Wisata Air Terjun Madakaripura, Wisata Alam Yang Menyejukkan

Wisata Air terjun Madakripura merupakan air terjun yang masih asri dan sangat rindang. Anda bisa menemukanya di bawah kaki lereng gunung Bromo. Tempatnya terpencil dari aman dari berbagai polusi yang suda kebanyakan terjadi di daerah wisata-wisata lainnya. Keindahan yang disajikan ini menarik banyak pengunjung baik dari dalam kota maupun luar kota. Bahkan anda juga pengunjung dari mancanegara juga. Seperti halnya China, Jerman, Jepang. Malaisya dan arab. Untuk bisa sampai ke wisata air terjun anda harus tahu terlebih dahulu lokasinya.

Lokasi Wisata Air Terjun Madakaripura berada di Branggah, Nogorejo, Probolingo, Jawa Timur. Loksi dari air terjun ini cukup tersembunyi berada di daerah terpencil yang memang harus sabar untuk bisa sampai ke lokasi. Tapi setelah anda sampai ke lokasi perjuangan untuk sampai ke lokasi akan terbayarkan dengan pesona keindahan alam yang disajikan. Untuk lebih jelas mengenai Wisata Air Terjun Madakaripura silahkan anda baca paragraf selanjutnya.


Asal mula Wisata Air Terjun Madakaripura


Wisata Air Terjun Madakaripura ini memiliki keindahan yang tidak bisa terlewatkan saat anda lewat Gunung Bromo. Sebenarnya nama “Madakaripura” ini berasal dari nama “ Mada” yang menunjukkan arti Gajah Mada dan “ Kari” menunjukkan arti peninggalan, sedangkan “ pura” menunjukkan rati peninggalan. Jika di gabungkan jadilah tempat peninggalam yang pernah digunakan oleh patih Gah Mada dalam pertapaan.

Patih Gajah Mada adalah salah satu patih yang sangat berpengaruh terhadap perkembangna kerajaan majapahit yang menghilang pada saat semedi atau bertapa. Jika and lihat bak-baik sebenarnya pada bagian atas air terjun ini terdapat gua yang diguanakn oleh patih Gajah Mada untuk bersemedi. Kira-kira berada 200 meter di ujung atas air terjun. Nah pada saat itulah seorang anak warga yang berasal dari daerah tersebut mengabadikanya sebagai toko pahlawan.



Path Gajah Mada ini terkenal dengan sumpahnya bahwa ia tidak akan memakan buah palapa sampai ia menyatukan nusantara. Oleh karena itu, jika anda berkunjung ke air terjun ini anda akan menemuakn patung Gajah Mada sebagai monumen pahlawan nasional yang sangat brjasa untuk menyatukan nusantara. Demikian tadi asal usul dari nama “Madakaripura”.

Sekilas informasi Wisata Air Terjun Madakaripura


Setelah anda mengetahui asal usul ataupun sejarah dari air terjun Madakaripura ini langkah selanjutnya yaitu mengetahui sekilas informasi dari keindahan yang disajikan oleh air terjun Madakaripura ini. AIr tErjun memang selalu menyenangkan dan memberikan kesejukan. Apalagi jika air terjunya memang masih alami, sejuk, bersih dan jauh dari kebisingan. Untuk anda yang penat dengan pekerjaan kantor yang membuat jenuh, bisa refresing di air terjun ini. Hijaunya alam sekitar dan juga kesegaran air terjun inilah suatu hal yang menyejukkan.

Baca juga : Wisata Air Terjun Sri Gethuk

Sebenarnya Wisata Air Terjun Madakaripura ini adalah air terjun utamanya, masih ada air terjun pendampingya. Anda bisa menemui empat air terjun lain di kawasan ini. Air terjun utama ini memiliki aliran yang lebih deras dari pada air terjun yang lainya. Air yang di aliarkan juga tidak sejeranih air terjun pendamingnya. Hal in dikeranakan air terju utama ini bersasal dari aliaran sungai yang berada di atasnya.

Akses menuju Wisata Air Terjun Madakaripura


Wisata Air Terjun Madakaripura ini memang terkenal dengan keindahan yang mempesona untuk di lewatkan, apalagi jika anda sudah berada di sekitar gunung Bromo. Untuk bisa sampai ke lokasi anda bisa menggunakan kendaraan pribadi dan juga menggunakan kendaraan umum. Walaupun tergolong terletak di daerah terpencil tapi jalan menuju Wisata Air Terjun Madakaripura memiliki akses perjalan yang mudah. Untuk lebih jelasnya silahkan simak penjelasan berikut ini.



Untuk anda yang menggunakan kendaraan pribadi menuju ke Wisata Air Terjun Madakaripura ini bisa melalui jalur Probolinggo – Bromo yang menuju ke Tongas. Setelah anda sampai ke Tongas anda akan melewati Pertigaan Sukapura. Untuk sampai ke tempat wisata anda pilih belok ke kanan menuju kecamatan Lumbang. Nah perjalan akan di tempuh dalam waktu 30 menit, kemudian setelah sampai ke Lumbang menuju ke pasar Lumbang. Pililah belok kanan untuk menunju Wisata Air Terjun Madakaripura.

Sedangkan untuk anda yang menguanakan kendaraan umum menuju Wisata Air Terjun Madakaripura bisa naik bus Probolinggo. Setelah anda sampai ke Probolinggo anda bisa naik angkot menuju Wisata Air Terjun Madakaripura. Anda pilihalah angkutan yang menuju ke Lumbang –Bromo. Setelah itu anda akan pindah ke angkuatn lain atau anda bisa menggunakan ajsa ojek untuk sampai ke lokasi. Jika anda masih bingung, anda dapat melihat rutenya di Maps berikut ini :



Untuk sampai ke lokasi Wisata Air Terjun Madakaripura anda harus melewati perjalan yang cukup melelahkan dan panjang. Karena memang lokasinya terpencil dan jauh dari kebisingan kendaraan. Namun lelah anda akan terbayarkan dengan melihat keindaan panoram yang tidaa tara. Udara yang sejuk dan pepohoan hijuan ini menjadikan fikiran anda fresh. Jalan yang digunakan untu menuju Wisata Air Terjun Madakaripura ini menggunakan jalan setapak yang harus berhati hati untuk melwatinya. Anda bisi diharuskan untuk menyewa gude yang memang sudah tahu lokasi tersebut karena ada beberapa tempat yang harus di lewati dengan penuh ke hati-hatian.


Spot menarik Wisata Air Terjun Madakaripura


Ini dia nih yang di tungu-tunggu spot apa saja yang menjadikan panorma keindahan Wisata Air Terjun Madakaripura ini menjadi pesona yang tidak boleh terlewatkan. Berikut ini beberapa spot yang bisa kamu guankan untuk selfi taupun foto bersama.

1.Trecking diantara tebing tinggi dan menjulang


Untuk sampai ke lokasi anda harus menyusuri jalan diantara tebing tinggi yang menjulang. Walaupun jara yang di tempuh dari parkiran sampai ke lokasi 1kilometer tapi perjalanya menyenagkan dan menyegarkan. Mungkin anda tidak terasa jika suda melewatinya.

2.Patung Gajah Mada


Pertama kali ada memasuki Wisata Air Terjun Madakaripura anda akan disuguhi patung patih Gajah Mada. Ha ini dikarenakan Wisata Air Terjun Madakaripura ini memiliki kaitanny dengan Patih Gaah Mada. Patung ini memang terlihat Gagah, banyak yang antri untuk bisa berfoto bersama patih.

3.Melewati guyuran air terjun diantara tebing


Hal ini belum tentu bsia anda dapatkan di wisata air terjun lainya. Untuk sampai ke lokasi utama anda akan melewati jalan yang diguyur oleh air terjun itu sendiri. Layaknya hujan-hujann, tapai ini hujan ynag berasal dari air terjun menarik bukan? untuk itu sebelumnya anda harus menyewa jas hujan atuapun membeli jas hujan yang sudah disediakn sebelum anda masuk ke lokasi.

Baca juga : Wisata Air Terjun Sedudo

Untuk sampai ke loaksi anda harus membeli tiket terlebih dahulu. Harga Tiket Wisata Air Terjun Madakaripura tidaklah mahal anda hanya aka membelinya dengan harga 11 ribu peroang. Selain itu anda juga diharuskan untuk menyewa guide untuk menemani perjalanan anda. untuk arif drai gude ini sukarela. Jadi anda tidak perlu khawatir budger anda akan berkurang lebih. Demikian tadi informasi tentang Wisata Air Terjun Madakaripura yang bisa anda gunakan untuk referensing.

Semoga bermanfaat.

0 Response to "Wisata Air Terjun Madakaripura, Wisata Alam Yang Menyejukkan"

Posting Komentar