Wisata Air Terjun Sedudo

Jika musim liburan tiba, pastilah menyenangkan apabila dapat berlibur atau berkunjung ke tempat rekreasi bersama keluarga atau orang- orang terdekat baik itu teman, rekan kerja, pasangan dan lain sebagainya.

Untuk melepas penat setelah dalam jangka waktu yang cukup panjang mendapatkan tekanan dan tuntutan dari pekerjaan sebagian orang kemudian memilih destinasi wisata yang memilik konsep back to nature. Atau wisata alam yang masih asli dan asri sehingga memberikan kesan tenang sebagai pelampiasan dari hingar bingar hidup perkotaan yang serba sibuk dan cepat.



Kini anda memiliki tambahan pilihan tempat wisata yang memiliki konsep alam bebas yakni wisata air terjun sedudo. Setelah pemerintah daerah jawa timur membangun akses jalan dan menata ulang lokasi air terjun ini selanjutnya adalah tempat ini akhirnya dibuka untuk umum. Oleh karenanya masyarakat umum bisa menikmati keindahan dan keelokan syurga yang tersembunyi di daerah jawa timur.

Nganjuk Menyimpan Harta yang Indah


Bagaimana tidak disebut sebagai harta karun, air terjun dengan panorama yang sangat luar biasa ini bisa anda jumpai di kota nganjuk. Lokasi wisata air terjun sedudo bertempat di desa ngliman kecamatan sawahan, kabupaten nganjuk, Jawa Timur. Memiliki jarak tempuh sekitar 30 km dari kota nganjuk berada di sebelah selatan kota ini.



Berada pada ketinggian 1.438 meter dpl, sudah bisa dipastikan hawa sejuk yang akan anda jumpai jika mengunjungi wisata yang satu ini, dengan udara yang bersih ini anda bisa memanjakan lagi syaraf- syaraf otak dan menstimulasinya menjadi lebih fresh dan segar kembali.
Tinggi dari air terjun ini yakni sekitar 105 meter,

Mistisme air terjun Sedudo


Konon katanya, air terjun ini sudah ada sejak zaman kerajaan majapahit masih berdiri kokoh, air terjun ini merupakan tirta suci yang turun langsung dari kahyangan. Pada masa itu, para petinggi kerajaan seperti raja, pendeta, atau para bangsawan kerap kali mengambil air dari sini untuk dijadikan syarat ritual- ritual tertentu.

Biasanya air disini juga digunakan untuk memandikan arca dan mencuci pusaka- pusaka kerajaan. Ritual ini dinamakan dengan upacara parna prahista. Hingga sampai saat ini para wisatawan dan juga masyarakat sekitar masih percaya apabila anda mandi disini akan menyebabkan awet muda dan tampak memancarkan inner beauty.

Baca juga : Wisata Pantai Plengkung Banyuwangi Memukau Kancah Dunia

Oleh karena itu, para wisatawan yang datang tidak sungkan untuk mandi dan berbasah- basah ria di sini. Terdapat mitos lain yang tak kalah terkenal juga dan lagi- lagi ini yang menjadikan daya tarik bagi wisatawan yakni bahwa apabila anda bersemedi di bawah pancuran air terjun sedadu ini akan mendatangkan rejeki. Terlepas dari benar atau tidaknya pendapat itu, daya tarik utama yang paling menarik adalah obyek wisatanya itu sendiri.

Akses Menuju Wisata Air Terjun Sedudo


Jika anda tertarik untuk mengunjungi tempat ini, alangkah baiknya untuk waspada dan mempersiapkan kendaraan yang akan anda tumpangi karena jalan menuju wisata air terjun sedudo ini lumayan menguras konsentrasi.



Kontur jalan pegunungan yang cenderung menanjak ditambah lagi dengan tikungan- tikungan tajam yang anda temui, namun beruntung jalanan yang ada sudah menggunakan aspal dan dalam kondisi bagus. Meskipun demikian anda tetap harus berhati- hati, terlebih apabila memasuki musim penghujan dan untuk anda yang belum terbiasa mengendarai kendaraan di jalan yang terjal dan berliku untuk lebih berhati- hati dan konsentrasi.

Sebelum anda melakukan perjalanan menuju wisata ini, sebaiknya anda melihat rutenya terbelih dahulu. Dan untuk rute menuju ke tempat wisata ini anda dapat melihatnya di Maps berikut ini :



Apabila anda berkunjung ke wisata ini, biasanya kendaraan yang anda bawa atau tumpangi hanya sampai pada parkiran yang telah disediakan oleh pihak penyelenggara. Selebihnya, untuk akses menuju air terjun ini sendiri anda harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki.

Hal ini karena letak pusat pancuran dari air terjun ini berada di bawah, sedangkan lahan parker yang ada berada di dataran yang lebih tinggi. Namun anda tidak perlu bingung, di sana akses jalan menurun menuju pusat air terjun sudah dibangun dengan bahan beton jadi aman untuk di lewati dan yang paling penting mudah untuk dilalui.

Akomodasi Menuju Air Terjun Sedudo


Untuk bisa menikmati keindahan alam air terjun yang berada di daerah jawatimur ini anda tidak perlu merogoh kocek dalam- dalam. Anda hanya cukup membayar harga tiket masuk wisata air terjun sedudo sebesar 10 ribu rupiah per orang. Jika anda membawa kendaraan pribadi anda hanya butuh membayar parkir sebesar 2 ribu rupiah untuk sepeda motor dan 5 ribu rupiah untuk kendaraan roda empat.

Perlu anda ketahui selain pada musim liburan dan akhir pekan, tempat ini akan menemui puncak keramaian pengunjung saat diadakanya ritual pengambilan air untuk upacara adat. Nantinya akan terdapat beberapa pemuda yang berpakaian adat jawa untuk melakukan ritual- ritual tertentu.
Semua anggota upacara akan masuk ke dalam air terjun itu dan juga terdapat kuncen yang akan memandu dan memberikan komando mengenai tatacara pelaksanaan upacara. Pengunjung yang hadir pada saat upacara berlangsung tidak diperkenankan untuk mandi di air terjun ataupun mendekat ke area upacara berlangsung.

Pengunjung akan dibatasi jarak radius sekitar 3 m dari tempat prosesi upacara adat ini. Hal ini dikarenakan saat berlangsungnya upacara, setiap anggota harus melakukan tahap demi tahap dengan khusyu dan hidmat. Dan juga tidak boleh ada jeda antara satu ritual menuju ritual yang lain.
Oleh karena itu, pengunjung akan tidak diperkenankan untuk mendekati tempat prosesi upacara adat. Hal ini juga yang membuat acara ini terasa mistis dan penuh dengan aura supranatural.



Adapun prosesi upacara adat ini dilaksanakan pada tanggal satu suro atau tahun baru hijriah penanggalan islam. Pada saat ini setelah selesai prosesi, biasanya para pengunjung akan langsung berdesakan untuk bias mandi di dalam kolam air terjun. Tujuannya kebanyakan sama yakni ngalap barokah (red).

Begitulah ulasan mengenai wisata air terjun sedudo yang mengandung decak kagum dan sara akan ritual mistis yang oleh masyarakat di jawa timur dipercayai sebagai ritual keramat yang harus rutin dilaksanakan.

Selain mitos, namun acara semacam ini dinilai oleh sebagian kalangan sebagai bentuk untuk melestarikan salah satu budaya di Indonesia. Dinilai sangat bagus, karena melibatkan masyarakat umum terutama para pemuda yang turut serta ambil andil dalam setiap prosesi.

Secara umum, terdapat beberapa sesi ritual yang dilaksanakan diantaranya yakni terdapat berbagai macam tari tradisional yang dipentaskan. Tidak sembarangan setiap gerakanya melambangkan sebuah filosofi yang luhur. Acara dilanjutkan dengan selarung sesaji, barulah acara inti yakni pengambilan air tirta amerta.

Pada bagian awal ritual, sebelum penari melenggokan badanya dengan lemah gemulai terdapat sesepuh yang akan menuju tengah- tengah air terjun di iringi oleh beberapa sesepuh lainya.

Baca juga : Wisata Air Terjun Sri Gethuk

Demikian ulasan dari obyek wisata air terjun sedudo ini, semoga bias memberi inspirasi untuk anda yang ingin berwisata sekaligus mengenal budaya.

0 Response to "Wisata Air Terjun Sedudo"