Wisata Pantai Kukup Dengan Pesona Karangnya

Yogyakarta adalah salah satu destinasi liburan dan wisata yang cukup populer di Pulau Jawa. Beragam objek wisata bisa Anda temui disini. Anda bisa memilih wisata alam, wisata edukatif, wisata museum, wisata budaya dan berbagai wisata lain. Salah satu objek wisata yang tidak pernah dilewatkan oleh para wisatawan adalah objek wisata pantainya. Ada satu pantai yang cukup digandrungi dan terkenal karena kemewahan dan keindahan karangnya. Penasaran apa nama pantai itu? Ya, Pantai Kukup namanya. Kira-kira apa saja ya yang menarik dan bisa dinikmati disana? Anda bisa membaca sedikit ulasan menarik berikut tentang wisata Pantai Kukup :

1.Pesona Pantai Kukup


Pantai Kukup adalah salah satu pantai di Yogyakarta yang memiliki pemandangan yang sungguh eksotis nan indah. Pantai Kukup juga merupakan pantai dangkal dan penuh batuan karang yang memecahkan ombak. Sama seperti pantai-pantai selatan pada umumnya, Pantai Kukup memiliki tebing-tebing kars yang berjajar di sepanjang pantai. Namun, Pantai Kukup memiliki keunikannya sendiri jika dibandingkan dengan pantai-pantai yang ada di Yogyakarta. Pantai Kukup memiliki pulau karang yang sangat indah yang berada di sisi timur pantai. Layaknya pulau karang yang ada di Tanah Lot Bali atau di Pantai Balekambang Malang.



Pulau karang ini biasa disebut sebagai Pulau Jumino, sebuah pulau yang tersambung dengan jembatan. Namun, jangan mencari pura diatasnya ya. Pulau karang di Pantai Kukup hanya memiliki gardu pandang diatasnya. Namun, keelokan pemandangan pantai masih dapat dirasakan dan dinikmati dari gardu pandang tersebut. Disini, Anda juga bisa menyaksikan pesona sunrise dan sunset di pagi dan sore hari. Selain itu, pulau karang ini juga selalu dimanfaatkan para wisatawan untuk mendapatkan jepretan-jepretan cantik.

Pantai Kukup tidak hanya memiliki keindahan alam, namun juga memiliki keistimewaan pada budayanya. Disini, Anda bisa menjumpai upacara sedekah laut yang biasa digelar setiap tahun. Lebih tepatnya digelar pada bulan syura. Namun, beberapa pantai di Yogyakarta memang masih mengadakan upacara ini. Wah, jadi selain berlibur dan bersantai, Anda juga bisa melihat ke-eksotisan budaya Yogyakarta di Pantai Kukup.


2.Lokasi dan Akses Menuju Pantai Kukup


Lokasi wisata Pantai Kukup terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Wonosari, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Tepatnya, lokasi wisata ini berjarak sekitar 50 km dari pusat Kota Yogyakarta. Jalan menuju wisata Pantai Kukup terbilang masih sangat bagus. Jalan menuju ke pantai beraspal mulus dan memudahkan para wisatawan untuk berkunjung kesana. Dari Kota Yogyakarta menuju ke Pantai Kukup, Anda harus mengarahkan kendaraan Anda menuju arah jalan raya wonosari. Anda bisa mengambil jalan Ring Road Selatan menuju bagian timur, arah jalan raya Wonosari. Jaraknya tempuhnya sekitar 32 km. Setibanya di Wonosari, ada dua jalur alternatif yang bisa Anda pilih.

Jalur Pertama, dari alun-alun Wonosari berbelok melewati Desa Kemandang. Kemudian, Anda tinggal mengikuti papan petunjuk jalan untuk tiba di Pantai Kukup. Anda akan sampai di pantai setelah sekitar 23 km perjalanan. Meskipun jalannya berkelok-kelok, jalur ini masih sangat memadai untuk dilewati kendaraan. Setibanya di lokasi wisata, Anda akan menemukan loket retribusi dan membayar tiket masuk disana. Pantai Kukup berada tepat 3 km dari loket tersebut.

Jalur kedua, Anda bisa lewat pantai Krakal. Ketika Anda bertemu Desa Mulo, berbeloklah meuju arah Girisubo. Anda akan menemukan penyempitan jalan ketika memasuki Desa Sidoharjo sampai tiba di Pantai Krakal. Kemudian, berbeloklah ke barat dan Anda akan sampai di Pantai Kukup setelah berjalan sekitar 6,5 km. Sama seperti jalur pertama, jalur kedua ini juga memiliki jalan yang berkelok-kelok. Namun, jalan di jalur kedua lebih baik dan mulus daripada jalan di jalur pertama.

Jika anda masih bingung dengan rute tersebut, jangan khawatir karena lokasi ini sudah terjangkau pada Google Maps. Jadi anda dapat melihat rutenya dengan jelas di Maps berikut :


3.Terumbu Karang Pantai Kukup


Salah satu hal yang bisa Anda nikmati di wisata Pantai Kukup adalah terumbu karangnya. Luas terumbu karangnya sekitar 100 meter dari pantai. Anda bisa menikmati kemewahan terumbu karang ketika air pantai sedang surut. Sebab, Anda bisa menjumpai berbagai biota laut yang terdampar di sekitar terumbu karang ini. Bahkan bota terumbu karang ini sering dijuluki sebagai Aquarium Alami Jogja. Anda juga bisa mengajak anak-anak kecil untuk belajar berbagai biota laut disini. Sungguh menarik dan menyenangkan bukan?


4.Fasilitas Dan Kuliner di pantai Kukup


Anda bisa menggunakan berbagai fasilitas umum yang tersedia di pantai Kukup. Diantaranya toilet umum, musholla dan area parkir yang sangat luas dan sudah berpaving. Selain itu, terdapat juga beragam toko-toko souvenir yang menjual pernak-pernik khas pantai di sekitar Pantai Kukup. Ada juga yang menjual beragam ikan hias dan terumbu karang cantik di toko souvenir ini. Jika Anda belum puas menikmati keindahan pantai, Anda bisa menginap di berbagai penginapan yang tersedia di sekitar pantai. Jika Anda lapar, Anda bisa pergi ke warung-warung makanan yang telah tersedia rapi di sepanjang pantai.

Baca juga : Info Lengkap Wisata Pantai Ngobaran Yogyakarta

Pentai Kukup memiliki kuliner makanan khas Jogja dan makanan khas laut seperti seafood. Beragam olahan ikan juga sudah tersedia, seperti ikan bakar, ikan panggang, ikan goreng, dan lain-lain. Makanan-makanan tersebut bisa dipadukan dengan kesegaran es kelapa muda. Tentunya, kuliner ini bisa Anda nikmati dengan harga yang masih terjangkau. Kelezatan nya pun tak perlu diragukan lagi. Apalagi, ikan-ikan yang Anda temui disini adalah ikan-ikan yang segar yang dimasak dengan sempurna.

5.Berbagai Penginapan sekitar Pantai Kukup


Pantai Kukup juga memiliki beragam penginapan yang ada di sekitarnya. Diantaranya, Penginapan Kukup Indah, Johor homestay, pondok Wisata Kukup, Winahyu Resort Kukup dan Kukup Beach Nature Inn. Anda bisa berkunjung ke Penginapan Kukup Indah jika Anda ingin penginapan yang bernuansa ceria dengan warna cat dominan merah muda. Johor Homestay juga cukup menarik karena berada tepat diantara pantai Kukup dan Pantai Baron. Anda juga bisa menemui penginapan kelas melati di Pondok wisata Kukup. Selain itu, anda juga bisa memilih fasilitas penginapan menarik dengan harga terjangkau di Winahyu Resort Kukup dan Kukup Beach Nature Inn.


6.Harga Tiket Pantai Kukup


Harga tiket wisata Pantai Kukup cukuplah terjangkau. Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar 10.000 rupiah saja. Dengan tiket tersebut, Anda sudah bisa berkunjung ke pantai-pantai lain yang berdekatan dengan Pantai Kukup. Diantaranya ada Pantai Baron, Sepanjang, Drini, Krakal, Sundak, indrayanti dan Pok Tunggal. Jadi, Anda bisa pergi ke berbagai pantai hanya dengan sekali membayar tiket. Sungguh menyenangkan bukan? untuk harga parkir, Anda akan dikenai biaya berkisar 3.000 – 5.000 rupiah.

Baca juga : Wisata Pantai Baron yang Tak Lekang oleh Waktu

Nah, itulah sedikit ulasan mengenai objek wisata Pantai Kukup yang selalu mempesona dengan pulau karang dan terumbu karangnya. Bahkan, banyak orang yang menjulukinya sebagai Aquarium Alami yang ada di Jogja. Tertarik ingin berlibur dan meluangkan waktu sejenak di pantai ini? Tentu saja, Anda tidak akan pernah dikecewakan dengan ke-eksotisan pantainya dan keindahan pemandangan alamnya. Jika rasanya tak cukup sehari untuk menikmati kemewahan pantai, Anda bisa pergi menginap di berbagai penginapan yang sudah tersedia. Kemudian, Anda juga bisa berkunjung ke pantai-pantai terdekat di sekitar Pantai Kukup. Selamat berlibur dan bersantai di pantai!

0 Response to "Wisata Pantai Kukup Dengan Pesona Karangnya"