Wisata Alam Gunung Bromo is Never Ending East Java

Siapa sih yang tak kenal dan tak tahu wisata alam Gunung Bromo? Ikon wisata Jawa Timur ini sudah terkenal dari pelosok negeri hingga ke penjuru internasional. Banyak sekali kemewahan dan keeksotisan pemandangan alam yang bisa Anda temui disini. Tentu saja, keindahan tersebut berbeda dari yang lain dan hanya Gunung Bromo yang memilikinya. Penasaran apa saja yang bisa Anda jumpai di kawasan wisata ini. Berikut sedikit ulasannya;

1.Mengenal Gunung Bromo


Gunung Bromo adalah gunung berapi yang masih aktif dengan ketinggian 2392 m dpl. Kawasan wisata ini benar-benar memiliki keindahan alam yang indah, mempesona dan tak ada duanya. Apalagi ditambah dengan berbagai tempat-tempat menarik di sekitarnya. Gunung Bromo juga dianggap sebagai ikon wisata Jawa Timur. Bahkan, keindahannya pun sudah menggema hingga ke mancanegara.



Anda bisa menilik Gunung Bromo melalui sejarahnya. Pada zaman kerajaan majapahit, terjadi peperangan besar yang mengakibatkan masyarakat harus mengungsi ke dua tempat. Yaitu, ke pulau bali dan di lereng Gunung Bromo. Pengungsian inilah yang menjadi cikal bakal agama Hindu masih terasa sangat kental di kawasan wisata Gunung Bromo. Gunung Bromo pun diyakini sebagai gunung suci oleh Umat Hindu. Mereka menyebutnya sebagai Gunung Brahma. Namun, orang Jawa menyebutnya sebagai Gunung Bromo.

2.Lokasi dan Akses menuju Gunung Bromo


Lokasi wisata alam Gunung Bromo terletak di perbatasan Kabupaten Lumajang, Malang, Pasuruan dan Probolinggo. Jalan menuju wisata alam Gunung Bromo bisa Anda lalui melalui empat jalur. Jalur pertama adalah jalur dari Kabupaten Lumajang. Dari kabupaten tersebut, anda bisa menuju ke arah Kecamatan Senduro – Desa Ranu oane hingga melewati kawasan Jemplang. Dari kawasan Jemplang, Anda sudah bisa melihat Gunung Bromo dari kejauhan. Jalur kedua adalah jalur dari Kota Malang. Darisana, Anda bisa menuju ke kecamatan Tumpang hingga sampai desa Bulak Klakah dan melewati jalur Lumajang.



Selanjutnya, jalur ketiga adalah jalur dari Pasuruan. Darisini, Anda bisa mengarahkan kenddaraan Anda menuju kecamatan wonorejo – Warung Dowo – Tosari hingga menuju desa Wonokitri. Kemudian Anda akan sampai di penanjakn Gunung Bromo. Jalur terakhir adalah jalur dari Probolinggo. Jalur ini merupakan jalur utama dan favorit para wisatawan. Sebab, Anda bisa menikmati keindahan Gunung Bromo sepanjang perjalanan dengan melewati jalur ini. Dari Probolinggo, Anda bisa menemukan pertigaan kecamatan Tongas dan melaju hingga Kecamatan Lumbang. Kemudian, arahkan menuju Kecamatan sukapura hingga menuju pintu masuk utama kawasan wisata alam Gunung Bromo.

jika anda masih kebingungan dengan jalur tersebut anda dapat melihatnya di maps berikut ini :


3.View Point Gunung Bromo


View Point adalah spot yang biasa digunakan para wisatawan untuk melihat keindahan alam Gunung Bromo. Disinilah terdapat pemandangan yang selalu ditunggu dan terlalu sayang untuk dilewatkan. Ya, pemandangan matahari terbit dan terbenam. Darisini, pemandangan tersebut terlalu jelas terasa keindahannya. Ada lima view point yang bisa Anda gunakan. Diantaranya, penanjakan point, Bukit Cinta, Bukit Kingkong, Sruni Point dan Puncak B29.

4.Kawah Gunung Bromo


Kawah Gunung Bromo adalah kawah berasap yang pasti sudah sering Anda lihat melalui berbagai gambar. Kawah ini memiliki diameter sekitar 800 meter. Anda bisa menempuh perjalanan dengan berjalan kaki atau menunggang kuda untuk sampai di kawah ini. Kemudian, Anda juga harus melewati 250 anak tangga untuk tiba diatas. Sungguh perjalanan yang mungkin melelahkan. Namun, kelelahan Anda akan terbayarkan dengan ke-elokan Kawah Bromo jika Anda sudah tiba diatas. Pemandangan dari kawah juga sangatlah indah. Anda bisa melihat pegunungan Tengger dan Gunung Batok darisini. Kawah bromo juga merupakan salah satu spot foto yang sangat fantastis lho.


5.Pesona Padang Savana


Padang Savana di kawasan wisata Gunung Bromo sering disebut sebagai Bukit Teletubbies. Di tempat ini, Anda benar-benar melihat bukit Teletubbies dengan nyata. Hamparan padang rumput hijau nan indah bak karpet bisa Anda nikmati disini. Perbukitan hijau ini bisa membuat mata Anda benar-benar menjadi takjub. Padang ini juga biasa digunakan sebagai spot unduk mendapatkan jepretan-jepretan cantik.

6.Wisata Agro Kebun Strawberry


Gunung Bromo memang benar-benar tidak hanya memanjakan mata Anda. Disini, Anda juga bisa menikmati kesegaran buah strawberry. Anda bisa memilih dan memetik langsung buah strawberry untuk Anda nikmati. Kabarnya, buah strawberry di Gunung Bromo memiliki cita rasa yang berbeda dari buah strawberry pada umumnya. Buah strawberry nya lebih terasa legit dan memiliki warna merah yang merona. Sungguh segar bukan jika dibayangkan?

Baca juga : Wisata Pantai Baron yang Tak Lekang oleh Waktu

7.Pasir Berbisik


Pasir berbisik sebenarnya adalah lautan pasir yang sangat luas. Pasir berbisik merupakan salah satu kawasan destinasi wisata di Gunung Bromo. Kawasan ini berupa hamparan pasir yang sangat luas nan indah. Tempat ini memang cukup populer karena pernah menjadi lokasi shooting film pasir berbisik yang dibintangi oleh aktris cantik Dian Sastro. Di tempat luas ini, masyarakat suku Tengger juga terbiasa bersembahyang bersama.

8.Upacara Yadnya Kasada atau Kasodo


Anda juga bisa menikmati keindahan budaya yangada di Gunung Bromo. Ya, Upacara Yadnya Kasada atau Kasodo yang merupakan bagian tradisi dari suku Tengger. Upacara ini biasanya dilakukan oleh kepala suku agama Hindu Tengger. Upacara di kaki Gunung Bromo, Pura Luhur Poten kemudian berjalan kaki bersma-sama menuju ke kawah dan melemparkan sesaji yang seudah disiapkan disana. Sesaji tersebut biasanya berasal dari hasil pertanian, perkebunan dan peternakan, seperti melempar ayam yang masih hidup. Asal muasal upacara inipiun tidak terlepas dari kisah Legenda Joko Seger dan roro Anteng.


9.Tips berwisata ke Gunung Bromo


Berkunjung dan berwisata ke Gunung Bromo memang tidak seperti berwisata pada umumnya. Banyak hal yang harus Anda siapkan jauh-jauh hari agar wisata Anda berjalan dengan lancar. Pertama, pilihlah waktu yang tepat untuk pergi. Jika Anda pergi kesana pada musim kemarau, Anda akan mendapatkan pemandangan matahri yang sangat indah. Namun, padang savana tidak akan terlihat hijau, melainkan mengering. Begitu juga sebaliknya yang terjadi ketika musim hujan. Selanjutnya, persiapkan perlenhgkapan pribadi seperti jaket, syal, kaos kaki dan tangan. Sebab, suhu udara di Gunung Bromo amatlah terasa dingin. Persiapan terkahir dan tak kalah penting adalah pesanlah akomodasi atau penginapan jauh-jauh hari. Sebab, banyak sekali penginapan yang sudah dibooking pada musim liburan. Jangan sampai Anda kelelahan dan tidak bisa berwisata disana.

10.Harga Tiket Gunung Bromo


Harga tiket wisata alam Gunung Bromo dibandrol dengan harga yang berbeda bagi wisatawan domestik dan mancanegara. Pada hari biasa, wisatawan domestik akan dikenakan tarif sebesar 27.500 rupiah. Sedangkan bagi wisatawan domestik adalah sebesar 217.500 rupiah. di hari libur pun, tarif nya ajuga akan berbeda. Bagi wisatawan domestik adalah sebesar 32.500 rupiah dan 317.500 rupiah bagi wisatawan mancanegara.

Baca juga : Wisata Pantai Kukup Dengan Pesona Karangnya

Nah, itulah sekilas ulasan mengenai wisata alam Gunung Bromo. Sungguh menarik dan sayang bukan jika Anda lewatkan? Luangkanlah waktu sejenak untuk berkunjung dan mengintip keindahan ikon wisata Jawa Timur yang satu ini. Tentu saja tak akan ada ruginya. Bahkan, Anda akan terkagum-kagum dan takjub dengan keindahan alam disana. Selamat pergi berlibur ke Gunung Bromo ya.

0 Response to "Wisata Alam Gunung Bromo is Never Ending East Java"