Wisata Alam Coban Rais Malang Yang Selalu Mempesona

Kota Malang memang tidak pernah kehabisan gaya untuk memanjakan para wisatawan dengan beragam objek wisata yang dimilikinya. Apakah Anda tertarik dengan objek wisata yang bertemakan alam? Tentu saja, ada banyak sekali wisata alam yang tersedia di Kota Malang. Salah satunya adalah wisata alam Coban Rais Malang. Objek wisata satu ini memiliki pemandangan alam yang sangat indah dan selalu mempesona. Apa saja sih yang ada didalam objek wisata Coban Rais Malang? Simak sedikit ulasan berikut ini;


1.Mengenal Coban Rais Malang


Coban Rais Malang adalah kawasan wisata alam yang menawarkan pesona keindahan air terjunnya. Air terjun Coban Rais terletak di lereng Gunung atau Bukit Panderman, Kota Malang. Karena lokasi wisata alam Coban Rais Malang yang berada di lereng gunung, suhu air terjun menjadi sangatlah dingin. Selain itu, tingkat ketinggian air terjun juga menjadi alasan mengapa air dan suhu disana menjadi sangatlah dingin. Air terjun ini tingginya sekitar 75 meter. Tentunya, ketinggian ini tidak sebanding dengan air terjun dibawahnya seperti air terjun Coban Rais yang memiliki ketinggian sekitar 20 meter.

2.Lokasi dan Akses Menuju Coban Rais Malang


Objek wisata alam Coban Rais Malang terletak di Dusun Dresel tepatnya di desa Oro-oro Ombo. Desa ini berada di Kecamatan Batu, kota Malang Jawa Timur. Jaraknya sekitar 7 km dari Bumi Perkemahan Coban Rais, atau sekitar 1 jam perjalanan. Dengan menggunakan kendaraan pribadi, Anda bisa mengambil arah ke Studio batu dari Kota Batu. Kemudian, Anda hanya tinggal mengikuti papan petunjuk jalan saja untuk sampai di lokasi wisata. Setibanya di lokasi, jalan menuju wisata alam Coban Rais Malang hanya bisa ditempuh melalui berjalan kaki. Anda akan berjalan sekitar beberapa kilometer atau sekitar 40 menit sambil menyusuri jalan setapak yang berada diantara lembah dan sungai. Namun, tetap hati-hati ya. sebab, daerah ini sangatlah licin ketika curah hujan sedang tinggi.

Jika kalian masih bingung dan ragu untuk melakukan perjalanan karena belum tau wilayah kota malang, anda dapat melihatnya di Maps berikut :


3.Air Terjun Coban Rais dan Coban Putri


Kawasan wisata yang satu ini memiliki 2 air terjun. Diantaranya, air terjun Coban Rais dan dibawahnya terdapat air terjun Coban Putri. Tentu saja, Anda dapat menikmati keindahan kedua air terjun ini sekaligus. Akses untuk menuju air terjun memang cukup sulit, jadi sebaiknya Anda memakai celana atau baju yang membuat Anda bebas bergerak. Meskipun begitu, pengorbanan dan perjuangan Anda untuk melewati jalan yang susah tidak akan dikecewakan. Sebab, Anda akan disuguhi emandangan air terjun yang indah ketika tiba disana.



Air terjun Coban Rais memiliki curah air yang besar, dingin namun sangatlah jernih. Mungkin, Anda akan tergoda untuk bermain-main dan berenang disana. Namun, sebaiknya jangan jika Anda tidak kuat atau terbiasa dengan air sedingin kulkas. Selain pemandangan pepohonan hutan di sekitar air terjun, Anda juga akan menemukan beragam kera-kera liar yang bergelantungan di pohon. Kera-kera ini sungguh eksotis dengan suara yang melengking ketika berteriak. Seakan berada di hutan belantara ya.

Baca juga : Wisata Pantai Goa Cina Malang Yang Eksotis

Sedangkan air terjun Coban Putri berada di bawah air terjun Coban Rais. Pemandangannya pun juga tak kalah menarik dengan coban Rais. Air terjun yang satu ini bisa Anda jangkau menggunakan sepeda motor, tepatnya 1 km dari loket wisata Coban Rais. Jalur yang dilalui pun lebih mudah daripada air terjun coban Rais. Ketinggian air terjun pun juga lebih rendah. Jadi, air disini tidak akan sedingin air di Coban Rais.

4.Fasilitas dan Kuliner yang Tersedia


Awalnya, kawasan wisata ini memang hanya memiliki air terjun yang indah. Namun kemudian, Perhutani menambahkan beragam fasilitas dan objek wisata buatan di sekitarnya. Diantaranya, spot-spot foto menarik, taman bunga, dan beragam wahana menarik di Bukit Bulu. Pihak pengelola juga sudah menyediakan fasilitas akses jalan paving yang mudah dilalui oleh para pengunjung. Fasilitas lengkap yang lain pun juga seudah tersedia seperti tempat parkir, toilet dan musholla.



Jika Anda kelaparan, tidak perlu khawatir. Di kawasan wisata ini memiliki satu cafe unik dan menarik, namanya Matchete Cafe. Cafe ini berkonsep out door dengan dikelilingi hutan pinus. Meja kursi yang digunakan di cafe ini pun masih asli dari pangkal batang pohon yang besar. Kabar baiknya, cafe ini memiliki fasilitas free Wi-Fi dan hammock. Jadi, Anda bisa beristirahat sejenak di hammock dengan menikmati keindahan taman bunga rottensia yang ada di sekitar cafe. Beragam menu makanan juga tersedia lengkap seperti soto, nasi goreng, bakmi, bakso, lalapan, dan lain-lain. Untuk minuman, Anda bisa mencoba kopi hitam asli dari perkebunan Dampit dan susu murni asli dari para peternak sapi perah di sekitar kawasan Coban Rais.

5.Keindahan Bukit Bulu dan Batu Flower Garden


Tidak lengkap rasanya jika Anda berkunjung ke objek wisata Coban Rais dengan melewatkan salah satu wahana yang sangat menarik ini. Ya, Bukit Bulu namanya. Jaraknya sekitar 30 menit sampai 1 jam dari Matchete Cafe. Jalanan untuk menuju ke bukit memang cukup sulit, namun Anda akan disuguhi dengan pemandangan alam menarik di sepanjang perjalanan. Anda juga bisa naik ojek dan membayar tarif 10.000 rupiah untuk mencapai bukit ini.

Setibanya di Bukit Bulu, Anda akan menemukan dua persimpangan jalan. Satu jalan menuju air terjun Coban Rais dan satunya lagi menuju Batu Flower Garden. Batu Flower Garden akan memanjakan Anda dengan pemandangan beragam bunga yang indah. Anda akan ditarik tiket tambahan sebesar 25.000 rupiah jika mampir kesini. Untuk mengabadikan moment indah dan berfoto-foto di spot cantik ini Anda akan dikenakan biaya tersendiri. Jika Anda membawa action camera dikenakan biaya lagi sebesar 10.000 rupiah, 15.000 rupiah untuk kamera DSLR dan 75.000 rupiah jika menggunakan drone.



Anda bisa menjelajahi setiap sudut taman bunga yang ada di Batu Flower Garden. Selain itu, ada berbagai spot foto menarik juga tersedia diana. Diantaranya, spot foto I love You, Ayunan Ekstrim, Sepeda Air atau Udara dan Hammock Tower. Anda pun juga akan dikenakan biaya tersendiri untuk masing-masing spot. Tentu saja, disini Anda bisa mendapatkan foto-foto ekstrim yang menarik dengan berlatar belakang jurang dan perbukitan. Sungguh spot yang menantang dan sayang untuk dilewatkan!

6.Harga Tiket Coban Rais Malang


Mungkin bagi Anda yang dulu pernah berkunjung ke kawasan wisata ini, Anda memang harus membayar tiket sebesar 5.000 rupiah saja. Namun kini beragam perbaikan fasilitas dan penambahan objek-objek wisata buatan sudah dilakukan oleh pihak Pengelola. Jadi, harga tiket wisata alam Coban Rais Malang menjadi sebesar 7.500 rupiah per orang. Harga parkir sepeda motor adalah 2.500 rupiah. Kemudian, jika Anda masuk kedalam Batu Garden Flower, Anda akan dikenakan biaya lagi sebesar 10.000 rupiah. Sedangkan harga untuk setiap spot-spot menarik berkisar 10.000-15.000rupiah. Sungguh ekonomis bukan? Jam buka objek wisata ini pun 24 jam.

Baca juga : Wisata Air Terjun Coban Talun Malang

Nah, itulah sekilas ulasan asyik dan menarik mengenai wisata alam Coban Rais Malang. Objek wisata satu ini memang cukup populer dan selalu berhasil mempesonakan para pengunjung. Pemandangan alamnya yang eksotis dan beragam spot fotonya yang cantik tidak akan pernah mengecewakan Anda. Tentu saja, Anda bisa mengajak orang-orang terdekat seperti teman, keluarga atau pasangan untuk berkunjung kesini. Selamat terkagum-kagum dengan keindahan alamnya ya.

0 Response to "Wisata Alam Coban Rais Malang Yang Selalu Mempesona"