Sejuknya Wisata Air Terjun Sedudo Nganjuk

Wisata Air Terjun Sedudo terletak di Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. Air terjun ini terletak pada ketinggian 1.438 meter di atas permukaan laut dengan ketinggian air terjun sekitar 105 meter di kaki Gunung Wilis. Panorama Air Terjun Sedudo sangat menarik karena terletak di lereng Gunung Wilis, sebuah gunung tidak aktif yang terdiri dari 2552 meter (2552 meter) selatan Nganjuk. Ini memberi keanggunan dalam selimut udara yang dingin, sejuk, bersih & segar. Wisata air juga wisata ritual ini terus berlanjut sampai beberapa generasi, pemerintah Kabupaten Nganjuk Sedudo menempatkan air terjun sebagai simbol & primadona di wilayah ini. Air terjun Sedudo menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Perjalanan & menikmati air terjun sejuk Sedudo, dikelilingi angin pegunungan yang menenangkan, pastikan pengunjung betah menikmati suasana yang menyegarkan. Namun, setiap pengunjung masih diminta untuk waspada & berhati-hati saat cuaca buruk tiba-tiba terjadi. Pada titik ini dapat datang kapan saja dengan hujan deras & angin kencang.



Karena itu, jumlah pengunjung air terjun Sedudo sangat bergantung pada cuaca. Selain itu, lokasi rawan longsor & banjir. Dalam beberapa tahun terakhir, diperkirakan target penonton 87.000 orang yang hanya mengunjungi 43.000 orang. Pasalnya, situs Tur Air Terjun Sedudo ditutup pada bulan Februari sampai Mei karena cuaca buruk yang dapat membawa tanah longsor atau bencana lainnya. Tentu saja, keamanan pengunjung tetap yang terpenting.

Harga Tiket Masuk Wisata Air Terjun Sedudo


Biaya untuk mengunjungi obyek wisata alam air terjun sedudo tidak terlalu mahal. Harga tiket masuk wisata Air Terjun Sedudo sekitar Rp 2.500 tidak menguras kantong anda. Karena harga tiket yang murah inilah membuat pengunjung mancanegara maupun lokal domestik beramai-ramai datang berwisata. Anda dapat menggunakan kendaraan roda dua & empat roda. Dari ibukota Nganjuk, tepatnya dari kawasan Pendapa Nganjuk, jarak ke tempat air terjun sekitar 30 kilometer ke arah selatan. Jaraknya agak jauh.


Lokasi Air Terjun Sedudo


Lokasi wisata Air Terjun Sedudo terletak di Desa Ngliman, Kecamatan Sawahan, Kecamatan Nganjuk, Jawa Timur. Jika Anda mengunjungi situs tur ini, Anda dapat menikmati keindahan mandi besar yang meluncur dari puncak bukit. Di dalam objek wisata ini, pengunjung dapat melihat wisata alamnya dan pertunjukan budaya yang didatangkan dari masyarakat setempat. Pada setiap bulan Suro (bulan pertama kalender Jawa) ada banyak sekali pengunjug yang datang untuk menyaksikan kirap budaya tahunan. Kepercayaan masyarakat sekitar masih yakin bahwa ada semacam kekuatan supranatural yang terdapat di kawasan air terjun ini Air Terjun Sedudo akan membawa berkah muda bagi mereka yang mandi di air terjun bulan ini.

Baca juga : Pesona Wisata Air Terjun Tumpak Sewu

Upacara yang dilakukan setiap malam Suro oleh masyarakat sekitar dikenal denagn Parna Prahista. Ritual ini memandikan patung kemudian menaburkan sisa air ke anggota keluarga untuk menerima berkah keselamatan & awet muda. Sejauh ini, pemerintah Kabupaten Nganjuk terus membudayakan ritual "Mandi Sedudo" setiap Tahun Baru Jawa. Karena letak air terjun di lereng Gunung Wilis, wisatawan dapat menikmati atau bahkan mendaki panorama Gunung Wilis.

Jalan menuju Air Terjun Sedudo


Wisatawan yang ingin mengunjungi air terjun Sedudo dapat mencapai kota Nganjuk dari Surabaya atau Yogyakarta. Dari Surabaya, Nganjuk + berjarak 110 km, sedangkan dari Yogyakarta + 200 km. Perjalanan dapat di tempuh dengan kendaraan umum (bis) maupun kendaraan pribadi.



Dari kota Nganjuk wisatawan harus melaju hingga 30 km ke arah selatan ibukota. Rute transportasi ke tempat wisata itu bagus, karena jalannya mulus. Karena lokasinya di gunung, bagaimanapun, jalan menuju Air Terjun Sedudo meluncur naik turun & angin kencang. Kondisi jalan seperti ini akan sulit diatasi dengan angkutan umum seperti bus. Karena itu, jika Anda berniat melakukan perjalanan ke air terjun Sedudo, Anda harus menggunakan kendaraan non-bus 4x4 (kendaraan pribadi).

Untuk rutenya anda jangan khawatir, karena lokasi tempat wisata ini sudh terjangkau oleh Google Maps. Jadi anda dapat memanfaatkan smartphone anda untuk membuka Google Maps berikut :


Akomodasi & fasilitas di Air Terjun Sedudo


Wisatawan yang membutuhkan akomodasi dapat menyewa hotel yang terletak di dekat air terjun. Jika Anda ingin membeli suvenir di dekat air terjun, ada juga pedagang yang menjual souvenir khususnya baju kaos bergambar keelokan air terjun Sedudo. Ada juga oleh-oleh khas daerah pegunungan, seperti sayuran & buah-buahan (seperti jeruk, durian & pisang).

Mitos Air Terjun Sedudo


Selain keindahan alam dalam setelan pendinginan udara sejuk & segar, Air Terjun Sedudo juga memiliki mitos yang menangkap keyakinan penduduk sekitar. Dikatakan bahwa siapa saja yang mandi di kolam atau di bawah air terjun dapat menerima berkat keselamatan, muda, sembuh dari rasa sakit yang dideritanya & naik pangkat.

”Penduduk setempat mempercayai air terjun ini bisa menyembuhkan berbagai penyakit. Siapa pun yang mandi di sini akan bisa awet muda,” kata Darta, warga desa setempat. Mau percaya atau tidak, tetapi pasti jelas pada bulan Suro, ratusan warga berdatangan & mandi, baik di kolam maupun di bawah air terjun Sedudo. Bahkan banyak pejabat tinggi negara di tingkat pusat & daerah rela mandi tengah malam dengan berbagai macam niat & keinginan mereka.



Banyak pejabat negara & juga pejabat provinsi yang kesini untuk sekedar mandi di bawah air terjun dikala tengah malam,” imbuh Kepala Dinas Kebudayaan & Pariwisata Kabupaten Nganjuk Lies Nurhayati beberapa saat lalu. Wisata Air terjun Sedudo sudah menjadi primadona objek wisata alam & ritual di kota Nganjuk. ”Selain bulan Sura, pada malam Jumat Legi juga banyak pengunjung yang datang & mandi di sini. Pulangnya mereka membawa air Sedudo,” kata Siti Rahayu (36), pedagang makanan & minuman di lokasi itu.

Kisahnya juga pada zaman Majapahit, air terjun ini diberitakan selalu dipakai untuk mencuci senjata milik raja & patung pada upacara Prana Prathista. Kabarnya juga, patih Mahapatih Gajah Mada konon menggunakan lokasi air terjun untuk menggembleng prajuritnya. Sungguh indah air terjun sedudo dan kisah cerita rakyatnya. Namu ada sesuatu hal yang membuat gusar pengelola dan penduduk setempat sebab pengelola kesulitan untuk mengembangkan lebih lanjut karena struktur tanah di lokasi itu labil dan mudah longsor.

”Sudah tidak memungkinkan untuk memperluas fasilitas yang ada. Oleh sebab itu, kami lebih fokus pada objek wisata alam dan ritualnya,” kata Lis Nurhayati.

Baca juga : Keindahan Pesona Dari Wisata Air Terjun Kakek Bodo

Sepanjang mitos air terjun Sedudo hidup di masyarakat, masih ada harapan objek wisata ini akan langgeng dikunjungi orang. Tapi sejalan dengan kemajuan masyarakat perlu dipikirkan juga langkah untuk menjaga agar objek wisata ini tak ditinggalkan masyarakat. Namun yang jelas, air terjun Sedudo telah mensejahterakan kehidupan warga sekitar, seperti Darta. Mereka mengais rezeki dari lokasi itu untuk kehidupannya. Jadi mari kita bersama-sama menjaga kelangsungan dan kelestarian Alam di kawasan wisata air terjun sedudo ini.

0 Response to "Sejuknya Wisata Air Terjun Sedudo Nganjuk"