Pesona Wisata Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang

Pesona air terjun Niagara yang berada di Amerika memang sudah tidak diragukan lagi, air terjun Niagara merupakan air terjun yang sangat terkenal dan berkelas dunia. Untuk bisa mengunjungi juga tidaklah mudah karena memag dibutuhkaaan biaya yang cukup mahal. Untuk itu anda tidak usah jauh-jauh ke Niagara yang ada di Amerika di indonesi juga anda air terjun yang tidak kalah indahnya yaitu air trejun Tumpak Sewu. Lokasi Wisata Air Terjun Tumpak Sewu berada di Lumajang Jawa timur.

Air terjun tumpak sewu ini memiliki kesan keindahan seperti halnya anda menikmati air terjun Niagara yang ana di Amerika. Air trejun ini memiliki bentuk setengah lingakaran. Untuk ebh jelsnya anda bisa melihatnya melalui pos panorama yang suda disediakan. Selain anda bisa menikmati indahnya Wisata Air Terjun Tumpak Sewu anda juga bisa menikmati indahnya Goa tetas yang berada di ujung tangga. Anda bisa sekilas melihat keindahanya. Untuk leih jelas mengenai Wisata Air Terjun Tumpak Sewu silahkan simak pargraf selanjutya.


Asal Mula Adanya Wisata Air Terjun Tumpak Sewu


Adanya Wisata Air Terjun Tumpak Sewu ini merupakan insiatif dari salah satu warga yang ingin menggali potensi di desa Sidomulya ini. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan pendapatan msayarakat sekitar desa tersebut. Sebenarnya warga ingin mengelola Goa tetses tapi tidak disetujui oleh pemerinah akhirya harus pindah mencari lokasi lain. Setelah mengamati 10 air terjun yang berada kawaan Lumajang ini di temukannya air terjun yang menarik berbentuk setengah lingkaran.

Pada awalnya warga memang tidak setuju tempat tersebut dijadikan sebagai tempat wisata dikarenakan temat ini untuk mencari rumput. Setelah diadakan sosialisasi akhirya warga setuju untuk menjadiaknya Wisata Air Terjun Tumpak Sewu. Pada mulaya pengalolaan wisata ini menggunakan uang pribadi milik salah satu warga. Namun lama kelamaan pengolalan tersebut menggunakan uang sumbangan.

Air terjun ini diberi nama sebagai “Tumpak Sewu” dikarenakan Tumpak dalam bahasa jawa berarti Sabtu. Hari Sabtu ini berkaitan dengan akan dibukanya wsiata air terjun ini. Sedangkan “sewu” dia aratika sebagai sumber dari air terjun ini sangat banyak, bahkan sumer ini tdaik akan berkurang meskipun musim kemarau. Unik dan menarik bukan? Nah sejak saat itulah Wisata Air Terjun Tumpak Sewu ini dijadika temat wisata. Lebih tepatanya tanaggal 13 maret 2015.


Sekilas informasi Wisata Air Terjun Tumpak Sewu


Air terjun yang memiliki banyak aliran sehingga disebut tumpak sewu ini memiliki pesan dan keunikan tersendiri. Bahkan air terjun ini juga dibandingkan air terjun berkelas dunia yaitu air terjun Niagara yang ada di Amerika. Airnya mengalir dengan ketingian 120 meter. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa adanya air terjun ini memang belum lama. Adanya pengunaan teknologi informasi nilah yang mennjadian Wisata Air Terjun Tumpak Sewu ini mulai banyak di kenal oleh masyarakat.

Baca juga : Wisata Air Terjun Sedudo

Teknologi yang berupa media sosial ini memang menjadikan masyarakat bisa lebih mengetahui keindahna alam yana da di Inodnesia. Untuk menuju lokasi Wisata Air Terjun Tumpak Sewu ini anda harus menuruni tangga sejauh 800 meter. Untuk itu anda bsia meniatnay tana harus tergesa-gesa. Selain itu anda juga harus berhati-hati saat melewatinya karena bentuk permukaan tanah yang curam. Tapi di ujung tangga lelahnya terbayarkan dengan melihat keindahan Goa tetes. Aliran yang ada di Goa tetes unik karena menyerupai kristal. Sebelum ke Wisata Air Terjun Tumpak Sewu anda bisa menikmatinya terlebih dahulu.

Jalan Perjalanan Ke Wisata Air Terjun Tumpak Sewu


Jalan Menuju Wisata Air Terjun Tumpak Sewu cukup membutuhkan waktu dan tenaga. Jika anda berasal dari kota malang hanya membutuhkan waktu sekitar 2 jam. Anda bisa menggunakan rute kota malang menuju ke bululawang. Setelah itu menuju ke dampit –Tirtomulyo. Kemudiana sekitar 100 meter ada tugu perbatasan Malang dan Lumajang kemudian ada gang anda turun ke kana jalan. Setelah itu ikuti saja jalan tersebut untuk sampai ke lokasi. Alamat lengkap dari Wisata Air Terjun Tumpak Sewu yitu DesaSidomulya, kecamatan Ponojiwo, Lumajang Jawa Timur. Jika anda masih bingung anda dapat melihat rutenya di Mpas berikut :


Aktivitas Di Wisata Air Terjun Tumpak Sewu


Seteah anda sampai ke lokasi Wisata Air Terjun Tumpak Sewu makan bersaap-siaplah untuk melihat pemandangan yang indah dan mempesona yang telah di ciptakan untuk di nikmati keindahannya. Apa saja yang bisa anda lakukan di Wisata Air Terjun Tumpak Sewu ini anda bisa berhenti ke pos panorama. Dari tempat ini anda bisa melihat pemandangan air terjun yang unik dan juga menyegarkan untuk di nikmati. Air terjuanya tergolong unik karena bentuk air terjunya setengah lingkaran.

Bisa jadi air terjunya ini memiliki ciri khas tersendiri dibandingkan dengan air terjun lainnya. Air terjun setengah lingkaran ini benar-benar full air terjun dengan ketinggian ynag sama. Nah di pos panorama ini anda akan melihat secara jelas Wisata Air Terjun Tumpak Sewu yang berbetuk setengah lingkaran dengan jelas. Di pos ini anda juga memliki batas area untuk memotret ataupun nikmati Wisata Air Terjun Tumpak Sewu. Hal ini dikarenakan setelahnya terdapat jurang yang terjal. Tapi tenag saja, sudah ada pagar pembatas yang terbuat dari bambu.



Masih di area pos panorama ini anda bisa foto dengan latar belakang air terjun. Seperti halnya editan tapi kali ini benar-benar bakcground yang hidup. Selain itu anda juga bisa melakukan trekking menuju ke lembah air terjun. Ruteya ini memiliki cukup kehati-hatian dalam melewatinya. Anda akan melewati jalur jalan yang di keliling bambu yang cukup terjal yang menutupi air tereju yang kecil. Peralatan selanjutnya dibutuhka adanya guide atau pemndu.

Pemandu wistaa ini akan lebih memudahkan anda untuk sampai ke Wisata Air Terjun Tumpak Sewu dengan aman dan mendapatkan berbagai informasi lainnya. Selanjutnya anda akan melewati lemabh at terjun, tenpat ini di kelilingi oleh tebing-tebing yang menyegarkan dan anak sunga. Namun di tempat inilah anda akan melihat dan juga menikmati derasnya aliran air terjun. Selain menikmati wisata air terjun anda juga bisa menikmati agrowisata berupa buah salak.



Untuk anda yang ingin menikmati agrowisata salak ini bias langsung ke kebun-kebun warga sekitar. Untuk bisa menikmti agrowisata ini anda bisa menghubungi pengelola Wisata Air Terjun Tumpak Sewu. Wisata yang ingin di temani pemandu ini anda harus mengeluarkan biaya. Untuk biaya menikmati keindahna seluruhnya menyewa pemadu bukanlah suatu masalah bukan.

Baca juga : Wisata Air Terjun Madakaripura, Wisata Alam Yang Menyejukkan

Untuk bisa masuk ke Wisata Air Terjun Tumpak Sewu anda membutauhkan tiket. Harga Tiket Wisata Air Terjun Tumpak Sewu terbilang cukup murah hanya 10 ribu saja. Untuk anda yang berasal dari luar kota hindari untuk menuju Wisata Air Terjun Tumpak Sewu pada jam sore. Hal ini dikarenakan wisata ini tutup pada jam 3 sore. Jadi jika ingin berkunjung setidaknya di jam sebelum jma 3 sore agar anda tidak tergesa-gesa untuk menikmatnya.

0 Response to "Pesona Wisata Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang"