Wisata Air Terjun Sri Gethuk Gunung Kidul Yogyakarta

Apakah anda suka melakukan traveling? Jika jawabanya iya maka tempat yang satu ini wajib untuk anda kunjungi. Terletak di kecamatan playen kabupaten gunungkidul kota Yogyakarta obyek wisata air terjun Sri Gethuk ini memiliki banyak daya tarik yang akan membius anda.

Lokasi Air Terjun Sri Gethuk, Gunungkidul Yogyakarta


Daerah gunungkidul yang merupakan salah satu kabupaten di yogyakarta memang memiliki banyak destinasi wisata yang menarik. Dikelilingi oleh berbagai pantai dan juga jejeran lereng pegunungan kapur yang indah menjadikan selalu ada alasan untuk mengunjungi daerah ini.



Tak hanya gugusan pantainya yang menawan, berbagai cerita rakyat dan kearifan lokal juga turut serta dalam membangun citra gunungkidul sebagai salah satu daftar tempat wisata yang ramah dan asik sebagai spot menghabiskan waktu libur bersama orang- orang tercinta.

Dan kini telah dibuka untuk umum wisata air terjun sri gethuk sebagai alternatif lain bagi anda yang ingin kembali mengunjungi gunungkidul namun bosan dengan pantai.

Lokasi wisata air terjun sri gethuk ini bertempat di kecamatan playen, gunungkidul. Tempatnya masih sangat asri, dikelilingi rindang tanaman yang bervariasi dan juga sunyi, jauh dari keramaian kota. Sangat cocok untuk anda melepas penat dari aktivitas kantor yang menekan.

Anda juga sekaligus bisa bermain air disini, namun jangan kaget, karena berasal dari mata air pegunungan suhu air yang ada cukup dingin. Di tempat ini, anda juga bisa memboyong sanak family untuk bermain bersama atau teman- teman dekat anda. Selain itu mengabadikan moment dengan mengambil foto di sini juga memiliki view yang tak kalah indah dari tempat wisata lainya.



Anda juga bisa menikmati pemandangan tebing yang menjulang tinggi yang mana itu mengapit aliran sungai menambah suasana yang dibangun semakin alami dan menakjubkan. Tebing itu memiliki tinggi sekitar 50 meter. Selain itu terdapat pemandangan sawah yang mengelilingi tempat ini. Anda juga akan dimanjakan dengan adanya sungai oya yang berada di sampingnya.

Baca juga : Wisata Kawah Ijen Banyuwangi Mempesona Dengan Keunikannya

Meskipun gunung kidul dikenal sebagai gunung kapur yang langka akan air, namun aliran air terjun sri gethuk tidak pernah surut sepanjang tahun meskipun memasuki musim kemarau. Hal ini yang membuat para wisatawan semakin penasaran dan juga tertarik untuk berkunjung.

Mitos Air terjun Sri Gethuk


Air terjun sri gethuk ini juga dikenal dengan nama air terjun slempret. Nama ini dihasilkan dari legenda yang ada di desa bleberan. Menurut warga air terjun ini merupakan tempat bersemayamnya jin – jin yang jumlahnya sangat banyak yang di pimpin oleh jin bernama anggo meduro.

Sumber dari air terjun ini bersumber dari tiga aliran mata air yakni kedungpoh, ngandong serta ngumbul. Kemudian ketiganya bertemu dan bermuara di air terjun sri gethuk dan menghasilkan pancuran air yang deras dan indah.
Konon katanya dari orang yang mengerti mengenai alam ghaib, pemimpin jin mereka ini sangat suka dengan kesenian gamelan, jadi dari sini sering terdengar bunyi gamelan pada malam- malam tertentu. Namun demikian apabila ada orang yang mencari sumber suara itu, ia tidak akan menemukanya. Suara dari gamelan itu akan semakin menjauh dan menjauh lagi.



Mitos yang telah beredar di kalangan masyarakat ini ternyata tidak dinafikan oleh sebagian orang yang tinggal di perkampungan sekitar air terjun sri gethuk ini. Karena notabene masyarakat jawa sendiri pada umumnya memang mempercayai hal- hal seperti yang berbau ghaib dan lain sebagainya.

Banyaknya cerita yang beredar mengenai mitos- mitos yang belum terbukti secara klinis ini tidak menyurutkan minat pengunjung. Terbukti dari jumlahnya yang selalu mengalami kenaikan pada hari libur. Terlebih lagi pada saat libur panjang datang.

Pengunjung yang datang tidak hanya dari sekitar jogja dan jawa tengah melainkan juga dari mancanegara yang ingin melihat sekaligus menikmati pemandangan yang menakjubkan dari tebing yang mengapit air terjun sri gethuk ini.

Rute Menuju Wisata Air Terjun Sri Gethuk


Jika anda sedang berada di daerah gunungkidul maka sangat disayangkah jika anda tidak mengunjungi wisata yang satu ini. Jalan menuju wisata air terjun sri gethuk tidaklah sulit. Semenjak dibuka untuk umum sebagai salah satu destinasi wisata, pemerintah setempat akhirnya membuka akses jalan yang mudah di lalui agar menarik minat pengunjung sehingga mempu meningkatkan pendapatan daerah.



Anda bisa menempuh perjalanan menggunakan sepeda motor, mobil ataupun kendaraan darat lainya. Adapun jalurnya anda harus mengambil jalur wonosari dan berjalan terus naik menuju arah pathuk gunung kidul. Sampai sini anda cukup jalan lurus hingga menemukan pertigaan gading. Belok ke kanan menuju arah playen.

Dari sini, ambilah arah menuju kecamatam palihan dengan belok kanan. Setlah itu anda akan menemui papan penunjuk jalan untuk sampai di lokasi wisata air terjun sri gethuk. Setelah menempuh jarak 7 km barulah anda bisa sampai di pintu gerbang.

Jika anda belum mengerti atau bingung dengan petunjuk arahnya, anda bisa memanfaatkan smartphone anda untuk mencari jalurnya dengan maps berikut :



Namun diharapkan anda berhati – hati dalam perjalanan menuju ke obyek wisata ini. Dikarenakan berlatar pegunungan, secara otomatis medan yang akan anda lalui juga menyesuaikan dengan topografi atau jalur yang ada. Terdapat banyak tikungan dan sebagian besar menanjak. Jadi pastikan kendaraan anda dalam kondisi yang prima guna menghindari kejadian yang tidak di inginkan.

Sepanjang perjalanan menuju air terjun ini, anda akan ditemani dengan rindang pepohonan di sisi kanan dan kiri jalan. Sehingga perjalanan anda akan terasa sejuk karena sinar matahari akan terhalang oleh batang pohon yang menjulang tinggi.

Tarif Wisata Air Terjun Sri Gethuk


Wisata yang menyuguhkan berbagai keindahan ini bisa anda nikmati dengan akomodasi yang sangat murah meriah dan dapat di jangkau oleh berbagai kalangan masyarakat. Untuk harga tiket masuk wisata air terjun sri gethuk anda hanya membutuhkan dana sebesar 7ribu rupiah saja per kepala. Dengan harga sejumlah itu, anda bisa memboyong keluarga untuk berpiknik di alam luas yang paling penting sangat hemat bukan.

Jika anda kurang puas dengan berfoto dan bersantai, anda juga bisa bermain air atau berbasah- basahan dengan masuk dan mandi di bawah air terjun yang menakjubkan ini. Pihak pengelola telah menyediakan penyewaan pelampung jika anda ingin tetap aman.

Cukup dengan membayar sebesar 2 ribu rupiah saja, pengunjung sudah dapat menikmati berenang kesegaran dan dinginya air terjun sri gethuk. Yang tak kalah menarik adalah aliran air terjun ini yang masih sangat jernih, karena berasal dari mata air pegunungan asli dan belum tercemar limbah maupun bahan kimia lainya.

Baca juga : Wisata Pantai Plengkung Banyuwangi Memukau Kancah Dunia

Demikianlah ulasan mengenai wisata air terjun sri gethuk, jangan lupa untuk mengunjunginya dan selalu menjaga kelestarian alam dengan tidak merusak fasilitas umum yang ada dan tidak membuang sampah sembarangan demi kelangsungan wisata alam yang asri dan indah.