Sensasi Wisata Air Terjun Ngadiloyo, Surga Berundak Di Magetan

Liburan akan terasa kurang bermakna jika tak Anda manfaatkan untuk berwisata. Wisata alam menjadi pilihan terbaik bukan? Ya, dengan melihat keindahan alam yang menggiurkan fikiran akan kembali segar dan bugar. Jalan-jalan ke objek wisata air terjun tidak ada salahnya untuk kalian coba. Wisata ini semakin diminati. Terbukti setiap tahun total wisatawan semakin bertambah, baik wisatawan local maupun dari luar daerah.

Saat ini telah banyak air terjun yang telah dikelola dan dijadikan destinasi wisata. Malah hampir di seluruh wilayah Indonesia menjadikan air terjun sebagai objek wisata unggulan daerahnya. Salah satunya ialah wisata air terjun ngadiloyo yang berada di kawasan Gunung Lawu bagian selatan, tepatnya di Kabupaten Magetan.



Air terjun yang berada pada ketinggian 600 mdpl ini menyuguhkan wisata alam yang masih alami. Terlihat air terjun mengalir setinggi 50 meter melewati beberapa undakan yang berakhir pada kolam air di bawah. Menjadi tumpuan dari derasnya air yang turun. Disamping kiri dan kanan terlihat hamparan hutan pinus yang hijau nan rindang. Semakin menambah kesejukan dan keasrian tempat ini.

Objek wisata air terjun ngadiloyo sangat cocok untuk Anda kunjungi. Anda dapat memanfaatkan tempat ini untuk menyegarkan badan dan berlibur bersama keluarga. Keindahan air dan pepohonan yang ditawarkan, bisa anda nikmati dari jarak dekat maupun jarak jauh.

Dimana Lokasi Wisata Air Terjun Ngadiloyo?


Anda ingin berlibur ke Magetan dan merasakan keindahan air terjun berundak? Tentu Anda harus tahu lokasi wisata air terjun Ngadiloyo. Letak tempat ini berada di Ngluweng, Desa Ngancar, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Berjarak sekitar 15 km dari pusat pemerintahan Magetan dan berada kurang lebih 2,5 km dari wisata Telaga Sarangan.

Untuk sampai di air terjun Ngadiloyo, Anda harus melewati Telaga Sarangan. Rute jalan menuju wisata air terjun ngadiloyo sangatlah mudah. Dari Telaga Sarangan berjalanlah pelan hingga sampai di Monumen Pesawat Tempur. Dari situ akan nampak gapura selamat datang yang berada di samping monument. Masuklah sekitar 2 km maka Anda akan menemukan loket masuk air terjun ngadiloyo.



Jika sudah sampai loket, persiapkan baik-baik kaki Anda. Mengapa demikian? Tentu untuk menuju surga berundak Magetan, Anda akan membutuhkan banyak tenaga untuk berjalan kaki melewati dua tangga yang mengapit air terjun.

Menempuh jalan setapak sekitar 2.000 m untuk mencapai lokasi tidak akan terasa melelahkan. Di sepanjang perjalananan Anda akan disuguhkan dengan pesona air terjun yang berada di tengah-tengah hutan milik perhutani. Lelah kaki akan terbayar ketika Anda sampai di lokasi air terjun. Di tempat ini Anda dapat bermain air sembari menikmati udara pegunungan yang masih terjaga kesejukannya.

Rute Perjalanan Menuju Wisata Air Terjun Ngadiloyo


Tak perlu khawatir tersesat jika akan berkunjung ke wisata ini karena ada banyak cara yang dapat Anda lakukan. Apabila tidak memiliki kendaraan pribadi tak usah takut, Anda dapat menggunakan jasa angkutan umum. Akan tetapi lebih disarankan menggunakan kendaraan sendir agar lebih efisien dan menghemat waktu tempuh. Mengingat jam terbang angkutan umum yang hanya sampai sore.

Nah, jika Anda dari Jawa Tengah ada dua rute yang dapat ditempuh. Rute pertama ialah melalui Karanganyar menuju Solo. Melewati Cemoro Sewu Gunung Lawu sampailah ke Magetan. Jalur kedua melalui Maospati lalu Magetan dan terakhir Telaga Sarangan.



Jika Anda bertolak dari Surabaya. Anda dapat menempuh rute dari Surabaya ke Mojokerto, kemudian Jombang sampai Kertosono. Setelah itu tiba di Nganjuk, sampai Ngawi atau Madiun. Ambil arah ke Magetan lalu sampailah ke telaga Sarangan.

Sedangkan apabila Anda dari arah Ponorogo, Anda dapat menempuhnya melalui dua rute yaitu dari Madiun dan Ngawi. Rute dari kedua arah tersebut sama hanya start perjalanannya yang berbeda. Jalanlah dari Ngawi/ Madiun ke Magetan kemudian Telaga Sarangan.

Jika anda masih bingung dengan lokasi wisata ini, anda dapat melihatnya di Maps berikut :



Sepanjang perjalanan Anda akan disuguhkan dengan pemandangan hijau dari gunung lawu. Tidak perlu khawatir, jalanan sudah bagus dan beraspal. Hal penting yang perlu Anda persiapkan ialah kondisi badan prima saat menyetir. Selain itu yang tak kalah penting ialah kondisi kendaraan Anda.

Fasilitas Pendukung Objek Wisata Ngadiloyo


Bermacam fasilitas telah disediakan oleh pengelola untuk menunjang kenyamanan pengunjung. Seperti halnya toilet serta musholla untuk beribadah. Ditambah lagi toko oleh-oleh khas Ngadiloyo serta warung makan. Lidah Anda akan dimanjakan dengan masakan khas daerah Magetan, yakni olahan kelinci. Sate kelinci akan melengkapi wisata sekaligus mengobati rasa lapar setelah menempuh perjalanan panjang.

Terlebih lagi adanya tempat parkir yang luas dan terjaga akan menjamin keamanan kendaraan. Semakin komplit dengan adanya area bermain outbond dan juga area perkemahan.

Baca juga : Indahnya Wisata Air Terjun Toroan Sampang

Tidak jauh dari lokasi air terjun ada beberapa tempat wisata lain yang bisa Anda kunjungi. Diantaranya ialah pesona Telaga Sarangan, keindahan Kolam Banyu Biru, serta keeksotisan cemara sewu. Air terjun dengan ketinggian 50 m ini disebut juga air terjun Tirtosari.

Apa Hal Menarik Dari Air Terjun Ngadiloyo?


Daya tarik utama dari wisata air terjun Tirtosari terletak pada pesona pemandangan alamnya. Air terjun ini tak kalah indahnya dengan wisata Magetan yang lain. Berikut daya tarik yang dimiliki oleh wisata air terjun Ngadiloyo untuk mengikat para wisatawan.

Pertama, keindahan hamparan perkebunan sayur dan buah milik warga. Anda dapat meilhat pemandangan warna-warni yang dihasilkan oleh berbagai macam tanaman tersebut. Keindahan semakin lengkap dengan adanya pepohonan di kanan kiri air terjun. Tentu semakin menentramkan hati orang yang mengalaminya.

Kesejukan akan terasa dari hutan pinus di sekitarnya. Ditambah lagi desiran air terjun yang begitu jelas terdengar di telinga. Mengalir deras menyusur tangga undakan. Panorama indah terpapar jelas ketika Anda berada tepat di depan air terjun. Terlebih lagi adanya spot-spot area berfoto di tepian air terjun akan dapat mengabadikan kenangan Anda.Tentu hal ini akan membuat Anda betah untuk berlama-lama disini, dan enggan untuk beranjak ke tempat lain.


Harga Tiket Wisata Air Terjun Ngadiloyo


Tertarik untuk menjadikan air terjun Tirtosari Ngadiloyo sebagai salah satu destinasi wisata Anda? Maka ada baiknya Anda lebih dahulu mengetahui harga tiket masuknya.

Untuk menikmati pesona air terjun berundak, tak perlu merogoh kocek dalam. Hal itu dikarenakan setiap orang hanya dikenakan biaya masuk sebesar Rp 7.500,- . Sangat murah sekali. Berwisata tak melulu harus mahal. Nyatanya dengan biaya kecil pun kita sudah dapat menikmati wisata alam yang menyegarkan.

Baca juga : Indahnya Wisata Air Terjun Putuk Truno

Nah, air terjun yang sangat menarik dan wajib untuk didatangi bukan? Kapan Anda akan berkunjung ke wisata air terjun ngadiloyo? Jangan lupa jadikan objek wisata ini sebagai tujuan wisata Anda! Rasakan segera kesegaran, kesejukan, dan juga keindahan alam yang disuguhkan! Ajak keluarga serta sahabat berkunjung bersama, pasti akan menjadi moment liburan yang menyenangkan sekaligus mengasyikkan!

0 Response to "Sensasi Wisata Air Terjun Ngadiloyo, Surga Berundak Di Magetan"

Posting Komentar