Berikut ini jawabannya:

1.Pesona keindahan alam nya yang memukau dan telah menjadi salah satu hutan lindung di Indonesia

2.Keramahan penduduk local terhadap para wisatawan

3.Udara di Kebun raya Bedugul sangat sejuk

4.Adanya aktivitas Bali Treetop yang merupakan aksi petualangan yang berada di Botanical Garden Bedugul


Fasilitas Objek Wisata Alam Kebun Raya Bedugul Bali


Kebun Raya Bedugul telah dilengkapi berbagai fasilitas yang akan menunjang kepuasan para wisatawan. Diantaranya ialah sebagi berikut.

1.Dilengkapi dengan adanya perpustakaan yang menyediakan buku pengetahuan tumbuhan, pertanian, dan lainnya

2.Adanya lokasi parkir yang luas dan terjamin keamanannya

3.Jangan takut jika bingung akan kemana saja, objek wisata ini telah menyediakan jasa pemandu wisata

4.Jika Anda ingin bermalam dan merasakan sensasi tidur di dekat hutan, ada bebrapa penginapa yang tersedia di area Kebun Raya

5.Adanya toko souvenir yang menjajakan beragam oleh-oleh khas Kebun Raya Bedugul

6.Tersedianya café dan restoran yang menyajikan beragam makanan

7.Dilengkapi dengan wahana permainan dari ketinggian yang dapat memacu adrenalin.

Jam Buka Dan Harga Tiket Wisata Alam Kebun Raya Bedugul Bali

Objek wisata Kebun Raya Bedugul di buka mulai pukul 08.00 WITA hingga pukul 18.00 WITA. Wisata ini hanya libur ketika hari raya Nyepi. Itu artinya setiap hari wisatawan dapat berkunjung ke tempat ini.

Untuk memasuki kawasan kebun raya, wisatawan harus membeli tiket masuk terlebih dahulu. Tenang saja, harga tiket masuk cukup terjangkau di kantong. Untuk lebih jelasnya mari kita ismak ulasannya berikut ini.


Daftar harga tiket wisata Kebun Raya Bedugul dan biaya lainnya


1.Bagi wisatawan domestic akan dikenakan tariff masuk sebesar Rp 7.000,- setiap orang

2.Bagi wisatawan mancanegara yang berasal dari luar negeri dikenakan biaya Rp. 18.000,- setiap orang

3.Biaya parkir yang dikenakan bearagam tergantung dari jenis kendaraan. Parkir motor dikenakan biaya Rp. 3.000,- per motor serta Rp. 6.000,- untuk parkir mobil. Sedangkan tariff parkir bus akan berbeda lagi, yakni sebesar Rp. 12.000,- per bus.

4.Nah, bagi wisatawan yang tidak ingin capek berjalan kaki, telah disediakan mobil untuk berkeliling kebun raya. Anda akan dikenakan biaya tambahan sebersar Rp. 12.000,- per orang.

Baca juga : Wisata Taman Kupu Kupu Bali Wajib Anda Kunjungi

Demikian sedikit informasi terkait objek wisata Alam Kebun Raya Bedugul Bali. Semoga dapat menginspirasi Anda dalam menentukan tempat liburan menyenangkan dan mengasyikkan. Tunggu apa lagi? Jadikan wisata di kawasan Bedugul Bali sebagai salah satu tujuan wisata Anda! Segera ajak keluarga maupun sahabat Anda dan rasakan keindahannya!

0 Response to "Nikmati dan Rasakan Sensasi Wisata Alam Kebun Raya Bedugul Bali"