Wisata Pantai Goa Cina Malang Yang Eksotis

Apakah Anda sedang berlibur di daerah Malang, Jawa Timur? Tentu saja, banyak sekali objek wisata menarik yang ada di Kota maupun Kabupaten Malang. Anda juga bisa menikmati beragam keindahan pantai disana. Salah satu pantai yang cukup populer dan eksotis adalah objek wisata Pantai Goa Cina Malang. Banyak sekali pemandangan indah dan beragam kemewahan yang ada di pantai ini. Penasaran mau tahu apa saja? Berikut sedikit ulasannya;

1.Arti Nama Pantai Goa Cina


Sebenarnya, nama asli dari Pantai Goa Cina adalah Pantai Rowo Indah. Lalu mengapa disebut sebagai pantai goa cina? Sebab, objek wisata satu ini selain memiliki pantai yang eksotis dan indah, juga memiliki goa di sisi kanan pantai. Goa tersebut dinamakan goa cina. Konon, goa tersebut dulunya sering dijadikan sebagai tempat bersemedi atau bertapa oleh seseorang yang berasal dari Negeri China. Orang china tersebut meninggal di dalam Goa.



Tak tahu kapan pastinya tragedi tersebut, namun masyarakat meyakini bahwa itu terjadi sekitar 20 tahun yang lalu. Orang china itu juga meninggalkan banyak sekali tulisan mandarin di langit-langit goa. Hingga kemudian, masyarakat sekitar jadi biasa menyebutnya sebagai Goa Cina. Kabarnya , ada satu mitos dalam goa tersebut yang terjadi hingga saat ini. Yaitu, banyak sekali masyarakat atau wisatawan yang berkunjung ke goa hanya untuk mencari nomor keberuntungan. Wow, agak mistis juga ya jadinya.

2.Lokasi Dan Akses Menuju Pantai Goa Cina


Lokasi wisata Pantai Goa Cina Malang terletak di Dusun Trowotratih, Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Akses menuju ke pantai cukuplah mudah meskipun jalan menuju wisata Pantai Goa Cina Malang agak sedikit ekstrim. Jika Anda menggunakan kendaraa pribadi, seperti motor atau mobil. Arahkan kendaraan Anda menuju arah Gadang, Turen, Malang. Bagi Anda yang sudah pernah mengunjungi Pantai Sendang Biru, pasti cukup tahu mana arah yang benar. Namun, jangan khawatir! Banyak sekali papan petunjuk jalan di sepanjang perjalanan menuju objek wisata Pantai Goa Cina Malang.



Anda akan menemukan pertigaan sekitar 1,5 km sebelum Pantai Sendang Biru. Di pertigaan tesebut, berbeloklah ke arah kanan searah menuju Pantai Bajul Mati. Setelah sekitar 5 km perjalanan, Anda akan menemukan papan penunjuk jalan bertuliskan Pantai Goa Cina di sebelah kiri Anda. Kemudian, berbeloklah ke kiri dan masuk ke dalam jalan berbatu sekitar 800 meter sampai Anda menemukan loket tiket masuk pantai. Anda juga bisa menggunakan kendaraan umum dengan naik angkot AG/GA dari Terminal Arjosari Malang menuju Terminal Gedang. Setibanya di Terminal Gedang, Anda naik angkot bison untuk menuju ke Sumbermanjing Wetan atau Sendang Biru. Kemudian, tinggal naik ojek saja dari Pantai Sendang Biru menuju Pantai Goa Cina.

Jika anda masih bingung dengan rute-rute tersebut, anda dapat menggunakan Google Maps berikut ini :


3.Pesona Pantai Goa Cina


Pepohonan di sekitar Pantai Goa Cina benar-benar meneduhkan dan membuat pantai menjadi asri. Pengunjung sudah tidak perlu lagi takut kepanasan, tinggal berteduh dibawahnya dan menikmati keindahan pantai. Tidak ada nelayan di pantai ini, sebab arus pantai sangatlah kuat. Jadi, hati-hati ya jika ingin bermain-main dengan gelombang ombak pantai. Selain pantai, terdapat batuan karang besar di sebelah kanan pantai dan di dalamnya terdapat Goan Cina.

Baca juga : Info Terbaru 2018 Wisata Alam Coban Rondo Malang

Jika ingin menuju ke goa, Anda haruslah mendaki karang tersebut. Goa ini seperti sebuah rongga besar dalam karang. Rongga goa menjorok kedalam sekitar 7-8 meter meter dengan tinggi Goa sekitar 2 meter. Namun, goa ini tidak seperti goa pada umumnya. Didalamnya tidak terdapat batuan stalaktit atau stalkmit, melainkan bebatuan yang menjorok tajam di langit-langit dan di sisi-sisi goa yang lain. Anda juga akan menemukan sebuah banner yang menjelaskan tentang legenda Goa Cina di sekitarnya.

4.Menikmati Sunrise Dan Sunset Yang Eksotis


Salah satu kemewahan yang ditawarkan Pantai Goa Cina kepada pengunjung adalah pemandangan sunrise dan sunset nya yang eksotis. Tentu saja suunset terjadi pada sore hari, jadi sebaiknya Anda datang pada siang hari menjelang sore. Tentunya, Anda tidak ingin melewatkannya bukan? Banyak sekali wisatawan yang camping dan membangun tenda di sekitar pantai. Jika Anda kepanasan, Anda juga bisa melakukan cara tersebut. Sebab, pantai sangatlah panas menyengat ketika siang hari.



Pantai Goa Cina tidak memiliki banyak penginapan dan warung di sekitarnya. Jadi, Anda harus menyiapkan bekal dan perlengkapan tenda jika ingin pergi kesana. Tak perlu cemas bila ingin camping disana. Sebab, Paantai Goa Cina sudah menyediakan fasilitas camping ground yang lengkap. Anda bisa bermalam dan juga menikmati keindahan sunrise dengan langit kemerahan di pagi harinya. Benar-benar cara menikmati langit yang asyik dan pasti akan membuat Anda ketagihan!

5.Keunikan Pantai Goa Cina


Sebagai Pantai Selatan, Pantai Goa Cina memiliki keindahan ombak liar yang langsung menghadap ke Samudera Hindia. Selain indah, Pantai Goa Cina juga memiliki satu keunikan yang berbeda dari pantai-pantai lain. Pantai memiliki gelombang laut yang bersimpangan dari 3 arah yang berlawanan, yaitu dari arah barat, timur dan selatan. Arus gelombang ini akan bertemu dan bertabrakan diantara Pulau Bantengah dan Pulau Nyonya. Tentu saja arus gelombang tersebut sangatlah kuat dan menimbulkan gemuruh yang kencang. Inilah yang membuat Pantai Goa Cina menjadi unik dan istimewa. Anda juga akan melihat pemandanngan 3 pulau indah yang ada di tengah-tengah pantai. Cukup menarik bukan?

6.Harga Tiket Pantai Goa Cina


Untuk menikmati keindahan pantai, Anda akan hanya harus merogoh kocek yang sangatlah terjangkau. Harga tiket wisata pantai goa cina malang sebesar 5.000 rupiah saja. ini berlaku bagi wisatawan domestik maupun mancanegara. Keduanya sama-sama akan ditarik dalam jumlah yang sama. Jika Anda membawa motor, Anda akan membayar parkir di sekitar pantai sebesar 2.000 rupiah. Jika Anda membawa kendaraan beroda empat, Anda akan ditarik parkir sebesar 5.000 rupiah. Harga yang cukup murah bukan?


7.Fasilitas Dan Kuliner Sekitar Pantai


Pantai Goa Cina sudah memiliki berbagai fasilitas yang cukup memadai. Diantaranya, terdapat musholla, warung makan, toilet umum, tempat parkir yangluas dan tempat sejuk di sekitar pantai. Selain itu, pantai juga sudah menyediakan fasilitas camping ground bagi para wisatawan yang ingin bermalam atau menghabiskan hari-harinya di Pantai Goa Cina. Berbagai kuliner enak juga bisa Anda nikmati disana. Banyak sekali ikan-ikan segar yang dijual dengan harga murah di sekitar pantai. Ada juga berbagai makanan ringan yang terbuat dari bahan dasar ikan. Kuliner tersebut tentu bisa Anda nikmati atau Anda jadikan sebagai oleh-oleh.

Baca juga : Info Wisata Pantai Tiga Warna Malang Terbaru 2018

Nah, itulah sedikit ulasaan mengenai objek wisata Pantai Goa Cina Malang. Diantaranya, pantai sangatlah teduh, sunrise nya yang indah dan gelombang lauatnya yang liar dan unik. Namun, Anda harus tetap berhati-hati ya dengan gelombang laut yang ganas. Jangan sampai Anda melanggar beberapa aturan seperti berenang atau bermain dengan kedalaman pantai. Apakah Anda mulai tertarik untuk berkunjung kesana? Tentu saja, Pantai Goa Cina sangatlah menarik dan indah untuk Anda lewatkan.

0 Response to "Wisata Pantai Goa Cina Malang Yang Eksotis"