Wisata Alam Gunung Api Purba Yogyakarta

Ingin mendaki di tempat wisata yang menarik dan menantang? Jawabannya adalah dengan mengunjungi wisata alam Gunung Api Purba.  Obyek wisata ini berbeda dengan obyek wisata lainnya sebab wisata ini terdiri dari kelompok pegunungan yang menjulang tinggi dan bukit-bukit yang tinggi. Ingin mengetahui lebih lanjut tempat wisata ini? Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

Harga Tiket Masuk Wisata Alam Gunung Api Purba


Gunung (atau diterjemahkan sebagai Gunung di Indonesia) Nglanggeran terletak di desa Nglanggeran, Patuk, Kabupaten Gunung Kidul. Gunung ini lebih dikenal dengan nama Gunung Api Purba dan terletak kira-kira 30 km tenggara dari pusat kota Yogyakarta. Gunung adalah tempat yang tepat untuk dikunjungi jika Anda ingin melakukan sedikit hiking di sekitar Yogyakarta. Dengan harga tiket wisata alam Gunung Api Purba masuk semurah Rp. 7.000, - per orang, tempat ini mulai ramai pada akhir pekan karena pemandangan indah yang bisa Anda nikmati disekitarnya. Mengunjungi pada hari kerja adalah pilihan yang jauh lebih baik.


Lokasi Wisata Alam Gunung Api Purba


Lokasi Wisata Alam Gunung Api Purba  ini sangat cocok untuk para pendaki. Untuk mencapai puncak, dibutuhkan waktu sekitar tiga sampai lima jam. Setelah melewati beberapa jalan yang terjal, Anda bisa beristirahat sebentar untuk menikmati pemandangan alam di sekitar Gunung Purba yang mempesona. Di tempat wisata ini sudah disediakan tempat berteduh. Perjalanan Anda akan terbayar dengan pemandangan di sekitar Anda yang sangat indah dan udara yang sejuk.

Baca juga : Harga Tiket Masuk Dan Lokasi Wisata Gumuk Pasir Parangkusumo Jogja

Lokasi wisata ini terletak di desa Gunung Nglanggeran, Kecamatan Patuk Gunungkidul. Terletak di wilayah utara Kabupaten Baturagung Gunungkidul dengan ketinggian antara 200-700 mdpl dengan suhu udara rata-rata 23 ˚ C - 27 ˚ C.

Jalan Menuju Wisata Alam Gunung Api Purba


Jalan menuju wisata Gunung Api Purba, maka ada dua rute yang bisa ditempuh untuk sampai. Rute yang pertama adalah melalui Bukit Bintang Patuk (Bukit Hargodumillah), belok kiri lalu ke Desa Ngoro-ngoro. Nah, desa Nglanggeran ini sekitar 7 km dari belokan.

Sementara untuk rute yang kedua adalah melalui Bukit Patuk. Bila Anda menemukan lampu merah Sambipitu maka beloklah kiri ke Desa Bobung. Desa Nglanggeran berjarak sekitar 2 km dari desa Bobung. Ada baiknya jika Anda menggunakan kendaraan pribadi sebab tidak ada minibus yang membawa Anda langsung ke desa Nglanggeran sehingga Anda harus pergi dengan kendaraan pribadi.

Jika anda masih bingung dengan kedua rute tersebut, jangan khawatir karena Wisata Alam Gunung Api Purba ini sudah terjangkau oleh Google Maps. Jadi untuk lebih jelasnya anda dapat melihatnya di Maps berikut ini :


Deskripsi Wisata Alam Gunung Api Purba


Kawasan Wisata Alam Gunung Api Purba merupakan kawasan litologi yang terbuat yang terbentuk oleh Vulkanik pada zaman dahulu. Tempat wisata ini memiliki pemandangan yang indah disertai geologi yang dengan artisitik yang bergitu unik untuk difoto. Menurut experimen dari para ilmuan Geologi, Gunung api ini sudah tidak aktif lagi. Anda akan dibuat takjub ketika melihat keindahan dan panorama alam yang ada di lokasi wisata ini. Gunung Api Purba ini menjulang tinggi. Ya, Gunung Api Purba Nglanggeran dahulu adalah gunung berapi aktif. Namun Anda tidak perlu khawatir sebab saat ini Anda bisa duduk menghirup udara segar dan mengabadikan momen di tenpat wisata ini.

Nah, di gerbang masuk Gunung Api Purba saat Anda melangkah di jalan setapak maka Anda akan melihat bangunan sebanyak 3 buah sangat sederhana yang tingginya rendah, sedang sampai tinggi hingga menyerupai gunung. Selain terdapat bangunan yang mirip situs purba, Anda juga akan disuguhi permadani hijau yang terbentang pada saat melihat ke bawah, melihat ladang, kebun, dan keindahan alam lainnya.



Lokasi wisata ini sangat cocok untuk panjat tebing, tracking, cruise tours out bond, makrab, dan berkemah. Banyak wisatawan baik domestik atau mancanegara yang mengunjungi Gunung untuk keperluan ekspedisi atau research sambil melihat pemandangan gunungnya. Ya, cobalah untuk menaklukkan bebatuan besar untuk bisa mendapatkan sensasi bercumbu dengan alam setelah aktivitas kerja sehari-hari dan penat dengan kebisingan kota.

Jam Buka Lokasi Wisata Alam Gunung Api Purba


Tempat wisata ini buka 24 jam, maka dari itu tempat ini sering dikunjungi oleh orang-orang melakukan team building dan aktivitas outbound. Daerah wisata ini masih bersih dan terlindungi. Jika ingin mendaki maka Anda tidak perlu takut tersesat sebab ada cukup banyak tanda yang membuat pengunjung tidak akan tersesat. Pengelola juga menyediakan fasilitas yang membuat pendakian jadi lebih mudah seperti tangga kayu.

Jika Anda cukup fit, maka Anda sama sekali tidak akan merasa kesulitan untuk mendaki Gunung Nglanggeran. Sebelum mendaki ke puncak Gunung Nglanggeran, Anda akan diajak melakukan pendakian dari mulai tempat parkir sampai ke lokasi. Dari tenpat parkir saja Anda mungkin perlu waktu kurang lebih satu setengah jam untuk mencapai puncak. Durasi itu akan mudah untuk meregangkan kaki. Sebab selama perjalanan dua jam ada beberapa titik pandang yang sangat mempesina di sepanjang jalan.

Saat Anda mulai mendaki, Anda akan menemukan semacam rumah adat Jawa, 'Joglo,' tepat sebelum papan pengumuman peta hiking. Ada berbagai hal lain yang akan Anda temukan saat Anda mendaki. Salah satunya adalah puncaknya gunung yang berupa area yang terbentuk dari kart atau batu gamping.



Selain itu, Anda akan melihat beberapa gunung saat Anda melewati sebuah koridor sempit di antara dua batu besar yang disebut Lorong Sumpitan. Di bagian atas, Anda bisa menikmati panorama sawah yang indah dan gunung-gunung lainnya seperti Gunung Bagong, Gunung Buchu dan Gunung 5 Jari. Anda juga bisa mengunjungi mata air yang ada tepat sebelum puncak Gunung Gedhe.

Gunung Gedhe sendiri adalah gunung terbesar yang ada di Nglanggeran apabila dibandingkan pegunungan lainnya di seluruh wilayah Gunung Nglanggeran. Gunung Gedhe adalah puncak tertinggi gunung api purba. Jika sudah sampai puncak tertinggi maka bersantailah di atas sejenak dengan menikmati makanan. Jangan lupa untuk senantiasa bersyukur akan pemandangan menakjubkan di sekitar Anda.

Sejarah Lokasi Wisata Alam Gunung Api Purba


Gunung Nglanggeran adalah gunung bapi kuno yang dulunya aktif sejuta tahun yang lalu. Gunung ini terletak di daerah karst Baturagung, Nglanggeran, Patuk, Yogyakarta. Secara litologis Gunung Api Purba ini dibentuk oleh fragmen material vulkanik tua. Gunung ini memiliki dua puncak, yaitu puncak barat dan timur dengan kaldera di tengahnya.



Saat ini, Nglanggeran adalah gunung berbatu yang luas dan memiliki pemandangan yang eksotis. Pegunungan ini dinamakan Nglanggeran berdasarkan bentuknya yang terdiri dari Gunung 5 Jari, Gunung Kelir, dan Gunung Wayang. Gunung Nglanggeran memang tampak misterius dan penuh dengan mitos. Konon, nama Nglanggeran berasal dari bahasa Jawa yang artinya Planggaran'. Kata itu memiliki makna kapanpun ada perilaku buruk yang akan dilanggar maka akan mendapatkan balasan.

Baca juga : Lokasi dan Jalan Menuju Wisata Pantai Pok Tunggal

Demikian ulasan mengenai lokasi Wisata Alam Gunung Api Purba. Semoga bermanfaat dan selamat berwisata.