Wisata Pantai Baron yang Tak Lekang oleh Waktu

Wisata Pantai Baron memang sangat berkesan di hati para pengunjung. Jika kalian mengaku travellers, tentu kalian tahu betapa indahnya wisata pantai yang ditawarkan Gunung Kidul. Di sepanjang pantai Gunung Kidul, ada banyak pantai yng bisa kalian kunjungi seperti Pantai Sepanjang, pantai Indrayanti, Pantai Krakal, Pantai Kukup, Pantai Drini, dan juga Pantai Baron. Jika selama ini Pantai Indrayanti dikenal sebagai pantai terindah di Gunung Kidul, anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar karena Pantai Baron juga menawarkan keindahan lainnya.

Tentunya, karena dekat dengan pantai-pantai lainnya di kawasan gunung Kidul, kalian bisa dalam sehari mengunjungi beberapa pantai sekaligus dan bisa juga diakhri dengan menginap di penginapan sekitar pantai. Akan lebih asyik jika kalian datang beramai-ramai dengan teman-teman kalian terlebih jika kalian ambil camp di sekitar pantai.


Keunikan Pantai Baron


Berbeda dengan pantai lainnya, di pantai ini kalian akan menemukan keunikan yang berbeda karena hanya di tempat ini kalian bisa menemukan dua jenis air yakni jenis asin dan air tawar yang berasal dari sungai yang mengalir langsung ke arah laut. Bahkan, setiap 5 tahun sekali aliran sungai ini akan berubah arah dengan terlebih dahulu mengalir ke arah timur dan barulah kemudian bermuara.

Di Pantai Baron juga selalu diadakan upacara 1 Syawal yang basa disebut sebagai sedekah laut. Kendati upacara tersebut juga dilakukan di setiap pantai di Yogyakarta. Di dalam filosofi Jawa, upacara tersebut sebagai bentuk rasa bersyukur atas nikmat Tuhan YME dan juga sebagai bentuk permintaan untuk keseimbangan alam.

Hal-hal yang ditawarkan Pantai Baron


Harga tiket wisata Pantai Baron dari dulu masih 10 ribu sudah bisa menikmati pantai yang bersebelahan dengannya seperti panati Kukup dan Krakal. Hal yang bisa membuat kalian betah ketika berwisata ke Pantai Baron yakni sajian kuliner yang bisa kalian nikmati di sepanjang pantai. Berbagai menu yang ditawarkan di pantai ini masih didonimasi oleh menu seafood seperti kepiting, lobster, ikan, udang dan seafood lainnya. Banyaknya seafood yang ditawarkan di pantai ini berkaitan dengan adanya TPI (Tempat Pelelangan Ikan) di Pantai Baron.



Sebagai infomasi tambahan, nama pantai ini sebenanrya diambil dari nama seorang bangsawan asal Belanda yang bernama Baron Skeber yang dulu mendaratkan kapalnya di pantai ini. Panorama Pantai Baron akan semakin indah ketika kalian melihatnya dari tebing di sebelah timur pantai dan selain itu, jug aterdapat marcusuar yang bisa singgahi untuk melihat pemandangan laut yang lebih luas.

Kegiatan Asyik yang Bisa Kalian Lakukan di Pantai Baron


Di Sebelah timur Pantai Baron terdapat sebuah bukit yang biasa digunakan untuk jalur trekking dan camp ground. Tentunya, tempat seperti itu merupakan lokasi yang paling dicari saat ini terutama para muda mudi yang hobby mendirikan tenda.

Selain camp, sekarang kalianjuga bis amenikmati wahana pemainan air di Pantai Baron yakni Flyboard yang pertama kalianya ada di Jogja. Wahana ini pertama kali diujikan pada September tahun lalu. Melalui wahana ini, kalian dimungkinkan untuk terbang dan berselancar di udara darai papan selancar dengan memanfaatkan dorongan dari air yang dipompa dari jetski di atas permukaan air.



Saat pertama kali masa percobaan, wahana ini sangat diminati oleh masyarakat sekitar. Pasalnya, untuk bisa main Skyboard, tidak ada batasan berat badan namun memang membutuhkan trik dan sedikit lathan keseimbangan. Permainan ini juga sangat menguji adrenalin, namun untuk menikmatinya tidak diperlukan waktu lama hanya sekitar 10-15 menit saja. Selain di Pantai Baron, wahana ini bisa kalian nikmati hanya di Pulau Bali. Dan ketika diuji coba di Yogyakarta, Pantai Baron merupakan tempat yang paling cocok.

Baca juga : Harga Tiket Masuk dan Rute Wisata Pantai Wediombo

Meski belum secara resmi dibuka dan masih dalam tahap kajian lanjut, para warga sudah sangat antusias menunggu hadirnya wahana ini diresmikan. Sementara ini, perkiraan tarif disesuaikan dengan yang ada di Bali yakni sekitar Rp 500,000 untuk 20 menit permainan di hari senin-Jum’at dan Rp 250,000 untuk 10 menit penggunaan dan hanya Rp 125,000 untuk tandem. Sementara di hari week end, penggunaan selama 20 menit memakan biaa sekitar Rp 600,000 dan 10 menit penggunaan Rp 300,000 serta tandem Rp 150,000.

Fasilitas Umum di Pantai Baron


Sebagaimana tempat-tempat wisata lainnya, di Pantai Baron juga tersedia berbagai fasilitas lainnya seperti toilet, warung makan, tempat parker, marcusuar, took souvenir, dan berbagai fasilitas lainnya. Untuk harga tiketnya, kalian bisa masuk hanya dengan Rp 10,000 saja dan Rp 5000 untuk bisa naik ke bukit.

Sedangkan bagi kalian yang berencana menikmati sunset ataupun sunrise, kalian bisa menyewa penginapan yang tersedia di sekitar Pantai Baron. Tentunya, ketika kalian ad di lokasi kalian bisa memilih langsung lokasi yang nyaman untuk menginap dan sesuai dengan keuangan kalian.

Peta Lokasi


Lokasi wisata Pantai Baron berada di Desa Kemandeng, 60 KM dari Kota Yogyakarta menuju Jl. Nasional III), 60 KM dari aarah Stasiun Lempuyangan bisa lewat Jl. Nasional III, 56 Km jika dan dari arah bandara Adi Sucipto melalui Jl. Nasional III (sekitar 1 jam 28 menit).

Sementara itu, Jalan menuju wisata Pantai Baron bisa dilakukan dengan berbagai akomodasi. Jika kalian menggunakan transportasi umum, kalian bisa trun di terminal Giwangan dan ambilah bus dengan jurusan Jogja-Wonosari kemudian lanjuut naik mini bus yeng melewati Pantai Baron.



Namun yang lebih mudah, kalian bisa langsung pesan mobil melalui aplikas trasnportasi online yang kini maak digunakan di kota Jogja. Dengan menggunakan moda trasnportasi daring, kalian akan lebih mudah, efisien waktu,serta lebih menghemat atau kalau ingin bebas membawa mobil sendiri kalian bisa menyewa mobil di Jogja. Apalagi dengan maraknya tempat wisata di Jogja yang kekinian, semakin banyak pula tempat sewa mobil yang murah meriah.

Dan jika ada kendaraan pribadi, kalian pun tak perlu khawatir karena kalian hanya langusng menuju daerah Wonosari dan ikuti arah ke Pantai Baron, atau ikuti Maps berikut :

Tips Berwisata di Pantai Baron


1.Berhati-hatilah jika kalian berenang di laut baron karena ombak di pantai ini sangat tinggi.

2.Jika memungkinkan datang di waktu yang tepat ketika terjadi perubahan arah air antara air laut dan air tawar yang membelah secara horizontal pasir pantai. Hal tersebut terjadi 5 tahun sekali.

3.Jika kalian tidak bisa berenang, namun menginginkan bermain air laut, jangan khawatir karena di sekitar pantai banyak tersedia penyewaan pelampung.

4.Yang terpenting dan harus kalian patuhi, ketika berenang jangan terlalu jauh ke dalam, jika ombak sedang pasang ini sangat berbahaya. Bermainlah secukupnya. Selain itu, etika ketika kita berwisata adalah tertib membuang sampah. Jangan sampai kita mengotori tempat, karena tidak hanya kita yang ingin berwisata, ada orang lain yang juga menginginkan tempat bersih dan keindahan yang sama.

Baca juga : Info Lengkap Wisata Pantai Ngobaran Yogyakarta

Demikianlah wisata Pantai Baron yang tak lekang oleh waktu dan semakin cantik dan lengkap fasilitasnya dari hari ke hari.

0 Response to "Wisata Pantai Baron yang Tak Lekang oleh Waktu"