Wisata Air Terjun Kandung Patut Anda Kunjungi

Anda tinggal di daerah Jawa Timur? Atau ingin menghabiskan waktu liburan di Jawa Timur? Nah, tidak ada salahnya jika anda memilih Tulungagung sebagai tempat berlibur anda. Mungkin banyak yang belum tahu menahu mengenai wisata Air Terjun Kandung di tulungagung. Padahal sekarang ini banyak bermunculan wisata baru.

Jawa timur sangat terkenal dengan produkasi marmer dengan wilayah terdiri dari daratan lebih luas. Tempat ini memiliki wisata pantai yang mempesona dan pegunungan yang eksotid Salah satu tempat terasyik dan eksotos di Tulungagung yaitu tentang air terjunnya.



Tidak lengkap rasanya jika anda sudah mengunjungi tulungagung tetapi belum mengunjungi air terjun disana. Apalagi dengan wisata tulungagung yang ada baru-baru ini. Dengan wisata yang beraneka ragam, tentu wisata ini sangat coock untuk anda nikmati bersama keluarga atau teman anda. Salah satu wisata air tejun yang terkenal yaitu Air Terjun Kandung. Tentu anda tidak asing dengan nama wisata air ini bukan?

Letak Wisata Air Terjun Kandung


Lokasi Wisata Air Terjun Kandung terletak di kecamatan rejotangan, Kapuoaten Tulungagung. Untuk sampai di lokasi tersebut, anda membutuhkan waktu kurang lebih satu jam dari kota tulungagung. Jarak kota tulungagung sampai di wisata ini sekitar 28 kilometer. Seadngkan jika darikota Blitar sekitar 30 kilometer. Sesampai di sana, anda akan disambut dengan suasan alami khas hutan dengan udara yang sejuk.

Harga Tiket Masuk Wisata Air Terjun Kandung


Anda tidak perlu memikirkan biaya masuk pada wisata ini. Untuk tiket masuk wisata air terjung kandung tidak perlu bayar alias gratis. Jadi kantong anda akan aman-aman saja. Disana anda hanya cukup membayar biaya parkirnya saja. Meskipun wisata ini terletak di tengah hutan, tetapi air terjun kandung letaknya tidak terlalu jauh dengan pemukiman warga setempat. Kendaraan bermotor yang anda gunakan bisa di titipkan di pemukiaman warga tersebut.


Wisata Air terjun Kandung yang Elok


Wisata air ini berhasil memikat wisatawan karena keindahannya. Wosatat air terjun Kandung merupakan salah satu dari sekian banyak destinasi wisata yang ada di Tulungagung, keindahan alam di sekitar lokasi begiru mengagunkan dan masih begitu alami. Tidak banyak orang yang tahu mengenai tempat ini. Mereka hanyak sering mendengar mengenai keindahan air terjun kandung ini saja. Salah satu penyebabnya yaitu akses jalan masih belum mendukung.

Jika anda telah sampai di wisata air terjun ini, anda akan terpesona mulai dari air yanh jatuh dari ketingggian yang menggenangi sebuah kolam di bawahnya. Nah di bawah ini and abisa berenang atau melompat dari batu satu ke batu lain yang ada disekitar air terjun. Jika anda belum pintar dalam berenang, atau anda tidak bisa berenang, kami sarankan untuk tidak berenang disana. Karena kedalam kolamnya termasuk dalam. Kedalaman mencapai 4 hinggga 6 meter.

Baca juga : Sensasi Wisata Air Terjun Ngadiloyo, Surga Berundak Di Magetan

Meskipun tidak bisa berenang, anda tetap bisa menikmati suasana yang lain. Misalnya seperti hammock-an, atau berfoto-foto di sekitar lokasi sambil menikmati keindahan alam sekiras yang dihiasi dengan pohon-pohon yang rindang. Selain itu, anda juga bisa menikmati fasilitas pendukung spot-spot menarik. Seperti gazebo, arena bermain flying fox dan sebagainya. Segala macam fasilitas bisa anda nikmati tentu dengan harga yang bersahabat.

Rute Wisata Air Terjun Kandung


Rute atau jalan menuju wisata air terjun kandung tidaklah sulit. Jika anda mulai dari alun-alun kota tulungagung, silahkan ambil arah timur sampai perempatan pasar Ngunut atau perempatan Ngunut. Sampai disana, silahkan ambil arah ke selatan. Lurus terus hingga menemukan pertigaan, nah di pertigaan pertama, silahkan ambil jalan ke arah kiri. Lurus terus hingga menemukan pertigaan kedua, dari sini silahkan ambil ke arah kanan lurus terus arah selaran. Nah, di daerah ini, anda sudah memasuki daerah Tanen. Untuk arah menuju air terjun, anda bisa menanyakan pada warga sekitar. Jika anda masih bingung anda dapat melihatnya di Maps berikut ini :


Air Terjun Kandung yang Menarik


Berdasarkan informasi yang diterima oleh Direktori wisata indonesia, wisata ini tidak hanya memiliki sir terjun utama yang eksotis saja. Tetapi juga memilki air terjun berundang yang bisa anda hampiri sebagai titik spot tujuan obyek wisata alam yang menarik di Tulungagung. Dengan lengkapnya fasilitas yang ada, tentu anda tertarik mengunjunginya bukan?

Air terjun Alam kandung ini terdiri dari dua buah air terjun yang memilki ketinggian berbada. Air terjun yang pertama dan menjadi air terjun utama ini memilki ketinggian setinggi 15 meter dimana air yang jatuh langsung menju ke kolam di bawahnya. Sedangkan air terjun yang satunya yaitu berbentuk undakanyang cantik. Pada undakan-undakan ini terdapat kolam-kolam kecil di sekitarnya. Nah di kolam-kolam kecil ini andabisa berendam menikmati aliran air dengan sangat nyaman.



Wisata air terjun Kandung juga sering dijadikan sebagai objek foto landcape para travel fotografi di Indonesia. Baik mereka yang masih dalam proses belajar atau mereka yang sudah ahli di bidangnya. Menurut beberapa wisatawan disana, ketika berkunjung di air terjun kandung mereka banyak menyimpan sejuta pesona keindahan bagaikan bak yang tersembunyi di desa tanen ini.

Sejarah Wisata Air Terjun Kandung


Adanya air terjuang dengan nama kandung ini bermula dari Majapahit memberikan Nilasuwarna hadiah unutk mengelola hutan selayan yang menjadi medan perang ketika melawan bala tentara Tartar. Hadiah itu diberikan karena Nilasuwarna berhasil mengalahkan bala tentara Tartar. Selain itu, dia juga diberkahi gelar Adipati Ariyo Blitar 1 dengan daerah kekuasaan hutan selatan tersebut.

Lambat laun dia menikah dengan Dewi Rayung Wulan. Saat permasuri haml, terjadi pemberontakan oleh Ki Sengguruh kinareja yang tidak lain adalah patih dari kadipaten blitar sendiri. Singkat cerita, Adipati Ariyo Blitar 1 meninggal dunia karena kalah pertempuran

Kemudian Ki Sengguruh Kinareja yang memimpin bergelar menjadi Adipati Ariyo Blitar II. Adipati bermaksud menikahi Dewi Rayung Wulan. Karena Dewi Rayung takut, dia bersembunyi dan melarikan diri di hutan kandung. Setelah putranya lahir, dewi wulan memberikan nama Joko Kandnung.



Setalah Joko Kandung dewasa, dia diberitahu bahwa ayah kandungnya (Adipati Ariyo Blitar 1) dibunuh oleh Sengguruh atau Adipati Ariyo II. Kemudian Joko Kandung membuat perhitungan dengan Sengguruh. Joko kandung melaksanakan pemberontakan dan berhasil balas dendam untuk ayah kandungnya. Kemudian Joko Kandung dianugerahi gelar Adipati Ariyo III. Tetapi dalam sejarah dikatakan bahwa Joko Kandung tidak mau menerima Gelar tersebut. Meskipun Joko Kandung tingan menginginkan gelar, tetapi dia tetap memimpin Kadipaten Blitar dengan baik.

Baca juga : Keunikan Destinasi Wisata Air Terjun Pengantin Ngawi

Sangat menarik sekali bukan? Kapan lagi anda merasakan keindahan dan kesejukan alam yang benar-benar masih alami? Apalagi bagi anda yang berada di daerah Jawa Timur tepatnya di Tulungangung. Tentu anda akan sangat rugi jika belum pernah mengunjungi tempat ini. Wisata air terjun Kandung wajib untuk anda kunjungi.