Serunya Bermain di Wisata Jatim Park 1 Malang

Wisata jatim park 1 Malang – Kota Batu adalah objek wisata utama yang menjadi iconic kota Malang. Banyak sekali destinasi wisata di kota tersebut yang dapat dijadikan sebagai tujuan wisata. Kota Batu sendiri terletak di pegunungan, sehingga udara di sana terasa dingin. Bagi yang belum terbiasa, kulit tubuh dan bibir akan mengalami kekeringan sebagai proses adaptasi. Kota Batu sudah dibangun sedemikian rupa guna mendongkrak kota tersebut menjadi kota wisata. Beragam hotel, villa, dan penginapan telah ada untuk menampung wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Salah satu destinasi wisata yang dapat dikunjungi adala jatim park 1. Jatim park sendiri sudah memiliki 3 cabang, namun pada kesempatan kali ini, mari kita bahas tentang jatim park 1 terlebih dahulu. Traveling atau jalan-jalan adalah hal menyenangkan bagi banyak orang. Berbagai macam pengalaman serta sensasi akan didapatkan. Ketika jalan-jalan apalagi ke tempat yang baru, kita akan menjumpai orang yang bermacam-macam, itu akan menjadi pengalaman baru yang tak dapat terbayar dengan apapun. Ada berbagai macam kendala ketika seseorang memutuskan ingin pergi jalan-jalan, yang paling utama adalah soal kesediaan dana. Jangan khawatir, tidak perlu berkecil hati ataupun sedih sebab kantong tipis. Dengan berbekal niat dan tekad yang kuat, keinginan untuk jalan-jalan atau traveling akan terwujud. Salah satu cara untk mewujudkannya adalah dengan menjadi backpacker. Bisa solo backpacker bila Anda memiliki keberanian untuk menjelajah sendirian, atau mengajak salah satu teman agar tak terlalu sepi.



Backapacker adalah cara jalan-jalan dengan modal yang sedikit, katakanlah hemat. Biasanya backpacker yang menyukai tantangan tak menyewa agen untuk mengurus perjalanannya, tapi ia memilih transprtasi sendiri, tempat menginap sendiri, makan dan tiket masuk wisata sendiri. Backpacker tak membawa banyak barang dalam perjalannya, hanya satu ransel saja yang melekat di punggung. Bisa dibayangkan, dalam satu ransel barang apa saja yang muat. Sudah pasti baju yang dibawa hanya seperlunya saja, barang kebutuhan pribadi juga terbatas hanya pada yang benar-benar perlu. Itulah sedikit mengenai berwisata dengan cara backpacker yang akan menjadikan kantong Anda lebih aman.

Lokasi Jatim Park 1


Kembali lagi ke wisata jatim park 1 Malang, semua kalangan baik anak-anak, remaja hingga dewasa sangat bisa untuk memasuki taman bermain ini. Lokasi wisata jatim park 1 ini terletak di jalan kartika 2 kota Batu. Wisata ini adalah wisata keluarga di daerah Jawa Timur. Untuk mencapai lokasi wisata ini tidak terlalu rumit, hanya 2,5 kilometer jauhnya dari pusat kota Batu sendiri. Jalanan menanjak dan agak melingkar akan membuat pengunjung mual akibat tidak terbiasa. Luas taman bermain jatim park sebesar 22 hektar, karena letaknya yang di pegunungan yakni 850 meter di atas permukaan laut, hawa dingin dan agak basah akan menghampiri tubuh Anda. Untuk letak yang lebih jebasnya anda dapat melihatnya di maps berikut :



Dalam setiap perjalanan bahkan perjalanan liburan sekalipun, banyak pengalaman baru akan di dapat. Selain pengalaman, pengetahuan pun akan di dapat. Begitu pula ketika mengunjungi kota Batu dan tentu saja jatim park. Taman bermain ini memiliki setidaknya 36 jenis area fasilitas yang dapat dinikmati. Memasuki jatim park untuk pertama kali, pengunjung akan disambut dengan galeri nusantara yang berisikan gambar-gambar yang berunsur budaya dari seluruh derah di Indonesia. Selanjutnya akan ada taman sejarah, yang mayoritas berisikan miniatur candi serta cagar budaya dari Jawa Timur sendiri. Contohnya candi Sumberawan dan rumah-rumah adat khas Jawa Timur.

Baca juga : Backpacker ke Jogja: Wisata Sindu Kusuma Edupark

Fasilitas lainnya yang dapat dijajal oleh pengunjung adalah argo park. Dari namanya saja sudah jelas bahwa argo park adalah kawasan yang berhubungan dengan hasil alam. Argo park berisikan hasil panen kebun berupa buah dan sayuran. Terdapat pula diorama hewan serta berbagai macam mainan sederhana lainnya. Pada intinya, objek wisata ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai tujuan wisata keluarga dan anak. Pada musim liburan sekolah, rombongan study tour dari berbagai macam daerah serta jenjang banyak berdatangan.

Fasilitas yang ada di jatim park 1


Jatim park dikelola dengan sangat baik, berbagai fasilitas wisata jatim park 1 Malang tersedia untuk menunjang kebutuhan para pengunjung agar lebih nyaman dan betah. Beberapa fasilitas tersebut adalah kamar mandi yang bersih dan banyak tersedia di berbagai titik lokasi area wisata bermain. Pengunjung yang sewaktu-waktu membutuhkan dapat menggunakan kamar mandi tersebut.



Selanjutnya ada food court, sekedar informasi bahwa pengunjung tidak boleh membawa makanan ataupun minuman dari luar. Hal tersebut selain dikhawatirkan akan mengotori area wisata juga untuk mencegah pengunjung memberikan makanan secara asal kepada beberapa hewan yang terdapat di dalam jatim park. Tersedia food court yang dapat pengunjung singgahi bila merasa lapar ataupun haus. Foodcourt ini juga sekaligus sebagai tempat istirahat bagi pengunjung yang lelah berkeliling.

Terdapat pula toko souvenir untuk membelikan oleh-oleh dan cinderamata untuk dijaikan kenang-kenangan. Seperti kaos, topi, gantungan kunci dan lain-lain. Musholla, tempat parkir yang luas serta gazebo untuk bersantai semua tersedia di jatim park 1.


Tak pernah kehabisan spot foto


Mengunjungi jatim park, pengunjung akan menjumpai banyak spot foto menarik yang sayang untuk dilewatkan. Bagi Anda yang menyukai aktifitas foto-foto, di jatim park 1 ini ada banyak sekali spot foto instagramable. Berbagai wahana keren dapat dijadikan sebagai backgrund foto. Selain itu, letak jatim park yang berada di ketinggian membuat panorama semakin keren dengan pemandangan laut dan alam yang asri. Terdapat replika tulang dinosaurus besar serta bianglala raksasa yang mirip dengan yang ada di Hongkong.


Harga tiket dan jam buka


Jatim park mulai buka dengan jam yang cukup pagi, yakni pukul 8.30 dan tutup pada pukul 16.30. waktu yang sangat panjang apabila menghabiskan jam buka sampai jam tutup taman bermain jatim park. Harga tiket wisata jatim park 1 Malang sangat terjangkau, yakni 60.000 rupiah pada hari biasa dan 80.000 pada akhir pekan atau hari libur lainnya. Beruntung bagi anak-anak yang memiliki tinggi kurang dari 85 cm karena akan digratiskan untuk tiket masuk.

Baca juga : Ke Jogja Jangan Lupa Mengunjungi Wisata Taman Pelangi Jogja

Wisata jatim park 1 Malang akan melelahkan bila mengunjunginya dalam kndisi tubuh yang tidak fit. Siapkan stamina yang cukup sebelum berlibur ke jatim park 1, mengingat lokasi wisata yang sangat luas dan lebar. Pasti melelahkan bila berkeliling seharian. Selalu awasi anggota keluarga atau kawan yang ikut berlibur agar tetap terpantau dan jauh dari bahaya. Jangan lupa untuk mengambil peta yang disediakan agar selalu tau di mana keberadaan diri sendiri. memiliki peta atau denah lokasi wisata juga bertujuan agar pengunjung bisa merencanakan kemana selanjutnya mereka akan berjalan. Bila tak mendapatkan peta, biasanya denah akan banyak terpampang di banyak titik lokasi wisata, selalu perhatikan juga tanda-tanda atau rambu-rambu pada setiap wahana dan tempat yang tersedia. Akhir kata, itulah tadi sedikit ulasan mengenai jatim park 1, semoga dapat membawa sedikit manfaat bagi pembaca.