Wisata Pantai Plengkung Banyuwangi Memukau Kancah Dunia

Banyuwangi sebagai salah satu pulau yang terletak di sebelah selatan Indonesia ternyata menyimpan berbagai keindahan alam yang luar biasa dan berpotensi untuk mengundang banyak wisatawan untuk berkunjung. Salah satu wisata yang menjadi andalan dan telah terkenal hingga mancanegara adalah Pantai Plengkung Banyuwangi. Pantai ini selain memiliki panorama yang indah dan juga bersih juga memiliki daya tarik lain yakni ketinggian ombak yang menggulung- gulung dengan tinggi.

Hal ini yang kemudian menarik wisatawan hingga mancanegara untuk menaklukan ombak yang ganas. Para wisatawan menjadikan tempat ini sebagai salah satu spot favorite mereka untuk menikmati sensasi menaklukan ombak. Pantai plengkung ini, memiliki julukan lain yakni G- land, atau juga surga peselancar air. Sebutan ini ternyata memiliki latar belakang, karena pulaunya yang tampak dari laut seperti huruf G.



Bagi anda yang sekedar ingin menikmati panorama pantai yang indah sangat cocok. Namun jangan terlalu berharap untuk mendapatkan sunset di pantai ini. karena lokasinya yang terkurung oleh gunung maka anda tidak akan menampakan sunset yang begitu indah. Namun demikian anda masih bisa menikmati sunrise pertama di pulau jawa.

Lokasi Pantai Plengkung Banyuwangi


Jika anda tertarik untuk mengunjunginya, pantai ini terletak di kawasan taman nasional alas purwo kabupaten banyuwangi, Jawa Timur. Lokasi wisata Pantai Plengkung Banyuwangi ini sangat menarik, strategis dan juga memiliki banyak spot- spot yang menarik.

Keindahan alam ini sangat cocok untuk menjadi referensi bagi anda yang ingin menghabiskan waktu libur bersama teman dekat, keluarga, pasangan maupun rekan kerja. Dengan menikmati ombak yang membumbung tinggi disertai dengan para wisatawan baik lokal maupun mancanegara yang berlomba menaklukan ombak.

Jika anda ingin menjajal juga atau ingin belajar tentang surfing, di sana juga terdapat beberapa surf camp yang menyediakan penyewaan papan selancar maupun pelatih yang akan membantu anda memandu berlatih menaklukan ombak di laut.

Biaya sewanya bervariasi, kebanyakan para pribumi juga jago mengendalikan ombak menggunakan papan surfing, sebagian mereka memang bisa secara otodidak karena setiap hari melihat orang- orang bule bermain, sebagian lain memang mendapatkan bimbingan.

Secara umum, ombak yang terdapat dipantai ini terbagi atas tiga kelompok atau tiga spot surfing. Yang pertama yaitu kong waves dengan tinggi ombak mencapai 6-8 meter, kemudian ada speedis waves disini tinggi ombaknya mencapai 5-6 meter dan yang terakhir ada many track, yang ini biasanya digunakan bagi para peseluncur pemula.
Dengan ombaknya yang memiliki variasi ketinggian serta konsisten maka di pantai ini juga pernah diselenggarakan perlombaan surfing tingkat dunia yakni Quicksilver Pro Surfing Championship Pada tahun 95, 96, dan 97 dan juga lomba Da Hi Pro Surfing World Championsihp seri III pada tahun 2003.



Untuk mendapatkan ombak yang sesuai untuk anda nikmati, anda harus mengetahui waktu yang tepat, karena untuk menikmati surfing diatas ombak setinggi 5 meter anda harus menunggu hingga bulan april hingga oktober saja. Puncak ombak yang meliuk- liuk adalah di bulan agustus.

Baca juga : Wisata Alam Gunung Bromo is Never Ending East Java

Pada bulan- bulan ini pantai plengkung akan nampak lebih bersih karena sampah- sampah kayu yang ada akan habis tersapu ombak besar, sehingga menjadikan pantai ini semakin menawan dan membuat anda betah berlama- lama mendiaminya.

Rute dan Fasilitas Yang Akan Anda Dapatkan Di Pantai Plengkung Banyuwangi


Terdapat beberapa Jalan menuju wisata pantai Plengkung Banyuwangi , secara garis besar terdapat dua rute yang dapat anda ambil untuk menuju kesana. Yang pertama melalui darat, jalur ini sangat mudah untuk ditempuh. jika anda dari kota banyuwangi langsung saja memutar ke arah taman nasional alas purwo. Jika anda pengguna Smartphone anda dapat melihat rutenya di Maps berikut :



Namun kendaraan yang anda tumpangi ini hanya bisa sampai pada pos jaga pancur saja, untuk sampai ke bibir pantai, anda harus menaiki kendaraan yang telah disediakan oleh pengelola. Hal ini mengingat jalur yang akan dilewati selanjutnya cukup sulit. Kendaraan inilah yang akan mengantarkan anda hingga bibir pantai.

Rute yang ke dua yakni darat- laut, rute ini akan anda lalui jika anda bertolak dari kota banyuwangi dan singgah di pantai grajagan. Anda harus menempuh jalur darat terlebih dahulu baru nanti menyebrang dari grajagan ke pantai plengkung. Anda bisa menggunakan kapal nelayan atau kapal- kapal yang lain.

Jalur darat – laut ini juga akan anda ambil apabila anda bertolak dari bali. Anda harus menempuh jalur darat terlebih dahulu hingga sampai ke dermaga baru setelah itu kapal anda akan menyebrang ke pantai plengkung.
Jika anda ingin menikmati keindahan pantai plengkung dengan view yang berbeda, cobalah untuk menginap disini. Terdapat 3 penginapan yang bisa anda sewa, yakni Bobby’s surf camp, Joyo’s surf camp, dan G – Land Surf and Resort. Ketiga penginapan ini memiliki tarif diatas satu juta permalam, memang agak mahal namun hal tersebut sebanding dengan fasilitas yang anda dapatkan.

Anda akan mendapat jaminan makanan, koneksi internet, tempat tidur yang nyaman dan yang paling penting adalah, karena hotel ini berada di dekat alas purwo jadi anda akan mendapatkan sensasi menginap di tengah- tengah rindangnya pepohonan dan suasana yang sunyi.



Fasilitas lain yang disediakan pengelola yakni papan selancar, restoran, bar, jungle camp dan lain sebagainya. menarik bukan ? sangat cocok untuk anda yang sedang berbulan madu.

Beberapa Aktivitas yang boleh anda lakukan di sini adalah melakukan treeking atau mengeksplor taman nasional alas purwo dengan speda atau juga bisa dengan berjalan. Kegiatan lainya seperti snorkling, meneyealm, caving dan mengunjugni konservasi penyu.

Bagi anda penggiat fotografi, anda akan mendapatkan banyak sekali spot untuk diabadikan, bagaimana tidak dengan segudang spot yang dimiliki pantai ini, tidak hanya bibir pantai yang menawan, rindangnya alas purow yang akan membius anda juga patut untuk anda bidik.

Selain itu pemandangan sunrise yang merupakan matahari yang terbit pertama pada pulau jawa juga tak kalah menarik.

Akomodasi Pantai Plengkung


Untuk menikmati berbagai macam panorama yang disuguhkan di pantai ini, anda harus mengeluarkan harga tiket wisata pantai plengkung banyuwangi sebesar 250 ribu. Dana ini diperuntukan untuk mendapat tiket gerbang serta menyewa pick up yang akan membawa anda hingga bibir pantai.



Dalam satu mobil pick up bisa terisi sekitar 10 – 12 orang, para pengunjung yang datang harus sudah sampai disana sebelum pukul 12.00 karena setelah jam itu, mobil pick up yang mengangkut hanya akan beroperasi lagi pada jam 17.00.

Baca juga : Wisata Kawah Ijen Banyuwangi Mempesona Dengan Keunikannya

Menarik bukan wisata di Indonesia ini, potensi alamnya sangatlah banyak dan patut kita syukuri. Sebagai bangsa yang besar, kita wajib ikut andil dalam pelestariannya juga. Maka dari itu jika anda berkunjung ke pantai plengkung atau destinasi wisata lain jangan sampai merusak atau membuang sampah sembarangan ya.

0 Response to "Wisata Pantai Plengkung Banyuwangi Memukau Kancah Dunia"