Unik dan Menariknya Wisata Dusun Bambu Bandung

Tidak berlebihan jika sejak zaman kolonial Belanda, Bandung disebut-sebut sebagai Paris Van Java yang berarti “Paris dari Jawa”, hal ini tidak terlepas dari keindahan alam dan kesejukan udara yang menjadi ciri khas Bandung. Memang, bandung menyimpan banyak keindahan wisata yang menarik, salah satu wisata unggulan yang banyak digemari saat ini adalah Wisata Dusun Bambu Bandung. Sebuah destinasi wisata dimana berada di kaki Gunung Barungrang Cisarua, Lembang.

Wisata Dusun Bambu Bandung merupakan area wisata yang memadupadankan banyak paket wisata, seperti restaurant, villa, pasar khatulistiwa, campingn ground, tegal pangulinan, taman, area bermain, dan lain sebagainya. Bahkan karena terobosan yang ditawarkan, wisata satu ini di proyeksikan menjadi salah satu distinasi ekowisata Jawa Barat. Karena beragamnya pilihan destinasi wisata dalam satu area, jadi kamu bisa melakukan banyak aktivitas dan menikmati beragam pilihan wisata dalam sekali liburan, sebuah pengalaman yang sulit dilupakan.



Wisata Dusun Bambu Bandung dikenal oleh masyarakat secara luas pada awal tahun 2014 lalu. Konsep destinasi yang unik menjadikan tempat wisata ini berhasil menyita perhatian penggila destinasi wisata dalam waktu cepat. Selain itu, area wisata sangat luas, menjadikan setiap destinasi wisata tersaji dengan baik, dijamin kamu tidak akan rugi bila mengunjungi wisata satu ini.

Keunikan Wisata Dusun Bambu Bandung


Banyak pengalaman menarik yang bisa kamu dapatkan saat berkunjung ke Wisata Dusun Bambu Bandung, bahkan dari area parkir saja, kamu sudah disajikan pemandangan sawah nan asri dengan jejeran gazebo unik. Jarak yang cukup jauh antara parkiran dengan tempat wisata menjadi tawaran pemandangan menarik awal bagi setiap pengunjung. Jika kamu tidak suka berjalan kaki, tersedia shuttle secara gratis yang berangkat 5 menit sekali. Shuttle ini sendiri dihiasi berbagai macam bunga warna warni, jadi selama perjalanan kamu bak raja atau ratu yang sedang menaiki kereta kencana.

Destinasi wisata satu ini banyak memiliki keunikan, salah tau keunikan Wisata Dusun Bambu Bandung adalah wisata kuliner. Terdapat tiga area kuliner; Restoran Purbasari, Lutung Kasarung, dan Cafe Burangrang. Restoran Purbasari berada tepat di samping danau berupa saung-saung kecil yang mengitari danau, tambahan spot ini menjadikan danau terlihat sangat cantik. Kamu bisa menikmati berbagai masakan tradisional sunda sembari lesehan menikmati indahnya danau.



Sementara Cafe Burangrang juga berada di salah satu sisi danau, bedanya di cafe ini menu yang tersedia lebih beragam, mulai hidangan lokal (kopi dan bandrek hangat khas Bandung), hidangan nusantara, Asia, hingga westren food dengan harga sangat terjangkau, Menikmati sajian cafe dengan pemandangan danau menjadi nilai tersendiri yang sulit kamu lupakan.

Ada juga Area Lutung Kasarung, merupakan tempat makan yang berada di ketinggian, bentuk setiap ara makan didesain menyerupai sarang burung, konsep ini terinspirasi dari kisah binatang yang suka bergelantungan, dikenal dengan sebutan Lutung Kasarung. Makan ditempat ini menjadikanmu memiliki pengalaman makan diketinggian dengan nuansa alam. Setiap tempat makan dihubungkan dengan platform yang bisa kamu gunakan untuk mengitari area tempat makan sembari menikmati keindahan alam. Saat awal dibuka, area lutung kasarung menjadi tempat makan favourite pengunjung karena sangat bagus digunakan sebagai spot selfie.

Bila kamu ingin menikmati makanan lebih murah juga merakyat, kamu bisa mengunjungi Pasar Khatulistiwa, area yang menyerupai pujasera dengan beragam menu makanan rumahan. Selain menu yang tersedia sangat banyak, harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau. Dipasar ini juga terdapat berbagai macam buah-buahan, aneka produk kerajinan khas bandung yang sangat cocok dijadikan sebagai oleh-oleh bagi keluarga di rumah.



Tidak hanya kuliner, di Wisata Dusun Bambu Bandung juga terdapat taman, yaitu Taman Arimbi. Taman ini berbentuk memanjang mengitari lokasi wisata dengan aliran sungai kecil di tengahnya. Area ini sangat cocok bagikamu untuk menghabiskan waktu bermain bersama pasangan maupun keluarga. Penataan bunga yang rapi menjadikan taman ini sangat cocok dijadikan tempat berfoto selfie.

Baca juga : Explore Wisata Alam Kalibiru

Selain wisata, Wisata Dusun Bambu Bandung menyediakan area bermain atau melakukan aktivitas ringan, seperti playground, seni melukis kaos, area booth permainan, area sawah, menelusuri danau dengan parahu kecil, dan aktivitas lainnya. Bagi kamu yang suka menikmati malam dengan tidur di alam, juga tersedia area kemah di Dusun Bambu, pilihan ini akan memberikan pengalaman tersendiri bagi para petualang.

Lokasi Wisata Dusun Bambu Bandung


Lokasi Wisata Dusun Bambu Bandung berada di Jalan Kolonel Masturi, KM 11, tepatnya Jl. Kertawangi, Cisarua, Bandung Barat. Tempat ini sangat mudah untuk dijangkau, baik melalui arah Bandung maupun Lembang. Sayangnya, destinasi wisata menarik satu ini hanya buka 3 hari saja selama sepekan, yaitu pada hari jumat, sabtu, dan minggu. Kamu bisa berkunjung dari pukul 09.00 Wib sampai dengan pukul 21.00 Wib.

Jalan Menuju Wisata Dusun Bambu Bandung


Lokasi destinasi yang sangat strategis menjadikan kamu memiliki banyak alternatif jalan menuju Wisata Dusun Bambu Bandung yang bisa melalui jalan utama. Jalan alternatif ini sangat cocok saat jalan utama terjadi macet atau kondisi lainnya.

Berikut jalan menuju wisata dusun bambu bandung;

  • Dari rute Bandung, dilanjutkan ke Ledeng, lalu ke Lembang, dan Parongrong, kemudian berakhir di lokasi wisata. Rute ini merupakan rute utama yang sering digunakan dan mudah ditemui.

  • Rute Bandung, dilanjutkan ke Ledeng, kemudian berbelok menuju Jl. Sersan Bajuri, lalu ke Parongrong, dan lokasi wisata. Rute ini berada satu jalan dengan wisata favourite lain di Bandung, yaitu kampung daun, kampung gajah, dan wisata menarik lain.

  • Rute Cimahi, dari Cimahi dilanjutkan ke Jl. Cihanjuang, dan menuju Parongpong, kemudian berakhir di lokasi wisata.

  • Rute alternatif dari arah Bandung, dari Bandung dilanjutkan ke Jl. Gegerkalong Girang, belok menuju Jl Cihanjuang, kemudian Parongpong, dan menuju lokasi wisata.

jika anda masih bingung dengan rute tersebut, anda dapat melihat di maps berikut ini :


Harga Tiket Wisata Dusun Bambu Bandung


Harga Tiket Wisata Dusun Bambu tergolong murah, tiket masuk seharga Rp 15.000 rupiah setiap orangnya. Sementara, bagi pengunjung dibawah tiga tahun digratiskan. Nominal ini sangat sesuai dengan keindahan alam yang ditawarkan. Parkir kendaraan juga murah, misal parkir motor hanya Rp 5.000 rupiah, mobil Rp 10.000 rupiah, dan bus Rp 25.000 rupiah. Tarif parkir ini tergolong murah jika dibandingkan dengan tempat destinasi lain di area Bandung.


Penginapan di Wisata Dusun Bambu Bandung


Wisata dusun bambu bandung juga menyediakan berbagai pilihan penginapan, mulai dari villa, atau area glamping yang membentang luas. Untuk villa, harga yang ditawarkan tergolong mahal, namun demikian hal tersebut sesuai dengan fasilitas yang ditawarkan dimana sangat lengkap, kelas hotel premium. Sementara untuk area glamping sangat cocok bagi kamu yang menyenangi bermalam di alam. Bermalam di tempat wisata ini akan memberikan kesan berbeda, yaitu pengalaman menikmati danau dengan suasana khas.

Baca juga : Menikmati Keindahan Wisata Situ Patenggang Bandung

Nah, itulah ulasan tentang Wisata Dusun Bambu Bandung, bagi kamu yang menyukai wisata alam dengan konsep unik dan menarik, destinasi wisata satu ini sangat cocok untuk kamu kunjungi dimusim liburan selanjutnya.

0 Response to "Unik dan Menariknya Wisata Dusun Bambu Bandung"